Apa itu Etika Auditor? Pahami Pengertiannya di Sini!

Setiap profesi tentunya mempunyai etikanya tersendiri, termasuk seorang auditor. Etika auditor ini dibuat agar bisa mengatur proses kerja dari seorang auditor dan juga menjaga tingkat profesionalisme dari seorang auditor. Etika profesi auditor juga dibuat agar bisa melindungi klien agar data kerahasiaannya tetap aman dan tidak bocor ke luar.

Etika auditor dibutuhkan dalam pekerjaan ini karena auditor adalah orang yang dipercaya mampu menghadapi berbagai benturan kepentingan antara klien ataupun dengan yang lainnya.

Etika auditor ditetapkan agar bisa menjadi suatu panduan dasar profesi auditor untuk melakukan kegiatan audit. Di dalamnya berisi panduan bagi setiap auditor profesional agar bisa mempertahankan reputasi dan juga menahan dirinya dari berbagai godaan, khususnya saat membuat berbagai keputusan yang sulit.

Lantas, apa itu etika auditor? Apa saja prinsip dasar di dalamnya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Etika Auditor? Apa saja Prinsip Dasar di Dalamnya?

Pada dasarnya, terdapat lima prinsip dasar dari etika auditor, yaitu?

1. Integritas

Setiap auditor harus mempunyai sikap yang adil, jujur, dan tepat dalam melakukan proses audit. Mereka juga harus bisa memberikan penilaian yang bisa dipercaya, baik, dan menaati berbagai hukum yang berlaku.

2. Objektivitas

Seorang auditor juga harus bisa selalu bersikap netral saat menjalankan kegiatan audit, interpretasi bukti audit, serta laporan keuangan yang telah diteliti secara bersama. Penilaian dari seorang auditor harus bersifat objektif atau seimbang tanpa dihubungkan dengan masalah pribadi apapun.

3. Kompetensi Profesional dan Kecermatan

Seorang auditor harus mempunyai tingkat pengetahuan dan juga keterampilan yang sesuai dengan profesinya dalam memberikan jasa auditor. Seorang auditor pun harus bisa meningkatkan pelayanannya dengan keterampilan dan pengetahuan dalam bidangnya.

4. Kerahasiaan

Seorang auditor harus bisa menjaga kerahasiaan informasi ataupun hubungan dengan klien. Mereka sangat tidak diperbolehkan untuk membocorkan informasi tanpa izin dari klien, kecuali terdapat ketentuan hukum yang mewajibkan auditor untuk mengungkapkan informasi tersebut.

Seorang auditor harus selalu berhati-hati dalam menggunakan serta menjaga informasi organisasi untuk kepentingan pribadinya, apapun bentuknya.

5. Perilaku Profesional

Seorang auditor harus bisa menahan diri dari setiap perilaku yang mampu merusak citra profesi dari auditor, seperti kelalaian dalam melakukan tugas, membandingkan citra dari setiap klien, atau melecehkan pihak lain.

Baca juga: Auditor: Pengertian, Jenis dan Tugasnya

Masalah yang Sering Dilakukan Oleh Auditor

Seorang auditor pasti akan menemukan banyak masalah selama mereka melakukan proses kerja. Masalahnya pun sangat beragam, mulai dari masalah etis, hingga masalah tidak etis yang berkaitan dengan profesi auditor.

Kesalahan yang sering terjadi adalah seorang auditor melakukan masalah kecil dan menganggapnya sepele, sehingga masalah tersebut jadi menumpuk dan menggunung. Hal tersebut membuat auditor berada di dalam kesulitan.

Nah, seorang auditor harus selalu waspada dan mengetahui berbagai tanda dari masalah kecil tersebut agar nantinya tidak menggunung dan menyebabkan masalah yang lebih besar. Untuk itu, pengetahuan terkait masalah kecil wajib dimengerti agar bisa melindungi profesi auditor.

Berikut ini adalah beberapa contoh masalah etika yang banyak dijumpai oleh auditor yang mencakup permintaan ataupun tekanan untuk:

  • Melakukan tugas yang sebenarnya bukan menjadi kompetensi dari auditor
  • Mengungkapkan informasi rahasia milik klien
  • Membahayakan integritas auditor dengan cara penggelapan, pemalsuan, penyuapan, dan lain sebagainya.
  • Mendistorsi objektivitas dengan cara menerbitkan berbagai laporan yang menyesatkan.

Etika profesi auditor ini sebenarnya telah diatur di dalam undang-undang, yakni peraturan menteri pendayagunaan aparatur nomor PER/04/M.PAN/2008 tanggal 31 Maret 2008 yang mana di dalamnya berisi:

  1. Tindakan yang tidak tepat ataupun melanggar kode etik tidak bisa ditoleransi walaupun tindakan tersebut dilakukan secara tidak sengaja ataupun dalam perintah pimpinan suatu organisasi.
  2. Auditor tidak diperbolehkan untuk meminta ataupun memaksa karyawan lain untuk melakukan berbagai tindakan yang melawan hukum.
  3. Pimpinan aparat pengawasan internal pemerintah akan melaporkan tindakan pelanggaran etik oleh seorang auditor pada pimpinan organisasi tersebut.

Baca juga: Standar Audit: Pengertian Audit dan 10 Standar Lengkapnya

Penutup

Profesi auditor adalah profesi yang sangat penting agar bisa menjaga kode etik profesi, sehingga nantinya pekerjaan bisa audit bisa dilakukan dengan baik.

Akuntansi perusahaan adalah hal yang sangat penting ketika menjalankan proses audit. Untuk bisa mempermudah proses pelaporan keuangan Anda, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang mampu membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah akuntansi perusahaan. Selain mampu membantu Anda untuk membuat lebih dari 200 laporan keuangan, Accurate Online pun telah dilengkapi dengan fitur lainnya yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, mulai dari membuat invoice, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi buatan anak bangsa ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing yang telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Tampilan dashboard di dalamnya pun di desain dengan sangat sederhana. Sehingga, siapapun Anda bisa sangat mudah, aman dan nyaman menggunakan aplikasi ini kapanpun Anda perlukan.

Accurate Online pun saat ini telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016. Bahkan, Accurate Online telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari aplikasi ini.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, dan Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.