Ingin Menggunakan Software Akuntansi Manufaktur? Perhatikan Hal Ini

Akuntansi untuk bisnis manufaktur itu kompleks karena banyak hal yang harus ditangani seperti penilaian persediaan dan harga pokok penjualan untuk menentukan nilai barang jadi yang paling tepat. Maka dari itu, penting memilih software akuntansi manufaktur yang tepat guna.

Software atau spreadsheet akuntansi umum tidak memiliki kemampuan untuk menangani persyaratan yang begitu rumit. Oleh karena itu, produsen memerlukan solusi akuntansi khusus untuk membantu mereka membuat keputusan bisnis yang tepat.

Memiliki software akuntansi manufaktur yang tepat membantu meminimalkan biaya yang tidak perlu dengan memantau setiap persediaan secara cermat dan merancang biaya barang jadi yang dioptimalkan.

Mengapa Bisnis Manufaktur mMembutuhkan Sistem Akuntansi?

Jawaban singkatnya adalah: meningkatkan efisiensi. Bayangkan staf akuntansi harus menyalin transaksi secara manual dari satu spreadsheet ke spreadsheet lainnya. Belum lagi, beberapa file spreadsheet harus dikirim bolak-balik sebelum disetujui, yang dapat menyebabkan informasi yang salah, terduplikasi, bahkan hilang.

Tanpa informasi yang akurat, berkualitas, dan tepat waktu, produsen tidak akan dapat memperoleh gambaran lengkap tentang kesehatan keuangan bisnis. Di sinilah software akuntansi hadir untuk mengotomatiskan berbagai tugas akuntansi yang membosankan dan berulang, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas staf akuntansi dalam bisnis manufaktur.

Selain menjaga keuangan tetap teratur, software akuntansi juga membantu bisnis tetap patuh dengan perubahan peraturan dan undang-undang perpajakan. Selain itu, solusi akuntansi modern saat ini, terutama opsi berbasis cloud, sangat aman dan sangat ramah pengguna. Bisnis manufaktur dapat dengan cepat menggunakan perangkat lunak segera setelah penerapan.

Baca juga: Bisnis Manufaktur: Pengertian, Jenis, Proses dan Contohnya

Kebutuhan unik bisnis manufaktur

Perusahaan di industri manufaktur harus mencatat bahan baku, pekerjaan yang sedang berjalan, biaya pemrosesan, dan harga jual produk akhir.

Tanpa sistem komprehensif yang menangani kebutuhan akuntansi, biaya, dan perkiraan ini, Anda mungkin tidak dapat mengevaluasi produk Anda, memutuskan lini produk mana yang menguntungkan, atau aktivitas produksi mana yang perlu disederhanakan.

Karena setiap bisnis manufaktur berbeda-beda, setiap aspek perangkat lunak sangatlah penting bagi Anda sebagai sebuah perusahaan. Bisnis yang dibuat untuk persediaan perlu melacak kinerja vendor, sedangkan sistem integrasi penjualan akan berguna untuk bisnis yang dibuat berdasarkan pesanan.

Panduan ini membahas berbagai aspek sistem akuntansi, dan dapat membantu saat memilih perangkat lunak yang sesuai untuk bisnis spesifik Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Akuntansi di Bisnis Manufaktur? Berikut Penjelasan Lengkapnya

software akuntansi manufaktur 2

Fitur yang Harus Dimiliki Software Akuntansi Bisnis Manufaktur

Produsen sering berinvestasi dalam solusi all-in-one, yang tidak hanya mencakup modul untuk keuangan tetapi juga modul untuk perencanaan, produksi, administrasi, dan sebagainya. Rangkaian modul ini dikenal sebagai sistem perencanaan sumber daya perusahaan atau enterprise resource planning (ERP).

Jika perusahaan Anda memutuskan untuk memilih solusi akuntansi yang berdiri sendiri, pastikan Anda memilih salah satu yang memiliki kemampuan untuk berintegrasi dengan baik dengan sistem lain yang saat ini ditampung pabrik Anda.

Integrasi yang baik memungkinkan data mengalir dengan lancar dari sabuk produksi atau rak barang dagangan ke back office. Hasilnya, Anda selalu memiliki data yang real-time dan akurat.

Ada banyak pilihan untuk Anda ketika memilih software akuntansi untuk bisnis manufaktur. Perusahaan sekarang memiliki fleksibilitas untuk menerapkan aplikasi perusahaan mereka di lokasi, di cloud, atau memilih opsi hybrid.

Buku besar, piutang, hutang dagang adalah fitur inti standar yang ada di semua software akuntansi. Beberapa solusi juga mencakup manajemen proyek, pelacakan waktu, dan alat penggajian untuk akun tingkat yang lebih tinggi atau menawarkan sebagai add-on berdasarkan kebutuhan bisnis tertentu.

Di bawah ini adalah beberapa fitur penting yang harus dipertimbangkan oleh produsen saat mencari software akuntansi untuk bisnis manufaktur mereka.

Manajemen persediaan

Menyimpan inventori yang tidak terpakai dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan biaya. Modul manajemen persediaan memungkinkan produsen untuk mengoptimalkan strategi inventori mereka, memperingatkan pengguna saat stok mencapai tingkat tertentu sehingga mereka dapat mengisi ulang. Produsen akan dapat mempertahankan jumlah bahan baku, proses kerja, dan barang jadi secara optimal.

Selain mengetahui stok yang dimiliki bisnis, modul ini juga memungkinkan pengguna untuk melacak inventaris dan setiap siklus hidup produk, menetapkan target dan level untuk mencegah kelebihan / kekurangan pembelian bahan, dan menyertakan lokasi / gambar stok untuk memudahkan identifikasi.

Software akuntansi Accurate Online misalnya, menawarkan Add on manufaktur untukintegrasi dengan alat manajemen Bill of Material (BOM) untuk mengotomatiskan proses pembaruan profil komponen individu, yang selanjutnya meningkatkan akurasi dan konsistensi produksi, sehingga produk bisa dinilai dengan tepat.

Manajemen biaya

Metode bervariasi dari perusahaan manufaktur ke perusahaan lain berdasarkan proses produksi. Software akuntansi yang baik akan memungkinkan Anda untuk melacak biaya produksi aktual dan menggunakan metode akuntansi biaya berbeda yang sesuai untuk bisnis Anda.

Job costing

Digunakan untuk pembuatan batch, beberapa lini produk, atau pesanan berbasis pelanggan untuk menghitung total biaya untuk setiap batch, lini produk, atau pesanan. Mencatat jam kerja dan satuan bahan baku yang dibutuhkan.

Process costing

Digunakan oleh perusahaan yang memproduksi suku cadang atau barang yang sama. Biaya dialokasikan ke departemen produksi yang berbeda dan bukan ke batch atau pesanan.

Activity based costing

Digunakan untuk meningkatkan proses manufaktur. Biaya yang berkaitan dengan kegiatan manufaktur termasuk biaya penjualan dan layanan pelanggan ditambahkan ke biaya produk.

Biaya variabel

Digunakan untuk menganalisis tingkat keuntungan ketika saldo persediaan terus berfluktuasi. Biaya overhead tetap dikeluarkan dari biaya produk untuk memungkinkan manajer menemukan laba bersih aktual.

Manajemen pesanan

Modul manajemen pesanan memberi bisnis kemampuan untuk memproses dan melacak pesanan, status pembayaran, dan faktur menggunakan satu sistem terpusat.

Mengintegrasikan manajemen pesanan ke dalam sistem akuntansi menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kembali data. Dari memproses pesanan hingga pembuatan faktur, pembayaran, dan pengiriman transaksi, semua terjadi secara otomatis dan segera tercermin dalam piutang / hutang dan Buku Besar.

Otomatisasi menciptakan proses standar dari satu platform tunggal, membebaskan produsen untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya.

Produsen juga dapat memperoleh pandangan yang lebih baik tentang seluruh ekosistem pemenuhan, dengan cepat mengidentifikasi kesalahan atau ketidakpuasan pelanggan karena faktur yang salah atau kesalahan transportasi.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Manufaktur Accurate Online

Manajemen aset

Produsen juga harus mempertimbangkan solusi akuntansi yang terintegrasi dengan baik dengan sistem manajemen aset atau memiliki modul yang dibuat khusus untuk mengelola aset.

Dengan mengawasi dengan cermat semua siklus hidup aset, produsen akan dapat mengidentifikasi pembelian yang berakibat pada pemborosan dan berinvestasi lebih banyak pada peralatan yang benar-benar bermanfaat bagi para pekerja.

Modul ini sangat berguna dalam membantu staf akuntansi menghitung depresiasi secara akurat. Selain itu, modul atau integrasi manajemen aset yang tepat dapat membantu manajemen untuk:

  • Maksimalkan laba atas aset
  • Tingkatkan waktu kerja dan tingkatkan prediktabilitas
  • Kurangi total biaya kepemilikan

Analisis dan pelaporan

Alat analisis membantu pengguna untuk menganalisis ke mana uang pergi, bagaimana perubahan harga mempengaruhi biaya dan keuntungan produk serta mengidentifikasi hambatan dalam proses manufaktur, dan menganalisis alasan di balik perbedaan antara jumlah yang dianggarkan dan jumlah sebenarnya.

Alat pelaporan yang kuat dapat secara otomatis menghasilkan laporan sesuai permintaan, menyoroti tren, dan menyajikan wawasan dengan cara yang mudah dipahami sehingga manajer dapat membuat keputusan yang tepat lebih cepat.

Software ini juga harus memungkinkan pengguna untuk membuat dan menyesuaikan laporan mereka dengan mudah bersama dengan fungsi untuk mengingat pengeditan laporan terakhir sehingga pengguna dapat dengan mudah menggandakan untuk penggunaan laporan tersebut di masa mendatang.

Baca juga: Inventory Turnover: Pengertian, Rumus, Dampak dan Cara Improvisasi dalam Bisnis

Menggunakan Software Akuntansi Manufaktur Berbasis Cloud

Banyak bisnis manufaktur masih memilih untuk melakukan kegiatan operasional secara manual, termasuk fungsi akuntansi. Untuk skala bisnis apapun, akan lebih baik jika menggunakan solusi akuntansi berbasis cloud karena akan memudahkan Anda tidak diperlukan investasi perangkat keras yang bernilai mahal.

Solusi akuntansi cloud tidak hanya jauh lebih aman, tetapi juga dapat membantu Anda dan bisnis Anda dengan memungkinkan Anda untuk:

  • Berkolaborasi secara real-time dengan departemen akuntansi Anda. Anda dapat mengakses, meninjau, menyetujui transaksi keuangan pada saat yang sama dengan staf Anda, membuat keputusan strategis lebih cepat, dan menghilangkan bias informasi.
  • Perbarui sistem Anda secara otomatis, tanpa menyebabkan gangguan apa pun pada rantai bisnis Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan downtime. Pembaruan terjadi secara berkala, di belakang layar, dan dalam waktu yang jauh lebih singkat dari yang dapat Anda bayangkan.
  • Simpan dan amankan data Anda dari pencurian cyber serta bencana alam. Meskipun tidak ada jaminan bahwa data akan benar-benar bebas dari bahaya, risiko kehilangan data secara substansial lebih rendah dengan solusi akuntansi berbasis cloud dibandingkan dengan pembukuan manual atau menggunakan software akuntansi konvensional.

Ketika Anda mengoptimalkan proses manufaktur dan keuangan Anda dengan perangkat lunak akuntansi yang tepat, Anda pasti akan menemukan produk Anda yang paling menguntungkan dan meningkatkan inventaris Anda.

Menggunakan rsoftware akuntansi dengan add on manufaktur terbaik seperti Accurate Online dapat menghemat banyak waktu dan uang bisnis Anda dengan mengotomatiskan proses dan menjadi sangat skalabel, apa pun ukuran bisnis Anda.

Pelajari fitur manufaktur terlengkap di Accurate Online pada tautan ini.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online untuk pembukuan bisnis manufaktur Anda secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan