Teknologi Adalah Suatu Hal yang Melekat dalam Kehidupan Manusia, Ini Jenisnya!

Saat ini, teknologi adalah suatu hal yang sudah menyatu secara erat di kehidupan manusia karena mampu menawarkan kemudahan di beragam bidang.

Lantas, apa sebenarnya pengertian dari teknologi itu sendiri? Apa saja jenis-jenis teknologi? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang teknologi di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Teknologi Adalah

Teknologi adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris “Technology” yang diserap dari bahasa Yunani “Technologia”, yang mana kata tech memiliki arti keahlian dan kata logia memiliki arti pengetahuan.

Akar kata dari teknologi adalah “techne” yang memiliki arti serangkaian prinsip ataupun metode rasional yang didalamnya berkaitan dengan pembuatan suatu objek, seni, pengetahuan tentang berbagai prinsip ataupun metode, serta kecakapan atau keahlian tertentu.

Secara umum, pengertian teknologi adalah ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari tentang keterampilan dalam membuat suatu alat, metode pengolahan dan ekstraksi suatu benda, agar mampu menyelesaikan berbagai permasalahan tertentu dan pekerjaan sehari-hari manusia pada umumnya.

Beberapa ahli ada juga yang menjelaskan bahwa teknologi adalah sarana dan prasarana yang dibuat oleh manusia agar bisa menyediakan barang-barang yang diperlukan untuk keberlangsungan dan juga kenyamanan hidup manusia.

Sebelumnya, pengertian teknologi adalah hanya sebatas berbagai benda yang mempunyai bentuk, seperti peralatan dan juga mesin. Namun saat ini, teknologi merupakan sesuatu yang mempunyai wujud dan juga tidak berwujud, seperti ilmu pengetahuan, software komputer, dan masih banyak lagi.

Baca juga: VPN Adalah Teknologi Jaringan Internet Yang Aman, Ini Penjelasannya!

Pengertian Teknologi Berdasarkan Para Ahli

Agar kita lebih paham tentang pengertian teknologi, maka kita bisa membaca pendapat para ahli tentang teknologi di bawah ini.

1. Iskandar Alisyahbana

Iskandar Alisyahbana menjelaskan bahwa teknologi adalah cara dalam melakukan sesuatu agar bisa memenuhi keperluan manusia dengan menggunakan bantuan akal dan juga alat, sehingga terlihat mampu memperkuat, memperpanjang, atau membuat lebih efektif lagi pada anggota tubuh, otak, dan panca indra manusia.

2. Manuel Castells

Manuel Castells mengatakan bahwa teknologi merupakan suatu aturan, alat, dan juga prosedur dalam menerapkan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan khusus dalam suatu kondisi yang mampu memungkinkan pengulangan.

3. Gary J. Anglin

Menurut Gary J. Anglin, teknologi adalah penerapan berbagai ilmu perilaku dan juga alam serta pengetahuan lainnya secara lebih bersistem serta mensistem agar bisa memecahkan masalah manusia.

Jenis-Jenis Teknologi

Dewasa ini, teknologi sudah menyentuh hampir seluruh bidang dalam kehidupan manusia. Berdasarkan penjelasan tentang teknologi diatas, berikut ini adalah beberapa jenis teknologi:

1. Teknologi Informasi

TI atau Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang mampu membantu manusia dalam menyampaikan informasi pada orang lain dengan waktu yang cepat dan juga tepat.

Teknologi ini terdiri dari seperangkat software atau perangkat lunak dan juga hardware atau perangkat keras yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan memproses, mengirim, dan menyimpan informasi.

Berbagai alat teknologi ini mampu memberikan informasi secara akurat dan terkini pada manusia secara tepat waktu. Beberapa contoh teknologi informasi adalah televisi, media online (blog, website, dan portal), dan masih banyak lagi.

2. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang mampu membantu manusia dalam melakukan komunikasi antar sesamanya dan saling mengirimkan informasi dengan memanfaatkan sebuah perangkat tertentu.

Saat ini, teknologi komunikasi adalah teknologi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang maju saat ini sudah meningkatkan cara dalam menyampaikan suatu informasi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya secara lebih cepat, nyaman dan dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Beberapa contoh teknologi komunikasi adalah smartphone, email, mesin fax, dan aplikasi chatting.

3. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi adalah suatu teknologi yang mampu membantu manusia untuk melakukan perpindahan tempat dari suatu lokasi ke lokasi yang lainnya dengan kurun waktu yang singkat. Beberapa contoh dari teknologi transportasi adalah kereta listrik, mobil listrik, kapal laut, pesawat, dan masih banyak lagi.

4. Teknologi Pendidikan

Sama seperti namanya, teknologi pendidikan adalah teknologi yang berkaitan dengan dunia pendidikan yang mana kegiatan pendidikan tersebut akan menggunakan alat bantu khusus.

Teknologi pendidikan dibuat agar bisa meningkatkan kinerja para pembelajar dengan cara mengelola dan membangun sumber daya serta proses teknologi yang berbeda di dalam lingkungan kelas ataupun di lingkungan belajar lain.

Beberapa contoh teknologi pendidikan adalah metode pengajaran terbaru, pembelajaran yang dilakukan secara daring, berbagai alat laboratorium sekolah, lab komputer, dan masih banyak lagi.

5. Teknologi Medis

Teknologi medis adalah sebuah teknologi yang berhubungan dengan dunia kedokteran yang mana kegiatan medis sudah menggunakan beragam teknologi komputer.

Jenis teknologi ini dinilai paling berguna dan bermanfaat dalam meningkatkan dan juga memperpanjang umur manusia.

Teknologi medis mencakup bidang yang sangat luas, yang mana inovasi sudah berperan penting dalam memelihara kesehatan manusia dan juga meminimalisir rasa sakit dan juga mempercepat proses pemulihan.

Beberapa contoh produk yang termasuk ke dalam teknologi medis adalah tensimeter, termometer tubuh, USG, stetoskop, alat X-Ray, alat suntik dan infus, software konsultasi kesehatan, dan masih banyak lagi.

6. Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi adalah sebuah teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan. Teknologi ini berkaitan dengan alat dan cara yang digunakan dalam membangun suatu gedung atau rumah, baik itu dari struktur dasarnya ataupun tingkat lanjutnya.

Beberapa contoh teknologi konstruksi adalah software untuk menggambar suatu struktur atau AutoCAD, metode kerja konstruksi, berbagai alat berat, dan lain-lain.

7. Teknologi Arsitektur

Teknologi arsitektur adalah komponen penting dari rekayasa bangunan dan juga arsitektur yang berkaitan dengan metode konstruksi, desain bangunan, dan bahan bangunan. Teknologi ini adalah penerapan teknologi yang modern untuk keperluan mendesain suatu bangunan, baik itu dari sisi eksterior ataupun interior bangunan.

Beberapa contoh teknologi arsitektur adalah ilmu bangunan, teknik rekayasa bangunan, pengembangan konsep atau desain bangunan, dan lain-lain.

8. Teknologi Agrikultur

Teknologi agrikultur lebih mengacu pada cara dan teknologi untuk mesin-mesin yang digunakan untuk kebutuhan pertanian atau perkebunan. Teknologi ini adalah salah satu teknologi modern yang sangat berdampak dan sangat mengubah sejarah manusia.

Dengan menggunakan teknologi ini, maka pekerjaan sebelumnya yang dilakukan oleh manusia dan hewan peliharan bisa dilakukan dengan menggunakan mesin dan berbagai peralatan modern.

Beberapa contoh teknologi pertanian yang banyak diterapkan di Indonesia adalah indo combine harvester, transplanter, alat pengering kedelai, mesin pemilah bibit unggul, serta instalasi pengolahan limbah.

9. Artificial Intelligence

AI atau Artificial Intelligence adalah cabang ilmu komputer yang tujuannya adalah agar bisa mencapai kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin yang tentunya berbeda dengan kecerdasan alami dari manusia dan hewan.

AI merangkul berbagai ide dari berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, filsafat, ekonomi, komputer, teknik, psikologi, ilmu saraf, serta teori kontrol.

Dalam hal ini, seluruh perangkat yang mampu memahami lingkungannya dan mampu mengambil tindakan yang mampu memaksimalkan peluang agar bisa mencapai tujuannya secara sukses bisa disebut dengan perangkat yang memiliki kecerdasan buatan.

Beberapa contoh teknologi AI saat ini adalah fitur pengenalan sesuatu yang dilakukan oleh Google, asisten virtual seperti Cortana, Siri, dan Google Now, fitur rekomendasi dari Netflix, Pandora, dan Spotify, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengenal Pengertian Komputer, Jenis, Fungsi, dan Berbagai Komponen Di Dalamnya

10. Teknologi di Bidang Bisnis

Teknologi dalam bidang bisnis menerapkan ilmu sains, teknik, data dan juga informasi agar bisa mencapai tujuan bisnis, seperti upaya dalam mencapai tujuan organisasi maupun ekonomi.

Saat ini, teknologi sudah banyak membantu bisnis kecil dan juga UMKM agar bisa bersaing dengan berbagai bisnis yang sudah besar. Beberapa contoh teknologi dalam bidang bisnis adalah fitur transaksi online, pemasaran bisnis dengan menggunakan internet dan mesin EDC untuk kebutuhan transaksi menggunakan kartu debit serta kartu kredit.

Selain itu, contoh lainnya adalah software akuntansi yang mampu mempermudah pebisnis dalam membuat laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Salah satu software akuntansi dan bisnis yang saat ini sudah sangat terkenal di Indonesia adalah Accurate Online. Software ini sudah membantu lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia dalam membuat laporan keuangan. Selain itu, Accurate Online sudah mendapatkan penghargaan Top Brand Award sebanyak 6 kali berturut-turut dari tahun 2016 hingga 2021.

Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat, serta bisa diakses di mana saja oleh Anda, para pebisnis di Indonesia. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan dan menjalankan strategi bisnis yang tepat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai modul dan fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis secara lebih efisien.

Tertarik? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba gratis Accurate Online selama 30 hari. accurate 3 banner bawah