Ingin Menjadi Akuntan Publik? Ketahui Lebih Jauh Peran Akuntan Publik

Mungkin bagi mahasiswa akuntansi tidak lagi asing dengan istilah akuntan publik. Namun bagi kalangan awam, ini merupakan istilah yang masih tidak populer. Maka dari itu, perlu dilakukan pencerahan apalagi ini terkait dengan profesi.

Tidak dimungkiri banyak sekali orang yang berprofesi sebagai akuntan publik. Ini merupakan pekerjaan yang sangat bagus dan penghasilannya besar. Akan tetapi jika tidak mengetahui apa sebenarnya profesi ini, tentu keinginan untuk menekuninya juga ragu. Atas dasar itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang segala hal yang terkait dengan profesi ini.

Pengertian Akuntan Publik

Menurut definisi umumnya akuntan publik adalah seorang profesional yang diminta oleh perusahaan untuk membantu mengurus masalah akuntansi di dalam perusahaan.

Artinya akuntan publik adalah ahli akuntansi yang membantu perusahaan untuk mencatat, menganalisis dan melaporkan tentang transaksi keuangan dari perusahaan yang bersangkutan.

Profesi ini tidak terikat dengan perusahaan yang menggunakan jasanya. Karena ia seorang profesional yang bebas yang hanya menyediakan jasa akuntansi bukan sebagai karyawan tetap di perusahaan.

Dan profesi ini diatur oleh regulasi resmi yang dirancang oleh Negara. Seperti yang tertuang di dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2011 yang menyebutkan kalau akuntan publik adalah profesi swasta atau yang disebut dengan istilah ahli alias profesional.

Baca juga : Analisis Rasio Keuangan : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya dalam Bisnis

Ruang Lingkup Jasa Akuntan Publik

Ada banyak jasa yang disediakan oleh profesi ini. Biasanya ini disesuaikan dengan kapasitas keilmuannya. Sekalipun demikian juga banyak ahli yang mampu di segala bidang akuntansi.

Nah, berikut ini akan dijelaskan ruang lingkup jasa akuntan publik yang populer. Maksudnya adalah layanan jasa akuntan yang sering digunakan oleh perusahaan. Ini dia penjelasannya:

1. Jasa Audit Laporan Keuangan

Ruang lingkup yang pertama adalah jasa audit laporan keuangan. Maksudnya akuntan publik bekerja sebagai auditor independen yang bertugas sebagai pengaudit segala laporan keuangan umum demi tujuan untuk mengeluarkan pernyataan pendapat.

Isi pendapat yang dimaksud adalah seputar kewajaran atau sebaliknya di dalam sebuah laporan keuangan terkait entitas ekonomi perusahaan. Tentunya hasil pernyataan ini diambil setelah dihubungkan dengan prinsip akuntansi secara umum yang dikuasai.

2. Jasa Audit Khusus

Ruang lingkup yang kedua adalah jasa audit khusus. Yang mana akuntan publik melakukan audit terhadap laporan keuangan tertentu dengan dasar kerja sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Sedangkan audit laporan yang disusun tetap harus merujuk pada basis prinsip akuntansi yang lengkap. Biasanya jasa layanan ini diminta oleh perusahaan demi tujuan-tujuan tertentu.

Baca juga : Mengetahui Pengertian dan Rumus Inventory Turnover Ratio

3. Jasa Atestasi

Jasa akuntan publik juga ada yang disebut jasa atestesi. Maksudnya adalah seorang akuntan bertugas menerbitkan laporan kesimpulan dari sebuah pernyataan. Yang mana di dalamnya biasanya berisi tentang asersi tertulis yang menjadi tanggung jawab pihak lain.

Dalam tugas ini pihak akuntan publik berperan sebagai tenaga review serta pemeriksa laporan sesuai dengan prosedur yang sudah disepakati bersama. Sedangkan laporan yang diteliti biasanya terkait dengan proyeksi keuangan, informasi keuangan dan selainnya.

4. Jasa Review Laporan Keuangan

Jasa review laporan keuangan juga bagian ruang lingkup kerja dari akuntan publik. Sedangkan kerjanya adalah membaca, menganalisis dan menelaah laporan keuangan lalu dilaporkan dalam bentuk kalkulasi yang lebih jelas.

Review tersebut dibuat semata untuk memberikan keyakinan terbatas kalau di dalam laporan keuangan tidak perlu dilakukan perubahan material atau sebaliknya. Tentunya jika sudah dikaitkan dengan prinsip dasar akuntansi yang komprehensif.

5. Jasa Kompilasi Laporan Keuangan

Ruang lingkup yang selanjutnya adalah jasa kompilasi laporan keuangan. Maksudnya adalah akuntan publik bertugas untuk melakukan pengkompilasian laporan keuangan sesuai dengan data-data yang ditunjukkan oleh perusahaan.

Dalam jasa ini, pihak akuntan tidak memiliki tanggung jawab untuk memberikan pernyataan pendapat terkait dengan data-data komplikasi. Karena tanggung jawab sepenuhnya dipegang oleh entitas ekonomi atau pihak perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga : Akuntansi Anggaran, Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya pada Bisnis

6. Jasa Konsultasi

Akuntan publik juga bertugas sebagai penyedia jasa konsultasi keuangan. Tentunya yang sesuai dengan kapasitas keilmuan yang dimilikinya.

Ada banyak jenis konsultasi yang disediakan oleh tenaga akuntan. Seperti pembuatan proposal keuangan, rekrutmen pegawai, diklat akuntan perusahaan, perancangan sistem dan manajemen akuntansi perusahaan dan selainnya.

7. Jasa Perpajakan

Ruang lingkup yang terakhir adalah jasa perpajakan. Seorang akuntan publik juga menyediakan jasa akuntansi yang terkait dengan panjak. Selain konsultasi umum juga ada jasa khusus selainnya  seperti pengisian SPT, review kewajiban pajak dan masalah perpajakan yang populer.

Fungsi Akuntan Publik

Akuntan publik adalah profesi yang sangat menjanjikan. Karena banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa profesional ini untuk membantu akuntansi di perusahaannya. Selain itu, ada fungsi-fungsi tertentu mengapa pekerjaan ini begitu populer. Ini dia fungsi yang dimaksud:

1. Menyajikan Informasi Keuangan

Fungsi akuntan publik yang pertama adalah membantu menyajikan informasi keuangan. Baik keuangan perusahaan maupun yang terkait dengan data-data ekonomi di lembaga pemerintahan.

Karena keuangan adalah hal penting di dalam sebuah organisasi, tentu pengelolaannya tidak boleh dipasrahkan kepada setiap orang. Nah, profesi ini bisa dimanfaatkan untuk membantu tenaga akuntan perusahaan dalam menyajikan data-data keuangan agar lebih rapi dan terstruktur.

2. Membantu Mengamankan Hak dan Kewajiban Organisasi terkait Finansial

Di dalam sebuah organisasi, ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah hak karyawan atau anggota terhadap finansial, seperti gaji dan lain sebagainya.

Profesi ini juga berfungsi untuk mengamankan hak-hak tersebut, supaya benar-benar terbagikan dengan adil dan tepat. Jika dilihat dari konteks ini, memang seharusnya profesi ini dibayar mahal.

Baca juga : Pengertian Rekonsiliasi Bank, Komponen, Prosedur, Dan Fungsinya

3. Untuk Mengukur Efektifitas Kinerja

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk mengukur efektifitas kinerja. Jika dari analisa akuntan, ada satu ekseklusif tidak bekerja dengan efisien, mungkin bisa dialihkan pada hal-hal yang lebih progresif.

Ini juga terkait dengan hak dan kewajiban yang perlu diawasi dengan serius. Maka dari itu, diperlukan tenaga ahli yang independen untuk bisa melakukan pengukuran dengan cermat dari sisi keuangan.

Peranan Akuntan Publik

Jika melihat dari fungsi serta ruang lingkup jasa akuntan publik, maka peranan profesi ini tidak bisa disepelekan. Bahkan profesional inilah yang sejatinya menjadi solusi jika terjadi masalah finansial yang tidak bisa teratasi. Ini dia peranan-peranan yang lebih lengkap:

1. Memastikan Sumber Daya Perusahaan Efektif

Peranan yang pertama adalah memastikan kalau semua sumber daya di perusahaan berjalan efektif. Ini memerlukan perhitungan yang cermat sehingga wajar kalau pihak perusahaan meminta bantuan profesional.

2. Memberikan Keputusan Terkait Penggunaan Sumber Daya

Peranan selanjutnya adalah memberikan keputusan terkait penggunaan sumber daya di sebuah perusahaan. Di sini juga disampaikan temuan-temuan terkait dengan penurunan efektifitas sekaligus strategi untuk menaikkannya kembali.

Baca juga : Ayat Jurnal Penyesuaian : Pengertian, Contoh, dan Cara Pencatatannya

3. Menyajikan Laporan Terkait Sumber Daya Perusahaan

Sedangkan peranan akuntan publik yang terakhir adalah menyajikan laporan terkait sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Laporan ini biasanya berisi review secara lengkap atas hasil analisa yang telah dilakukan di awal. Tentunya disesuaikan dengan prinsip akuntansi yang umum.

Demikianlah penjelasan singkat tentang profesi sebagai akuntan publik. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda terutama yang masih asing dengan istilah ini.

Software Akuntansi Memudahkan Profesi Akuntan Publik

Seperti yang kita ketahui diatas, ada banyak fungsi dan hal yang harus dikerjakan jika Anda berniat untuk menkadi seorang akuntan. Sebagai dasarnya, Anda tentu harus mengetahui ilmu akuntansi dasar, perpajakan, dan mengikuti tes CPA untuk mendapatkan sertifikat. Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk kemudahan proses penghitungan seluruh pembukuan adalah menggunakan teknologi terkini seperti software akuntansi.

Teknologi telah memudahkan semua, termasuk profesi sebagai akuntan. Dengan menggunakan software akuntansi, pekerjaan semua akuntan menjadi lebih mudah, praktis, dan minim kesalahan. Pilihan terbaik software akuntansi adalah software yang berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja, seperti Accurate Online.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian Dividen dan Berbagai Jenisnya

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti penghitungan pajak otomatis, anggaran, pencatatan stok dan multi gudang, rekonsiliasi bank otomatis, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Accurate Online juga telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand Award sejak 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu