Google Classroom Adalah: Ini Pengertian, Fitur dan Keunggulannya

Anda seorang guru atau murid? penting bagi Anda untuk mencari tahu apa itu Google Classroom dan kegunaannya. Pasalnya, Google Classroom adalah sebuah platform yang dapat membantu Anda mempermudah proses dalam pengajaran online.

Mungkin selama ini Anda sudah tidak asing lagi dengan platform Google Docs, Google Sheets, bahkan layanan lain dari Google. Nah, Google Classroom kurang lebih memiliki fungsi yang sama. Namun, dikembangkan khusus untuk pengajaran jarak jauh saja.

Apakah Anda seorang guru, tutor, atau murid yang sedang mencari platform untuk mempermudah proses pembelajaran?  Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Google Classroom Adalah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Google Classroom adalah platform berbasis web gratis yang dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan.

Dilansir dari Google for Education, Google Classroom memungkinkan pengajar mengelola dan mengukur kemajuan siswa sambil tetap terhubung dari mana saja.

Karena berbasis web, platform secara otomatis terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education lainnya seperti Gmail, Google Documents, dan Google Kalender.

Siswa dapat menerima dan mengirimkan tugas langsung di kelas, begitu juga dengan pengajar. Layanan ini secara signifikan dapat mengurangi penggunaan kertas dan menyederhanakan proses pembelajaran, terutama jika dilakukan dari jarak jauh.

Baca juga: G Suite Adalah Salah Satu Produk Google dengan Layanan SaaS, Ini Penjelasannya!

Fitur yang Ada di Dalamnya

Setelah Anda mengetahui Google Classroom dan tujuan layanannya, pasti Anda penasaran mengenai fitur di dalamnya, kan?

Nah, berbagai fitur yang ada di dalam Google Classroom adalah sebagai berikut:

1. Fitur Guru

Fungsi pertama yang dapat digunakan oleh seorang guru di Google Classroom adalah membuat kelas, memberikan tugas, dan melakukan penilaian tanpa kertas.

Seorang guru dapat menambahkan materi dari YouTube, survei di Google Formulir, dan dokumen lain di Google Drive, serta melakukan sesi tanya jawab dengan siswa.

Mereka juga dapat mengundang wali dan orang tua untuk melihat ringkasan prestasi akademik anak dan kemungkinan tugas yang diberikan oleh guru.

Karena terhubung melalui internet, semua ini bisa dilakukan secara real-time. Jadi fitur-fitur di Google Classroom sangat memudahkan pekerjaan seorang guru.

2. Fitur Murid

Siswa dan siswi dapat langsung mempelajari tugas yang diberikan dan mengumpulkannya langsung di kelas. Para siswa/i juga bisa mengecek hasil penilaian guru.

Nah, fitur lain yang bisa digunakan siswa di Google Classroom adalah berinteraksi di kelas yang terorganisir, melalui email atau langsung di aplikasi.

3. Fitur Orang Tua Murid

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang tua juga dapat memiliki akses ke Google Classroom.

Mereka dapat menerima email reguler tentang hasil pekerjaan anak-anak mereka dan juga dapat melihat semua kegiatan yang dilakukan.

Jika sekolah sering harus berkomunikasi melalui grup orang tua atau bahkan secara empat mata, Google Classroom memungkinkan mereka melakukan semuanya dari satu platform.

4. Fitur Pihak Administrasi

Dalam fitur admin ini, seorang admin yang biasanya mengurusi jadwal dan hal-hal yang berhubungan dengan pengajaran juga bisa mengatur semuanya dari Google Classroom.

Mereka dapat menyiapkan kelas, daftar nama, dan memastikan keamanan data dengan memilih siapa yang memiliki akses ke kelas.

Fitur Google Classroom lain yang dapat mereka gunakan adalah menambahkan atau menghapus siswa atau guru dari kelas yang sedang berlangsung.

Keunggulan Google Classroom

Dari penjelasan apa itu Google Classroom dan fitur-fitur yang ada di dalamnya, Anda tentu sudah bisa melihat apa saja kelebihan dari layanan ini.

Nah, beberapa keunggulan dari Google Classroom adalah sebagai berikut:

1. Guru Dapat Melakukan Banyak Tugas Dari Satu Tempat

Seperti yang telah disebutkan berkali-kali di atas, guru dan administrator dapat melakukan sebagian besar tugas mereka langsung dari platform ini.

Mereka dapat memberikan tugas, menyiapkan materi pembelajaran, memberikan penilaian, menghubungi orang tua, langsung dari Google Classroom.

Butuh lebih banyak materi di tengah kelas? Jangan khawatir, karena yang harus Anda lakukan hanyalah mendapatkan dokumen yang sudah tersimpan di Google Drive atau dokumen apa pun di internet.

2. Komunikasi dan Kolaborasi yang Lancar

Keuntungan lain dari Google Classroom adalah komunikasi dan kolaborasi menjadi lebih lancar, dimanapun peserta kelas berada. Misalnya, Anda bisa mengajar siswa di Indonesia, saat Anda berada di Eropa.

Karena berbasis web, semua komunikasi dapat dilakukan secara real time seolah-olah berada di ruang kelas biasa.

Guru dapat memulai pelajaran, menyusun latihan yang dapat dilakukan, dan siswa dapat mendiskusikan apa yang harus dilakukan.

Jadi, jika tiba-tiba ada yang merasa stuck dan butuh bantuan, bisa langsung bertanya langsung di diskusi.

Tidak hanya bagi siswa, guru juga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang tua karena mereka akan menerima laporan rutin.

3. Dokumen Bisa Disimpan Secara Otomatis, Rapi dan Aman

Keuntungan besar lainnya dari Google Classroom adalah semua dokumen disimpan dengan aman dan terintegrasi dengan produk Google lainnya.

Jadi, baik guru maupun siswa tidak perlu lagi repot memilah-milah kertas yang berantakan untuk menemukan sesuatu. Guru dapat menyimpan bahan ajar dalam satu folder. Begitu juga dengan siswa, mereka dapat menyimpan semua tugas dan hasil tes di folder mereka sendiri.

Tidak hanya itu, karena Google Classroom terintegrasi dengan Google Suite for Education, ini berarti tidak ada iklan yang akan melewatinya. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir data tersebut akan digunakan untuk kebutuhan periklanan dan lain-lain.

Baca juga: Google Doc Adalah Salah Satu Software Pengolah Kata, Ini Kelebihannya!

Penutup

Itulah penjelasan tentang apa itu Google Classroom, fitur yang tersedia, dan juga kelebihannya. Intinya, Google Classroom adalah layanan yang memudahkan semua pihak, mulai dari guru hingga orang tua. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, ya.

Jika tertarik, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi Google Classroom di Google Play Store untuk gadget Android, App Store untuk iOS, bahkan PC.

Bagi Anda yang ingin mempelajari tentang akuntansi, bisa banget dengan mencoba pakai Google Classroom. Pilih tema yang sesuai dengan bidang keahlianmu di akuntansi.

Nah, untuk memudahkan pekerjaan Anda di bidang akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan Anda secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, pekerjaan akuntansi Anda akan lebih cepat selesai dan Anda pun akan bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, berbagai fitur dan modul yang disediakan di dalamnya juga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih cepat, efektif dan efisien.

Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate 3 banner bawah