OneDrive Adalah Layanan dari Microsoft untuk Bisnis Anda

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, OneDrive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang menjadi solusi terbaik untuk keperluan banyak orang.

Sebagian dari Anda pasti sudah sangat familiar dengan Google Drive. Nah, OneDrive adalah produk yang hampir sama dan dikeluarkan oleh Microsoft.

Lantas, hal apa yang membuat OneDrive lebih unggul? Apa saja fitur menarik yang ada di dalamnya? Dapatkan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel tentang OneDrive di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu OneDrive?

Berdasarkan laman dummies, OneDrive adalah suatu platform penyimpanan berbasis cloud computing yang mempunyai pilihan akses gratis untuk para pengguna Microsoft. Namun, tetap dengan ruang penyimpanan yang terbatas.

Layanan ini mampu mempermudah Anda dalam menyimpan dokumen ataupun file secara aman dari satu tempat dan mengaksesnya kembali dari manapun secara virtual menggunakan jaringan internet.

Contohnya, Anda menyimpan softcopy ijazah Anda di OneDrive. Bila Anda ingin melakukan interview dan di menit terakhir secara tiba-tiba Anda diminta untuk membawanya, maka Anda tidak usah panik.

Anda hanya harus membuka aplikasi OneDrive Anda dari gadget di manapun Anda berada. Lalu, silahkan log in dengan menggunakan akun Microsoft yang sebelumnya sudah Anda buat dan akses dokumen tersebut dengan mudah.

Selain itu, Windows Central juga menjelaskan bahwa layanan ini bisa menjadi solusi untuk melakukan backup bila ternyata laptop ataupun komputer Anda rusak dan dokumen yang ada di dalamnya tidak bisa Anda selamatkan. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Bila Anda ingin menggunakan layanan ini, terdapat beberapa jenis penawaran. Penawaran tersebut dimulai dari yang gratis hingga yang berbayar, dari yang hanya memberikan layanan OneDrive saja, hingga mencakup seluruh fitur Microsoft 365.

Baca juga: Dropbox Adalah: Pengertian dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Seperti yang sudah sempat kita singgung sebelumnya, terdapat berbagai penawaran yang bisa Anda pilih. Selain itu Microsoft juga membedakan harga untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis.

Untuk paket bisnis, umumnya perusahaan akan memilih paket mana yang ingin mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan tim. Berikut ini adalah biaya yang harus Anda keluarkan bila ingin menggunakan layanan OneDrive berdasarkan laman resmi Microsoft:

1. Keperluan Pribadi

  • OneDrive Basic 5 GB

Paket ini sifatnya gratis, namun Anda hanya bisa memperoleh layanan OneDrive saja dan kapasitas penyimpanannya pun hanya 5 GB.

  • OneDrive Standalone 100GB

Dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp28.999 per bulan, maka Anda bisa memperoleh paket penyimpanan OneDrive sebanyak 100GB. Namun, paket ini hanya bisa digunakan secara perorangan saja.

  • Microsoft 365 Personal

Paket selanjutnya yang ditawarkan adalah Microsoft 365 Persona. Bila Anda tertarik untuk menggunakannya, maka Anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp959.999 per tahun atau Rp95.999 per bulan dengan pilihan yang sifatnya lebih fleksibel.

Dengan paket ini, Anda bisa mendapatkan layanan penyimpanan sebanyak 1 TB dan layanan Skype. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh akses Microsoft Outlook, Word, Excel, dan PowerPoint secara langsung.

2. Keperluan Umum

  • Microsoft 365 Family

Penawaran selanjutnya ini sangat pas untuk keluarga yang memerlukan akses ke berbagai jenis produk dari Microsoft 365.

Seluruh penawaran yang sudah disebutkan dalam paket sebelumnya sudah ada pada paket Microsoft 365 Family, namun dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 6 TB.

Untuk bisa menikmati paket ini, Anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp1.299.999 per tahun atau Rp129.999 per bulan. Karena biaya yang Anda keluarkan sangat banyak, maka Microsoft menyediakan pilihan untuk mencoba dulu secara gratis selama 30 hari bila Anda benar-benar yakin ingin menggunakannya.

Fitur-Fitur yang Ada di Dalam OneDrive

1. Files On Demand

Fitur pertama yang ada di dalam OneDrive adalah files on demand. Fitur ini mampu membantu Anda dalam mengakses seluruh dokumen OneDrive dari Windows 10. Dengan adanya fitur ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi kapasitas penyimpanan PC Anda berkurang

Selain itu, OneDrive juga bisa melakukan sinkronisasi pada seluruh dokumen yang Anda perlukan bila Anda memberikan aksesnya.

Lebih dari itu, menurut Business Insider, Anda juga bisa langsung membagikan dokumen menggunakan link OneDrive dari perangkat Windows Anda. Pada intinya, seluruh hal tersebut sudah terhimpun ke dalam OneDrive dan mampu membantu Anda dalam mempermudah melakukan pekerjaan.

2. Document Scanning

Fitur selanjutnya dari OneDrive adalah document scanning. Fitur ini mampu mempermudah Anda dalam memindai dokumen penting, catatan, kwitansi, atau dokumen lainnya. Hasilnya juga akan tersimpan secara otomatis dengan tingkat kualitas yang baik.

3. Personal Vault

Fitur menarik lainnya dari OneDrive adalah fitur personal vault. Fitur ini hampir sama dengan perlindungan ekstra. Jadi, Anda bisa menyimpan foto, video, dan berbagai jenis dokumen lainnya.

Lebih Baik OneDrive atau Google Drive?

Bila seluruh pekerjaan yang Anda lakukan mewajibkan Anda untuk menggunakan aplikasi Microsoft Word, PowerPoint ataupun Excel, maka menggunakan OneDrive adalah pilihan yang tepat.

Namun, bila Anda lebih sering menggunakan Google Docs, Google Sheet atau layanan lainnya, Google Drive adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi, kalau memang Anda lebih sering menggunakan aplikasi Google Docs, Sheets, dan layanan lainnya, Google Drive adalah pilihan yang lebih tepat untuk Anda.

Ada baiknya bila Anda mencoba hal tersebut terlebih dahulu dan memahami alur dari setiap layanannya. Kemudian, Anda bisa membuat pertimbangan tentang kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan OneDrive

1. Bisa Diakses Di Mana Saja

Anda bisa mengakses seluruh data yang Anda simpan di dalam OneDrive di mana saja dan kapan saja Anda perlukan. Anda hanya memerlukan koneksi jaringan internet dan seluruh berkas serta dokumen perusahaan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Namun dengan catatan tidak ada batasan yang diterapkan oleh tim IT yang mengharuskan akses dari seluruh jaringan perusahaan.

2. Mengakses Berkas Di Berbagai Jenis Perangkat

Kelebihan lain dari OneDrive adalah mampu memberikan kemudahan, karena bisa diakses dari beragam jenis perangkat. Anda bisa men-download ataupun mengubah berkas menggunakan perangkat komputer, tablet atau dengan menggunakan smartphone.

3. Tampilan yang User Friendly

Kelebihan selanjutnya dari OneDrive adalah tampilannya yang user friendly. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menikmati layanan ini.

4. Kolaborasi

Kelebihan keempat dari layanan OneDrive adalah kemampuannya yang mampu memberi akses secara bersamaan dalam satu berkas. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan kolaborasi dengan rekan Anda.

5. Sharing Berkas atau Dokumen

Selain bisa Anda gunakan untuk membagikan beragam berkas ataupun dokumen dengan karyawan kantor, Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk mereka yang berada di luar lingkup perusahaan, seperti partner kerja dari luar atau klien dan konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembatasan akses yang diberikan pada para klien ataupun partner dari luar tersebut. Batasan tersebut bisa dalam bentuk read only, atau bisa juga memberikan akses untuk para partner yang memerlukan pengeditan.

Anda juga bisa mengaturnya agar tautan yang diberikan pada partner Anda berlaku beberapa jam atau beberapa hari saja.

6. Sinkronisasi

Kelebihan selanjutnya dari OneDrive adalah sinkronisasi. Lewat fitur ini, maka Anda bisa menghemat lebih banyak waktu tanpa harus mengunggah berkas yang sudah diubah oleh komputer desktop atau PC.

7. Keamanan

Kelebihan terakhir dan sangat penting adalah keamanan data. Microsoft menerapkan beberapa fitur pada layanan OneDrive yang mampu menjamin tingkat keamanan data para penggunanya, seperti scanning virus atau melakukan enkripsi data.

Selain itu, terdapat juga fitur yang mampu memberikan batasan hak akses untuk koneksi secara remote atau secara kolaborasi.

Dengan adanya keuntungan yang diberikan oleh OneDrive, jangan heran bila layanan ini menjadi pilihan utama berbagai perusahaan terkenal di dunia. Terlebih lagi, seluruh keunggulan tersebut bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: Saas Adalah Software Berbasis Cloud yang Semakin Populer

Kesimpulan

Jadi, OneDrive adalah suatu layanan yang mampu menawarkan berbagai fitur yang mampu membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan Anda sehari-hari, terlebih lagi bila Anda adalah pengguna Windows.

Untuk bisa menggunakan layanan ini tanpa batasan kuota atau fitur, Anda harus mengeluarkan dana yang cukup terjangkau. Namun, dana tersebut harus tetap Anda catat di laporan keuangan bisnis Anda. Kenapa? Karena laporan ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi finansial dan membantu Anda dalam menentukan keputusan bisnis.

Tapi, membuat laporan keuangan secara manual sangat rentan terjadi kesalahan dan memerlukan waktu serta sumber daya yang lebih banyak. Untuk itu, gunakanlah aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat yang bisa Anda akses di mana saja Anda perlukan. Sehingga, Anda hanya harus fokus mengembangkan usaha Anda saja.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencoba seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online selama 30 hari secara gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah

 

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.