Google Chrome Extension: Ini Rekomendasi dan Cara memasangnya

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar tentang Google Chrome extension. Beberapa Google Chrome extension terkenal mampu meningkatkan produktivitas kerja Anda sehari-hari.

Saat Anda menggunakan aplikasi Google Chrome, tentu istilah extension akan selalu melekat di dalamnya. Pada dasarnya, extension adalah salah satu fitur yang disediakan di dalam Google Chrome agar bisa memudahkan proses kerja para penggunanya.

Tapi, seringkali beberapa dari kita merasa kesulitan dalam memilih Google Chrome extension yang mampu meningkatkan produktivitas kerja karena banyaknya extension yang tersedia.

Lalu, Google Chrome extension apa saja yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kita? Tenang, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi Google Chrome extension yang pas untuk Anda. Untuk itu, baca artikel tentang Google Chrome extension ini hingga selesai.

10+ Rekomendasi Google Chrome Extension Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

1. Todoist

Google Chrome extension yang satu ini sangat pas untuk Anda para pekerja kantoran dan sering melupakan berbagai tugas yang diberikan oleh atasan.

Berdasarkan laman Hubspot, Todoist adalah tools project management yang mampu membantu Anda dalam membuat daftar pekerjaan secara terorganisir.

Selain itu, tampilan ekstension ini juga sangat menarik, sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Anda bisa melihat berbagai daftar tugas Anda atau tim dan menambahkan tugas baru lainnya.

Bila Anda memasang Google Chrome extension ini, maka Anda tidak lagi harus membuka aplikasi, tab baru, ataupun perangkat lain secara terpisah ketika ingin melihat dan menambahkan tugas.

Baca juga: Google Classroom Adalah: Ini Pengertian, Fitur dan Keunggulannya

2. Grammarly

Bila Anda sering mengalami kesalahan dalam menulis, maka Google Chrome extension Grammarly ini sangat cocok untuk Anda.

Dilansir dari laman resmi Life Hack, Grammarly adalah seperti asisten menulis Anda, sehingga akan membantu Anda dalam meminimalisir kesalahan dalam mengetik dan juga tata bahasa yang salah ketika Anda sedang menulis.

Anda akan memperoleh saran dari Grammarly saat sedang menulis dokumen, email dan berbagai tulisan lainnya secara tepat.

Selain itu, extension ini bahkan akan menyarankan frase atau kata apa yang baik untuk Anda gunakan dalam membuat suatu kalimat.

3. StayFocusd

StayFocusd adalah Google Chrome extension yang sangat pas untuk Anda yang seringkali memperoleh distraksi dari berbagai situs web lain ketika sedang fokus dalam mengerjakan suatu tugas.

StayFocusd akan membantu Anda dalam menetapkan batas waktu dalam situs tertentu, sehingga mampu meminimalisir efek distraksi ketika sedang bekerja keras.

Lebih hebatnya lagi, Anda diberikan pilihan sendiri dalam mengatur batas waktu ini. Contohnya, Anda bisa membatasi waktu mengunjungi laman Twitter selama 20 menit atau laman Facebook selama 30 menit.

Selain itu, Anda harus menyelesaikan suatu tantangan tertentu saat sudah mengatur batasan waktu dan Anda ingin mengubahnya lagi.

4. LastPass

Google Chrome extension ini akan membuat Anda untuk tidak lagi kesulitan dalam mengingat seluruh password dari akun yang Anda miliki saat ini.

Bersumber dari laman Hubspot, LastPass adalah extension pengelolaan password yang mampu menyimpan seluruh password Anda di dalam Google Chrome extension.

Anda hanya perlu mengingat password LastPass saja untuk masuk, dan nantinya seluruh password dan akun Anda akan tersimpan di dalam extension ini.

5. Pocket

Sebagian dari Anda pasti ingin menyimpan suatu artikel yang sudah Anda temui di Google agar bisa dibaca nanti saat ada waktu luang. Nah, Google Chrome extension Pocket ini akan melakukan hal tersebut untuk Anda.

Bersumber dari laman Clockify, Anda bisa menyimpan semua artikel yang ingin Anda baca nanti dengan menggunakan extension Pocket. Lalu, Anda juga bisa membaca artikel tersebut melalui smartphone saat ada waktu luang.

Extension ini akan mampu meningkatkan produktivitas dengan cara menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

6. Momentum

Momentum adalah Google Chrome extension yang akan menyapa Anda saat membuka web browser, seperti saat Anda membuka tab baru.

Momentum akan membantu Anda agar bisa tetap fokus dengan tujuan yang sudah Anda buat hari ini. Jadi saat Anda ingin membuka tab baru, maka extension ini akan terbuka dan mengingatkan pada Anda tentang tujuan hari ini.

Selain itu, momentum juga dilengkapi dengan latar foto yang baik dan akan menyapa Anda. Didalamnya juga terdapat kutipan tertentu yang akan menyemangati hari-hari Anda.

7. The Great Suspender

Google Chrome extension ini akan membantu aplikasi Chrome Anda bekerja dengan baik. Untuk Anda yang sering membuka banyak tab, extension ini juga sangat cocok untuk Anda. Dengan memasang The Great Suspender, maka tab yang sedang Anda buka tidak akan terkena suspend.

Google Chrome extension ini sangat pas untuk Anda yang sangat aktif dan tidak ingin membuka jendela Chrome yang baru.

8. Ghostery

Extension ini akan membantu Anda dalam menghindari tindak kejahatan di dunia internet. Ghostery akan membantu Anda dalam menghindari media sosial, iklan, dan berbagai hal lainnya yang mampu mengumpulkan berbagai kebiasan Anda. Sehingga, privasi Anda pun akan terjaga dengan aman.

9. Tab Resize

Dengan adanya extension ini, maka Anda bisa melihat seluruh tab hanya dalam satu layar saja. Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai ukurannya.

10. Text Mode

Jenis extension ini akan membantu Anda untuk bisa lebih fokus pada tulisan saja. Gambar atau video yang terdapat dalam suatu situs tentu akan mengganggu tingkat fokus Anda.

Jadi dengan memasang extension text mode, maka seluruh animasi, video dan gambar akan hilang. Sehingga, Anda bisa fokus pada teks saja.

11. Screencastify

Google Chrome extension screencastify berguna untuk merekam layar chrome Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengedit dan membagikan video yang sudah Anda rekam. Anda pun bisa memasukkan berbagai narasi tertentu di dalam video tersebut.

Bagaimana Cara Install Google Chrome Extension?

1. Cari Extension yang Ingin Anda Butuhkan

Buka aplikasi Google Chrome Anda dan klik laman ini agar bisa masuk ke Chrome Web Store dan mencari extension yang Anda butuhkan.

Anda bisa melihat ribuan extension pada laman ini atau memanfaatkan kolom pencarian yang sudah disediakan untuk mencari extension yang sedang Anda butuhkan. Lalu, ketik nama extension tersebut di dalam kotak pencarian.

Saat menggunakan kolom pencarian tersebut, Anda bisa menggunakan juga kolom fitur, kategori, atau nilai agar pencarian Anda lebih spesifik.

Bila sudah, seharusnya extension yang sedang Anda cari sudah muncul. Bila belum muncul, Anda tinggal klik saja ekstensi lainnya untuk melihat hasil pencarian lain.

2. Install Extension yang Sudah Anda Temukan

Bila Anda sudah menemukan extension yang sedang Anda cari, pilih tambahkan ke Chrome yang berada di kanan layar.

Selanjutnya, Anda akan diminta konfirmasi proses install. Pilihlah tombol tambahkan ekstensi untuk segera memulai instalasi extension. Jika sudah diinstal, maka ikon extension akan tampil di kanan atas Google Chrome Anda.

3. Pengaturan Extension

Sekarang kita akan lanjut tentang cara mengatur ekstension yang sudah Anda instal. Untuk bisa mengubah pengaturan extension tersebut, Anda cukup pilih tombol menu yang berada di bagian kanan atas dengan lambang ikon tiga titik.

Lalu, pilihlah menu fitur lainnya dan di daftar pilihan yang keluar, silahkan pilih ekstensi untuk bisa melihat daftar extension yang sudah Anda instal.

Anda bisa menggunakan ikon toggle di setiap extension untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Anda juga bisa memilih tombol detail agar bisa melihat extension secara detail dan melakukan berbagai pengaturan. Seperti mengaktifkannya dalam incognito mode Chrome.

Menu detail ini juga bisa Anda akses langsung dengan cara klik kanan pada ikon extension di sisi kanan Chrome, dan pilih menu manage extensions.

4. Penghapusan Extension

Jika Chrome Anda mulai terasa berat atau lambat, maka Anda bisa mulai menghapus extension yang ada di dalam Google Chrome. Anda hanya harus masuk ke pengaturan ekstensi yang sudah dibahas pada poin ketiga. Lalu pilih tombol hapus untuk menghapus extension.

Nantinya, Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi proses penghapusan tersebut. Jika Anda sudah yakin, Anda tinggal pilih tombol hapus saja. Selanjutnya, extension tersebut akan menghilang dari layar beserta ikonnya dari tampilan Google Chrome Anda.

Anda juga bisa menghapus extension dengan klik kanan pada ikon extension yang ada di sisi kanan Google Chrome, lalu pilih menu hapus dari Chrome.

Baca juga: Google Drive Adalah Media Penyimpanan Online, Ini Fitur Tersembunyi di Dalamnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Google Chrome Extension, lengkap dengan cara install dan berbagai rekomendasinya yang bisa meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Selain Google Chrome, Anda juga bisa meningkatkan produktivitas kerja dengan menggunakan tools atau software tertentu, salah satunya adalah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, maka setiap kegiatan akuntansi dan pembukuan Anda akan bisa diselesaikan secara cepat, karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, mudah, dan akurat.

Selain itu, setiap lini kegiatan bisnis Anda juga akan berjalan lebih efektif dan efisien lewat berbagai fitur yang ada di dalam Accurate Online, seperti fitur penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba seluruh kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online ini selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.