Microsoft Azure Adalah Aplikasi yang Fleksibel dan Menjadi Masa depan Cloud

Saat ini, Microsoft Azure adalah salah satu cloud service yang fleksibel dan juga serbaguna. Untuk itu, jangan heran jika saat ini Microsoft Azure banyak dipilih oleh berbagai perusahaan untuk kebutuhan utama analisis mereka.

Selain itu, Microsoft Azure juga mampu menampung banyak sekali file dan menjadi senjata utama setiap perusahaan demi mengamankan data mereka.

Lalu, seperti apa wujud dari aplikasi yang digadang-gadang bakal menjadi masa depan dari layanan cloud service tersebut? Apa saja manfaat yang ada di dalamnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang Microsoft Azure ini hingga selesai.

Apa Itu Microsoft Azure?

Berdasarkan laman resmi Microsoft, Microsoft Azure adalah suatu layanan cloud computing publik yang dibuat secara khusus oleh perusahaan Microsoft. Aplikasi yang satu ini mampu memberikan berbagai layanan cloud, seperti tools analysis, networking, sampai ruang penyimpanan data.

Setiap penggunanya bisa memilih untuk mengembangkan dan juga menskalakan lebih lanjut tentang aplikasi baru, ataupun menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud publik dari Microsoft Azure ini.

Tujuan dibuatnya Microsoft Azure adalah agar bisa membantu setiap pebisnis dalam mengelola berbagai tantangan dan membantu mereka dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Untuk itu, aplikasi ini mampu menawarkan berbagai macam tools yang mampu mendukung kepentingan seluruh lini industri, seperti finansial, e-commerce, sampai berbagai jenis perusahaan Fortune 500.

Lebih uniknya lagi, setiap tools dan juga layanan yang ditawarkan di dalamnya sangat kompatibel untuk seluruh jenis teknologi yang bersifat open source. Keunggulan tersebut mampu memberikan suatu fleksibilitas untuk menggunakan tools dan juga teknologi yang dipilih oleh setiap pengguna.

Lebih dari itu, Microsoft Azure juga mampu menawarkan empat jenis komputasi yang berbeda-beda, mulai dari IaaS (infrastructure as a service), PaaS (Platform as a service), SaaS (software as a service), sampai layanan tanpa server.

Microsoft Azure mengenakan biaya untuk para pengguna Azure dengan dasar pay-as-you-go. Artinya, pelanggan hanya akan menerima tagihan untuk sumber daya yang memang sudah mereka gunakan saja.

Baca juga: OneDrive Adalah Layanan dari Microsoft untuk Bisnis Anda

Manfaat Menggunakan Microsoft Azure

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, alasan utama kenapa banyak peminat Microsoft Azure adalah karena kualitas dan juga manfaat yang mereka hadirkan.

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh mereka pada para pengguna juga membuat Microsoft Azure menjadi cloud service publik terbaik di pasar saat ini.

Nah, manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan menggunakan Microsoft Azure adalah sebagai berikut:

1. Menerapkan Backup Data dan Rencana Pemulihan Pasca Krisis

Bersumber dari laman CCB Technology, Microsoft Azure adalah tools terbaik yang mampu melakukan backup berbagai data penting dan juga pemulihan pasca krisis. Kenapa? Karena aplikasi ini sudah sangat fleksibel untuk bisa merencanakan pemulihan situs lebih lanjut dengan adanya sistem yang sudah.

Sebagai suatu solusi dengan basis cloud, Microsoft Azure mampu melakukan back-up data penting perusahaan dengan dukungan hampir seluruh bahasa yang ada di dunia, berbagai jenis OS, dan di manapun Anda berada.

Selain itu, pihak perusahaan pun bisa menentukan tingkat frekuensi dan juga jadwal backup data dari mereka. Kemampuan ini tidak semua layanan cloud memilikinya.

2. Bisa Dijadikan Sebagai Hosting dan Mengembangkan Aplikasi

Poin kedua ini menjadi alasan kenapa para developer sangat menggemari Microsoft Azure. Aplikasi ini mampu menyediakan solusi untuk perusahaan yang memang sedang mencari platform hosting, mengembangkan ataupun mengelola website maupun software.

Microsoft Azure bisa menjadi suatu aplikasi pilihan para developer dan menjadi salah satu tools yang bersifat otonom dan juga adaptif dengan adanya manajemen AutoScale, patch, dan juga sistem yang terintegrasi.

Dengan begitu, perusahaan bisa lebih hemat waktu dalam mengelola infrastrukturnya dan bisa lebih fokus lagi dalam mengembangkan aplikasi mereka. Microsoft Azure pun hadir dalam bentuk sistem deployment support, suatu layanan yang mampu membantu para developer dalam menyederhanakn proses update code.

3. Berinovasi Dengan Solusi Industri Iot

Bersumber dari laman Tech Target, manfaat selanjutnya dari menggunakan layanan Microsoft Azure adalah perusahaan bisa lebih berinovasi dengan solusi industri IoT saat ini.

Setiap analisis bisa disambungkan dengan berbagai perangkat mereka ke cloud menggunakan solusi yang sudah terintegrasi dengan infrastruktur yang memang telah ada sebelumnya. Setelahnya, para analis bisa mulai mengumpulkan data baru yang berhubungan dengan perusahaan mereka.

Di dalam Azure IoT Hub, setiap analis bisa mengelola dan juga memantau ribuan hingga miliaran perangkat dan bisa memperoleh informasi yang baik untuk para stakeholder dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.

Layanan ini juga mampu meningkatkan kualitas pengalaman pengguna, meminimalisir risiko kompleksitas sistem, lebih hemat biaya, dan juga mampu mempercepat proses pengembangan.

Layanan Dari Microsoft Azure

Dewasa ini, Microsoft Azure mampu menawarkan lebih dari 200 jenis layanan yang di dalamnya terdapat 18 kategori. Beberapa kategori utamanya adalah compute service, networking service, serta storage service. Berbagai layanan dari Microsoft Azure adalah sebagai berikut:

  • Compute Service

Terdapat layanan virtual machine, cloud service, service fabric, dan functions di dalam kategori layanan ini. Dengan menggunakan Microsoft Azure, maka Anda bisa membuat virtual machine dengan menggunakan sistem operasi dari Windows ataupun dari Linux.

Keunggulannya adalah Anda bisa bebas dalam hal menambahkan ataupun mengurangi ruang penyimpanan ataupun RAM Anda.

Layanan cloud service dari Microsoft Azure juga akan mendukung Anda dalam membuat aplikasi di dalam cloud. Hasilnya pun akan tersimpan di dalam cloud dan bisa Anda jalankan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda.

Di sisi lain, layanan service fabric akan membantu Anda dalam mengembangkan microservice menjadi lebih sederhana. Microservice adalah suatu aplikasi yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi dengan ukuran yang lebih kecil.

Sedangkan function adalah suatu layanan yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi dengan menggunakan beragam jenis bahasa pemrograman. Ketika sedang membuat aplikasi dengan menggunakan Microsoft Azure, maka Anda sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan hardware yang saat ini Anda perlukan.

  • Networking Service

Saat menggunakan networking space, terdapat istilah Azure CDN, yakni layanan untuk mengirimkan konten website dengan menggunakan bandwidth yang lebih tinggi untuk semua pengguna.

Terdapat juga istilah express route, yakni layanan yang mampu menghubungkan on premise network pada cloud dengan menggunakan koneksi privat.

  • Storage Service

Di dalam kategori ini, terdapat banyak sekali pilihan layanan ruang penyimpanan, mulai dari disk storage, blob storage, file storage, dan queue storage.

Sebagai salah satu perusahaan storage service, Microsoft Azure juga menyediakan pilihan HDD ataupun SSD yang bisa Anda operasikan secara bersamaan dengan memanfaatkan virtual machine.

Sedangkan dalam blob storage, data yang tersimpan dengan jumlah yang besar dan tidak terstruktur bisa disimpan dengan aman. Nah, file storage adalah sebuah layanan penyimpanan yang sudah dilengkapi dengan standar server dengan menggunakan SMB atau server message block.

Alasan Menggunakan Microsoft Azure

Terdapat beberapa alasan kuat kenapa saat ini Anda harus menggunakan Microsoft Azure, yaitu:

  • Keamanan yang Lebih Terjamin

Dengan menggunakan Microsoft Azure, maka Anda sudah tidak perlu lagi takut tentang proteksi ataupun privasi dari para pengguna.

Kedua hal tersebut sangat penting dalam kegiatan yang dilakukan di dunia digital. Karena, Anda akan mempercayakan data berharga Anda pada cloud computing yang sangat rentan terjadi serangan peretasan. Data center yang sudah mereka sediakan terbukti sudah aman karena didukung dengan kontrol yang sangat ketat.

  • Layanan Fleksibel dan Transparan

Keunggulan selanjutnya dari Microsoft Azure adalah lebih fleksibel. Aplikasi ini mampu mendukung banyak sekali sistem operasi, perangkat, bahasa pemrograman, tools, hingga berbagai jenis database. Dengan adanya fleksibilitas ini, maka Anda akan lebih mudah dalam membangun infrastruktur IT di dalam perusahaan.

Selain itu, Microsoft Azure juga menawarkan transparansi yang baik agar para penggunanya bisa melakukan review source code.

  • Mendukung Keputusan Terbaik

Alasan lain untuk menggunakan Microsoft Azure adalah karena mampu membantu Anda dalam membuat keputusan yang baik dalam bisnis. Kenapa? Karena Microsoft Azure sudah dilengkapi dengan fitur Analytics Service atau Business Intelligence yang bisa Anda manfaatkan secara maksimal.

Baca juga: Google Drive Adalah Media Penyimpanan Online, Ini Fitur Tersembunyi di Dalamnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Microsoft Azure. Jadi, Microsoft Azure adalah suatu layanan cloud computing publik yang dibuat secara khusus oleh perusahaan Microsoft. Aplikasi yang satu ini mampu memberikan berbagai layanan cloud, seperti tools analisis, networking, sampai ruang penyimpanan data.

Microsoft Azure bisa digunakan oleh para pebisnis dalam mengembangkan usahanya dengan dukungan cloud computing yang canggih dengan menawarkan jaminan keamanan data dan fleksibilitas. Teknologi ini akan menjadi salah satu bentuk solusi di masa depan untuk berbisnis di zaman yang sudah serba digital.

Selain Microsoft Azure, sebagai pebisnis, Anda juga memerlukan sistem pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangan yang cepat dan tanpa ada sedikitpun kesalahan. Untuk itu, Anda memerlukan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan memperoleh lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa fokus dalam mengembangkan bisnis Anda saat ini.

Selain itu, bisnis yang Anda jalankan juga bisa lebih optimal dan lebih efisien karena Anda bisa menikmati fitur persediaan, pembelian, penjualan, perpajakan, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya di dalam Accurate Online.

Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1