Telemedicine: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan yang Ada di Dalamnya

Pada dasarnya, telemedicine adalah bentuk inovasi pelayanan kesehatan yang mampu mempermudah masyarakat. Inovasi tersebut mampu membantu pasien dalam memanfaatkan waktunya secara lebih efisien agar tidak perlu lagi datang ke rumah sakit dalam melakukan konsultasi.

Terlebih lagi di tengah musim pandemi seperti saat ini, tentunya setiap pasien akan sangat disarankan untuk datang langsung ke rumah sakit, kecuali memang dalam keadaan dan situasi yang darurat saja. Oleh karena itu, pihak pemerintah pusat menghimbau pencegahan penularan virus Covid dengan memanfaatkan telemedicine.

Pengertian Telemedicine Adalah

Jadi, telemedicine adalah bentuk pengembangan teknologi yang mampu memudahkan setiap pasien dalam melakukan konsultasi dengan setiap dokter tanpa harus bertatap ataupun bertemu langsung dengan dokter tersebut.

Dengan melakukan konsultasi dengan para dokter, maka setiap pasien akan sangat terbantu dengan adanya dugaan diagnosis awal, perawatan dan juga penanganan pertama secara cepat. Terutama untuk penyakit demam, cedera, flu, dan berbagai tips dalam menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Saat ini, teknologi telemedicine ini sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Bahkan, sebenarnya telemedicine sendiri sudah lama digunakan. Tapi untuk di Indonesia, telemedicine baru digunakan beberapa tahun belakang ini saja.

Penggunaan teknologi telemedicine ini mampu mengubah berbagai pola hidup manusia di era digital. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali sektor yang mampu mengikuti perkembangan telemedicine, seperti dalam sektor kesehatan, organisasi kesehatan dunia, dan berbagai hal lainnya.

Telemedicine saat ini sudah menjadi salah satu perkembangan teknologi yang terjadi dalam ranah kesehatan bidang digital. Berdasarkan laman resmi WHO, terdapat empat hal yang mendasari digunakan telemedicine, yaitu:

  • Sebagai suatu alat pendukung perawatan kesehatan secara klinis.
  • Inovasi yang tepat dengan teknologi yang baru
  • Mampu meningkatkan kualitas hidup dan juga kesehatan masyarakat.

Untuk di negara kita sendiri, penggunaan telemedicine ini diklaim mampu mengatasi berbagai hambatan pemerataan pada akses kesehatan. Kenapa? karena di beberapa daerah masih ada yang kesulitan dalam mengakses kesehatan, baik itu dari tenaga kesehatan, fasilitas, dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: G Suite Adalah Salah Satu Produk Google dengan Layanan SaaS, Ini Penjelasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Telemedicine

Perkembangan teknologi telemedicine ternyata mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari telemedicine adalah sebagai berikut:

  • Kelebihan Telemedicine

Beberapa kelebihan utama dari telemedicine adalah mudah untuk memperoleh penanganan langsung secara online, lebih mudah untuk memperoleh resep anjuran dari dokter tanpa harus datang ke rumah sakit secara langsung, lebih mudah untuk memperoleh tips kesehatan, dan bisa melakukan konsultasi dengan dokter kapanpun dan dimanapun.

  • Kekurangan Telemedicine

Kekurangan yang ada pada teknologi telemedicine adalah dokter tidak bisa memeriksa pasiennya secara langsung. Sehingga, hasil diagnosa tidak akurat dan dokter akan memberikan kemungkinan diagnosa dengan resep obatnya saja.

Kehadiran telemedicine diharapkan mampu dikembangkan lebih baik lagi dengan berbagai fitur yang mampu membantu dokter dalam melakukan diagnosa secara akurat, seperti rekaman detak jantung, tekanan darah, dan berbagai hal lainnya.

Saat ini, beberapa negara sudah ada yang menggunakan teknologi sensor yang bila ditempatkan pada permukaan kulit, maka kita bisa mengetahui seluruh kondisi tubuh kita secara lebih sistematik. Oleh karena itu, teknologi telemedicine di Indonesia diharapkan bisa segera mengadopsi sistem tersebut.

Penggunaan Telemedicine

Bila kita lihat berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, bisa saja kita mengatakan bahwa fitur yang terdapat di dalam belum bisa menjadi solusi tuntas atas layanan kesehatan yang diperlukan masyarakat.

Oleh karena itu, WHO pun turut merekomendasikan beberapa fokus dalam memanfaatkan layanan kesehatan telemedicine, yaitu:

  • Digunakan sebagai suatu teknologi yang mampu mempermudah kegiatan konsultasi tanpa adanya sesi tanya jawab langsung yang berhubungan dengan pengobatan antar pasien dan dokter.
  • Memberikan akses pada pasien dan dokter untuk saling menjalin komunikasi walaupun terpisahkan jarak yang cukup jauh.
  • Mampu memberi kemudahan pada pasien dan dokter untuk saling menjalin komunikasi walaupun terpisahkan jarak yang sangat jauh.
  • Memberikan kemudahan untuk pasien dalam mengetahui berbagai tips kesehatan yang masih bisa dilakukan di rumah dan juga memberikan bentuk pertolongan pertama ketika mengalami berbagai penyakit ringan.
  • Memberikan saran yang paling tepat terkait masalah kesehatan yang dialami oleh pasien.
  • Demi menghindari kerumunan dan juga antrian fasilitas kesehatan setempat, sehingga layanan kesehatan ini bisa dibilang sangat efisien.

Fokus Penggunaan Telemedicine

Karena adanya kelebihan dan kekurangan pada telemedicine, rasanya tidak berlebihan bila kita mengatakan bahwa telemedicine bisa menjadi solusi yang ampuh untuk layanan kesehatan masyarakat. Untuk itu, WHO pun merekomendasikan beberapa fokus yang bisa dilakukan ketika menggunakan layanan telemedicine.

  1. Sebagai sarana teknologi agar bisa mempermudah kontrol perawatan, seperti menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan pengobatan yang telah selesai dan dijalani oleh pasien.
  2. Memudahkan pasien dalam mengetahui hasil akhir laboratorium secara tepat, terutama bila seluruh hasilnya bisa terbaca secara normal.
  3. Memberikan akses agar bisa melakukan komunikasi dengan tenaga ahli kesehatan dari tempat yang cenderung sulit untuk dijangkau.
  4. Memberikan saran yang berhubungan dengan spesialisasi dokter yang tepat untuk masalah kesehatan yang saat itu sedang dialami oleh pasien.
  5. Meminimalisir terjadinya antrian di fasilitas kesehatan dan juga membuat bentuk pelayanan agar bisa dilakukan secara lebih efisien.

Meskipun memang masih ada pro dan kontra terkait adanya fitur ini, namun telemedicine adalah perkembangan teknologi yang sudah tidak bisa lagi kita pandang sebelah mata. Peraturan yang ketat dari sisi dokter ataupun sisi pasien pun masih harus terus disosialisasikan, agar nantinya bisa mencari solusi yang tepat dan menguntungkan setiap pihak.

Penggunaan layanan telemedicine ini nantinya akan terus dirancang bukan untuk menggantikan kunjungan dokter, namun sebagai bentuk pendamping perawatan yang semakin efisien, makin baik, dan juga makin tepat.

Perbedaan Telekonsultasi dan Telemedicine

Berdasarkan penjelasan lengkap diatas, bisa kita simpulkan perbedaan yang ada pada telekonsultasi dan telemedicine.

Telekonsultasi adalah suatu bagian dari telemedicine, sehingga ruang lingkupnya lebih kecil. Sedangkan telemedicine adalah layanan kesehatan jarak jauh dan tidak hanya mencakup konsultasi online saja.

Bila kita berpatokan pada penerapan konsultasi online di berbagai lapangan, maka pasien bisa berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatannya. Sehingga, konsultasi yang dilakukan tidak hanya bisa dilakukan oleh satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya.

Selain itu, ruang lingkup konsultasi online adalah komunikasi seputar keluhan pasien pada dokter, memberikan diagnosa penyakit dari dokter pada pasiennya, lalu memberikan saran tata laksana dari pihak dokter pada pasiennya.

Disisi lain, ruang lingkup telemedicine adalah radiologi, elektrokardiografi, ultrasonografi obstetri, dan konsultasi klinis.

Berdasarkan peraturan menteri kesehatan 20/2019, pemerintah saat ini belum melakukan konsultasi online yang memang ramai disediakan oleh aplikasi ataupun rumah sakit. Setiap penyedia layanan konsultasi harus mempunyai syarat dan ketentuan yang ada di dalamnya.

Beberapa ada yang bisa secara langsung melakukan konsultasi lewat chat. Namun, beberapa ada juga yang memberikan syarat untuk membuat jadwal konsultasi yang lebih terencana. Konsultasi yang dilakukan secara online dan terencana ini bisa dilakukan lewat chat ataupun lewat video call.

Konsultasi yang dilakukan secara online via video call akan lebih disarankan karena situasinya yang mirip dengan konsultasi reguler. Namun, akan lebih baik lagi bila sudah ada riwayat medis yang dikirim oleh pasien ke pihak rumah sakit agar bisa membantu dokter dalam membuat diagnosis penyakit secara lebih cepat dan akurat.

Baca juga: GIF Adalah: Ini Pengertian, dan Peran Pentingnya untuk Kampanye Marketing

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang telemedicine, lengkap dengan kelebihan dan juga berbagai kekurangan yang ada di dalamnya.

Layanan telemedicine ini nantinya akan terus dikembangkan demi menggantikan konsultasi antar pasien dan dokter secara langsung dan juga efisien.

Teknologi lainnya yang saat ini tengah berkembang dan dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pebisnis adalah software akuntansi. Software akuntansi adalah software yang mampu membantu pebisnis dalam membuat laporan keuangan secara lebih mudah tanpa adanya kesalahan sedikitpun.

Nah, bila Anda tertarik menggunakan software akuntansi, maka cobalah gunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online juga mampu membantu Anda dalam mengelola bisnis, karena di dalamnya tersedia fitur penjualan, pembelian, perpajakan, persediaan, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya yang sangat lengkap untuk pebisnis.

Silahkan coba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.