Era Digital: Pengertian, Kelebihan dan Dampak dari Adanya Era Digital

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini kita telah masuk di era digital, yang mana seluruh kegiatan bisa kita lakukan dengan cara yang sangat canggih.

Pengertian umum era digital adalah suatu era atau zaman yang sudah mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital.

Perkembangan era digital pun terus berjalan cepat dan tidak bisa dihentikan oleh manusia. Kenapa? Karena sebenarnya kita sendirilah yang menuntut dan meminta berbagai hal menjadi lebih efisien dan lebih praktis. Tentunya hal ini juga akan diiringi dengan dampak negatif maupun positif.

Lantas, apa itu era digital? Perkembangan apa saja yang terdapat di dalam era digital? Dan apa saja dampak yang ditimbulkan dari era digital? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang era digital di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Era Digital

Bila kita membahas tentang definisi era digital, maka di dalamnya akan selalu berkaitan dengan dunia ilmu pengetahuan. Bahkan para ahli pun tidak ada yang bisa mendefinisikan era digital, karena alur perkembangannya yang selalu berjalan dengan cepat sesuai dengan tuntutan zaman.

Pengertian umum era digital adalah suatu kondisi zaman ataupun kehidupan yang mana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah bisa dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih.

Selain itu, era digital juga hadir demi menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar bisa lebih modern dan juga lebih praktis. Agar bisa menghadapinya dengan baik, maka Anda harus menyiapkan rencana bisnis yang sangat matang.

Baca Juga: Kriptografi Adalah Sistem yang Mampu Melindungi Data Penting Anda

Perkembangan Era Digital

Bersamaan dengan semakin banyaknya teknologi baru yang diperkenalkan pada masyarakat, maka beberapa teknologi usang pun mulai ditinggalkan secara otomatis. Sehingga, terdapat suatu perkembangan teknologi di era digital yang terus berjalan dengan cepat.

Beberapa perkembangan era digital adalah sebagai berikut:

  • Bidang Komunikasi

Ketika kita membahas tentang digitalisasi, maka bidang komunikasi adalah bidang yang mengalami perkembangan paling cepat. Di masa lalu, agar bisa terhubung dengan orang lain yang berada di tempat berbeda kita harus menggunakan handphone dan juga mengandalkan komunikasi antar kartu sim.

Lalu, perkembangan komunikasi di era digital saat ini berkembang dengan kehadiran smartphone yang mempunyai banyak fitur canggih.

Salah satu bagian yang paling penting dalam smartphone adalah fungsi internetnya yang jauh lebih maksimal dan bisa digunakan untuk berkomunikasi serta terhubung dengan banyak orang. Bahkan, dengan teknologi ini pun Anda bisa melakukan komunikasi via video call yang sebelumnya di zaman handphone belum bisa Anda lakukan.

  • Aplikasi Untuk Berbisnis

Perkembangan lainnya yang mulai terjadi sangat cepat adalah penggunaan aplikasi untuk keperluan bisnis. Teknologi digital mampu membantu perusahaan untuk lebih mudah dalam menjangkau para pelanggannya.

Tentunya kondisi ini sangat berbeda dengan masa lalu yang sangat sulit sekali bagi para pebisnis dalam memperkenalkan produknya pada pelanggan.

Tapi, dampak untuk para pebisnis yang tidak siap dengan perkembangan era digital adalah mereka akan ketinggalan zaman dan kalah dari kompetitornya yang sudah mendigitalisasi bisnis mereka.

  • Finansial Teknologi

Perkembangan yang terjadi di dalam sektor keuangan pun mulai terlihat dalam beberapa tahun terakhir ini, yaitu ketika semakin menjamurnya penyedia dompet digital. Perkembangan dalam bidang ini pun masih berhubungan dengan dunia bisnis yang berbasis aplikasi.

Pasalnya, fintech (financial technology) pun sangat mengandalkan aplikasi untuk memberikan pelayanan yang baik pada para penggunanya.

Tanpa keluar rumah, Anda bisa melakukan kegiatan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone Anda.

  • E-Commerce

Kehadiran e-commerce di era digital mampu mendongkrak roda perekonomian masyarakat. E-commerce sendiri adalah suatu layanan penyedia produk serta barang via online di dalam suatu website ataupun aplikasi.

Dengan e-commerce, maka Anda sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli suatu barang, Karena hanya dengan menggunakan smartphone, Anda bisa membeli barang kebutuhan Anda. Tentunya hal ini juga akan membantu para penjual dalam meningkatkan pembeliannya.

Mendidik Anak Di Era Digital

Saat kita sudah mengerti dan memahami era digital, maka kita juga akan dituntut keras untuk mendidik anak dengan baik. Karena di dalam era digital ini ada banyak sekali sisi negatif yang bisa terjadi.

Lantas, bagaimana cara mendidiknya? Berikut ini adalah jawabannya.

1. Memberi Batasan

Agar bisa mendidik anak dengan baik di era digital, maka Anda harus memberikan batas maksimal mereka dalam menggunakan smartphone. Setiap orang tua umumnya mempunyai peraturan yang berbeda-beda, dan umumnya hanya selama 2 jam sehari saja.

Tapi bila memang itu untuk keperluan pendidikan, Anda bisa mengawasinya agar tidak disalahgunakan oleh mereka.

2. Mendampingi

Era digital saat ini akan membuat Anda untuk lebih mudah dalam mengakses berbagai hal, termasuk di dalamnya berbagai konten terlarang. Nah, anak-anak juga mempunyai peluang yang sama dalam mengaksesnya bila Anda tidak turut mendampinginya.

Bahkan, kita disarankan untuk mendampingi anak saat sedang memainkan smartphone. Cara ini pun sangat berguna untuk lebih meningkatkan kedekatan Anda dengan anak-anak Anda.

3. Komunikasi Langsung

Saat menggunakan smartphone, didiklah anak-anak Anda untuk selalu terbuka pada Anda. Selain itu, Anda pun harus selalu memberikan kenyamanan pada anak Anda agar mereka bisa bicara dengan terbuka dan jujur tanpa adanya rasa takut. Sehingga, hal ini akan membuat pengawasan di era digital bisa berjalan lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan berbagai hal yang tidak baik dan melanggar moral pada anak agar nantinya anak Anda bisa lebih menjaga dirinya dengan baik.

Ancaman di Era Digital 

1. Kelumpuhan Melalui Analisis

Saat ini, akses dalam mendapatkan informasi yang sederhana dan alat yang lebih perlu dikembangkan lebih lanjut untuk proses analisis, di dalamnya banyak sekali teka-teki yang harus diselesaikan oleh para pebisnis.

Banyak sekali bisnis yang jatuh ke dalam perangkap untuk terus-menerus mencari validasi tambahan dan detail sebelum membuat keputusan hanya karena khawatir kurangnya uji secara tuntas.

2. Malas Secara Intelektual Karena mudahnya dalam Mengakses Data

Terlalu banyak data akan menjadi hal yang buruk untuk pengguna. Dengan mengakses big data dan algoritma AI, perusahaan di era digital saat ini akan membuat data yang mendukung hampir seluruh kesimpulan yang mereka perlukan.

3. Konsumen yang Impulsif dan Ceroboh

Setiap hari, jumlah perhatian yang diberikan oleh konsumen akan cenderung lebih kecil dan berkurang. Dengan menggunakan tablet, smartphone, TV, dan lebih banyak lagi akses yang memakan banyak waktu ke mata yang berharga, maka setiap bisnis harus melakukan lebih dari yang sebelumnya agar bisa lebih menonjol dan bisa tetap relevan.

4. Sedikit Belajar Adalah Hal yang Berbahaya

Hanya dengan memiliki akses ke informasi tidak akan selalu membantu ataupun relevan. Contoh sederhana adalah dokter, mereka harus sering menangani pasien yang didiagnosis sendiri hanya berdasarkan gejalanya secara online. Tanpa adanya pelatihan yang cukup, maka informasi yang akan diperoleh oleh orang awam akan sangat terbatas.

Bagaimana Merangkul Era Digital?

1. Manfaatkan Data untuk Keuntungan Pelanggan

Bila Anda menggunakan dan mengolah data dengan tepat, maka data akan menjadi suatu alat yang sangat kuat untuk perkembangan bisnis.

Contohnya adalah perusahaan Coca-Cola, mereka menggunakan program loyalitas di awal tahun 2015 lalu, yang mampu membantu mereka dalam menyampaikan konten pada target konsumen berdasarkan data yang sudah mereka kumpulkan.

Data tersebut tidak hanya mampu membantu mereka dalam membuat loyalitas pelanggan yang lebih besar, namun juga membantu mereka dalam meningkatkan penjualan.

Para pelanggan akan rela membagikan informasi pribadi mereka selama terdapat manfaat langsung yang bisa mereka rasakan. Di dalam era digital sat ini, setiap informasi adalah raja.

Selama pihak perusahaan transparan tentang upaya pengumpulan mereka dan mau memberikan penghargaan yang baik, maka data bisa digunakan untuk membantu perkembangan perusahaan.

2. Berikan Pelatihan Pada Tim Anda

Keterampilan Anda pada hari ini tidak akan bisa diterjemahkan untuk kebutuhan hari esok secara otomatis. Walaupun AI dan remote tidak bisa menggantikan tenaga kerja secara global, mereka tetap akan memberikan dampak yang baik pada pekerjaan dan perannya sangat penting.

Untuk itu, pelatihan atau training karyawan sangat penting untuk memenuhi persyaratan kerja baru yang dibutuhkan perusahaan.

3. Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Saat ini, setiap pelanggan mempunyai pilihan yang lebih banyak daripada sebelumnya. Menyediakan produk atau layanan dengan harga yang terjangkau tidak akan cukup bagi mereka.

Saat ini, setiap konsumen mencari layanan yang mampu memuaskan dan memudahkan mereka. Untuk itu, perusahaan harus melihat hal ini dengan baik dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan berbagai bantuan teknologi yang semakin berkembang di era digital seperti saat ini.

Baca juga: Teknologi Adalah Suatu Hal yang Melekat dalam Kehidupan Manusia, Ini Jenisnya!

Kesimpulan 

Di era digital seperti saat ini, setiap perusahaan memerlukan suatu pedoman agar bisa tumbuh dan bertransisi. Untuk itu, penyedia teknologi yang andal akan bisa membantu Anda dalam menuju kesuksesan dan memastikan Anda dan para konsumen Anda bisa mendapatkan manfaat yang baik di era digital saat ini.

Anda bisa memulainya dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, berbagai fitur dan modul yang lengkap di dalam Accurate Online juga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien.

Seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut bisa Anda gunakan secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik banner di bawah ini. accurate1