Contoh Buku Kas dan Cara Sederhana dalam Membuatnya

oleh | Mei 22, 2023

source envato.

Contoh Buku Kas dan Cara Sederhana dalam Membuatnya

Dalam perusahaan apapun, termasuk perusahaan UMKM, buku kas memiliki peran yang sangat penting. Salah satu fungsi dari buku kas ini adalah bisa memantau keuangan bisnis serta mengetahui nominal laba dan rugi yang didapat. Namun, banyak orang yang belum bisa membuatnya dan memerlukan contoh buku kas yang sederhana.

Nah, jika Anda adalah salah satunya, tenang saja. Kenapa? Karena pada kesempatan kali ini kami akan menyajikannya khusus untuk Anda di bawah ini.

Pengertian Buku Kas

accurate.id gambar contoh buku kas-1

Berdasarkan laman Investopedia, buku kas adalah sebuah catatan keuangan yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu entitas, seperti perusahaan, organisasi, atau individu. Buku kas mencatat secara terperinci semua penerimaan dan pengeluaran uang tunai yang terjadi dalam periode waktu tertentu.

Pada dasarnya, buku kas bertujuan untuk memantau dan mengendalikan aliran uang tunai yang masuk dan keluar dari suatu entitas. Buku kas mencatat setiap transaksi dengan rinci, termasuk tanggal transaksi, deskripsi atau keterangan mengenai transaksi, jumlah penerimaan, dan jumlah pengeluaran.

Buku kas sering digunakan sebagai salah satu alat untuk mengelola keuangan dengan lebih efektif. Dengan mencatat setiap transaksi keuangan secara teratur dalam buku kas, seseorang atau suatu entitas dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang arus kas mereka, memantau pengeluaran mereka, mengidentifikasi sumber pendapatan, dan menjaga keuangan mereka tetap seimbang.

Dalam konteks bisnis, buku kas juga menjadi bagian penting dari sistem akuntansi. Informasi yang terdapat dalam buku kas sering digunakan untuk menyusun laporan keuangan, seperti laporan laba rugi dan neraca, serta sebagai bahan referensi untuk melakukan pelacakan dan audit keuangan.

Dengan menggunakan buku kas, entitas dapat memantau dan mengelola keuangan mereka dengan lebih baik, membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan informasi yang ada, serta menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

Baca juga: Apa itu Mental Accounting? Ini Pengertian, Peran Penting, dan 4 Contoh Sederhananya

Manfaat Buku Kas

accurate.id gambar contoh buku kas-2

Ada beberapa manfaat penting dalam penggunaan buku kas dalam pengelolaan keuangan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari buku kas:

1. Memantau Aliran Kas

Buku kas membantu dalam memantau aliran kas secara terperinci, baik penerimaan maupun pengeluaran. Hal ini memungkinkan entitas untuk mengetahui jumlah pasti uang tunai yang masuk dan keluar dalam suatu periode waktu tertentu. Dengan pemantauan yang akurat, entitas dapat memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana uang tunai mereka digunakan dan mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif.

2. Mengedalikan Keuangan

Buku kas membantu dalam pengendalian keuangan dengan mencatat semua transaksi keuangan. Dengan memiliki catatan yang rinci, entitas dapat mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu atau tidak terencana, serta melacak sumber pendapatan.

Hal ini memungkinkan entitas untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan meningkatkan pendapatan.

3. Merencanakan Keuangan

Dengan menggunakan buku kas, entitas dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih baik. Data yang tercatat dalam buku kas dapat digunakan untuk menganalisis pola pengeluaran, mengidentifikasi tren, dan mengestimasi kebutuhan keuangan di masa depan.

Dengan informasi yang akurat, entitas dapat membuat anggaran yang realistis, mengatur tujuan keuangan, dan mengambil langkah-langkah untuk mencapainya.

4. Memantau Utang Piutang

Buku kas juga membantu dalam pemantauan utang piutang. Dengan mencatat transaksi pembayaran dan penerimaan dalam buku kas, entitas dapat melacak utang yang harus dibayar dan piutang yang harus diterima. Hal ini memungkinkan entitas untuk mengontrol dan mengelola hubungan keuangan dengan pihak lain, serta memastikan bahwa semua kewajiban keuangan tercatat dengan baik.

5. Pelaporan Keuangan

Informasi yang terdapat dalam buku kas menjadi dasar untuk menyusun laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

Dengan memiliki buku kas yang akurat dan terperinci, entitas dapat menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dan dapat dipercaya. Laporan keuangan ini penting untuk memantau kinerja keuangan, memberikan informasi kepada pemangku kepentingan, dan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan bisnis.

Dengan manfaat-manfaat di atas, buku kas menjadi alat yang penting dalam pengelolaan keuangan yang efektif, membantu entitas untuk mengendalikan pengeluaran, merencanakan keuangan, mengontrol utang piutang, serta menyediakan informasi yang diperlukan untuk pelaporan dan pengambilan keputusan yang tepat.

Baca juga: Pengertian Net Worth dan 5 Indikasi Net Worth yang Bagus

Jenis Buku Kas

accurate.id gambar contoh buku kas-3

Ada beberapa jenis buku kas yang umum digunakan dalam pengelolaan keuangan. Berikut adalah beberapa jenis buku kas yang sering digunakan:

1. Buku Kas Umum

Buku kas umum adalah jenis buku kas yang mencatat semua transaksi kas yang terjadi dalam suatu entitas. Buku kas umum mencatat baik penerimaan maupun pengeluaran uang tunai secara terperinci.

Transaksi-transaksi tersebut mencakup pembayaran kepada pemasok, penerimaan dari pelanggan, pengeluaran operasional, penerimaan pendapatan, dan transaksi lainnya yang melibatkan uang tunai.

2. Buku Kas Bank

Buku kas bank digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terkait dengan rekening bank entitas. Buku kas bank mencatat setoran, penarikan, cek yang diterima, cek yang dikeluarkan, transfer antar rekening, bunga yang diterima atau dikenakan, dan transaksi lain yang terkait dengan rekening bank.

3. Buku Kas Petty Cash

Buku kas petty cash digunakan untuk mencatat pengeluaran kecil atau pengeluaran rutin yang dibayarkan dengan uang tunai dari kas kecil yang disediakan dalam suatu entitas. Buku kas petty cash mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan dari kas kecil, seperti pembelian kantor kecil, pembelian bahan-bahan kantor, atau penggantian kecil lainnya.

4. Buku Kas Penjualan

Buku kas penjualan mencatat semua penerimaan uang tunai yang diterima dari penjualan produk atau jasa. Buku kas penjualan mencatat setiap transaksi penjualan, mencakup tanggal penjualan, jumlah penjualan, metode pembayaran, dan sumber pendapatan.

5. Buku Kas Pembelian

Buku kas pembelian mencatat semua pengeluaran uang tunai yang terjadi saat pembelian barang atau jasa. Buku kas pembelian mencatat setiap transaksi pembelian, mencakup tanggal pembelian, jumlah pembelian, metode pembayaran, dan sumber pengeluaran.

6. Buku Kas Investasi

Buku kas investasi digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terkait dengan investasi, seperti pembelian saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Buku kas investasi mencatat setiap transaksi investasi, mencakup tanggal transaksi, jumlah investasi, metode pembayaran, dan hasil investasi.

Pemilihan jenis buku kas yang tepat tergantung pada kebutuhan dan jenis transaksi keuangan yang ingin dicatat. Beberapa entitas mungkin menggunakan kombinasi dari beberapa jenis buku kas untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangannya.

Baca juga: Laporan Neraca: Pengertian, Cara Menyusunnya Dan Membacanya

Contoh Buku Kas

accurate.id gambar contoh buku kas-4

Berikut ini adalah contoh buku kas dengan format yang sederhana:

TanggalKeteranganPenerimaanPengeluaranSaldo
01-Jan-23Saldo Awal$1,000
05-Jan-23Pembelian Barang$200$800
10-Jan-23Penerimaan Penjualan$500$1,300
15-Jan-23Pembayaran Hutang$150$1,150
20-Jan-23Penerimaan Penjualan$300$1,450
25-Jan-23Pembayaran Gaji$250$1,200
31-Jan-23Saldo Akhir$1,200

Dalam contoh buku kas di atas, kolom “Tanggal” mencatat tanggal transaksi, “Keterangan” memberikan deskripsi atau rincian transaksi, “Penerimaan” mencatat jumlah penerimaan uang tunai, “Pengeluaran” mencatat jumlah pengeluaran uang tunai, dan “Saldo” mencatat saldo kas setelah setiap transaksi. Kolom “Saldo Awal” adalah saldo kas pada awal periode, dan “Saldo Akhir” adalah saldo kas pada akhir periode.

Catatan tersebut mencatat beberapa transaksi, seperti pembelian barang dengan pengeluaran sebesar $200, penerimaan penjualan sebesar $500, pembayaran hutang sebesar $150, dan sebagainya. Saldo kas dihitung berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran, serta saldo awal sebelumnya.

Format contoh buku kas tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kompleksitas transaksi keuangan yang ingin dicatat.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan, Contoh, Dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Penutup

Jadi,  buku kas merupakan sebuah catatan keuangan yang digunakan untuk mencatat secara terperinci semua transaksi penerimaan dan pengeluaran uang tunai yang terjadi dalam suatu entitas. Buku kas memiliki beberapa manfaat penting, antara lain memantau aliran kas, pengendalian keuangan, perencanaan keuangan, pemantauan utang piutang, dan sebagai dasar untuk pelaporan keuangan.

Terdapat beberapa jenis buku kas yang umum digunakan, seperti buku kas umum, buku kas bank, buku kas petty cash, buku kas penjualan, buku kas pembelian, dan buku kas investasi. Pemilihan jenis buku kas yang tepat tergantung pada kebutuhan dan jenis transaksi keuangan yang ingin dicatat.

Contoh buku kas yang sederhana mencakup kolom tanggal, keterangan, penerimaan, pengeluaran, dan saldo. Setiap transaksi dicatat dengan rinci, dan saldo dihitung berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran, serta saldo awal.

Dengan menggunakan buku kas, entitas dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif, membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang ada, serta menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu atau kesulitan dalam membuat buku kas, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan menyajikan buku kas secara otomatis, cepat dan mudah untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara real time dimanapun Anda butuhkan.

Accurate Online pun akan membantu Anda dalam mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

akuntansibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait