Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung dan Cara Menghitungnya

Alokasi tenaga kerja tidak langsung menentukan siapa yang perlu dipekerjakan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi. Perusahaan memasukkan biaya tenaga kerja tidak langsung atau indirect labor costs ke dalam anggaran mereka jika mereka membutuhkan bantuan tambahan di luar tim produksi.

Jika sebuah perusahaan menguraikan fungsi-fungsi tertentu yang membutuhkan bantuan, mereka cenderung merampingkan operasi bisnis dan mencapai tujuan mereka.

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu tenaga kerja tidak langsung, mengapa indirect labor costs penting untuk dipahami, perbedaan antara tenaga kerja tidak langsung dan langsung dan contoh indirect labor costs.

Apa itu Tenaga Kerja Tidak Langsung?

Tenaga kerja tidak langsung atau indirect labor costs  mengacu pada karyawan yang mengerjakan tugas yang berkontribusi pada kinerja perusahaan di luar menghasilkan produk dan layanan.

Mereka bekerja di berbagai bidang seperti departemen administrasi, akuntansi, dan teknik. Perusahaan menganggap indirect labor costs sebagai bagian dari biaya overhead mereka karena biaya tersebut melampaui satu proyek atau layanan.

Mengapa tenaga kerja tidak langsung penting untuk dipahami?

Indirect labor costs adalah bagian penting dari kesuksesan perusahaan. Perusahaan harus memahami pentingnya tenaga kerja tidak langsung karena mereka membantu menghitung profitabilitas perusahaan dan membantu menetapkan harga produk dan layanan.

Misalnya, jika sebuah perusahaan mempekerjakan seorang akuntan, mereka bertanggung jawab untuk menganalisis laporan yang mendokumentasikan transaksi keuangan untuk seluruh perusahaan. Setelah mereka mendokumentasikan transaksi perusahaan dari semua departemen, mereka dapat menentukan apakah perusahaan berkinerja baik dan dapat membuat rekomendasi tentang cara melanjutkan pengeluaran.

Akuntan adalah tenaga kerja tidak langsung karena mereka membuat keputusan yang mempengaruhi kinerja perusahaan tanpa menciptakan produk dan jasa. Gaji tahunan akuntan adalah biaya indirect labor costs untuk karyawan yang membantu organisasi mengidentifikasi bagaimana mereka akan mengendalikan pengeluaran ke depan.

Mengetahui pentingnya tenaga kerja tidak langsung memungkinkan perusahaan untuk memperhitungkan biaya overhead untuk produk dan layanan mereka. Mereka dapat menjumlahkan semua biaya overhead dan menambah biaya per unit yang terjual.

Perhitungan ini membantu perusahaan dalam mengukur biaya akhir yang dibebankan kepada pelanggan. Mungkin ada peningkatan biaya produk karena Anda menambahkan biaya overhead ke biaya produksi. Sebuah perusahaan mungkin perlu membebankan biaya lebih untuk suatu produk sehingga mereka dapat mengkompensasi semua karyawan indirect labor costs.

Baca juga: Analisis DuPont: Pengertian, Komponen, Rumus, dan Contoh

Apa Perbedaan Antara Tenaga Kerja Tidak Langsung dan Langsung?

Tenaga kerja langsung adalah biaya yang terkait dengan produksi produk dan jasa. Perusahaan menghitung biaya tenaga kerja langsung dengan jam kerja yang dibutuhkan untuk menciptakan produk bagi pelanggan. Tenaga kerja tidak langsung bukan merupakan bagian dari proses produksi, dan hanya dibebankan sebagai biaya bagi karyawan yang membantu di area lain dalam organisasi.

Bagaimana Menghitung Tenaga Kerja Tidak Langsung

Gunakan langkah-langkah ini untuk menghitung indirect labor costs:

1. Identifikasi jumlah jam kerja karyawan

Cari tahu jumlah jam kerja setiap karyawan indirect labor costs  untuk memulai perhitungan Anda. Mencatat jumlah jam kerja karyawan menunjukkan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk tugas-tugas selain produksi.

Akuntan dapat melihat software akuntansi dan catatan akuntansi mereka untuk menemukan jumlah jam kerja karyawan di setiap departemen. Mereka dapat memisahkan karyawan yang bekerja di bagian produksi dan di departemen lain untuk membuat perhitungan yang akurat tentang jumlah jam kerja tidak langsung.

2. Kurangi waktu istirahat untuk setiap karyawan

Perhitungkan waktu istirahat jika waktu istirahat yang dibayar adalah bagian dari paket kompensasi karyawan. Anjak dalam cuti berbayar memastikan bahwa mereka tidak mencatatnya sebagai bagian dari jam kerja seorang karyawan, yang meningkatkan keakuratan perhitungan.

Karyawan mungkin telah membayar cuti sakit atau dibayar untuk pelatihan atau konferensi yang harus dihadiri atas nama perusahaan, yang juga tidak akan dimasukkan ke dalam perhitungan tenaga kerja tidak langsung.

3. Kalikan total jam kerja karyawan per jam dengan upah per jam mereka

Kalikan jumlah jam kerja seorang karyawan per jam per tahun dengan upah per jam mereka. Membuat perhitungan ini membantu perusahaan memahami berapa banyak mereka membayar indirect labor costs untuk satu karyawan.

Jika karyawan tersebut bekerja 1.715 jam total tahun lalu untuk 15.000 per jam, kalikan 1.715 dengan 15.000, dan Anda membayar 25.725.000 per tahun untuk satu karyawan. Buat perhitungan ini untuk semua karyawan per jam untuk menambahkannya ke biaya tenaga kerja tidak langsung Anda.

Baca juga: Apa itu Revenue dalam Akuntansi? Berikut Pengertian dan Jenisnya

4. Tambahkan gaji tahunan karyawan ke perhitungan Anda

Tambahkan gaji tahunan yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan yang digaji. Perusahaan harus memastikan bahwa mereka menyelesaikan langkah ini setelah mereka menyelesaikan langkah satu sampai empat sehingga mereka dapat membandingkan total biaya indirect labor costs untuk karyawan per jam dan karyawan yang digaji.

jumlah karyawan yang digaji dalam organisasi untuk mengetahui berapa banyak gaji untuk ditambahkan ke perhitungan yang Anda buat untuk karyawan per jam.

Contoh Tenaga Kerja Tidak Langsung

Berikut adalah contoh indirect labor costs:

Manajer produksi

Manajer produksi mengawasi staf karyawan untuk memastikan semua aspek proyek tepat waktu. Mereka memberikan instruksi dan harapan yang jelas kepada karyawan tentang proses produksi dan langkah-langkah yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka.

Mereka dapat memberi tahu karyawan tentang penyesuaian ruang lingkup proyek jika pelanggan mengomunikasikannya kepada mereka.

Keamanan

Seorang penjaga keamanan memastikan ruang kerja aman bagi karyawan untuk melakukan tugas mereka. Mereka dapat berpatroli di sekitar gedung untuk mengidentifikasi aktivitas mencurigakan dan jika itu menimbulkan ancaman bagi karyawan. Mereka mungkin bekerja shift pagi atau sore untuk mengawasi gedung selama 24 jam.

Baca juga: Pendapatan Penjualan: Pengertian dan Contohnya dalam Laporan Laba Rugi

Pemasaran

Karyawan pemasaran mempromosikan produk dan layanan perusahaan setelah diluncurkan ke publik. Mereka memproduksi dan mempublikasikan konten di halaman media sosial perusahaan mereka, dan mereka mengoptimalkannya sehingga pengguna dapat menemukannya di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Profesional pemasaran memantau kinerja keterlibatan untuk melihat apakah mereka menjangkau audiens target mereka dan membuat penyesuaian pada strategi pemasaran perusahaan mereka berdasarkan hasil yang mereka kumpulkan.

Sumber daya manusia

Karyawan sumber daya manusia merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan untuk berbagai departemen. Mereka menentukan struktur penggajian dan tunjangan yang tepat untuk memberi kompensasi kepada karyawan dan berkoordinasi dengan manajemen tentang praktik terbaik untuk melatih dan mengembangkan kinerja karyawan. Sumber daya manusia dapat memperbarui buku pegangan karyawan untuk mencerminkan kebijakan perusahaan.

Baca juga: Biaya Operasional: Pengertian, Jenis dan Contohnya dalam Neraca Keuangan

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tenaga kerja tidak langsung dan cara menghitungnya dalam proses pembukuan bisnis Anda. Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang memproduksi suatu produk, tentu Anda terbiasa dalam menghitung biaya ini.

Untuk memudahkan Anda dalam mencatat dan menghitung seluruh biaya yang terjadi dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-