Apa itu Account Reconciliation? Pengertian, Fungsi

oleh | Sep 27, 2024

source envato.

Banyak perusahaan dan orang-orang melakukan account reconciliation atau merekonsiliasi akun mereka untuk memastikan mereka dalam kondisi keuangan yang baik.

Rekonsiliasi rekening Anda adalah cara yang bagus untuk mendeteksi biaya penipuan atau perbedaan moneter di berbagai rekening bank Anda.

Pada artikel ini, kami akan mendefinisikan account rekonciliation, berbagai metode proses dan cara melakukan rekonsiliasi akun.

Apa itu Account Reconciliation?

Dalam akuntansi, akun rekonsiliasi atau account reconciliation adalah proses membandingkan catatan keuangan internal dengan laporan bulanan eksternal untuk memastikan sesuai.

Misalnya, jika Anda membeli sweter seharga 200.000, Anda ingin memastikan bahwa tidak hanya 200.000 yang dibelanjakan, tetapi 200.000 itu keluar dari akun Anda dan tercermin dalam laporan mutasi bank Anda.

Anda dapat menggunakan tanda terima toko untuk membandingkan jumlah yang ditagihkan kepada Anda dengan laporan mutasi bank untuk memverifikasi ini.

Baca juga: Rekonsiliasi Bank: Pengertian, Contoh, Penyebab, Tujuan, Prosedur

Jenis jenis Account Reconciliation

Terdapat beberapa jenis rekonsiliasi akun yang umum untuk dilakukan oleh bisnis/ perusahaan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Rekonsiliasi Bank (Bank Reconciliation)

Rekonsiliasi Bank merupakan proses pencocokan antara catatan bank perusahaan dengan laporan bank untuk memastikan saldo akhir sesuai.

2. Rekonsiliasi Piutang (Accounts Receivable Reconciliation)

Accounts Receivable Reconciliation adalah proses pencocokan antara faktur yang telah diterbitkan kepada pelanggan dan pembayaran yang telah diterima, untuk memastikan semua piutang telah dibayar.

3. Rekonsiliasi Hutang (Accounts Payable Reconciliation)

Accounts Payable Reconciliation adalah proses membandingkan tagihan atau faktur dari pemasok dengan pembayaran yang dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pembayaran atau pencatatan hutang.

4. Rekonsiliasi Antar Akun Internal

Proses ini mencakup pencocokan antar akun di dalam perusahaan, misalnya antara catatan di buku besar dan sub-buku besar.

Mengapa Anda harus Melakukan Account Reconciliation?

Penting untuk merekonsiliasi akun keuangan Anda secara teratur untuk memastikan bahwa Anda tahu berapa banyak uang yang Anda miliki dan ke mana uang itu dibelanjakan.

Jika ada cerukan di akun Anda, tagihan berlebih, atau kasus penipuan yang terjadi, sebaiknya ketahui lebih cepat daripada nanti. Ini berpotensi menghemat uang Anda di masa depan.

Jika Anda memiliki seorang akuntan, rekonsiliasi akun Anda akan membantu mereka menghasilkan laporan keuangan yang andal.

Jika Anda memiliki perusahaan, melakukan rekonsiliasi akun sama pentingnya dengan memastikan neraca yang akurat.

Baca juga: Memahami Metode Rekonsiliasi Bank 4 Kolom dan 8 Kolom

Metode Account Reconciliation

metode account reconciliation

ilustrasi account reconciliation. source envato

Baik Anda melakukan rekonsiliasi akun sebagai individu atau untuk perusahaan Anda, prosesnya perlu dilakukan secara rutin dan teratur untuk menghindari perbedaan keuangan.

Berikut adalah dua metode rekonsiliasi akun:

1. Memeriksa dokumentasi

Dianggap sebagai metode rekonsiliasi akun yang paling umum.

Tinjauan dokumentasi terdiri dari peninjauan dokumentasi apa pun untuk memastikan jumlah yang dikeluarkan sama dengan jumlah yang dicatat.

Cara ini sering dilakukan melalui software akuntansi. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa pemasok Anda menagih terlalu mahal untuk sewa setelah melihat dokumentasi.

Anda kemudian dapat berbicara dengan pemilik Anda untuk menerima penggantian untuk jumlah yang Anda ditagih berlebihan.

Tanpa menggunakan tinjauan dokumentasi, Anda tidak akan menyadari bahwa Anda ditagih berlebihan untuk sewa.

2. Tinjauan analitik

Metode tinjauan analitik mengukur aktivitas akun sebelumnya atau tingkat aktivitas historis untuk memperkirakan jumlah yang harus tercermin dalam akun.

Misalnya, berdasarkan aktivitas akun historis, bisnis Anda memperkirakan pendapatan tahunan sebesar $50.000.

Namun, pendapatan bisnis Anda saat ini adalah $5.000, yang jauh lebih rendah daripada yang diproyeksikan sebelumnya.

Kemudian, katakanlah seorang akuntan menemukan kesalahan dalam nomor yang dicatat.

Memperbaiki ini untuk mencerminkan pendapatan yang lebih dekat atau yang benar akan menyeimbangkan akun.

Baca juga: Cara Membuat Rekonsiliasi Bank dan Contohnya

Cara Melakukan Account Reconciliation

Untuk memverifikasi bahwa nilai uang yang keluar dari akun Anda adalah jumlah yang sama yang dibelanjakan, penting untuk melakukan proses rekonsiliasi akun.

Kedua jumlah tersebut harus seimbang pada akhir periode akuntansi.

Memahami cara melakukan rekonsiliasi akun sangat penting dalam membantu mengungkap potensi pencurian atau transaksi penipuan.

Setelah Anda memahami bagaimana menyeimbangkan catatan ini, Anda akan berada dalam kesehatan finansial yang lebih baik.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat melakukan rekonsiliasi akun:

1. Bandingkan catatan Anda dengan laporan mutasi bank Anda

Pertama, Anda harus memiliki catatan internal dan eksternal. Setelah Anda memilikinya, tinjau dan deteksi perbedaan dalam transaksi yang dilakukan.

Misalnya, jika Anda membeli bahan makanan seharga $100, Anda ingin melihat $100 tercermin di rekening bank Anda dan sebaliknya.

Untuk memperbaiki kesalahan, ini perlu dibuktikan dengan bukti. Dalam hal ini, dokumentasi berfungsi sebagai bukti Anda.

2. Identifikasi setiap perbedaan

Untuk mengidentifikasi perbedaan, Anda harus mencari tagihan yang tercantum pada tanda terima yang tidak tercantum di rekening bank Anda dan sebaliknya.

Pertimbangkan dengan cermat untuk memastikan uang yang keluar dari akun Anda dan uang yang dibelanjakan dicatat di kedua catatan.

Jika Anda mendeteksi situasi di mana keseimbangan tercermin pada satu cara tetapi tidak pada yang lain, ini menunjukkan adanya perbedaan.

Jika ada perbedaan, Anda harus memperbaiki situasi dengan menambahkan transaksi yang benar ke kedua catatan.

Misalnya, jika Anda membelanjakan uang untuk sebuah buku baru dan tagihan muncul di kwitansi Anda tetapi tidak di laporan mutasi bank Anda, telah terjadi kesalahan.

Namun, jika tagihan ditunjukkan pada tanda terima dan laporan mutasi bank Anda, keduanya seimbang dan rekening direkonsiliasi.

Penting untuk dicatat bahwa ini harus dilakukan untuk semua transaksi Anda.

Selain itu, beberapa tagihan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlihat pada laporan mutasi bank Anda.

Jadi penting untuk memberikan tagihan tersebut waktu yang cukup untuk mencapai laporan Anda sebelum melanjutkan.

Meskipun tidak selalu demikian, mungkin saja bank Anda melakukan kesalahan. Ini dapat mencakup duplikasi, kelalaian, dan pelaporan yang tidak akurat.

Semua ini dapat menyebabkan kedua catatan diberi label sebagai tidak seimbang. Kesalahan tersebut harus dikoreksi pada catatan untuk mencerminkan jumlah yang benar.

Dalam hal ini, jangan takut untuk menelepon vendor atau bisnis untuk memverifikasi tagihan.

3. Seimbangkan catatan

Setelah Anda membandingkan dokumen keuangan eksternal dan internal dan memperbaiki setiap perbedaan.

Anda telah menyeimbangkan kedua akun dan karenanya telah mencapai rekonsiliasi akun. Ini berarti Anda atau bisnis Anda sehat secara finansial.

Baca juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Pengertian Lengkapnya

Contoh Rekonsiliasi Akun

Misalnya, sebuah perusahaan mencatat dalam buku besarnya bahwa ada saldo kas sebesar Rp 100 juta, tetapi laporan bank menunjukkan saldo sebesar Rp 98 juta.

Setelah rekonsiliasi, perusahaan menemukan bahwa ada biaya bank sebesar Rp 2 juta yang belum tercatat.

Setelah mencatat biaya tersebut, saldo di kedua catatan menjadi sesuai.

Dengan melakukan account reconciliation secara rutin, perusahaan dapat menjaga keakuratan keuangannya dan meminimalkan risiko kesalahan atau penyimpangan.

Rekomendasi Account Reconciliation Software

Proses akun rekonsiliasi saat ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan software akuntansi.

Kami merekomendasi Anda untuk menggunakan Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Selain memiliki fitur rekonsiliasi, terdapat banyak fitur lainnya yang memudahkan Anda untuk melakukan pencatatan bisnis.

Dari otomatisasi laporan keuangan, urusan pajak, penghitungan hpp, semua dapat dilakukan dengan mudah secara online karena Accurate Online menggunakan sistem cloud.

Baca juga: Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Kesimpulan

Proses account reconciliation merupakan proses yang vital, apalagi jika Anda terbiasa melakukan  pembayaran atau pembelian dengan metode transfer bank.

Namun proses rekonsiliasi bisa menjadi kegiatan yang sangat memakan waktu jika dilakukan dengan manual, terutama jika jumlah transaksi yang Anda lakukan sangat banyak.

Untuk memudahkan proses account reconciliation dan meminimalisir kesalahan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online yang memiliki fitur rekonsiliasi bank secara otomatis.

Dengan fitur ini Anda bisa dengan mudah untuk mencocokan setiap transaksi dengan laporan yang ada pada rekening Anda.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ini, Anda bisa membacanya melalui link ini.

Masih banyak lagi fitur fitur Accurate Online yang bisa memudahkan proses pembukuan Anda.

Tertarik untuk mencoba? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

akuntansibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait