Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Serta Dampak Positif dan Negatifnya

Saat ini, penggunaan internet sudah menyebar hampir ke seluruh negara, terlebih lagi di Indonesia yang mana pengguna internet saat ini sudah semakin luas dan terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan, karena memang salah satu fungsi internet adalah agar bisa menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan yang lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang berbagai jenis komputer dan juga manfaatnya untuk jaringan itu sendiri. Untuk itu, baca artikel tentang jaringan komputer ini hingga selesai.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah koneksi yang terjalin antar dua komputer ataupun lebih yang saling tersambung satu dengan yang lainnya untuk keperluan berbagai data penting.

Jaringan komputer akan terhubung bila perangkat yang terdapat di dalam jaringan tersebut bisa saling bertukar informasi ataupun data serta berbagi resource lainnya yang sangat penting. Jaringan komputer itu sendiri dibangun dengan memanfaatkan hardware dan software khusus.

Dalam setiap akhir titik jaringan pun terdapat identitasnya tersendiri yang umumnya dikenal dengan IP atau alamat media access controll. Endpoint yang ada di dalamnya mencakup komputer pribadi, telepon, server, dan berbagai jenis hardware jaringan lainnya.

Nah, jaringan komputer pun bisa dibuat dengan cara menggunakan gabungan teknologi kabel serta wireless. Lalu bisa juga menggunakan jaringan komunikasi dengan menggunakan media transmisi kabel maupun wireless.

Baca juga: Mengenal Pengertian Komputer, Jenis, Fungsi, dan Berbagai Komponen Di Dalamnya

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jenis jaringan komputer yang wilayah cakupannya cukup kecil, seperti jaringan yang terdapat di kantor ataupun rumah. Umumnya pun digunakan untuk berbagi resources tertentu, seperti internet dan juga printer.

2. LAN (Local Area Network)

LAN akan menghubungkan jaringan yang jaraknya tidak terlalu jauh, seperti gedung, sekolah, maupun rumah dan ruangan tersebut hanya berisi satu LAN saja.

Beberapa orang juga ada yang menggunakan konektivitas tertentu, yakni token ring dan juga ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan jaringan wireless dengan menggunakan WiFi atau yang disebut juga dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. WAN (Wide Area Network)

Bisa dibilang WAN adalah sekumpulan LAN yang tersebar luas secara geografis. Perangkat jaringannya dikenal dengan router yang mampu menghubungkan LAN dan juga WAN. Di dalam jaringan IP, router pun nantinya akan menyimpan alamat LAN dan WAN.

WAN menggunakan teknologi canggih seperti Frame Relay, ATM, dan juga X.25 untuk kebutuhan konektivitas dalam jarak yang lebih jauh lagi.

4. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN ini sebenarnya hampir sama dengan WAN, namun ruang lingkupnya hanya sebatas pada kampus ataupun gedung akademisi saja. Jaringan CAN lebih banyak diperlukan untuk kebutuhan pembaruan kelas, praktek, lab, email, dan lain-lain.

5. Internet

Seperti yang sebelumnya sudah kita jelaskan di atas, internet adalah jaringan paling besar yang pernah diciptakan oleh umat manusia. Cakupannya bisa meliputi semua negara. Siapapun saat ini bisa mengakses berita, informasi, dan berbagai hal lainnya di perangkat mereka masing-masing, seperti, smartphone, PC, laptop, TV, dan berbagai perangkat lainnya.

6. VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah sebuah solusi yang mampu menyediakan koneksi internet secara lebih aman. VPN mampu membuat jalur yang aman untuk keperluan transmisi data. Dewasa ini juga sudah banyak platform yang menjual VPN secara gratis dan ada juga yang premium.

Topologi Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, topologi pun mengacu pada tata letak perangkat yang saling terhubung. Topologi jaringan komputer ini bisa kita anggap sebagai bentuk dari suatu virtual jaringan. Topologi jaringan komputer ini pun dikategorikan dalam beberapa jenis di bawah ini.

1. Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi yang mempunyai kabel tunggal dan setiap workstation serta servernya akan saling terhubung. Kelebihan dari adanya topologi ini adalah saat Anda ingin melakukan pengembangan jaringan dan workstation yang baru, maka workstation yang lainnya pun tidak akan terganggu.

Tapi kekurangannya adalah kabel akan putus bila semua jaringannya mengalami kerusakan.

2. Topologi Cincin (Ring)

Topologi cincin terbentuk saat suatu perangkat sudah terhubung, sehingga akan terlihat mirip dengan cincin yang memiliki pola lingkaran. Jadi, setiap workstation ini akan menerima informasi dari suatu perangkat ke perangkat yang lainnya.

Kelebihan yang ada pada topologi jaringan komputer ini adalah tidak akan terjadi tabrakan antar data atau collision. Namun, bila salah satu node-nya mengalami perubahan ataupun masalah, maka semua jaringan pun akan mengalami masalah.

3. Topologi Bintang (Star)

Topologi bintang adalah jenis topologi yang setiap workstation nya mempunyai jalur yang saling terhubung langsung melalui hub ataupun server. Kelebihan yang ada pada topologi jaringan ini adalah bila salah satu workstationnya mengalami masalah, maka jaringan lainnya tidak akan mengalami gangguan.

Hal ini terjadi karena setiap workstation mempunyai kabel ataupun jalurnya tersendiri. Tapi kelemahannya adalah biaya yang sangat mahal karena akan diperlukan cukup banyak kabel.

4. Topologi Pohon (Tree)

Pada dasarnya, topologi pohon adalah kombinasi topologi bus dan star. Topologi jaringan komputer ini bentuknya sama seperti akar pohon, jadi hanya perangkat hubnya saja yang langsung terhubung secara langsung ke bus pohonnya. Selain itu, setiap akarnya berguna seperti hub pohon.

Kelebihan dan juga kekurangan yang terdapat di dalam topologi ini sama seperti topologi star dan bus. Namun, jaringan pohonnya akan saling mendukung bila ada perluasan jaringan yang lebih baik lagi.

5. Mesh

Jenis topologi ini digunakan ketika ada suatu kondisi yang mana tidak adanya hubungan komunikasi yang terputus secara absolut antara node di dalam suatu jaringan komputer. Di mana setiap perangkatnya akan terhubung secara langsung selama itu masih terdapat di dalam jaringan yang sama.

Kelebihan yang terdapat dalam topologi jaringan komputer ini adalah komunikasi yang terjalin antar komputer akan lebih cepat dan tingkat keamanannya akan lebih terjamin. Namun, biaya yang diperlukan cukup besar karena harus menyediakan kabel yang jumlahnya sangat banyak.

Manfaat Jaringan Komputer

Membangun suatu jaringan komputer adalah suatu hal yang penting karena harus sudah dipertimbangkan dengan sedemikian cara. Nah, beberapa manfaat dari jaringan komputer yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  • Kehadiran jaringan komputer bisa memudahkan kita untuk berbagi resource tanpa ada kendala ataupun masalah jarak.
  • Bermanfaat untuk menjaga dan juga memudahkan manajemen keamanan data perusahaan yang sangat penting.
  • Jaringan komputer akan sangat memudahkan kegiatan komunikasi antar tim atau dengan orang lain yang letak geografisnya berbeda dalam kurun waktu yang cepat.
  • Kegiatan penyampaian informasi pun akan menjadi lebih cepat tanpa mengenal batasan waktu serta tempat.
  • Membantu kegiatan manusia agar lebih efektif dan lebih efisien.

Baca juga: Teknologi Adalah Suatu Hal yang Melekat dalam Kehidupan Manusia, Ini Jenisnya!

Kesimpulan

Jadi, jaringan komputer adalah dua ataupun lebih komputer yang saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya dan digunakan agar bisa saling berbagi data.

Dalam perusahaan, tentunya kehadiran jaringan komputer ini mampu memudahkan Anda dalam mengelola data dan informasi, seperti informasi keuangan perusahaan dan informasi lainnya.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan, maka Anda bisa mulai beralih dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas Anda saja.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah memperoleh penghargaan TOP Brand Award enam kali berturut-turut dari tahun 2016 hingga tahun 2021.

Hal tersebut diraih karena Accurate Online tidak hanya membantu pebisnis dalam hal akuntansi saja. Namun, juga membantu pebisnis dalam menyederhanakan bisnisnya secara efisien lewat berbagai fitur yang sangat berguna, seperti fitur penjualan, persediaan, manufaktur, penjualan, pembelian, pembukuan, kas dan bank, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Mulailah gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari, cukup dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1