Ebook Adalah Buku Digital Masa Kini Yang Lebih Hemat, Ini Kelebihannya!

Pada dasarnya, Ebook adalah suatu alternatif bacaan buku yang sangat praktis. Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, buku pun ikut serta mengalami perubahan. Saat ini, buku tidak hanya dikenal sebagai buku cetak saja, karena ada buku lain yang dikenal dengan ebook.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada ebook? Kenapa ebook saat ini lebih banyak disarankan daripada membaca buku cetak? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang ebook di bawah ini.

Pengertian Ebook Adalah

Ebook adalah salah satu buku yang berbentuk digital ataupun elektronik yang mana umumnya berisi suatu informasi ataupun panduan tertentu. Buku elektronik ini bisa dibaca oleh setiap pengguna melalui perangkat elektronik, seperti laptop, komputer desktop, tablet, hingga smartphone.

Hampir sama dengan buku cetak, ebook atau buku elektronik juga mempunyai berbagai tulisan dan gambar dengan beragam tema, seperti ebook ilmu pengetahuan, ebook teknologi, ebook motivasi, ebook tutorial, dan berbagai tema lainnya.

Di era digital seperti saat ini, tentunya penggunaan ebook sudah lebih banyak daripada buku cetak. Berdasarkan pengertian tentang ebook di atas sebagai buku dengan bentuk digital, maka dari sisi penyimpanan dan juga penggunaannya terhitung lebih praktis, sehingga banyak orang saat ini lebih memilih membeli ebook dari pada buku cetak.

Baca juga: Telemedicine: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan yang Ada di Dalamnya

Pengertian E-book Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bawah ini mempunyai persepsi sendiri tentang ebook, yaitu:

1. Wikipedia

Berdasarkan laman resmi Wikipedia, buku elektronik atau ebook adalah publikasi buku yang tersedia dengan wujud digital, yang mana didalamnya terdiri dari gambar, teks, atau bahkan keduanya, serta bisa dibuka dan dibaca melalui layar smartphone, komputer, atau beberapa perangkat elektronik lainnya.

Walaupun memang terkadang ebook dijelaskan sebagai versi elektroniknya dari buku cetak, namun beberapa ebook juga banyak dimuat dalam versi cetaknya.

2. Whalts

Dilansir dari laman Whalts, ebook adalah versi elektronik dari buku yang dicetak secara tradisional agar bisa dibaca dengan menggunakan perangkat komputer atau menggunakan ebook reader.

3. Oxford Dictionaries

Bersumber dari laman oxforddictionaries, ebook adalah versi elektroniknya dari buku cetak yang bisa dibuka dan juga dibaca pada perangkat komputer ataupun perangkat smartphone yang dibuat khusus untuk tujuan tersebut.

Fungsi E-book Secara Umum

Secara umum, fungsi ebook adalah sebagai suatu media baca informasi secara digital dengan menggunakan perangkat tertentu. Biasanya, para pengguna ebook adalah mereka yang benar-benar sudah paham akan teknologi dan sudah terbiasa dalam membeli ebook sebagai media belajarnya.

Nah, beberapa fungsi lain dari ebook adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai Sarana untuk Belajar

Saat ini, sudah banyak orang yang bisa membuat ebook dan di dalamnya berisi ilmu pengetahuan ataupun panduan dalam bidang ilmu tertentu.

Beberapa topik dan informasi yang umumnya dijadikan sebagai ebook adalah terkait bisnis online, panduan blogging, panduan komputer, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan teknologi.

2. Sebagai Media Informasi

Dewasa ini, sudah banyak sekali pebisnis yang memberikan ebook secara gratis untuk calon pelanggannya. Dengan hanya mencantumkan email, maka setiap calon pelanggan bisa mendownload ebook yang di dalamnya berisi informasi penting ataupun panduan yang memang diperlukan.

Proses pembuatan dan juga penyebaran ebook ini terkenal sangat mudah karena wujudnya yang berupa digital. Oleh karena itu, saat ini ebook sangat pas untuk digunakan sebagai media informasi.

Tujuan Ebook Secara Umum

Seperti yang sudah kita singgung sedikit pada pengertian ebook sebelumnya, tujuan umum dibuatnya ebook adalah agar bisa mempermudah proses penyebaran informasi dan juga pembelajaran oleh para penggunanya.

Sedangkan tujuan lain dari ebook adalah sebagai berikut ini:

1. Memudahkan Pembuatan Buku

Ebook adalah salah satu solusi untuk mereka yang berminat mengeluarkan buku tapi merasa sulit dalam membuat buku tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa proses pembuatan buku cetak terkenal sangat panjang dan juga sulit untuk dilakukan.

Namun akan beda ceritanya bila kita membuat buku digital. Tapi tentunya format ebook tersebut harus dibuat secara menarik agar layak untuk disebarkan dan diperjual-belikan.

2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku

Membuat buku cetak memerlukan biaya yang tidak sedikit, karena dalam prosesnya masih banyak menggunakan alat-alat konvensional. Tapi akan berbeda dalam pembuatan ebook, biaya yang Anda perlukan nyaris tidak ada atau bahkan bisa dibilang gratis.

3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

Ebook sangat mudah sekali untuk disebarkan. Proses penyebaran ebook bisa melalui media internet atau alat elektronik lain, seperti hardisk ataupun flashdisk.

4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

Dengan kehadiran ebook, maka setiap proses belajar-mengajar bisa dilakukan lebih mudah. Pihak pengajar bisa membuat materi pelajaran secara mudah dalam bentuk ebook dan mengirimkan ebook tersebut pada para siswanya.

Dari sisi siswa juga tentu akan sangat mudah, karena mereka bisa mempelajari materi pelajaran dalam bentuk ebook dimanapun dan kapanpun mereka berada.

5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Saat Anda membuat suatu ebook, maka Anda bisa memberikan proteksi keamanan yang tinggi terkait isi ebook Anda. Caranya adalah dengan memberikan password tertentu, sehingga hanya orang-orang yang Anda pilih saja yang bisa membuka ebook tersebut.

Lebih dari itu, ebook juga tidak mudah rusak seperti buku cetakan pada umumnya. Tentunya hal ini menjadi kelebihan khusus untuk para pengguna ebook.

Format Ebook Pada Umumnya

Terdapat banyak sekali format ebook yang bisa Anda pilih bila ingin membuat ebook. Selama ini, mungkin Anda hanya mengenal ebook dalam format PDF saja, namun ternyata format ebook masih ada banyak lagi.

Beberapa format ebook selain PDF atau Portable Document Format adalah EPUB (Electronic Publication), MOBI (Format MobiPocket), dan AZM (Amazon Word). Untuk format AZW, format tersebut dipublikasi dan dijual khusus pada portal Amazon. Termasuk di dalamnya format kindle fire (KF8) dari Amazon.

Beberapa format lain yang banyak digunakan adalah PDB (Palm File Database), dan HTTP (Hypertext Markup Language) yang sudah sering dan umum kita temukan di manapun.

Selain itu, ada juga format XHTML dan XML yang mana keduanya masih banyak digunakan. Ada juga format lain seperti PRC (Palm Resource File) dan juga Compressed HTML atau yang banyak dikenal dengan CHM.

Kelebihan dan Kekurangan E-book

Penggunaan ebook saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena diklaim lebih murah dan juga lebih mudah untuk diperoleh. Tapi, ebook juga tetap memiliki beberapa kelemahan yang harus selalu Anda perhatikan.

1. Kelebihan E-book

  • Lebih Ringkas: buku digital atau ebook sudah terbukti jauh lebih ringkas daripada buku cetak. Setiap pengguna smartphone atau tablet bisa membuka ebook-nya kapanpun dan dimanapun mereka butuhkan.
  • Lebih Awet: karena dibuat dalam bentuk digital, tentunya ebook tidak mudah rusak dan lebih awet daripada buku cetak pada umumnya.
  • Lebih Murah: proses pembuatan buku elektronik ini bisa dilakukan dengan mudah dan sangat murah, bahkan gratis. Sehingga, harga untuk membeli ebook cenderung lebih murah daripada buku cetak.
  • Ramah Lingkungan: proses pembuatan ebook juga tidak memerlukan kertas dan tinta, sehingga diklaim lebih ramah lingkungan daripada buku cetak yang dibuat dengan menggunakan kertas dan tinta.

2. Kekurangan Ebook

  • Tidak Bisa Dipegang: umumnya, kebanyakan orang memang lebih menyukai sesuatu yang ringkas. Tapi, beberapa yang lainnya lebih suka memegang buku daripada memegang gadget, dan hal ini tidak mampu diberikan pada ebook.
  • Ukuran Teks yang Lebih Kecil: biasanya, ukuran teks yang terdapat pada ebook lebih kecil daripada buku cetak pada umumnya, terlebih lagi bila dibuka dengan menggunakan smartphone yang layarnya kecil.
  • Membuat Mata Cepat Lelah: saat membaca ebook, radiasi dan cahaya yang dikeluarkan dari smartphone atau perangkat lainnya akan membuat mata jadi lebih cepat lelah. Bila digunakan dengan jangka panjang tentunya bisa membuat kerusakan pada mata, seperti mata minus.

Baca juga: GIF Adalah: Ini Pengertian, dan Peran Pentingnya untuk Kampanye Marketing

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang ebook. Jadi, ebook adalah buku berbentuk digital ataupun elektronik yang mana umumnya berisi suatu informasi ataupun panduan tertentu dan bisa dibaca oleh setiap pengguna melalui perangkat elektronik, seperti laptop, komputer desktop, tablet, hingga smartphone.

Fungsi ebook secara umum adalah sebagai sarana belajar dan media informasi. Sementara tujuan utama dibuatnya ebook adalah memudahkan pembuatan buku, menghemat biaya pembuatan buku, memudahkan proses penyebaran informasi, memudahkan proses belajar dan mengajar, dan melindungi informasi yang disebarkan.

Selain PDF, Ebook juga tersedia dalam format EPUB, MOBI, AZM, KF8, PDB, HTTP, XHTML, XML, PRC, dan CHM. Beberapa kelebihan dari Ebook adalah lebih ringkas, lebih awet, lebih murah, dan ramah lingkungan. Sedangkan kekurangannya adalah tidak bisa dipegang, ukuran huruf lebih kecil, membuat mata cepat lelah.

Membuat ebook mampu memberikan lebih banyak keuntungan daripada kekurangannya, terutama untuk bisnis. Bila dibuat dengan maksimal, tentunya bisa meningkatkan laba perusahaan.

Namun, setiap laba perusahaan harus dicatat dan dibuat laporan laba rugi-nya secara rapi dan tepat. Namun, membuat laporan secara manual tentu sangat lama dan juga sering terjadi human error.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Di dalamnya Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi, secara otomatis, cepat, dan tepat. Sehingga, Anda bisa fokus mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate 2 banner bawah