Annual Report: Pengertian, dan Fungsinya Untuk Perusahaan

Perusahaan yang menyajikan annual report setiap tahun memiliki tujuan agar bisa memberikan informasi pada pihak eksternal. Secara tidak langsung, seluruh kegiatan operasional dalam kurun waktu satu tahun atau satu periode mampu mempengaruhi laporan keuangan yang nantinya akan diterbitkan.

Sehingga, annual report juga berguna agar bisa membantu pihak investor dan kreditor agar bisa memahami kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Pada dasarnya, annual report adalah suatu laporan keuangan secara ringkas terkait kegiatan perusahaan dalam kurun waktu setahun, sehingga penyajiannya harus disiapkan di akhir tahun dan berguna sebagai analisis manajemen keuangan ataupun publik yang mana perusahaan tersebut mempunyai citra yang baik.

Manfaat lainnya adalah pihak eksternal bisa mengetahui informasi terkait rasio keuangan, analisis laporan keuangan, menilai manajemen perusahaan, dan mengevaluasi performa keuangan perusahaan.

Pengertian Annual Report

Annual report adalah suatu laporan tahunan perusahaan yang di dalamnya berisi informasi perkembangan, dan pencapaian yang diterima oleh pihak perusahaan dalam kurun waktu satu periode. Untuk itu, dalam membuat laporan tahunan diperlukan data ataupun informasi yang akurat agar bisa dipertanggungjawabkan dengan baik.

Annual report pun bisa memberikan ringkasan informasi yang diterbitkan oleh pihak perusahaan pada publik, seperti kreditor, investor dan pihak yang berkepentingan lainnya.

Lalu, laporan tahunan ini akan menunjukkan hasil dari informasi laporan keuangan dengan menampilkan prestasi yang dicapai oleh perusahaan dan juga prospek yang akan terjadi di masa mendatang.

Baca juga: Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Di Dalam Dunia Bisnis Secara Mudah dan Cepat

Apa Saja Fungsi Annual Report?

Beberapa fungsi dari annual report adalah sebagai berikut:

  1. Menyajikan data laporan neraca yang lengkap serta laporan laba rugi perusahaan.
  2. Menampilkan informasi pencapaian perusahaan dalam kurun waktu satu tahun atau satu periode.
  3. Memberikan daya tarik perusahaan di mata pelanggan
  4. Sebagai media pemasaran melalui adanya integritas tulisan dan juga desain laporan.
  5. Menyajikan informasi deskripsi pekerjaan ataupun fungsi pada setiap bidang kerja perusahaan.
  6. Baca Juga: 

Ketentuan Dalam Membuat Annual Report

Terdapat beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam membuat laporan tahunan, yaitu:

  1. Laporan tahunan dibuat untuk calon investor, pemerintah, analis keuangan, karyawan dan juga media massa.
  2. Laporan tahunan dibuat untuk memberikan informasi pada publik atas kondisi keuangan ataupun prestasi yang didapat oleh perusahaan setiap tahun.
  3. Menyajikan informasi penilaian melalui gambar grafik, foto dengan desain yang lebih kreatif dan juga menarik.
  4. Menyajikan pernyataan standar audit atas laporan keuangan, komentar dari pimpinan perusahaan, yang tujuannya adalah agar manajemen bisa memenuhi visi dan misi dari perusahaan.
  5. Laporan keuangan wajib dibagi berdasarkan laporan neraca, laporan laba rugi, ekuitas pemilik saham, arus kas, catatan laporan keuangan, perkembangan perusahaan, ringkasan keuangan, surat untuk investor, sampai informasi terkait karyawan dan direksi perusahaan.

Baca juga: Cara Membuat Konten yang Menarik Untuk Menarik Pelanggan Baru

Tahap Dalam Membuat Annual Report

Untuk perusahaan yang sudah tercatat di dalam pasar saham, mereka harus membuat laporan tahunan. Tapi beberapa perusahaan ada yang tidak mengerti tahap dalam membuat laporan ini. Nah, beberapa tahap dalam membuat annual report adalah sebagai berikut:

1. Penjelasan Profil Perusahaan Serta Tambahan Ide Kreatif

Tahap awal dalam membuat annual report adalah keinginan dari perusahaan dalam menyampaikan profil perusahaan yang isinya berupa informasi tujuan dan juga target bisnis.

Selanjutnya adalah menambahkan ide kreatif perusahan dengan cara menambahkan tema di bagian laporan tahunan dan tambahan data laporan kegiatan yang lainnya.

2. Memperbaharui Desain, Teknis Penulisan dan Tampilan

Teknik penulisan dan memperbarui desain annual report format harus sesuai dengan konten agar tujuannya bisa tersampaikan dengan baik. Untuk itu, ada baiknya perusahaan bisa mengambil beberapa ide yang ditawarkan oleh ahli desain, seperti tampilan data angka, tabel, penentuan huruf, dan juga infografis.

Tapi jika kegiatan dan data perusahan ternyata lebih banyak, maka akan lebih baik bila ditampilkan dalam bentuk infografis, tapi bila kegiatannya sedikit, biasanya laporan tahunan akan disertakan dengan bentuk tulisan yang panjang.

3. Copywriting, Penerjemahan Serta Jaminan Mutu Penulisan

Copywriting dengan penerjemahan adalah pembuatan laporan yang saling berhubungan, termasuk data yang dibuat dalam bentuk tulisan agar bisa dibaca dengan mudah oleh publik.

Bila copywriting sudah dibuat, maka tahap selanjutnya adalah dengan memeriksa jaminan mutu penulisan agar bisa diubah dan disesuaikan sebelum dicetak.

4. Memproduksi Contoh Report dan Memproses Pencetakan Akhir

Sebelum dicetak, biasanya desain dan warna sudah ditetapkan dan dicetak dengan jumlah yang lebih banyak, sehingga perusahaan bisa mengonfirmasi contoh cetakan tersebut yang umumnya dikenal dengan dummy.

Bila contoh annual report sudah sesuai, maka langkah selanjutnya adalah dengan memproses pencetakan akhir pada isi laporan tahunan yang sudah dikonfirmasi.

5. Penjaminan Mutu Cetakan dan Pengiriman

Tahap akhir di dalam proses cetakan adalah memeriksa mutu dari kualitas dummy, caranya dengan mengonfirmasi akhir cetakan laporan tahunan perusahaan. Sehingga, saat terjadi kesalahan pencetakan yang tidak sesuai dengan contoh, masih ada tanggung jawab dari pihak percetakan.

Baca juga: Tips Sukses di Usia Muda yang Harus Anda Simak

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami terkait annual report. Bila Anda kesulitan untuk membuat laporan tahunan atau annual report, Anda bisa coba menggunakan aplikasi kasir digital atau sistem POS dari Accurate POS.

Selain mampu mempercepat proses transaksi di konter kasir melalui berbagai pilihan metode pembayaran, Accurate POS juga akan membantu Anda dalam mencatat dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, termasuk annual report. Hal tersebut dikarenakan Accurate POS sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online.

Penasaran? Gunakan dan coba Accurate POS sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.