Mail Server adalah Program Penting untuk Jaringan Email Anda

Pada dasarnya, mail server adalah suatu program yang bekerja agar bisa mendistribusikan email ke dalam suatu jaringan. Untuk Anda yang bergerak di dunia IT, Anda pasti sudah sangat akrab dengan istilah ini.

Layanan yang bisa dibuat dengan paket VPS murah dengan basis windows saat ini sudah semakin banyak diperlukan konsumen karena meningkatkan keperluan email marketing untuk kegiatan promosi.

Terlepas dari hal tersebut, sangat banyak sekali manfaat dari mail server guna membantu kegiatan bisnis dan juga komunikasi.

Untuk itu, agar lebih memahami mail server, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang mail server dan fungsinya untuk kegiatan bisnis Anda.

Pengertian Mail Server Adalah

Jadi, mail server adalah suatu program yang dibuat dengan basis cloud computing di dalam layanan internet yang digunakan untuk bisa melayani penerimaan dan juga pengiriman email lewat jaringan server email yang sama.

Pada mulanya, mail server lebih dikenal dengan nama Vmailer atau IBM Secure Mailer, lalu terus dikembangkan dan secara aktif mampu menciptakan Postfix pertama yang dikeluarkan di tahun 1999.

Saat ini, mail server pada web hosting sudah semakin banyak digunakan karena mampu memberikan kemudahan dalam memberikan informasi antar para karyawan dan juga perusahaan.

Namun terlepas dari hal tersebut, pemanfaatan mail server juga banyak digunakan untuk meningkatkan citra perusahaan karena alamat email digunakan sebagai identitas perusahaan tersebut.

Baca juga: Data Driven dan Peran Pentingnya Dalam Suatu Bisnis

Kelebihan Mail Server

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan mail server. Khususnya bila kita bandingkan dengan platform email lain, seperti Yahoo, Google, ataupun Hotmail. Berikut ini adalah penjelasannya:

 1. Lebih Cepat dan Efisien

Menggunakan layanan mail server seperti halnya kita menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat kerja. Tentunya akan berbeda ketika kita menggunakan kendaraan umum, menggunakan kendaraan pribadi tentu akan lebih cepat sampai dan juga lebih efisien dalam hal waktu. Karena, kita bisa mengatur rute lebih bebas dan menekan adanya campur tangan dari pihak lain.

Nah, mempunyai mail server sendiri mampu memberikan kecepatan dalam akses email ataupun data-data perusahaan. Sehingga, komunikasi dengan para klien atau antar pegawai pun akan terjadi secara lebih efektif, karena mail server hanya dimanfaatkan oleh internal perusahaan saja.

2. Lebih Private

Dewasa ini, privasi adalah suatu hal yang penting yang sangat diperlukan oleh semua orang. Dengan mengeluarkan investasi pada email server, itu artinya Anda mempunyai jaringan tersendiri yang memang hanya bisa Anda gunakan untuk internal perusahaan saja.

Dengan kehadiran privasi tersebut, maka secara otomatis juga akan menambah tingkat keamanan karena dalam mengakses orang luar harus bisa memperoleh otorisasi khusus dari pemilik bisnis atau website.

3. Bisa langsung Diatasi Ketika Terjadi Kerusakan

Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh mail server adalah kemudahan dalam memproses perbaikan. Dalam hal ini, kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada support layanan seperti yang terdapat pada Yahoo atau Gmail yang memerlukan waktu berhari-hari dalam menyelesaikan pengaduan, keluhan, kritik ataupun saran.

4. Lebih Mudah Mengatur Akun

Dengan memiliki mail server sendiri, tentunya proses pengelolaan akun email pun akan menjadi kian mudah. Kita bisa melakukan pengaturan, konfigurasi, sampai pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan bisnis kita. 

Jenis-Jenis Mail Server

1. Sendmail

Untuk para pengguna OS Unix atau Linux, jenis mail server ini tentunya sudah bukan hal yang asing lagi. Sendmail sudah banyak digunakan oleh para pengguna OS Linux atau Unix karena menjadi sistem mail server yang paling standar di OS tersebut.

2. Postfix

Postfix adalah mail server yang dibuat dengan basisi pengembangan lebih lanjut dari sendmail. Uniknya. Postfix ini bisa kita jalankan dengan menggunakan OS lain selain Linux atau Unix, seperti MAC OS X. Untuk itu, jangan heran bila server ini sangat umum dijadikan opsi pengganti server sendmail.

3. Qmail

Qmail dikenal sebagai mail server yang paling aman. Klaim tersebut datang dari adanya fakta bahwa Qmail belum memiliki celah sedikitpun akan adanya potensi yang dapat mengganggu ataupun merubah suatu sistem keamanan.

Tercatat, Qmail juga  digunakan oleh penyedia layanan email gratis seperti Yahoo dan juga Hotmail

Cara Kerja Mail Server

Berdasarkan prinsipnya, cara kerja mail server adalah sebagai outgoing server dan incoming server, dimana kedua cara kerja ini saling melengkapi. Outgoing server berfungsi sebagai pengirim email dan incoming server bertindak sebagai penerima.

Cara kerja dari mail server ini tergantung pada program dan juga aplikasinya, untuk itu secara umum proses pengiriman email melalui TCP atau IP bisa kita analogikan seperti

Sender -> User agent -> Waiting list email -> MTA -> User mailbox -> User agent -> Receiver.

Berdasarkan tahapan tersebut, bisa kita lihat awal email yang sudah dikirim dari pihak pengirim sudah terlebih dahulu dikumpulkan dan juga disimpan menjadi satu di dalam database mail server. Filter pengelompokan tersebut dipilih dengan berdasarkan tujuan email.

Saat pihak receiver email membuka dan membaca email yang dikirim oleh  pihak pengirim, maka itu artinya pihak penerima sudah mengakses mail server dan membuka email yang pada sebelumnya sudah tersimpan di dalam database mail server itu sendiri.

Komponen Mail Server

1. MUA (Mail User Agent)

MUA atau Mail User Agent adalah suatu aplikasi yang dimanfaatkan untuk mengirim, menyusun, dan juga menerima email. Contoh dari MUA ini adalah Gmail, Yahoo, Outlook dan provider email lainnya.

Beberapa MUA bahkan memiliki keunggulan grafis yang lebih menarik, seperti Thunderbird, Evolution, dan Outlook. Bahkan ada juga yang mempunyai tampilan berbasis teks sederhana seperti layanan email Mutt.

2. MTA (Mail Transport Agent)

MTA adalah salah satu komponen dari mail server yang memiliki tanggung jawab dalam mengirim dan menerima email dari komputer satu ke komputer yang lainnya. MTA berperan penting dalam sistem penanganan pesan di Internet.

Beberapa tugas lain dari MTA adalah menerima email, meminta catatan mail exchange serta memilih server email agar bisa mengirim email, dan mengirim pesan respons secara otomatis bila pesan yang dikirim gagal tiba di tujuan.

3. MDA (Mail Delivery Agent)

MDA atau yang juga dikenal sebagai LDA (Local Delivery Agent) adalah suatu software komputer yang bertugas dalam mengirim email dari MTA server. Bahkan, beberapa MTA juga bisa bertindak sebagai MDA saat mereka menambahkan pesan email  baru ke file pesan pengguna internal.

Protokol Mail Server

Untuk protokol mail server, terdapat dua kategori utama, yaitu protokol surat keluar atau SMTP dan protokol surat masuk atau IMAP dan POP3. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

SMTP merupakan suatu protokol standar yang digunakan untuk transmisi ataupun pengiriman email. Tugas utamanya adalah melakukan komunikasi dengan server dalam mengirim email dari lokal email menuju server email. Dalam penerapannya, SMTP ini dikendalikan oleh MTA yang berada pada email server pengguna.

2. POP3 atau Post Office Protocol

POP3 merupakan versi ketiga dari metode penerimaan email. POP3 akan menerima dan juga menyimpan email untuk seseorang sampai mereka mengambilnya.

POP3 adalah suatu protokol server atau klien yang mana email akan dikirim dari server ke email lokal atau internal.

Cara kerja POP3 adalah dengan mengontak server email pengguna, lalu akan mendownload seluruh pesan baru dari email lokal. Bila proses download sudah selesai, maka mereka akan hilang dari server.

Jadi, bila Anda memiliki untuk memeriksa email dengan menggunakan media atau device yang berbeda, maka pesan yang sebelumnya sudah Anda download sudah terhapus. Untuk itu, disarankan agar Anda melakukan back up. POP3 sangat cocok untuk mereka yang membuka email di satu device saja.

3. IMAP atau Internet Message Access.

IMAP akan memungkinkan Anda untuk mengakses email di manapun Anda berada, yang diakses melalui jaringan internet. Saat Anda membaca email dengan menggunakan IMAP, maka sebenarnya Anda tidak mengunduh ataupun menyimpannya di komputer, tapi membacanya di server.

IMAP akan cocok digunakan untuk mereka yang sering bepergian dan sering menggunakan device berbeda dalam mengakses email

Baca juga: Peer To Peer, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang mail server. Jadi, mail server adalah suatu program yang dibuat dengan basis cloud computing di dalam layanan internet dan digunakan untuk bisa melayani penerimaan dan juga pengiriman email lewat jaringan server email yang sama.

Untuk bisa menikmati layanan ini, tentu Anda harus mengeluarkan biaya tertentu. Karena mail server memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh email gratis.

Namun, Anda harus memastikan kondisi keuangan Anda saat ini dan mengelolanya dengan tepat. Jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran yang Anda lakukan untuk mail server ke laporan arus kas bisnis Anda. Laporan ini sangat penting untuk dijadikan sebagai bahan rujukan untuk menentukan keputusan bisnis Anda di masa depan.

Agar lebih memudahkan Anda dalam mencatat laporan arus kas atau laporan keuangan lainnya, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Selain mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat, Accurate Online juga dilengkapi dengan fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian dan fitur lainnya yang mampu mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis.

Tampilan dashboard pada Accurate Online juga sangat sederhana, sehingga bisa dimengerti dengan mudah oleh siapa saja. Uniknya lagi, seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi sebesar 200 ribu rupiah perbulan saja.

Tertarik? Anda bisa coba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.