Mengenal Lebih Jauh Analisis Perbandingan pada Akuntansi

Berbicara mengenai analisis perbandingan, sebenarnya secara umum bahasan ini penting  untuk disimak oleh para pelaku usaha karena berguna sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan-kebijakan perusahaan.

Mereka yang berlatar belakang pendidikan dari jurusan keuangan atau akuntansi tentunya tidak asing dengan bahasan tersebut karena memang dipelajari secara intensif di jurusannya. Siapa pun Anda, apalagi yang berniat terjun ke dunia bisnis, uraian berikut sangat bermanfaat.

Pengertian Analisis Perbandingan

Analisis perbandingan merupakan salah satu metode yang digunakan dalam proses analisis laporan keuangan, yang dalam pelaksanaannya lekat dengan kegiatan akuntansi.

Terdapat dua cara perbandingan yang dipakai untuk menganalisis laporan keuangan, yaitu  analisis horizontal dan analisis vertikal. Objek perbandingannya sendiri bisa laporan keuangan dari tahun ke tahun, laporan keuangan pada perusahaan sejenis, laporan keuangan dari perusahaan yang dianggap memiliki performa terbaik, rasio rata-rata industri, dan lain sebagainya.

Baca juga : Jenis Pelaku Ekonomi dalam Suatu Sistem Perekonomian Negara

Membandingkan laporan keuangan pada dua periode atau lebih adalah contoh analisis horizontal. Analisis horizontal bersifat dinamis,  yang mana dari hasil analisis laporan keuangannya dapat diketahui tendensi perubahan yang dialami perusahaan, performa perusahaan pada periode yang telah lalu, dan bagaimana prospek ke depannya.

Untuk analisis vertikal dapat diambil contoh misalnya memperbandingkan antara satu pos dengan pos lainnya pada sebuah laporan keuangan. Analisis vertikal bersifat statis, hasil yang diperoleh dari penelaahan  hanya menunjukkan performa pada satu periode tertentu tanpa dapat diketahui perkembangannya.

Teknis Pengaplikasian Analisis Perbandingan

Dalam pengaplikasian analisis perbandingan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan laporan keuangan pada dua tahun atau lebih. Setelah materi yang akan diperbandingkan lengkap, kemudian masuk pada tahap penghitungan. Setiap perubahan yang terjadi dari tahun ke tahun dihitung, baik dalam bentuk rupiah maupun persentase.

Dalam memperbandingkan laporan keuangan, aktiva yang tidak berwujud seperti misalnya hak paten dan biaya yang ditangguhkan umumnya tidak diikutsertakan. Kenapa? Karena dari masing-masing perusahaan memiliki kekhasan tersendiri terkait aktiva tersebut.

Selanjutnya, melangkah pada sumber-sumber data yang dipakai, ini tergantung tujuan dilakukannya analisis tersebut. Sumber data bisa berasal dari laporan keuangan pada satu perusahaan dalam beberapa periode, bisa juga laporan keuangan dari beberapa perusahaan di satu periode yang sama.

Perlu diperhatikan bahwa dalam melakukan perbandingan kita harus memiliki standar pembanding. Pastikan laporan keuangan yang dibandingkan menggunakan standar penyusunan yang sama, besar perusahaan yang menjadi objek perbandingan pun jangan sampai timpang, dan periode yang diperbandingkan harus setara.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian Dividen dan Berbagai Jenisnya    

Manfaat  Melakukan Analisis Perbandingan bagi Pelaku Usaha

Hasil analisis perbandingan bisa menjadi bahan pertimbangan ketika investor akan menginvestasikan dananya di suatu perusahaan. Sebelum memutuskan berinvestasi tentu calon investor perlu mempertimbangkan matang-matang dan memperhitungkan prospek ke depannya.

Untuk Anda pemilik perusahaan, lewat hasil perbandingan Anda bisa memperoleh data valid terkait perubahan-perubahan yang terjadi pada pos-pos laporan keuangan, apakah terjadi kenaikan atau penurunan dan perubahan tersebut menguntungkan atau malah merugikan bagi perusahaan.

Baca juga : Mengetahui Perbedaan Omset, Margin, dan Profit dalam Bisnis

Mengacu pada hasil analisis, para pelaku usaha dapat membuat perencanaan yang lebih baik untuk diterapkan pada periode mendatang. Hasil ini pun menjadi dasar dalam perumusan kebijakan-kebijakan perusahaan.

Kesimpulan

Dari uraian di atas ditarik kesimpulan bahwa melakukan analisis perbandingan  memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan dan para pelaku usaha. Pantas saja menjadi salah satu bahasan utama pada mata kuliah manajemen keuangan di jurusan akuntansi karena memang sangat penting.

Dengan menggunakan metode analisis perbandingan dapat diketahui laba rugi baik yang bersifat operasional maupun insidentil, adanya aktiva baru atau perubahan aktiva, status utang piutang perusahaan, dan perubahan nilai modal baik berkurang maupun bertambah.

Baca juga : Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Wirausaha

Bagi Anda pelaku bisnis yang membutuhkan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Accurate Online adalah software akuntansi yang mudah digunakan dan akan membuat proses pembukuan pada bisnis Anda menjadi lebih cepat, tepat, dan efisien.

Tertarik ? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.