Pastikan Arus Kas Aman Dengan Mengoptimalkan DSO Pada Bisnis

Apakah Anda sedang kesulitan untuk mengembangkan bisnis Anda karena kekurangan uang? Jangan khawatir, ada solusi sederhana dan ini melibatkan days sales outstanding atau DSO untuk meningkatkan pengelolaan penjualan harian dalam bisnis Anda.

Anda membutuhkan arus kas untuk menjalankan bisnis Anda, menutupi biaya sehari-hari, membayar staf, dan melunasi pinjaman. Ketika arus kas masuk lebih lambat daripada arus keluar (arus kas negatif), menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda bisa jadi sulit.

Dan, jika Anda tidak berhati-hati, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam masalah keuangan. Belum lagi stres dan kecemasan yang bisa ditimbulkannya.

Tapi coba tebak? Ada solusinya dan ini melibatkan penguasaan days sales outstanding (DSO) dalam bisnis. Mari kita pelajari apa itu DSO, bagaimana Anda menghitungnya, mengapa itu penting, bagaimana Anda dapat melacaknya dan cara untuk memperbaikinya.

Apa itu DSO dalam Bisnis?

Days Sales Outstanding (DSO) dalam bisnis mewakili jumlah rata-rata hari yang dibutuhkan penjualan kredit untuk diubah menjadi uang tunai atau berapa lama perusahaan menagih piutang.

DSO dapat dihitung dengan membagi total piutang selama jangka waktu tertentu dengan total penjualan kredit bersih. Angka ini kemudian dikalikan dengan jumlah hari dalam periode waktu tersebut.

Jangka waktu yang digunakan untuk mengukur DSO bisa bulanan, triwulanan, atau tahunan. Jika hasilnya DSO rendah, berarti bisnis membutuhkan beberapa hari untuk menagih piutangnya.

Di sisi lain, DSO yang tinggi berarti perlu lebih banyak hari untuk menagih piutang. DSO yang tinggi dapat menyebabkan masalah arus kas dalam jangka panjang. DSO adalah salah satu dari tiga metrik utama yang digunakan untuk menghitung siklus konversi kas perusahaan.

Baca juga: Mengenal Laporan Arus Kas Lebih Jauh Beserta Contohnya

Cara dan Contoh Menghitung DSO

Untuk menentukan rata-rata berapa hari yang dibutuhkan agar piutang usaha perusahaan direalisasikan sebagai kas, digunakan rumus sebagai berikut:

DSO =  Piutang Akun / Total Kredit Penjualan X jumlah hari dalam 1 bulan

Contoh kasus

ABC International Limited melaporkan pendapatan penjualan untuk November 2020 sebesar $ 2,5 juta, di mana $ 1,5 juta merupakan penjualan kredit, dan $ 1 juta sisanya adalah penjualan tunai. Saldo piutang pada penutupan akhir bulan adalah $ 800.000.

800.000 / 1.500.000 x 30 = 16

Berdasarkan data di atas, DSO berjumlah 16, artinya dibutuhkan rata-rata 16 hari sebelum piutang terkumpul. Umumnya, DSO di bawah 45 dianggap rendah, tetapi apa yang memenuhi syarat sebagai tinggi atau rendah juga tergantung pada jenis bisnisnya.

Industri yang berbeda memiliki nilai DSO rata-rata yang berbeda. Selain itu, penjualan tunai tidak disertakan dalam perhitungan karena dianggap sebagai DSO nol – yang menunjukkan tidak ada waktu menunggu dari tanggal penjualan hingga penerimaan kas.

Baca juga: Pengertian Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Apa Arti Angka DSO Ini pada Bisnis Anda?

Angka yang lebih tinggi berarti Anda memiliki periode pengumpulan rata-rata yang lebih lama. Namun, angka-angka ini sendiri tidak ada artinya; Anda harus membandingkannya dengan ketentuan pembayaran dan waktu pengumpulan industri rata-rata.

Jika persyaratan pembayaran Anda adalah 30 hari dan butuh waktu 45 hari untuk menerima pembayaran, ini adalah sinyal bahwa Anda mungkin perlu menyelesaikan prosedur penagihan karena ada masalah di dalamya.

Hal yang sama berlaku untuk rata-rata industri. Dalam sebuah artikel di Inc., Sageworks mengumpulkan daftar 10 perusahaan swasta dan periode pengumpulan rata-rata mereka.

“Kontraktor pondasi, struktur, dan eksterior bangunan” memiliki periode pengumpulan rata-rata 67 hari. Oleh karena itu, jika Anda berada di industri ini dan nilai DSO Anda lebih tinggi, Anda harus memperbaikinya.

Baca juga: Arus Kas Metode Langsung: Pengertian Komponen, dan Perbedaanya dengan Metode Tidak Langsung

Apa Indikasi DSO Tinggi atau Rendah?

Nilai DSO pada bisnis yang tinggi menggambarkan sebuah perusahaan mengalami masa-masa sulit saat mengubah untuk mengubah penjualan kredit menjadi uang tunai. Namun, bergantung pada jenis bisnis dan struktur keuangan yang dimilikinya, perusahaan dengan kapitalisasi besar mungkin tidak memandang DSO 60 sebagai masalah serius.

Namun untuk usaha kecil, DSO yang tinggi menjadi hal yang memprihatinkan karena dapat menimbulkan masalah cash flow.

Bisnis yang lebih kecil biasanya mengandalkan penagihan piutang yang cepat untuk melakukan pembayaran biaya operasional, seperti gaji, utilitas, dan biaya melekat lainnya. Mereka mungkin kesulitan mendapatkan uang tunai untuk membayar pengeluaran ini dari waktu ke waktu jika DSO terus memiliki nilai yang tinggi.

Untuk mengatasi masalah DSO tinggi, perusahaan harus menentukan faktor apa yang mempengaruhi penjualan dan pengumpulan. Situasi tersebut mungkin menunjukkan berbagai alasan berikut:

  • Masalah kredit dengan pelanggan dengan reputasi kredit negatif
  • Tim penjualan menawarkan jangka waktu pembayaran yang lebih lama bagi pelanggan untuk meningkatkan penjualan
  • Perusahaan mendorong pelanggan untuk membeli secara kredit, sehingga mereka membeli lebih banyak produk dan layanan
  • Perusahaan tidak efisien atau tidak efektif dalam proses pengumpulannya

Di sisi lain, DSO yang rendah lebih disukai untuk proses penagihan perusahaan. Pilihannya ada dua: Pelanggan membayar tepat waktu untuk mendapatkan diskon, atau perusahaan sangat ketat dalam kebijakan kreditnya, yang dapat berdampak negatif pada kinerja penjualan.

Namun, memiliki DSO rendah untuk usaha kecil hingga menengah umumnya membawa manfaat yang cukup besar. Kolektibilitas kredit cepat mengurangi masalah terkait pembayaran biaya operasional, dan kas yang terkumpul dapat segera diinvestasikan kembali untuk meningkatkan pendapatan di masa depan.

Baca juga: Jurnal Penerimaan Kas: Pengertian, Format, Contoh dan Cara Posting ke Buku Besar

Mengapa Anda Harus Menghitung DSO dalam Bisnis Anda?

Dengan melacak angka-angka ini setiap bulan, Anda dapat mengidentifikasi apakah angka tersebut meningkat dari waktu ke waktu dibandingkan dengan tolok ukur Anda dan industri.

Peningkatan konstan dari bulan ke bulan, terutama yang tidak sesuai dengan tolok ukur, menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki masalah mendasar:

  • Pelanggan mungkin tidak senang dengan layanan Anda
  • Anda mungkin menargetkan pelanggan yang tidak layak untuk melakukan transaksi secara kredit dan tidak dapat membayar Anda tepat waktu
  • Persyaratan pembayaran Anda pada faktur Anda mungkin terlalu panjang
    Proses penagihan Anda mungkin tidak memadai dengan invoice yang tidak terkirim tepat waktu, kesalahan yang menyebabkan proses yang tidak efisien, dan kegagalan untuk mengirimkan pengingat pembayaran yang terlambat

Intinya adalah Anda tidak dapat mengoptimalkan arus kas Anda, jika Anda tidak tahu dari mana sumber kas berasal.

Jika Anda tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk membayar Anda, Anda tidak akan tahu bahwa ada masalah sampai Anda tidak lagi memiliki kas dalam bisnis. Untungnya, dengan meningkatkan cara Anda melacak DSO, Anda tidak perlu mengalami masalah ini.

Baca juga: Cash Ratio Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

dso bisnis 2

Cara Melacak dan Meningkatkan Days Sales Outstanding Ratio dengan Lebih Baik

Salah satu cara terbaik untuk melacak piutang adalah dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud. Accurate Online, misalnya, memungkinkan Anda mengatur faktur di satu tempat sehingga Anda dapat dengan mudah melihat apa yang masih beredar tanpa harus mengakses spreadsheet dan email.

Anda akan mengetahui faktur apa yang telah Anda kirim dan uang terutang. Tetapi software akuntansi seperti Accurate Online tidak hanya membantu meningkatkan rasio DSO bisnis Anda melalui pelacakan yang lebih baik; itu juga membantu dengan cara lain.

Anda juga dapat software akuntansi Accurate Online untuk:

  • Otomatiskan pembuatan faktur Anda.
  • Siapkan faktur berulang untuk menumbuhkan kebiasaan klien membayar Anda secara berkala.
  • Kurangi kesalahan pada faktur Anda untuk menghindari miskomunikasi antara Anda dan klien Anda yang dapat menunda pembayaran.
  • Kostumisasi tampilan faktur seperti yang Anda mau.
  • Pencatatan otomatis di lebih 200 jenis laporan keuangan yang ada pada di Accurate Online.

Baca juga: Pengertian Cashflow, Contoh, Metode, dan Cara Membuatnya

Solusi Lain untuk Memperbaiki Masalah DSO pada Bisnis

Fokus untuk mendapatkan klien yang lebih baik

Tentukan klien ideal Anda dan waspadai tanda bahaya selama proses bekerja sama. Anda dapat menghindari skenario seperti itu dalam bisnis sendiri jika Anda memperhatikan ketika berbicara dengan klien yang satu ini.

Contoh kasus:

Klien yang merupakan agen mengatakan bahwa mereka hanya membayar setelah klien mereka membayarnya. Setelah awalnya dibayar dengan cepat untuk faktur pertama, Anda mungkin lupa tentang ini. Namun seiring berkembangnya hubungan, mereka mulai menggunakan alasan: “Kami akan membayar Anda jika kami dibayar oleh klien kami”.

Pembayaran mulai ditunda selama lebih dari sebulan. Jika Anda terbiasa menerima pembayaran dalam beberapa minggu, dan Anda tahu harus menunggu berbulan-bulan, hal itu dapat menyebabkan pukulan hebat bagi arus kas dalam bisnis Anda.

Untuk mengetahui cara mendapatkan pelanggan yang berkualitas, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Selalu ingat pada rincian faktur yang Anda kirim

Pastikan Anda menentukan persyaratan pembayaran. Hindari istilah yang ambigu seperti “net-30” karena dapat membingungkan mereka yang tidak berpikiran bisnis

Juga, pertimbangkan untuk memasukkan insentif, sehingga klien membayar Anda tepat waktu. Misalnya, Anda bisa memberikan diskon 5% untuk pembayaran dalam beberapa hari

Meminta uang muka

Meminta uang muka akan membuat klien terikat dalam proyek dan meningkatkan komitmen. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan sisa uang Anda, tepat waktu, tanpa harus mengejar pembayaran.

Baca juga: Inventory Turnover: Pengertian, Rumus, Dampak dan Cara Improvisasi dalam Bisnis

Kesimpulan

Meningkatkan arus kas Anda tidak harus sulit. Faktanya, dengan berfokus pada penjualan harian Anda yang luar biasa, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk menjalankan bisnis yang berkembang.

Tentu saja, Anda tidak dapat meningkatkan apa yang tidak dapat Anda lacak. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk melacak DSO selama suatu periode terhadap istilah bisnis dan tolok ukur industri Anda. Anda kemudian akan dapat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Salah satu solusi tersebut adalah dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online memungkinkan Anda mengatur faktur di satu tempat untuk melihat dengan tepat berapa banyak uang yang mengalir masuk dan faktur apa yang belum dibayar.

Terlebih lagi, Accurate Online membantu Anda membantu seluruh proses operasional dalam bisnis dengan fitur unggulan seperti manajemen aset dan persediaan, multi cabang, rekonsiliasi transaksi otomatis, smartlink ecommerce, integrasi dengan software lain, dan masih banyak lagi.

Jadi, mengapa tidak mencoba Accurate Online hari ini? Dengan uji coba 30 hari gratis melalui tauutan pada gambar di bawah ini, Anda tidak akan rugi.

accurate 200 ribu perbulan