Analisa Lengkap Tentang Pentingnya Software Akuntansi pada Bisnis

software akuntansi yang baik adalah suatu keharusan bagi pengusaha yang ingin mengarahkan bisnis mereka menuju kesuksesan. Seharusnya tidak hanya mampu menyajikan ringkasan cepat atau penyajian rinci untung dan rugi, bersama dengan transaksi keuangan Anda lainnya, software tersebut juga harus membuat Anda memenuhi persyaratan hukum dari wilayah atau negara tertentu di mana bisnis Anda beroperasi.

Selain menangani legalitas yang berkembang, pilihan Anda terhadap software akuntansi harus memungkinkan Anda mengotomatiskan tugas akuntansi yang memakan banyak waktu, mempercepat persiapan pajak, dan mengurangi risiko human error di tempat kerja.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan analisa komprehensif tentang pentinya software akuntansi , menjelaskan bagaimana software akuntansi dapat membantu Anda mengelola bisnis Anda dan memberikan Anda tips dan trik yang  membantu Anda memperoleh sistem ideal untuk pembukan bisnis Anda.

Mengapa harus Menggunakan Software Akuntansi?

Diatas kita telah membahas apa itu software akuntansi, tetapi apa manfaat utamanya? Mengapa harus menggunakan alat ini?

Dengan software ini, dengan informasi keuangannya yang mendalam, menunjukkan kepada Anda di mana harus melakuakan efisiensi terhadap biaya dan mendorong produktivitas. Dengan sistem yang tepat guna, perusahaan mengotomatiskan tugas pembukuan dan menyusun laporan ramah pajak tepat waktu.

Namun, yang paling penting, mereka dapat memperkirakan pengeluaran dan mengembangkan strategi investasi yang lebih cerdas dengan sistem ini.

Ini adalah manfaat utama dari software akuntansi:

Penyederhanaan

Sistem akuntansi menempatkan kontrol keuangan di tangan audiens non-akuntansi, yang dirancang untuk memberikan makna angka saat melakukan perhitungan otomatis. Dengan sedikit atau tanpa pelatihan sama sekali, pemilik bisnis dapat menyelesaikan semua operasi akuntansi dan mematuhi standar hukum dari komputer desktop atau perangkat seluler, dan tanpa membayar pihak eksternal.

Penghematan biaya

Sistem akuntansi dan keuangan mengotomatiskan perhitungan inti dan prosedur administrasi dan mengendalikan kerangka kerja pendapatan Anda sehingga Anda tidak perlu melakukan outsourcing manajemen keuangan ke ahli eksternal. Secara paralel, mereka juga mengurangi biaya yang berkaitan dengan mencetak dan mendistribusikan dokumentasi dan menyimpan data sensitif di lokasi yang aman dan dipantau.

Transparansi keuangan penuh

Dari sudut pandang akuntan atau auditor, sorotan utama dari sistem akuntansi yang baik adalah bahwa mereka mencegah kesalahan manusia yang akan menyebabkan kerugian dan memiliki potensi berulang. Menghitung jumlah yang tidak akurat atau gagal melaporkan data tepat waktu dapat dengan mudah menyebabkan krisis bisnis, dan di situlah perhitungan otomatisasi paling berguna.

Perkiraan yang akurat

Ini adalah salah satu keunggulan utama dari software akuntansi. Memahami secara rinci pola dan tren kinerja keuangan Anda adalah sesuatu yang perlu waktu lama untuk diselesaikan tanpa sistem yang solid. software akuntansi memberi arti pada angka, membantu Anda memahami di mana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak.

Dengan gambaran yang jelas tentang status keuangan Anda saat ini, Anda akan menemukan lebih mudah untuk mengembangkan strategi pintar dan mengalokasikan sumber daya dengan cara yang benar.

Produktifitas

Jika pemilik bisnis perlu memilih satu paket layanan digital untuk meningkatkan kinerja, pilihan pertamanya adalah software akuntansi. Sistem-sistem ini menggali jauh di dalam tugas-tugas perusahaan yang paling rumit, sehari-hari, mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data mereka yang paling sensitif, dan apa yang paling penting, memanfaatkan uang mereka dengan lebih cerdas.

Pemenuhan pajak

Banyak sistem akuntansi hebat saat ini didedikasikan untuk bantuan penggajian dan pelaporan dan mematuhi peraturan pajak secara otomatis seperti Accurate Online. Setelah Anda mengaktifkannya, alat ini menjadi sumber pajak dan informasi audit nomor satu Anda; mereka menyimpan semua detail penting bagi Anda untuk mempertahankan alur kerja yang transparan.

Peningkatan hubungan dengan pelanggan

Orang bisa berpendapat bahwa software akuntansi tidak ada hubungannya dengan bagaimana pelanggan dilayani, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Sebagian besar sistem akuntansi saat ini (terlepas dari fungsi utamanya) menangani penagihan dan penagihan yang efektif, dan mencegah segala macam penundaan dan miskomunikasi.

Alat ini juga mudah dipersonalisasikan atas nama bisnis, dan dengan demikian, membuat kinerja perusahaan tampak lebih profesional dan kredibel.

Keamanan

Data keuangan adalah informasi perusahaan yang paling berharga dan harus dicegah agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang karena kesalahan. Itulah yang dilakukan sistem akuntansi dan keuangan bagi penggunanya: mencegah akuntansi agar tidak terancam dengan cara apa pun, dan menyimpan salinan tambahan jika Anda perlu mengambilnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan dapat membangun struktur keamanan internal Anda dan memutuskan siapa yang akan memiliki akses ke data sensitif.

Baca juga : Pentingnya Penganggaran Perusahaan Untuk Kemajuan Menyeluruh

 

software akuntansi 3

Apa saja Fitur yang Sebaiknya Ada Pada Software Akuntansi?

Sekarang mari kita lanjutkan ke berbagai fitur yang harus ada pada software akuntansi. Tergantung pada jenis operasi, sistem akuntansi & keuangan berada di bawah empat kategori yang berbeda. Perhatikan bahwa ada juga kegiatan akuntansi komprehensif yang digunakan banyak perusahaan yang menggabungkan fitur terbaik dari setiap kategori. Berikut ini gambaran singkatnya:

Sistem Billing dan Invoicing

Sistem billing dan invoicing menyelesaikan tugas dasar perusahaan sehari-hari, termasuk memeriksa tulisan dan memberi tahu pelanggan tentang pembayaran mereka yang jatuh tempo. Mereka sangat penting untuk menjaga kontrol atas keakuratan angka-angka akuntansi dan membuat layanan terlihat lebih profesional dan kredibel kepada hasil akhir.

Di pihak perusahaan, alat penagihan dan cara penagihan membantu mendokumentasikan aktivitas keuangan dan menyiapkannya untuk otorisasi dan validasi.

Sistem manajemen penggajian

Jika Anda mencari alat untuk menjaga kontrol atas hutang dan piutang akun Anda, Anda harus mencari sistem manajemen penggajian yang akan menangani semuanya. Alat-alat ini dikembangkan untuk melakukan serangkaian tugas yang berbeda, termasuk menghitung gaji karyawan, memotong pemotongan, menyetor gaji langsung ke rekening bank anggota staf, menghasilkan formulir pajak dan slip pembayaran, dan banyak lagi.

Dalam jangka panjang, alat ini akan mengamankan transaksi keuangan Anda, memotong biaya, dan membantu menyiapkan laporan keuangan yang terperinci.

Sistem perencanaan sumber daya dan aset perusahaan

Ini adalah salah satu fitur software akuntansi yang paling penting. Ini menggabungkan semua sistem yang digunakan untuk perencanaan produk, pembelian bahan, manajemen dan kontrol persediaan, distribusi, akuntansi, pemasaran, keuangan, aset, dan SDM.

Akan lebih baik jika software akuntansi memiliki fitur yang bisa mengembangkan intelijen bisnis, sehingga perusahaan dapat belajar dari praktiknya dan menyiapkan strategi yang lebih baik di masa depan.

Sistem manajemen waktu dan biaya

Fitur ini dirancang untuk membantu mempercepat siklus penagihan dan menyetujui pengeluaran saat bepergian dan biasanya cukup dapat dikonfigurasi untuk bisnis apa pun untuk menyesuaikannya dengan kecepatan operasionalnya.

Dasar pemikiran di baliknya adalah membantu mengumpulkan pembayaran lebih cepat dan mendeteksi praktik lambat dan tidak efektif yang sebelumnya tidak terlihat. Keuntungan terbesar mereka adalah mampu menghasilkan laporan grafis terperinci tentang bagaimana waktu dan sumber daya digunakan di setiap perusahaan.

Baca juga : Memahami Lebih Dalam Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

 

software akuntansi 1

Hal Apa yang Bisa Dilakukan Software Akuntansi?

Bagaimana cara kerja software akuntansi, dan fitur apa yang ditawarkannya? Ada banyak cara berbeda di mana software akuntansi dapat mengoptimalkan bisnis Anda, tergantung pada fitur dan tujuan utamanya. Dari faktur yang disederhanakan hingga pelaporan pajak yang kompleks, sistem akuntansi datang dengan segala macam tantangan yang akan menyulitakan Anda jika sofatware yang digunakan tidak sesuai.

Jadi apa yang bisa dilakukan software akuntansi? Berikut adalah beberapa fitur dasar software akuntansi:

Akuntansi

Akuntansi adalah komponen utama dari setiap sistem dalam kategori ini dan yang harus Anda cari terlebih dahulu ketika memilih solusi yang dapat diandalkan. Apa yang terlintas dalam pikiran ketika kita mendengar ‘akuntansi’ adalah buku besar, aset tetap, hutang & piutang, dan rekonsiliasi bank. Ini, tentu saja, yang mendasar dan yang paling penting.

Membuat Invoice

Ada sistem akuntansi yang khusus ditujukan untuk penagihan dan penagihan, tetapi sebagian besar dari mereka masih memperlakukan operasi serupa sebagai modul integral dari setiap operasi keuangan. Dengan demikian, mereka membiarkan pelanggan mengotomatiskan koleksi biasa, menyesuaikan operasi dengan metode pembayaran dan standar industri yang baru dan efektif, dan menyiapkan faktur yang akurat dan tepat waktu untuk klien mereka.

Penganggaran dan Perkiraan

Ini juga merupakan modul yang dibundel umum di sebagian besar sistem akuntansi, yang menghitung dan menginterpretasikan kinerja keuangan untuk tahun berjalan dan membantu memperkirakan anggaran yang akan datang. Dengan menggunakan sistem seperti itu, perusahaan dapat menyiapkan estimasi mereka dan menetapkan target penjualan yang layak dan optimis.

Manajemen aset tetap 

Baik sebagai alat terpisah atau modul inklusif, manajemen aset tetap membantu mengelola data keuangan jauh lebih akurat. Modul ini menggabungkan fitur-fitur seperti sejarah audit, catatan biaya, perhitungan penyusutan, alokasi sumber daya, dan banyak lagi.

Manajemen penggajian

Dengan berbagai fitur penggajian, Anda akan dapat menghitung dan memproses pembayaran karyawan, menyiapkan dan mencetak cek mereka tanpa penundaan, dan menanggapi semua komitmen hukum dan segala penghitungan pajak pendapatan tanpa kesalahan.

Memang ada sistem di luar sana yang dikhususkan untuk manajemen penggajian, yang digunakan oleh perusahaan dan karyawan berkinerja tinggi untuk mengingatkan mereka tentang kewajiban finansial mereka, namun yang perlu Anda tahu, pembukuan dan penggajian adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Atas dasar itu akan lebih baik jika fitur ini ada, seperti pada Accurate Online.

Akuntansi proyek

Software akuntansi proyek biasanya dikemas dalam sistem terpisah yang mewakili versi akuntansi software industri vertikal. Mereka sangat disambut oleh operator konstruksi dan pengembang perangkat lunak, di mana biaya dan aturan yang berlaku berbeda dari satu proyek ke proyek lainnya.

Kemampuan utama dari software ini adalah memperkirakan dan menangani overhead dan biaya yang terkait dengan tenaga kerja, material, dan peralatan, sejalan dengan semua fitur lain yang sering dijumpai dalam sistem akuntansi.

Akuntansi dana

Fitur-fitur ini dapat ditemukan dalam software akuntansi yang dirancang untuk lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba dan mencakup pelacakan pengeluaran donasi, manajemen hibah, peraturan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), dan serangkaian laporan keuangan khusus.

Manajemen stok

Manajemen stok adalah toolkit khusus yang dikembangkan untuk pengendalian stok, dan di mana Anda akan menemukan semua alat yang diperlukan untuk memberikan lini produk masa simpan yang lebih tinggi kepada bisnis Anda. Ini berarti Anda akan dapat mengontrol ketersediaan dan pergerakan produk Anda dan menghindari segala macam masalah pengiriman seperti overstocking atau understocking.

Apa yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Software Akuntansi

Tentu saja, jawaban untuk pertanyaan ini sebagian besar tergantung pada kebutuhan dan prioritas spesifik bisnis Anda. Namun, ada beberapa kriteria utama yang harus dipenuhi oleh setiap sistem agar sebanding dengan uang yang Anda investasikan. Berikut adalah beberapa pemikiran tentang apa yang seharusnya Anda cari:

Modul faktur terintegrasi

Terlepas dari operasi inti, sistem akuntansi Anda harus lengkap (manajemen stok, misalnya), dan jika mungkin, Anda harus selalu memperoleh sistem yang menawarkan setidaknya beberapa fungsi pembuatan faktur dasar. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari kesulitan membeli software pembuat faktur tambahan atau memigrasikan data ke sistem lain.

Kustomisasi

Tidak ada sistem akuntansi “satu ukuran untuk semua”. Pada kenyataannya, ini adalah salah satu kategori software yang ditargetkan paling beragam. Alasan untuk ini adalah bahwa masing-masing perusahaan menjalankan perhitungan keuangan berbeda dan mematuhi cara yang berbeda dari berbagai aturan.

Jika Anda tidak dapat menemukan sistem tertentu yang cocok dengan model bisnis Anda, cari program yang fleksibel yang dapat Anda sesuaikan dengan operasi Anda, yang dapat tumbuh bersama bisnis Anda.

Kemudahan penggunaan

Tidak ada yang sederhana tentang prosedur dan perhitungan akuntansi, sehingga sistem akuntansi Anda yang paling baru harus dapat lakukan adalah memberi Anda lingkungan yang intuitif untuk bekerja.

Ini berarti informasi harus diatur dengan rapi, dan fungsi harus tersedia pada satu dasbor. .Anda harus menyelesaikan operasi dalam beberapa menit mengikuti pola navigasi yang sudah Anda ketahui.

Keamanan

Seperti yang telah kami tunjukkan diatas, sistem akuntansi berisi data keuangan bisnis yang paling sensitif, setiap angka yang bergantung padanya. Untuk memastikan bahwa membuat perhitungan dan berbagi data dalam sistem yang aman dan teruji, pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik dan periksa mekanisme keamanan sebelumnya.

Konektivitas

Pada titik di mana Anda membeli solusi akuntansi, Anda sudah memiliki berbagai perangkat lunak untuk digunakan. Untuk menghindari mengubah seluruh infrastruktur perangkat lunak Anda untuk kebutuhan satu program, lakukan hal sebaliknya – dapatkan sistem yang terintegrasi dengan alat yang Anda miliki, atau, dalam skenario terbaik, menawarkan API terbuka untuk Anda sambungkan dengan sistem yang Anda inginkan.

Penggunaan ponsel

Sistem akuntansi seluler tidak lagi identik dengan mewah dan hanya perusahaan besar yang mampu mengembangkannya, jadi mengapa tidak memilih satu untuk kebutuhan Anda? Kebanyakan vendor populer saat ini menawarkan aplikasi Android dan iOS asli untuk penggunanya, di mana operabilitasnya hampir sama dengan versi sistem desktop.

Harga

Logika perangkat lunak yang berlaku adalah: semakin banyak suatu sistem dapat dilakukan, semakin banyak biayanya. Namun tidak dengan Accurate Online, software akuntansi cloud yang menetapkan satu harga untuk semua fitur yang Anda perlukan. Hanya 200 ribu rupiah, Anda bisa menikmati kemudahan pembukuan dengan software akuntansi dengan fitur terlengkap di Indonesia

Anda harus tahu, bahwa sistem akuntansi berkualitas tidaklah harus mahal. Yang terpenting adalah software akuntansi tersebut memenuhi kebutuhan bisnis Anda secara menyuluruh.

Dukungan yang andal

Sebagian besar vendor software akuntansi bangga dengan tim yang berpengetahuan dan cepat merespons, tetapi kenyataannya, Anda tidak akan tahu seberapa efisien mereka sebelum Anda benar-benar memiliki masalah untuk disampaikan.

Untuk mencegah kekecewaan pahit atas uang yang Anda investasikan, cobalah masa trial gratis yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan. Seperti Accurate Online, Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Baca juga : Akuntansi Syariah : Arti, Ciri, & Bedanya Dengan Akuntansi Konvensional

Potensi Masalah Apa yang Anda Dapatkan Saat Menggunakan Software Akuntansi?

Kecenderungan memilih software akuntansi sesuai jenis bisnis Anda

Jika menghadapi pilihan antara solusi akuntansi umum dan terstandar dan yang telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik industri Anda, pilih yang terakhir.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam kebanyakan kasus, Bisnis akan melakukan perubahan kegiatan pembukuan seiring dengan berkembangnya bisnis secara berkesinambungan, jadi pastikan semua fitur yang Anda butuhkan telah mengakomodir kebutuhan tersebut

Skalabilitas dan kustomisasi

Karena kesepakatan akuntansi dengan subjek non-kreatif, ada sedikit pengembang dapat lakukan untuk membuat proses digital lebih menarik daripada biasanya. Dengan demikian, sistem akuntansi tidak akan menjadi aplikasi yang menyulitkan dan konfigurasi terbuka yang bisa Anda dapatkan.

Yang bisa menjadi tindakan terbaik atas bisnis Anda adalah memilih solusi yang dapat disesuaikan dan memastikan Anda dapat menerapkan aturan dan spesifikasi bisnis di dalamnya. Ini juga akan memastikan bahwa Anda tidak perlu mengganti sistem ketika bisnis Anda mulai berkembang.

Kurangnya integrasi

Saat mencari sistem akuntansi dan keuangan yang andal, pastikan ia memiliki infrastruktur terbuka yang mendukung integrasi pihak ketiga, atau setidaknya koneksi yang Anda butuhkan tidak akan terganggu saat Anda mengadopsi sistem baru.

Pilihlah software dari pengembang yang sadar bahwa software akuntansi yang mereka buat harus bekerja sejalan dengan perangkat lunak penjualan, sistem intelijen bisnis, CRMs, aplikasi manajemen proyek, dan berbagai layanan lainnya.

software akuntansi 4

Posisi sentral untuk otomatisasi alur kerja

Statistik akuntansi menunjukkan bahwa pengembang perangkat lunak sekarang fokus pada apa yang lebih dapat dilakukan untuk memfasilitasi kegiatan akuntansi secara keseluruhan, yang pada dasarnya memudahkan akuntan dan ahli keuangan. Dalam istilah teknis, ini berarti bahwa otomatisasi alur kerja meningkat, dan segera tidak akan ada operasi kerja yang tidak otomatis.

Semua Angka Ada di cloud

Kedengarannya hampir luar biasa bahwa semua perusahaan mesin akunting yang rumit membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menginstal sekarang akan menjadi sejarah, tetapi begitulah adanya. Tren akuntansi baru condong ke cloud hosting, karena merupakan alternatif yang lebih aman, lebih cepat, dan jauh lebih terjangkau.

Seperti Accurate Online, sistem pembukuan, pencatatan transaksi, dan perhitungan pajak akan berbasis cloud. Ini akan memudahkan Anda mengakses data dimana saja dan kapan saja selama Anda masih terhubung dengan internet

Machine learning : masa depan akuntansi

Munculnya akuntansi yang diberdayakan AI akan terus berlanjut ketika bisnis mencari bantuan program-program canggih untuk menyingkirkan tugas-tugas yang memakan banyak waktu dan bisa disederhanakan, menugaskannya ke mesin, dan memberi manusia lebih banyak waktu untuk melakukan tugas yang lebih baik diserahkan kepada kemampuan kreatif mereka.

Pada era revolusi teknologi 4.0, pembelajaran mesin harus memungkinkan akuntan untuk menikmati waktu komputasi yang lebih cepat, perhitungan yang lebih akurat, deteksi yang efektif dari segala kecurangan, dan menunjukkan tren akuntansi yang berdampak pada keseluruhan laba bisnis.

Baca juga : Gunakan Accurate Online sebagai Solusi Pembukuan Hotel Anda

Lalu, Apa Software Akuntansi Pilihan Anda?

Setelah mencapai bagian ini, kemungkinan besar Anda memiliki masukan tentang jenis software akuntansi apa yang akan Anda gunakan untuk pengembangan bisnis Anda lebih jauh. Sebelum mengambil langkah terakhir, pertimbangkan untuk melakukan uji coba gratis yang ditawarkan oleh Accurate Online selama 30 hari melalui Link ini.