Bagaimana Cara Kerja Akuntansi di Bisnis Manufaktur? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Manufaktur tidak seperti jenis bisnis lainnya. Retailer menjual barang dan perusahaan jasa menjual waktu mereka, tetapi hanya bisnis manufaktur yang membuat produk baru dari awal. Hal ini dapat menimbulkan masalah akuntansi pada bisnis manufaktur. Bisnis manufaktur harus memperhitungkan bahan baku dan biaya pemrosesan mereka, tetapi mereka juga harus menghitung nilai barang jadi yang mereka buat.

Ada berbagai metode untuk melakukan ini. Anda harus memilih yang tepat untuk bisnis Anda dan menggunakannya dengan benar. Dalam panduan ini, kita akan melihat metode yang tersedia untuk Anda, dan beberapa potensi masalah serta manfaat yang berguna setelah Anda aktif dan berjalan.

Dengan pengetahuan ini Anda akan dapat memilih sistem akuntansi yang tepat untuk membantu bisnis manufaktur Anda berkembang.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Akun Manufaktur dalam Laporan Keuangan

Akun manufaktur adalah biaya pembuatan produk untuk perusahaan. Ini mencakup banyak faktor yang mempengaruhi harga pembuatan produk.

Bisa gaji karyawan, sewa peralatan industri, biaya sewa gedung, biaya bahan baku, biaya transportasi semuanya berada dalam satu atap yang disebut akun Manufaktur. Memang, data dari akun manufaktur sangat memengaruhi akun perdagangan.

Data akun manufaktur akan memberi tahu apakah perusahaan menghasilkan untung atau rugi untuk tahun berjalan. Ini juga memastikan untuk melihat di mana pengeluaran maksimum dibuat dan membuat pengaturan alternatif jika ada.

Biaya produk tidak termasuk biaya iklan atau pemasaran. Akun manufaktur berlaku untuk biaya mentah yang dikeluarkan selama pembuatan produk.

Ini bersama dengan fitur tertentu lainnya menentukan harga produk juga. Angka penjualan dengan harga tersebut dan harga pokok barang akan ditampilkan di akun perdagangan untuk mendapatkan laba atau rugi kotor.

Akun manufaktur adalah yang terakhir tetapi satu langkah untuk menyiapkan neraca untuk perusahaan. Ini adalah langkah terakhir sebelum membuat sketsa angka perdagangan.

Baca juga: Bisnis Manufaktur: Pengertian, Jenis, Proses dan Contohnya

Hal yang Terkait dalam Akuntansi Manufaktur

Saat Anda menyederhanakan proses manufaktur untuk menghilangkan pemborosan dan mempersingkat waktu antara penerimaan dan pesanan, Anda juga dapat menyederhanakan proses akuntansi Anda dan menggunakannya untuk mengumpulkan informasi pengoperasian yang relevan. Ini memberikan feedback yang berharga tentang proses manufaktur dan persediaan Anda.

Tanpa mengadaptasi akuntansi untuk proses manufaktur, mungkin sulit untuk memahami bagaimana perubahan dalam operasi Anda membuat perbedaan pada keuntungan manufaktur Anda, terutama karena kompleksitasnya meningkat seiring pertumbuhan bisnis.

Untuk menekan biaya dalam berbisnis, Anda harus memahami dulu di mana letak biaya produksi Anda.

Ini membantu jika Anda memecah biaya produk dari semua faktor yang berkontribusi yang berperan dalam biaya produk manufaktur – tidak hanya untuk setiap item tetapi untuk semua aktivitas yang menambah biaya pada produk akhir.

Jika Anda ingin menyempurnakan proses produksi dan mengotomatiskan aspek bisnis Anda, informasi biaya yang akurat membantu Anda mengidentifikasi biaya pemborosan yang diteruskan ke pelanggan atau diserap di dalam perusahaan. Ini semua untuk membantu meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan Anda. Berikut adalah beberapa biaya yang harus Anda perhatikan dalam pengelolaan akuntansi pada bisnis manufaktur:

Istilah biaya manufaktur yang harus dipahami

Anda perlu memikirkan di luar untung dan rugi untuk biaya produksi seperti biaya bahan baku, ditambah biaya untuk mengubah bahan ini menjadi produk. Ini diperlukan, misalnya, untuk memahami bagaimana Anda seharusnya memberi harga pada produk Anda dan bagaimana mencapai atau melampaui margin keuntungan yang Anda tetapkan.

Dalam bisnis manufaktur, ada beberapa istilah penting yang perlu Anda pahami ketika menghitung biaya pembuatan produk Anda, serta jumlah inventaris yang Anda miliki.

Direct materials atau Bahan Mentah

Persediaan bahan baku (atau bahan mentah) langsung adalah perhitungan dari semua bahan yang digunakan bisnis manufaktur Anda untuk membuat produk Anda – semua bahan yang dikonsumsi atau diidentifikasi dengan produk Anda.

Sangat sering,tercantum dalam bill of material, yang merinci jumlah dan biaya bahan yang digunakan dalam produk Anda. Dalam proses manufaktur, seperti makanan dan minuman atau bahan kimia, bill of material dikenal juga sebagai resep produksi.

Direct labor costs atau Biaya tenaga kerja langsung

Tenaga kerja langsung adalah nilai yang diberikan kepada tenaga kerja yang memproduksi barang Anda, seperti operator mesin atau jalur perakitan. Umumnya, ini termasuk biaya jam reguler, lembur, dan pajak gaji yang relevan.

Biaya overhead pabrik

Bersamaan dengan bahan langsung dan tenaga kerja langsung, Anda harus menyertakan biaya overhead produksi untuk memastikan Anda mendapatkan penilaian yang tepat dalam hal persediaan dan harga jual.

Overhead manufaktur mungkin termasuk biaya untuk menyalakan peralatan pabrik dan personel yang tidak terlibat langsung dalam memproduksi produk.

Work-in-process goods atau Barang dalam proses

Sebagai bagian dari proses produksi, bisnis Anda kemungkinan besar memiliki item dalam produksi yang belum selesai.

Ini akan menjadi akumulasi uang yang telah Anda keluarkan untuk bahan langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead produksi pada setiap item pekerjaan dalam proses di inventaris Anda.

Finished goods atau Barang jadi

Ini adalah biaya yang terkait dengan barang yang Anda siapkan sepenuhnya untuk dijual kepada pelanggan Anda. Anda juga akan menambahkan biaya penyimpanan barang jadi ini dan biaya terkait lainnya.

Pada neraca manufaktur biasa, Anda harus memiliki bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi sebagai bagian dari perhitungan inventaris Anda. Anda juga akan menginginkan sistem persediaan periodik atau perpetual untuk melacak berapa banyak produk yang Anda miliki di lini produksi pada satu waktu.

Metode biaya produksi

Dalam hal akuntansi, Anda memerlukan metode penetapan biaya yang tepat untuk membantu Anda mencapai profitabilitas yang lebih tinggi. Software akuntansi yang untuk bisnis manufaktur mungkin menawarkan metode penetapan biaya yang berbeda. Inilah yang harus Anda pelajari:

Job order costing  atau Biaya pesanan pekerjaan

Umumnya digunakan untuk pembuatan batch (sebagai lawan dari pelacakan produk). Ini dihitung dengan mencatat jam kerja dan unit bahan baku yang dibutuhkan untuk setiap batch.

Process costing atau Biaya proses

Berguna jika Anda menjalankan lini produksi yang terus-menerus membuat produk atau suku cadang yang sama. Biaya dihitung berdasarkan departemen, bukan berdasarkan pekerjaan.

Activity-based costing atau Penetapan biaya berbasis aktivitas

Untuk digunakan saat menyempurnakan dan meningkatkan proses produksi. Ini juga dapat dikaitkan dengan aktivitas seperti layanan pelanggan. Penetapan biaya berdasarkan aktivitas berdasarkan waktu adalah variasinya, yang memperhitungkan biaya selama periode tertentu.

Variable costing atau Biaya variabel

Akan digunakan dengan cara yang mirip dengan biaya overhead, tetapi ini bervariasi dengan hasil produksi – semakin banyak produk yang Anda buat, semakin tinggi biayanya.

Absorption costing atau Biaya penyerapan

Digunakan ketika biaya produk mencakup semua variabel dan biaya produksi tetap – bahan baku, biaya tenaga kerja dan overhead pabrik atau factory overhead (FOH).

Metode penetapan biaya lainnya

Tergantung di belahan dunia mana Anda berbisnis, terminologi lain mungkin termasuk biaya standar, biaya aktual, biaya rata-rata tertimbang dan penghitungan konsumsi sumber daya. Ini termasuk elemen metode yang tercantum di atas, tetapi terkadang dalam struktur yang berbeda.

Jika semua ini terdengar membingungkan, jangan khawatir! Ini akan lebih masuk akal saat Anda mulai menerapkan metode ke bisnis Anda sendiri. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua, dan Anda mungkin menemukan diri Anda menggunakan metode yang berbeda untuk bagian yang berbeda dari organisasi Anda.

Baca juga: Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Jenis, Proses, dan Contohnya

Penilaian Persediaan

Manajemen persediaan sangat penting bagi produsen. Di akhir periode pembukuan, di akhir tahun keuangan, Anda ingin memiliki nilai yang terkait dengan jumlah barang dalam inventaris Anda. Menilai inventaris Anda akan membantu menetapkan harga pokok penjualan dan berapa banyak keuntungan yang Anda hasilkan. Kekurangan atau kelebihan persediaan secara langsung mempengaruhi produksi dan profitabilitas bisnis manufaktur Anda.

Persediaan terus dijual dan distok ulang, jadi Anda mungkin perlu membuat asumsi arus biaya. Ada empat cara yang diterima untuk menilai inventaris.

First in, first-out (FIFO). Banyak produsen menggunakan metode First in, first-out (FIFO)’, di mana produk dijual dalam urutan saat ditambahkan ke  persediaan. Cara populer untuk menghitung biaya persediaan; ini bisa berhasil untuk bisnis yang memiliki produk dengan umur simpan.

Last in, last out (LIFO). Metode penilaian inventaris ini beroperasi dengan asumsi bahwa produk akhir yang ditambahkan ke persediaan perusahaan adalah yang pertama terjual. Lebih sedikit produsen yang menggunakan metode ini.

Biaya rata-rata (Average). Ini adalah metode akuntansi umum yang menggunakan rata-rata tertimbang dari semua produk untuk menentukan dan melacak inventaris. Penetapan biaya rata-rata berguna dalam situasi di mana sulit untuk menetapkan biaya ke produk tertentu atau individual.

Identifikasi khusus. Metode akuntansi ini melacak setiap item inventaris, yang berguna jika Anda dapat mengidentifikasi setiap item dengan, misalnya, nomor seri atau tag RFID. Hal ini dapat menghasilkan tingkat akurasi yang lebih tinggi, tetapi banyak produsen tidak mungkin memiliki item yang memiliki identifikasi unik. Ini lebih baik untuk item bernilai tinggi yang membutuhkan diferensiasi, daripada item yang dapat dipertukarkan.

akuntansi manufaktur 2

Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis Manufaktur

Dengan adanya proses akuntansi ini, Anda dapat menggunakannya untuk lebih dari sekadar melacak keuangan Anda atau untuk keperluan pajak. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengetahui seberapa efisien bisnis Anda berjalan – dan membuat perubahan agar berjalan lebih baik. Beberapa jenis analisis yang umum meliputi:

Analisis biaya

Gambaran dasar. Analisis biaya selama periode apa pun yang Anda tentukan. Sangat bagus untuk melihat apa yang Anda belanjakan dan bagaimana perubahan harga input memengaruhi biaya dan keuntungan produk.

Analisis kendala

Lihat di mana bisnis Anda tertahan dengan mengidentifikasi kemacetan – bagian paling lambat dari proses produksi. Memperluas kemacetan dan kecepatan produksi harus meningkat.

Analisis margin atau analisis profitabilitas

Cari tahu berapa banyak keuntungan yang Anda hasilkan pada setiap produk (atau setiap saluran distribusi, setiap pelanggan, setiap lini produk, dll.). Berguna, tetapi digantikan oleh analisis kendala yang dianggap lebih akurat.

Analisis varians

Berapa anggaran Anda? Dan berapa banyak yang sebenarnya Anda belanjakan? Analisis varians akan menemukan perbedaan dan membantu Anda mencari tahu mengapa itu ada.

Penyempurnaan anggaran

Metode analisis di atas akan membantu Anda menyempurnakan anggaran untuk periode akuntansi berikutnya, meskipun Anda juga perlu mempertimbangkan informasi jadwal produksi yang lebih detail.

Baca juga: Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur: Jenis dan Perbedaannya dengan Laporan Keuangan Lain

Hal yang bisa dilacak dengan akuntansi pada bisnis manufaktur

Setelah sistem akuntansi Anda diatur dengan metode yang tepat, Anda siap untuk mulai melacak informasi bisnis yang berharga. Beberapa item untuk dilacak meliputi:

Transaksi

Beban dan pendapatan dalam periode tertentu. Termasuk pembelian, penjualan, pembayaran kembali, pinjaman, dll. Kategorikan mereka dalam buku besar yang benar, apakah itu pengeluaran, Hutang, Piutang atau di tempat lain.

Aset dan kewajiban

Diperlukan untuk akhir periode akuntansi tertentu dan berguna di waktu lain.

cash in hand

Anda harus selalu memperhatikan berapa banyak uang tunai di bank setiap saat.

Persediaan

Pelacakan persediaan adalah proses terperinci yang berada di luar cakupan panduan ini, jadi diskusikan dengan akuntan atau penasihat keuangan Anda.

Idealnya Anda ingin dapat melakukan semua pelacakan ini secara online. Itu akan memudahkan untuk mengawasi bisnis Anda di mana pun Anda berada. Perangkat lunak berbasis cloud akan memungkinkan Anda melakukan ini dan juga akan menghasilkan jejak kertas jika diperlukan.

Dapatkan Solusi Akuntansi yang Tepat Untuk Bisnis Manfaktur Anda

Anda memerlukan software akuntansi yang tepat. Ada banyak penyedia jasa software akuntansi di Indonesia, namun pastikan software yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis. Software akuntansi yang Anda pilih mungkin akan selalu Anda gunakan selama kehidupan bisnis Anda, jadi pilihlah dengan bijak:

Teliti produk yang tersedia

Baca forum, tanya teman dan kolega, cari tahu apa yang digunakan bisnis lain seperti milik Anda.

Pastikan software tersebut sesuai dengan bisnis Anda

Pilih perangkat software akuntansi yang sudah digunakan oleh bisnis manufaktur yang Anda kenal, sehingga Anda tahu itu akan menangani kebutuhan bisnis Anda.

Pastikan skalabel

Anda memulai bisnis Anda dari yang kecil, namun ada kemungkinan setahun kemudaian bisnis Anda akan berkembang. Pastikan untuk menggunakan software akuntansi yang akan berkembang bersama Anda. Pastikan juga Anda memilih software akuntansi yang memiliki 1 harga untuk semua fitur agar saat Anda membutuhkan fitur tambahan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra.

Gunakan Cloud

Software akuntansi berbasis cloud akan memungkinkan Anda mengakses akun Anda dari mana saja dan akan menghemat biaya di muka, serta mengurangi biaya dukungan TI Anda.

Solusi Akuntansi Manufaktur dengan Accurate Online

manufaktur 1

Kini, dengan Accurate Online Anda bisa melakukan pembukuan, penghitungan dan pemantauan keuangan bisnis manufaktur Anda secara lebih mudah.

Add On manufaktur di Accurate Online dirancang bagi Anda pemiliki usaha pabrikasi untuk memastikan analisa keuangan yang mendalam dan proses yang menyeluruh untuk peningkatan produktivitas bisnis Anda.

Fitur manufaktur di Accurate Online ditujukan untuk memudahkan proses analisa data keuangan perusahaan pabrikasi besar, perusahaan yang memiliki proses produksi yang rumit dan membutuhkan penghitungan terperinci dari biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas produksi.

Fitur ini berbayar dan Anda dapat menggunakannya setelah memasang fitur ini melalui fitur Marketplace di akun Accurate Online Anda.

Namun, jika bisnis Anda masih dalam skala manufaktur sederhana, Anda bisa menggunakan fitur Job Costing atau Pekerjaan Pesanan secara gratis yang bisa Anda akses melalui tab Persediaan di Accurate Online.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Manufaktur Accurate Online

Dengan menggunakan Accurate Online untuk bisnis manufaktur Anda, Anda bisa melakukan proses perencanaan, pelaksanaan, pengecekan, hingga penyelesaian produksi dapat dilakukan lebih mudah. Lakukan pengambilan keputusan lebih cepat dan tingkatkan efisiensi proses produksi bisnis Anda.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Add On manufaktur di Accurate Online, Anda bisa melihatnya melalui halaman ini.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, akuntansi untuk manufaktur lebih dari sekadar mencatat angka. Dengan software akuntansi manufaktur yang tepat, Anda akan mendapatkan perspektif baru dan berharga tentang cara bisnis Anda berjalan. Lihatlah itu sebagai alat untuk menganalisis dan menyempurnakan cara Anda berbisnis.

Ingat, keahlian Anda mungkin di bidang manufaktur, bukan akuntansi. Jadi jangan takut untuk meminta bantuan. Cari akuntan berpengalaman atau profesional keuangan lainnya. Wawancarai mereka sebelum mempekerjakan mereka. Pastikan mereka memahami manufaktur secara umum dan bisnis Anda pada khususnya.

Dengan sistem akuntansi yang tepat untuk bisnis manufaktur Anda, Anda akan dapat mengoptimalkan proses Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi lini produk dan pelanggan Anda yang paling menguntungkan dan meningkatkan penganggaran Anda – yang akan membantu bisnis Anda berkembang.

Anda juga  bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan