Google Adsense, Platform yang Mampu Menghasilkan Pundi Uang dengan Mudah, Ini Caranya!

Bila Anda tertarik untuk memperoleh penghasilan tambahan dan dirasa hobi yang Anda jalani saat ini mampu menghasilkan pundi-pundi uang, maka Anda bisa mencoba Google AdSense. Google AdSense adalah salah satu layanan dari Google yang mampu memberikan penghasilan tambahan pada Anda.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa beberapa produk di internet seperti Blog atau YouTube mampu menghasilkan uang lewat Google AdSense. Kedua platform tersebut bisa Anda gunakan untuk menyalurkan hobi Anda.

Tapi, sebenarnya Google AdSense mempunyai cara kerja dan juga keunggulan tersendiri yang harus Anda ketahui. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap pada Anda tentang Google AdSense, cara kerja dan keunggulan dari Google AdSense tersebut.

Apa itu Google AdSense?

Disadur dari laman Qwords, Google AdSense adalah suatu program advertisement atau periklanan yang berbasis CPC atau Cost per Click. Program ini mampu membantu setiap pemilik channel Youtube atau situs blog memperoleh penghasilan dari iklan yang ditampilkan.

Umumnya, Google AdSense akan memberikan penghasilan dengan berdasarkan iklan yang terpasang di Channel YouTube atau di Blog. AdSense akan menampilkan iklan di platform tersebut dengan berbagai bentuk, seperti iklan gambar, teks, ataupun iklan video.

Nantinya, iklan tersebut akan ditampilkan sesuai dengan minat para pengunjung suatu situs blog atau Channel YouTube. Iklan tersebut dibuat dan juga dibayar oleh pemilik iklan yang ingin memasarkan produk mereka sesuai dengan harga yang diberikan untuk bisa menayangkan iklannya tersebut.

Baca juga: Google Adwords Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Lengkap Menggunakannya

Sejarah Google AdSense

Fitur Google AdSense pertama kali hadir setelah perusahaan Google berhasil mengakuisisi perusahaan Pyra Labs di bulan Februari tahun 2003 lalu. Sebulan kemudian, Google melalui Chairman dan CEO nya pada saat itu mengumumkan adanya layanan periklanan baru dari mereka yang dinamai dengan Google AdSense.

Agar lebih menyempurnakan layanan Google AdSense, sebulan kemudian perusahaan Google pun mengakuisisi teknologi yang berasal dari Applied Semantics agar bisa memaksimalkan kerja AdSense yang lebih baik.

Sejak pertama kali diluncurkan, layanan Google AdSense hanya tersedia untuk konten berbahasa Inggris dan beberapa bahasa yang berada di Eropa, Timur Tengah, Asia Timur dan juga Thailand saja. Namun pada akhirnya, tepat di tanggal 1 Februari 2012, merekapun mendukung penuh layanan dalam bahasa Indonesia.

Hingga kini, AdSense mempunyai dua jenis akun untuk para publisher-nya, yakni versi Adsense Hosted untuk platform YouTube, dan AdSense non-hosted untuk situs blog website.

Keunggulan AdSense

Bila Anda memang tertarik untuk menggunakan Google AdSense, maka akan ada tiga keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Ketiga keuntungan dari Google AdSense tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menyajikan Iklan yang Tepat Untuk Para Pemirsa

Seperti yang sebelumnya sudah kita bahas bersama bahwa Google AdSense mampu menyajikan iklan yang sesuai dengan minat pengunjung pada situs atau channel YouTube Anda. Jadi, bila Anda adalah seorang gamer, maka iklan yang nantinya akan disajikan adalah tentang game saja.

Sehingga, AdSense akan meninjau setiap iklan terlebih dahulu untuk bisa memastikan bahwa iklan tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan sesuai dengan konten yang Anda berikan. Dengan demikian, hal tersebut akan berdampak pada pundi uang yang bisa Anda peroleh.

2. Pemegang Kendali Iklan

Anda akan bertindak sebagai pemegang kendali iklan yang bisa dimunculkan dalam situs blog atau channel YouTube Anda. Hal tersebut sudah termasuk kebijakan yang diberikan oleh pihak Google AdSense, karena tetap Anda lah yang memberikan ruang iklan.

Block atau penempatan iklan yang tidak sesuai nantinya akan disesuaikan lagi dengan tempat di mana iklan tersebut akan dimunculkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis iklan apa yang bisa Anda gunakan sesuai dengan situs atau channel Anda. Sehingga, Anda bisa mengatur sendiri jenis iklan apa yang harus ada dalam situs atau channel Anda.

3. Iklan Yang Membayar Paling Tinggilah yang Akan Dimunculkan

Google AdSense akan memastikan Anda memperoleh pendapatan tinggi dari situs atau channel Anda. Mereka tidak ingin membuat Anda memperoleh penghasilan yang kecil, terlebih lagi Anda adalah pemberi ruang iklan.

Hasilnya, hanya iklan yang mampu membayar paling tinggi saja yang nantinya akan ditampilkan. Untuk itu, manfaatkanlah jaringan terbesar pengiklanan online yang mampu menawar untuk ruang iklan yang Anda sediakan. Maksimalkanlah hasil yang bisa Anda dapatkan dari iklan yang sudah Anda buat.

Cara Kerja Google AdSense

Setidaknya ada tiga cara kerja Google AdSense seperti yang dikutip dari laman resmi Google, yaitu:

1. Sediakan Ruang Iklan

Cara kerja pertama dari Google AdSense adalah Anda menyediakan suatu ruang iklan dengan cara menempelkan kode iklan di situs atau channel Anda. Selain itu, Anda juga harus memilih tempat di mana Anda ingin menampilkan iklan dari Google tersebut.

Biasanya, penempatan iklan akan ditempatkan di bagian header, footer, atau sidebar pada suatu situs blog website. Nantinya, iklan tersebut akan tampil sesuai dengan minat pengunjung Anda.

2. Iklan yang Membayar Paling Mahal yang Akan Tampil

Pihak pengiklan nantinya akan melakukan lelang secara real time. Hal tersebut wajib mereka lakukan agar iklannya bisa tampil pada tempat yang sudah Anda sediakan. Para pengiklan akan melakukan penawaran harga yang paling tinggi.

3. Anda Akan Dibayar dari AdSense

Bila kedua proses di atas sudah Anda lakukan, maka langkah terakhir adalah Anda akan menerima pembayaran dari pihak Google. Mereka akan menangani semua proses penagihan ke semua pihak pengiklan dan jaringan iklan untuk tayangan iklan di situs website Anda.

Besarnya bayaran yang bisa diperoleh dari Google AdSense ini berasal dari iklan yang memang sudah dibuka atau di klik oleh para pengunjung. Semakin mahal iklan yang mereka pasang, maka akan semakin tinggi juga pembayaran yang akan Anda terima.

Panduan Google AdSense Untuk Pemula

1. Mendaftar Google Adsense

Sebelum melakukan pendaftaran AdSense perlu Anda ketahui bahwa tidak semua website akan diterima oleh AdSense, hanya website yang telah memenuhi syarat lah yang nantinya akan diterima oleh mereka.

Bila pengajuan Anda ditolak, maka Anda harus membaca penyebab ditolaknya dan bila sudah Anda atasi dengan baik, silahkan Anda ajukan kembali.

2. Klik dan Tayangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google AdSense bekerja dengan cara menampilkan iklan dalam situs website atau channel Anda, lalu saat ada klik maka akan dihitung sebagai pemasukan.

Agar hal tersebut bisa berjalan dengan baik, maka Google melarang setiap bentuk tindakan klik iklan secara sendiri, meminta orang lain untuk klik iklan Anda, ataupun menempatkan iklan yang mampu memanipulasi para pengunjung, serta dilarang untuk mempromosikan website dengan cara yang dilarang dan berdampak pada traffic yang kurang berkualitas untuk situs website Anda.

3. Pedoman Konten

Mitra Google AdSense harus bertanggung jawab atas seluruh konten yang berada pada laman websitenya. Berbagai konten yang dilarang adalah konten yang mengandung copyright, pornografi, atau mengandung unsur kekerasan dan SARA.

Untuk itu, usahakanlah sebisa mungkin dalam menerbitkan konten yang unik dan relevan. Hindari perbuatan curang dengan cara memasukkan kata kunci secara berlebih dan memasang suatu kode pelanggaran yang bisa membuat akun Anda dinonaktifkan oleh pihak Google.

4. Implementasi Iklan

Bila Anda sudah diterima sebagai pihak publisher Google AdSense, maka Anda sudah bisa menayangkan iklan di website Anda.

Namun, Anda harus memasang kode iklan terlebih dulu pada halaman website Anda. Beberapa hal yang harus Anda jadikan sebagai patokan adalah tidak boleh memasang iklan pop-up dengan menggunakan format lain yang bisa merugikan pengunjung atau pengiklan lain.

5. Penonaktifan Akun Adsense

Bila Anda tidak mematuhi setiap pedoman Google AdSense, maka Anda harus siap menerima banned atau penonaktifan akun dari pihak Google.

Baca juga: Google Shopping Fitur dari Google Untuk Dongkrak Penjualan Bisnis, Ini Strateginya!

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap dari kami tentang Google AdSense. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mendapatkan keuntungan dari Google AdSense? Jika iya, maka Anda bisa mengikut cara-cara di atas.

Bila sudah menerima keuntungan, jangan lupa untuk mencatat keuntungan tersebut di laporan keuangan agar Anda bisa mengetahui nilai keuntungan yang sudah Anda dapatkan. Namun, membuat laporan keuangan secara manual tentunya memerlukan waktu yang sangat banyak dan rentan sekali terjadi kesalahan.

Oleh karena itu, cobalah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa fokus dalam mengembangkan situs blog atau channel YouTube Anda saja.

Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur tersebut secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.