Apa yang Dimaksud Nota Kosong? Ini Pengertian dan Cara Membuatnya!

Untuk sebagian orang, nota kosong bukanlah hal yang asing dan sudah sangat familiar. Nota kosong ini kerap kali dijadikan sebagai barang bukti transaksi. Pihak yang melakukan transaksi pun sangatlah bervariasi, mulai dari perusahaan kantoran sampai pedagang.

Namun untuk sebagian orang lainnya, mereka masih sangat awam dengan nota kosong dan cara membuatnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini mari kita membahas bersama tentang apa yang dimaksud dengan nota kosong dan cara mudah dalam membuatnya.

Apa yang Dimaksud Nota Kosong?

Nota kosong atau kwitansi kosong pertama kali dibuat pada tahun 1949 oleh Lucio Pacioli. Beliau adalah seorang ilmuwan yang menemukan rumus catatan keuangan dan berhasil melakukan pembukuan keuangan dengan menggunakan model yang berpasangan. Seiring dengan perkembangan zaman, pengertian terkait nota kosong pun semakin beragam.

Lalu, apa yang dimaksud nota kosong? Dalam hal ini, berdasarkan laman template.net, nota kosong bisa diartikan sebagai dokumen fisik yang digunakan untuk mencatat transaksi. Mereka yang bekerja dalam bidang digital lebih banyak menggunakan nota dalam bentuk soft copy. Nota yang masih kosong ini juga bisa disebut dengan bon, kwitansi, ataupun struk. Namun, terlepas dari berbagai pengertiannya tersebut, fungsi dari kwitansi kosong hampir sama.

Kwitansi atau nota kosong juga banyak dijual di berbagai tempat, khususnya di etalase toko percetakan atau alat tulis kantoran. Harganya pun cukup terjangkau, bahkan Anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah bila membelinya dengan jumlah yang banyak.

Baca juga: Nota Debet: Fungsi dan Cara Membuatnya

Fungsi Nota Kosong

Seperti yang sempat disinggung secara singkat sebelumnya, salah satu fungsi utama dari nota kosong adalah sebagai alat bukti transaksi ataupun alat mencatat transaksi. Biasanya, terdapat tiga jenis transaksi yang ditulis oleh pebisnis atau pedagang, yaitu:

1. Nota Kosong Sebagai Catatan Hutang

Jika tidak dilakukan secara teliti, maka transaksi jual beli memang sangat beresiko. Untuk itu, kwitansi kosong memiliki peran penting dalam menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan dalam proses jual beli ataupun setelahnya.

2. Sebagai Catatan Transaksi yang Belum Dikeluarkan

Kerap kali pedagang atau pebisnis membeli satu atau beberapa produk namun produknya belum diterima. Nah, kwitansi kosong ini akan sangat membantu proses pencatatannya.

3. Sebagai Catatan Transaksi yang Sudah Dikeluarkan

Selain bisa digunakan untuk mencatat barang yang keluar atau masuk gudang, mencatatnya di dalam kwitansi kosong juga akan membantu Anda tidak ada pemeriksaan berulang dan memastikan bahwa jumlahnya sudah tepat antara persediaan dan di catatan.

Selain ketiga fungsi diatas, kwitansi kosong pun bisa digunakan sebagai kertas yang mencatat laporan keuangan dan juga selisih transaksi.

Jadi, secara umum fungsi nota kosong adalah untuk pengingat transaksi. Bila Anda melakukan transaksi yang sangat penting, maka benda yang akan sangat Anda perlukan adalah kwitansi kosong, sehingga Anda bisa mengetahui waktu terjadinya transaksi tersebut dan seperti apa transaksinya.

Baca juga: Nota Kontan: Pengertian dan Cara Membuatnya

Komponen Penting dalam Nota Kosong

Umumnya, komponen dari nota terdiri dari belakang kolom kosong yang menjulur secara menurun. Namun, jumlah kolomnya bisa disesuaikan secara mendatar untuk memberdayakan ruang yang ada.

Nah, beberapa komponen yang bisa digunakan untuk membuat nota kosong adalah sebagai berikut:

1. Adanya Data Nomor dan Waktu Transaksi

Pada bagian atas kwitansi kosong akan selalu dimulai dengan data nomor dan waktu dimulainya transaksi, sehingga akan mempermudah Anda untuk mengetahui secara cepat tentang waktu dan juga tanggal transaksi.

2. Informasi Jumlah Barang yang Ditransaksikan

Umumnya, kolom pertama dan juga baris pertama dari kwitansi kosong berisi jumlah atau kuantitas dari sebuah barang. Sehingga, nantinya bisa diketahui jumlah barang yang dipesan, belum dikirim, dan juga barang yang tersedia.

3. Nama Barang

Kolom yang berada di sisi jumlah barang bisa Anda isi dengan nama barang yang ditransaksikan.

4. Harga dan Total Keseluruhan

Selain kolom jumlah dan nama barang, terdapat juga kolom yang umumnya bisa diisi dengan harga dan jumlah total dari seluruh transaksi.

5. Tanda Tangan Penerima

Kolom terakhir dari nota kosong berisi tanda tangan dari pihak penerima. Kolom ini sangat penting karena bila Anda lupa meminta tanda tangan pihak penerima dan nantinya ada kesalahan barang atau jumlah yang dipesan, Anda bisa komplain pada toko tersebut.

Baca juga: Apa itu Nota Penjualan? Ketahui Pentingnya dalam Sebuah Bisnis

Cara Membuat Nota Kosong

Setelah kita mengerti bersama tentang apa yang dimaksud kwitansi kosong, tentu kita sudah memiliki gambaran yang jelas terkait berbagai elemen yang harus ada di dalam kwitansi kosong. Selain bisa membelinya di toko percetakan atau toko alat tulis kantor, sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri secara mudah.

Nah, cara membuat nota kosong adalah sebagai berikut:

1. Buatlah Kolom secara Horizontal dan Vertikal

Cara membuat kolom ini bisa Anda lakukan di suatu buku bergaris atau buku polos.

2. Buat ruang yang sedikit Menyamping

Buatlah ruang yang agak melebar ke sisi samping namun dengan agak sempit ke bagian bawah.

3. Beri Nama Sesuai Fungsi di Setiap Kolom

Umumnya, kolom pertama bisa diisi No, lalu kolom selanjutnya bisa diisi tanggal dan waktu transaksi, diikuti dengan nama atau jenis barang, quantity atau jumlah barang, dan harga barang. Untuk di bagian bawah atau akhir nota bisa ditutup dengan tanda tangan ataupun stempel toko atau perusahaan.

Selain bisa dibuat secara manual, Anda juga bisa membuat nota kosong dengan menggunakan aplikasi Mic. Excel di Laptop atau komputer desktop. Cara ini jauh lebih mudah dan menghemat waktu daripada menggunakan cara manual.

Baca juga: Apa Itu Nota Kredit? Berikut Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Jenis Nota Kosong

1. Nota Kontan

Nota kontan adalah jenis kwitansi kosong yang dilakukan dalam transaksi pembelian tunai. Jenis nota ini sangat mudah ditemukan karena sebagian besar toko memanfaatkan nota ini.

Umumnya, nota ini dibuat dengan dua salinan utama, satu untuk pihak pemilik toko atau penjual, dan satunya lagi diberikan untuk pembeli. Tujuannya adalah agar penjual tetap memiliki salinan nota yang bisa digunakan bila nantinya ada kesalahan.

2. Nota Kredit

Sama seperti namanya, nota kredit adalah nota yang dibuat pada transaksi penerimaan barang yang sudah dijual secara kredit pada pihak yang bersangkutan. Barang tersebut adalah berbagai barang yang tidak bisa memenuhi pesanan, sehingga dikembalikan pada penjual.

3. Nota Debet

Nota debit adalah nota yang dibuat pada kegiatan pengembalian barang yang sudah dibeli secara kredit atau juga pengurangan pada harga faktur karena pada produk tersebut mengalami suatu penurunan kualitas ataupun kerusakan barang.

Lalu, pemilik toko pun akan menunggu respon dari produsen barang tersebut untuk bisa ditindak lanjuti. Saat sudah mendapatkan tanggapan, maka dirinya bisa mencatat penyesuaian arsip dokumen toko.

Baca juga: Bukti Kas Keluar: Pengertian dan Fungsinya dalam Pencatatan Keuangan

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari kami tentang nota kosong, dengan mengetahui beberapa hal tentang nota kosong, maka Anda bisa menerapkannya untuk menjadi tanda terima bisnis Anda. Namun bila Anda ingin yang lebih praktis dan lebih mudah lagi, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Di zaman yang saat ini sudah sangat serba digital, setiap pelanggan tentu ingin yang lebih praktis, cepat dan mudah. Untuk itu, masalah transaksi juga akan memerlukan sistem pencatatan nota yang lebih otomatis dan juga lebih modern.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh hal tersebut bisa dibuat secara otomatis dan Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Lebih dari itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mempermudah Anda dalam melakukan proses jual beli, menyelesaikan administrasi perpajakan, mengelola persediaan barang digudang, dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui, Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang dikembangkan oleh anak bangsa dengan menggunakan teknologi cloud computing yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi.

Aplikasi ini juga sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari Accurate Online.

Lebih menariknya lagi, seluruh fitur dan segala keunggulan dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Anda juga berkesempatan untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.