Graphical User Interface (GUI), Apakah Benar Dibutuhkan dalam Komputer?

Anda tentu pernah melihat sebuah tampilan jendela Windows beserta taskbar dan kumpulan icon serta widget, bukan? Jika iya, sistem tersebut dikenal dengan istilah Graphical User Interface atau GUI.

Graphical User Interface sendiri merupakan suatu sistem yang memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan suatu perangkat komputer atau aplikasi. Namun, di saat yang sama, GUI memberikan beban yang cukup besar untuk hardware sehingga dapat mengurangi kecepatan kerjanya.

Lantas, apakah benar GUI dibutuhkan di dalam sebuah komputer? Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda seputar Graphical User Interface, termasuk definisi, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Graphical User Interface?

GUI atau Graphical User Interface adalah bentuk antarmuka pengguna yang memungkinkan user agar dapat berinteraksi dengan perangkat elektronik. Bisa juga diartikan sebagai sebuah sistem komponen visual interaktif untuk software komputer.

Secara umum, sistem operasi Graphical User Interface terdiri dari jendela, menu, tombol, icon, dan widget lainnya yang didesain dengan tujuan user friendly atau bisa digunakan oleh semua pengguna umum. GUI sendiri dapat dikendalikan dengan berbagai macam alat input, seperti mouse, keyboard, ataupun touchscreen.

Awalnya, Graphical User Interface dikembangkan oleh Xerox Pako Alto di tahun 1970 akhir. Setelahnya, sistem ini digunakan oleh Apple untuk Macintosh-nya dan Microsoft untuk sistem operasi Windows-nya.

Ditemukannya Graphical User Interface kemudian memberikan solusi bagi permasalahan respon yang dirasakan oleh pengguna. Dimana salah satu contohnya ketika ingin mendengar musik dari gadet, Anda tinggal menyentuh satu tombol pada layar ponsel Anda tanpa perlu mengetik “dengar musik” dulu di kolom pencarian.

Baca juga: Flutter Adalah Framework Pengembang Aplikasi, Sudah Tau Kelebihan dan Kekurangannya?

Cara Kerja Graphical User Interface

Sistem Graphical User Interface menggunakan prinsip yang sesuai dengan pola software model-view-controller, yang memisahkan representasi informasi internal dan eksternal yang ditampilkan pada pengguna. Jadi, pengguna hanya akan melihat fungsi mana yang bisa digunakan tanpa perlu memahami input kode untuk memproses perintah tersebut.

Karena sifat GUI yang independen dari fungsi aplikasi, developer bisa mengubah tampilan dari suatu sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi.

Baca juga: Class Diagram: Ini Berbagai Komponennya!

Kelebihan Graphical User Interface

Kelebihan paling jelas dari Graphical User Interface ialah kemudahannya untuk dipahami. Karena menyederhanakan sistem komputer bagi semua orang, siapa pun menjadi bisa mengoperasikannya tanpa kesulitan yang berlebih.

Selain itu, adanya Graphical User Interface membuat antarmuka aplikasi atau sistem operasi menjadi lebih menarik. Interaksi apapun yang dilakukan pengguna dengan mesin pun menjadi lebih jelas. Pada akhirnya, teknologi jadi lebih terbuka untuk diakses siapa pun.

Baca juga: Tableau Adalah Tools yang Mampu Merubah Data Menjadi Gambar yang Menarik

Kekurangan Graphical User Interface

Salah satu kekurangan Graphical User Interface adalah keterbatasan interaksi yang bisa dilakukan. Karena sudah bersifat pre-programmed, pengguna hanya bisa melakukan interaksi yang sudah ditentukan oleh developer. Fungsionalitas sebuah sistem yang sudah diatur sedemikian rupa menjadi tidak dapat diganti sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Graphical User Interface juga dinilai lebih lambat dibanding command-based interface dan membutuhkan penyimpanan yang lebih besar. Dimana tentunya berpengaruh terhadap kinerja dan kecepatan mesin. Terlebih pada komputer dengan spesifikasi rendah. Begitu pun dengan daya yang lebih banyak digunakan dalam pemrosesannya dibandingkan dengan jenis antarmuka lainnya.

Bagi pengguna, Graphical User Interface memang mempermudah aktivitas mereka. Namun, dari sisi developer, mereka harus bekerja ekstra untuk membuat desain dan mengimplementasi fungsi sistem agar bisa ditampilkan dengan GUI.

Baca juga: Icon Adalah Simbol dari Suatu Fungsi, Sudah Tahukah Kamu?

Benarkah Harus Ada GUI di dalam Komputer?

Melihat dari kelebihan dan kekurangan dari Graphical User Interface, benarkah ia dibutuhkan dalam sebuah sistem di dalam komputer? Apakah harus GUI yang diterapkan di sebuah perangkat komputer?

Bagi orang awam, Graphical User Interface tentu saja sangat dibutuhkan. Ia mampu menyederhanakan penggunaan dari sebuah fungsi. Sebagaimana yang Anda lihat saat ini bahwa komputer atau laptop yang sangat mudah digunakan, tidak terlepas dari peran Graphical User Interface.

Selain itu, komputer merupakan alat atau media yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jika Anda memiliki komputer yang fungsi-fungsinya harus diketik secara manual, setiap orang yang hendak menggunakan komputer harus belajar bahasa pemograman terlebih dahulu. Bukankah itu akan menyulitkan? Sebab, tidak semua orang mempunyai waktu untuk belajar tentang bahasa pemograman.

Jadi, Graphical User Interface merupakan pilihan yang efektif dan menarik karena kita menjadi lebih mudah dalam menggunakan komputer. Semua instruksi yang diberikan juga sudah jelas dan kita tinggal memilih instruksi mana yang dibutuhkan.

Baca juga: OOP Adalah Pemrograman Berbasis Objek, Ini Pengertiannya!

Kesimpulan

Sebagaimana telah dijabarkan di atas, Graphical User Interface atau GUI memang benar dibutuhkan di dalam sebuah komputer. Meski tidak sempurna, ia jelas mempermudah kita dalam beraktivitas dengan sebuah perangkat teknologi. Dimana penggunaan teknologi memang selalu dibutuhkan setiap harinya.

Di saat yang sama, apapun jenis interface yang Anda gunakan, pastikan memilih yang dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keefisiensian untuk pekerjaan yang Anda kerjakan.

Sebagaimana pemilihan metode pengelolaan keuangan. Anda bisa mulai beralih menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya, yang dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan. Accurate Online juga sudah terbukti membantu ribuan pebisnis dalam mencapai kesuksesannya.

Karena itu, tunggu apalagi? Anda bisa menikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari. Caranya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.