Days Sales Outstanding: Contoh dan Cara Perhitungannya

Days sales outstanding adalah rasio keuangan yang menunjukkan jumlah rata-rata hari yang diperlukan perusahaan dalam mengumpulkan piutang. Hal ini berhubungan dengan pendapatan perusahaan dan peluang perusahaan dalam menggunakan dana tersebut untuk diinvestasikan ke dalam bisnisnya.

Adapun semakin rendah nilai yang dihasilkan, maka akan semakin baik bagi perusahaan. Begitu pun sebaliknya, ketika nilai yang dihasilkan tinggi, maka perusahaan beresiko mengalami permasalahan pada arus kas keuangannya.

Lantas, bagaimana cara menghitung days sales outstanding? Artikel berikut ini akan menjawabnya beserta contoh kasusnya. Namun sebelum itu, mari pahami lebih dulu pengertian terkait days sales outstanding.

Apa Itu Days Sales Outstanding?

DSO atau days sales outstanding adalah pengukuran jumlah rata-rata harian yang diperlukan perusahaan dalam penjualan kredit yang nantinya diubah menjadi uang tunai. DSO dapat dihitung dengan membagi total piutang selama jangka waktu tertentu dengan total penjualan kredit bersih, yang kemudian dikalikan dengan jumlah hari dalam periode waktu tersebut. Di mana jangka waktu yang digunakan untuk mengukur DSO bisa berupa bulanan, triwulanan, hingga tahunan.

Peran utama days sales outstanding adalah memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan mengelola penjualan kreditnya. Semakin tinggi nilai DSO, maka semakin besar pula uang yang terikat di pelanggan. Perusahaan harus menghadapi resiko gagal bayar yang meningkat karena semakin lamanya pembayaran piutang.

Semakin lama waktu perusahaan dalam mengumpulkan piutang, maka semakin sedikit kas masuk yang tersedia di perusahaan. Hal ini dapat menganggu likuiditas perusahaan yang berguna untuk membayar hutang jangka pendek.

Kenaikan DSO pun memberi sinyal bahwa ada sesuatu yang salah. Di mana perusahaan mungkin terlalu mudah atau ‘lunak’ dalam memberikan kredit dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Alasan lain yang membuat nilai days sales outstanding adalah seperti manajemen faktur yang buruk hingga kepuasan pelanggan yang menurun sehingga enggan untuk memenuhi kewajibannya tepat waktu.

Baca juga: Contoh Biaya Administrasi dan Cara Pencatatannya

Cara Menghitung Days Sales Outstanding

Komponen yang dibutuhkan untuk menghitung days sales outstanding adalah nilai piutang usaha dan penjualan kredit. Nilai piutang dapat ditemukan dalam neraca, tepatnya di bagian aset lancar. Sedangkan untuk penjualan kredit, beberapa analis menggunakan alternatif berupa angka penjualan atau pendapatan di laporan laba rugi.

Jika sudah didapatkan semua nilainya, maka tinggal dimasukkan ke dalam rumus berikut.

DSO = Piutang Akun : Total Penjualan Kredit x Jumlah Hari dalam Suatu Periode

Apabila periode waktu yang digunakan adalah satu bulan, maka penerapan rumusnya adalah sebagai berikut.

DSO = Piutang Akun : Total Penjualan Kredit x 30

Begitu pun ketika periode waktu yang digunakan adalah satu tahun, maka penerapan rumusnya adalah sebagai berikut.

DSO = Piutang Akun : Total Penjualan Kredit x 365

Adapun beberapa analis terkadang menggunakan angka 360 hari daripada 365 hari. Namun, Anda pun bisa menggunakan jumlah hari operasi bisnis secara normal dalam setahun.

Baca juga: Long Term Debt To Equity Ratio: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Contoh Kasus

Untuk lebih memudahkan penerapan rumus dari days sales outstanding, berikut ini dua contoh kasus perhitungannya untuk periode bulanan dan periode tahunan.

1. Contoh Kasus untuk Periode Bulanan

PT Karsa Gemilang memiliki pendapatan atas penjualan untuk periode Juli 2021 senilai Rp50.000.000. Di mana penjualan tunainya ialah sebesar Rp 30.000.000 dan penjualan kreditnya senilai Rp20.000.000.

Dalam nominal penjualan kredit tersebut, tercatat angka sebesar Rp12.000.000 untuk saldo piutang akhir bulan. Maka, perhitungan nilai days sales outstanding­-nya adalah:

DSO = Piutang Akun : Total Penjualan Kredit x 30

DSO = Rp12.000.000 : Rp20.000.000 x 30

DSO = 18

Berdasarkan perhitungan tersebut, PT Karsa Gemilang memiliki rata-rata hari sebanyak 18 hari untuk dapat mengumpulkan seluruh piutang. Angka tersebut dinilai rendah dan cenderung baik sesuai dengan anggapan umum bahwa nilai DSO di bawah 45 dianggap rendah. Namun, perhitungan ini juga bergantung pada jenis bisnis atau usaha yang dijalani.

2. Contoh Kasus untuk Periode Tahunan

PT Cahaya Insani membukukan laporan keuangan atas penjualan untuk periode tahun 2021 sebesar Rp5 miliyar. Penjualan tunai yang dicatatkan ialah sebesar Rp4 miliyar dan penjualan kreditnya sebesar Rp1 miliyar.

Dalam penjualan kredit tersebut, tercatat pula angka saldo piutang sebesar Rp400 juta. Maka, perhitungan DSO-nya adalah:

DSO = Piutang Akun : Total Penjualan Kredit x 30

DSO = Rp400.000.000 : Rp1.000.000.000 x 365

DSO = 146

Jika berdasarkan pada anggapan umum bahwa nilai di bawah 45 adalah rendah, maka nilai DSO yang dimiliki oleh PT Cahaya Insani, yakni sebesar 146, merupakan pertanda kurang baik karena perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan seluruh piutangnya.

Baca juga: Cara Mencari Laba Rugi Di Dalam Perusahaan Secara Mudah dan Cepat

Penutup

Days sales outstanding adalah pengukuran jumlah rata-rata hari yang dibutuhkan perusahaan dalam mengumpulkan seluruh piutang perusahaan. Fungsi utama dari days sales outstanding adalah sebagai penggambaran tentang bagaimana perusahaan mengelola penjualan kreditnya. Semakin rendah nilai yang dihasilkan dari perhitungan, maka baik pula bagi perusahaan karena dapat mengumpulkan piutang yang dimilikinya dalam waktu cepat.

Adapun bagi perusahaan, menghitung DSO setiap periode tertentu dapat membantu untuk memantau kondisi perusahan dan secepat mungkin mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi untuk memperbaikinya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online untuk melihat dengan jelas arus yang mengalir dalam kas perusahaan dan faktur apa yang belum dibayar.

Pasalnya, Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, akuntansi dan bisnis, beserta segala fitur dan keunggulan di dalamnya. Proses manajemen aset dan properti, rekonsiliasi transaksi, hingga beberapa kebutuhan lain terkait operasional bisnis pada akhirnya akan menjadi lebih mudah, cepat, dan otomatis.

Tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selam 30 hari.