Mengetahui Secara Lengkap Harga Pokok Pesanan

Mengetahui harga pokok pesanan berguna untuk mengukur efisiensi pergudangan dan pemrosesan pesanan terkait dengan pendapatan Anda. Proses ini menyatakan pesanan sebagai ukuran, bukan pendapatan, karena dalam sebagian besar situasi, nilai pesanan tidak memengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke gudang Anda.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan konsep dan rumus untuk mengukur harga pokok pesanan, cara menghitunganya dan beberapa ide tentang cara memaksimalkannya.

Apa itu Harga Pokok Pesanan?

Harga pokok pesanan adalah suatu metode pengumpulan biaya produksi untuk menentukan harga pokok suatu produk pada perusahaan yang menghasilkan produk atas dasar pesanan.

Berbeda dengan HPP yang menghitung biaya harga pokok dari tiap produksi barang  suatu bisnis secara satuan dan dengan proses produksi yang sudah mapan, tujuan metode ini adalah menentukan harga pokok produk dari setiap pesanan baik harga pokok secara keseluruhan dari tiap-tiap pesanan maupun untuk per satuan.

Dalam metode ini, biaya-biaya produksi dikumpulkan untuk pesanan tertentu dan harga pokok produksi per satuan dihitung dengan cara membagi total biaya operasi untuk pesanan tersebut dengan jumlah satuan produk dalam pesanan yang bersangkutan.

Harga Pokok Pesanan = Biaya Operasi / Jumlah pesanan

Biaya operasi secara alami akan berfluktuasi dari bisnis ke bisnis, dan akan menjadi kombinasi biaya tetap (seperti sewa gudang), dan biaya variabel yang meningkat sehubungan dengan volume pesanan (seperti pengemasan).

Saat mencari tahu apa yang perlu dilacak bisnis Anda, pastikan untuk hanya memasukkan biaya yang berkontribusi pada pengiriman pesanan ke pelanggan Anda; mengecualikan pemasaran, atau biaya aktivitas selanjutnya.

Berikut adalah contoh untuk bisnis biasa yang mengirimkan 2.100 pesanan dalam sebulan terakhir:

Biaya tetap

  • Gudang 3.400.000
  • Gaji gudang 9.200.000
  • Total 12.600.000 / 2.100
  • Per pesanan  6.000

Biaya variabel

  • Kemasan  1.100.000
  • Total  1.100.000 / 2.100
  • Per pesanan 523

Harga Pokok Pesanan: 6.000 + 523 = 6.523

Baca juga: 5 Langkah Mudah Belajar Akuntansi untuk Pemilik Bisnis

Ini hanyalah rata-rata di semua pesanan dan tidak dapat digunakan untuk menentukan apakah pesanan tertentu akan menguntungkan atau tidak.

Kami telah mengecualikan biaya pengiriman yang kami bayarkan ke operator seperti FedEx atau JNE, karena dalam contoh bisnis ini, kami meneruskan biaya tersebut kepada pelanggan.

Jika Anda memberikan pengiriman gratis untuk semua pesanan Anda, Anda harus menyertakan semua biaya pengangkutan dalam biaya variabel Anda.

Jika hanya beberapa dari pesanan Anda yang merupakan pengiriman gratis, maka hasil akhir yang paling akurat berasal dari hanya menyertakan nilai pengangkutan pada pesanan tersebut. Jika tidak, jika Anda menginginkan opsi paling sederhana, kecualikan kereta sepenuhnya.

Harga pokok pesanan Anda akan sering diperdagangkan dengan Tarif Pesanan Sempurna – jika Anda memilih untuk meningkatkan tingkat pesanan sempurna Anda melalui pemeriksaan kualitas yang lebih banyak dan pengemasan yang lebih kuat, biaya pemrosesan Anda akan naik.

Pada contoh yang diberikan di atas, sebagian besar biaya terdiri dari biaya tetap, yang tidak berbeda dengan jumlah pesanan yang Anda kirim setiap bulan.

Jika Anda ingin melacak kinerja operasi pengiriman saja, ukur waktu yang Anda habiskan untuk pengiriman setiap hari dan terapkan biaya per jam untuk itu. Contohnya adalah seperti di bawah ini:

Menggunakan bisnis contoh sebelumnya:

  • Gaji tim gudang 9.200.000
  • Waktu yang dihabiskan untuk mengemas pesanan 100 jam
  • Total jam pembayaran per bulan 140 jam
  • Biaya pengepakan:  9.200.000 * 100/140 =  6.571.000

Baca juga: 12 Kesalahan Akuntansi yang Akan Merusak Bisnis Anda

Analisa Harga Pokok Pesanan

Tidak ada tolok ukur untuk dijelaskan di sini – Anda harus memeriksanya setiap bulan untuk mengukur peningkatan dalam operasi Anda. Namun, tujuan melacaknya adalah agar Anda dapat memastikan jumlahnya sesuai dengan rencana saat Anda menyempurnakan proses Anda.

Anda harus menemukan bahwa saat Anda mengirim lebih banyak pesanan, biaya per pesanan menurun, karena hanya biaya variabel yang akan naik dengan volume pesanan.

Baca juga: Software Pembukuan: Pengertian, Fungsi, dan Tips Sebelum Memilihnya

harga pokok pesanan 2

Bagaimana Cara Memperbaiki Nilai Harga Pokok Pesanan?

Cara utama untuk meningkatkan hasil adalah dengan meningkatkan operasi bisnis Anda dan mengirimkan lebih banyak pesanan dengan biaya tetap. Berikut beberapa hal lain yang bisa Anda coba:

  1. Memproses pesanan lebih cepat. Peningkatan skala kecil pada kecepatan pengambilan, pengemasan, dan pengiriman tidak akan langsung muncul dalam metrik penghitungan harga pokok, karena Anda sebenarnya tidak menghabiskan lebih sedikit uang untuk pemrosesan, karena biaya gudang dan staf sudah ditetapkan.
  2. Anda perlu mencatat waktu sebenarnya yang dihabiskan untuk memproses pesanan sebagai ukuran terpisah untuk itu. Jika Anda terus meningkatkan proses pengiriman, Anda akan dapat meningkatkan pendapatan (jumlah pesanan) tanpa perlu menaikkan biaya gudang sebanyak itu.
  3. Jika Anda belum melakukannya, pilihlah untuk memilih alur kerja Anda. Daftar pengambilan akan berisi semua SKU yang diperlukan untuk sekumpulan pesanan tertentu, yang jauh lebih mudah dan lebih efisien waktu untuk dikerjakan daripada catatan pengemasan pesanan tunggal.

Baca juga: Pendapatan Operasional: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Pastikan juga Anda menggunakan teknologi untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen, menghitung harga pokok pesanan dan otomatiskan tugas yang bisa untuk diotomatiskan. Anda juga bisa membuat sistem operasi atau pembukuan Anda terintegrasi ke sistem gudang Anda untuk menghilangkan tugas mencatat pengiriman individu.

Jika Anda tertarik untuk memudahkan pegelolaan pembukuan dan manajemen stok pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur manajemen stok dan aset terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan