Contoh Jurnal Khusus Penjualan dan Penjelasan Lengkapnya

Istilah jurnal di dalam dunia akuntansi sangat beragam, seperti contoh jurnal khusus, jurnal umum, jurnal penyesuaian, jurnal koreksi, dan jurnal penutup. Setiap jurnal tersebut tentunya mempunyai fungsi dan perlakuan transaksi keuangan yang berbeda-beda.

Untuk jurnal khusus, jurnal ini digunakan sebagai bukti pencatatan dari setiap kegiatan transaksi yang terjadi secara kredit ataupun tunai dan dicatat secara detail serta sistematis. Untuk itu, jurnal ini dibutuhkan agar perusahaan bisa melakukan pencatatan sesuai dengan tanggal urutan, dan jumlah nominalnya secara tepat.

Dengan demikian, saat perusahaan sedang menjalankan kegiatan transaksi jual beli, maka Anda harus melakukan identifikasi jenis transaksi yang terjadi agar dicatat di dalam setiap jenis jurnal khusus. Sehingga, perusahaan bisa terbantu dalam menggolongkan setiap transaksi yang ada.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara detail dan membantu Anda untuk memahami contoh jurnal khusus dan penjelasan lengkap dari setiap jenisnya.

Pengertian Jurnal Khusus

Sama seperti namanya, jurnal khusus adalah suatu jurnal yang dibuat dan disusun secara khusus untuk mencatat kegiatan transaksi yang lebih bersifat sama dan kerap kali terjadi berulang-ulang di dalam suatu perusahaan.

Sehingga saat perusahaan melakukan kegiatan pencatatan transaksi dari jurnal umum, jurnal penyesuaian, sampai ke dalam buku besar, dengan kehadiran jurnal khusus, maka seluruh pemindahan tersebut bisa dilakukan secara bersamaan dan bisa meringankan beban perusahaan serta karyawan perusahaan.

Manfaat utama dari jurnal khusus adalah memudahkan perusahaan dalam mencatat kegiatan transaksi yang sejenis dan mencari data transaksi yang sesuai ketika diperlukan. Sehingga di dalam jurnal laporan keuangan nantinya tidak akan ada lagi kesalahan pencatatan.

Untuk itu, saat perusahaan mempunyai banyak transaksi, tentunya jurnal khusus ini akan sangat dibutuhkan. Untuk itu, ada baiknya perusahaan memberikan pembagian tugas dalam mencatat kepada beberapa karyawan.

Baca juga: Harga Perolehan Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Jenis-Jenis Jurnal Khusus

Terdapat 4 jenis jurnal khusus di dalam akuntansi yang banyak digunakan di dalam perusahaan. Keempat jurnal khusus tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jurnal Pembelian

Jurnal khusus pembelian sangat berguna untuk mencatat berbagai kegiatan transaksi pembelian barang dagangan dan juga barang lainnya yang dilakukan secara kredit. Fungsi utama dari jurnal pembelian adalah sebagai pencatatan transaksi pembelian yang sudah dilakukan saat adanya pembelian kredit.

2. Jurnal Penjualan

Jurnal khusus penjualan ini memiliki fungsi sebagai pencatatan transaksi penjualan produk barang atau layanan jasa yang umumnya dilakukan dengan pembayaran secara kredit.

3. Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal penerimaan kas adalah suatu pencatatan transaksi yang terjadi secara tunai, baik itu dengan menggunakan kas ataupun cek. Jurnal ini dikenal juga dengan buku kas masuk, yang mana fungsinya adalah sebagai pencatatan transaksi, seperti penerimaan uang, penerimaan piutang, penjualan tunai, dan lain sebagainya.

4. Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal pengeluaran kas merupakan pencatatan transaksi atas pembayaran secara tunai, yang biasanya jurnal ini disebut sebagai buku kas keluar. Sehingga jurnal ini berfungsi untuk mencatat pengeluaran kas seperti utang, beban perusahaan, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mencari Selisih Penjualan Bisnis Berdasarkan Stok Barang

Contoh Jurnal Khusus dan Cara Membuatnya

Agar bisa mengetahui cara membuat jurnal khusus, cobalah untuk menyimak contoh jurnal khusus di bawah ini dengan baik.

1. Contoh Kasus Jurnal Khusus Pembelian

Untuk contoh jurnal khusus pembelian, Anda bisa menyimak contohnya di bawah ini.

Katakanlah PT Dagang Sukses Kemilau melakukan pembelian secara kredit di bulan April 2020 dengan detail di bawah ini.

Pada tanggal 09 April, PT Dagang Sukses Kemilau membeli perlengkapan perusahaan dari Toko Gunung seharga 150 ribu rupiah. Sedangkan pada tanggal 18 April, PT Dagang Sukses Kemilau membeli perlengkapan toko juga dari Toko Mewah senilai 300 ribu rupiah.

Berdasarkan keterangan di atas, maka cara membuat jurnal khususnya dan contoh jurnal khusus pembeliannya adalah sebagai berikut:

Contoh Jurnal Khusus Penjualan dan Penjelasan Lengkapnya

2. Contoh Jurnal Khusus Penjualan

Untuk membuat jurnal khusus penjualan, Anda bisa melihat contoh jurnal khusus penjualan di bawah ini:

Pada bulan April 2020, PT Sukses Kemilau diketahui mencatat berbagai transaksi penjualan barang dagang secara kredit dengan detail sebagai berikut:

Di tanggal 05 April 2020, PT Sukses Kemilau menjual produknya kepada Toko Matahari dengan total harga 700 ribu rupiah dengan syarat pembayaran 2/10, n/30 Faktur No. 011.

Sedangkan pada tanggal 08 April, Faktur No.012 dikirim ke Toko Lily karena adanya penjualan barang dengan nilai satu juta rupiah dan syarat pembayarannya adalah 1/10, n/60.

Nah, untuk menjawab keterangan di atas, maka cara membuat jurnal khususnya bisa Anda lihat pada gambar contoh jurnal khusus penjualan di bawah ini:

3. Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas

Untuk membuat jurnal khusus penerimaan kas, Anda bisa melihat contoh jurnal khusus penerimaan kas di bawah ini.

Katakanlah PT Dagang Sukses Kemilau mencatat berbagai kegiatan transaksi yang berkaitan dengan penerimaan kas pada bulan April 2020 dengan detail sebagai berikut:

Pada tanggal 06 April 2020, perusahaan melakukan penjualan barang dagang dengan Toko Bahagia dengan nilai 500 ribu rupiah.

Pada tanggal 14 April, PT Dagang Sukses Kemilau menerima pelunasan faktur tanggal 05 April 2020 dari Toko Biru sebanyak 700 ribu rupiah dengan potongan uang tunai sebanyak 2%.

Sedangkan pada tanggal 26 April, PT Dagang Sukses Kemilau memperoleh pinjaman uang tunai dari Bank CBA sebanyak 2,5 juta rupiah.

Nah, untuk pencatatannya, Anda bisa melihat contoh jurnal khusus penerimaan kas di bawah ini.

4. Contoh Kasus Jurnal Khusus Pengeluaran Kas

Untuk membuat jurnal khusus pengeluaran kas, Anda bisa melihat contoh jurnal khusus pengeluaran kas di bawah ini.

PT Sukses Kemilau diketahui mencatat berbagai kegiatan transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran kas di bulan April 2020 dengan detail sebagai berikut:

Pada tanggal 02 April 2020, perusahaan PT Sukses Kemilau membeli barang dagang dari toko ceria senilai 700 ribu rupiah.

Pada tanggal 20 April 2020, PT Sukses Kemilau membayar lunas faktur dari Toko Bintang di tanggal 15 April lalu seharga 1 juta rupiah dengan potongan tunai sebesar 1%.

Sedangkan pada tanggal 30 April, PT Sukses Kemilau membayar gaji karyawan sebesar 4 juta rupiah.

Berikut ini adalah contoh jurnal khusus pengeluaran kas dari PT Sukses Kemilau:

Baca juga: Catatan Pengeluaran dan Pemasukan: Ini Contoh dan Cara Membuatnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang jurnal khusus, lengkap dengan cara membuat jurnal khusus yang sangat tergantung dengan kondisi dari perusahaan itu sendiri.

Sehingga, dalam menyediakan jurnal nantinya bisa dibuat secara tepat dan benar untuk membuat laporan keuangan, agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam membuat laporan keuangan.

Kehadiran jurnal ini juga sangat penting untuk bisa menghindari setiap kesalahan dalam membuat suatu jurnal yang nantinya bisa digunakan untuk memasukan data secara berulang kali di dalam buku besar perusahaan.

Nah, salah satu cara yang tepat untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam membuat laporan keuangan adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate adalah penyedia aplikasi akuntansi yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia, baik itu pebisnis UMKM ataupun bisnis berskala besar. Oleh karena itu, Accurate Online mendapatkan penghargaan TOP Brand award dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Accurate Online dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana. Sehingga, Anda bisa menggunakan Accurate Online secara mudah dan nyaman di mana saja dan kapan saja.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul canggih yang siap membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja perbulannya.

Masih kurang menarik? Tenang, Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik banner menarik di bawah ini.