8 Rekomendasi Aplikasi POS Terbaik dan Kelebihannya

oleh | Nov 22, 2023

source envato.

8 Rekomendasi Aplikasi POS Terbaik dan Kelebihannya

Berbagai toko retail yang memiliki produk barang saat ini hampir dipastikan sudah mempunyai satu sistem khusus yang mengurus seluruh alur keuangannya serta mengontrol stok produk di dalamnya agar bisa termonitor secara tepat. Sistem yang digunakan untuk mendukung transaksi jual beli di berbagi toko retail tersebut adalah Point of sales atau aplikasi POS atau aplikasi kasir.

Untuk di Indonesia sendiri, sebenarnya POS ini sudah umum digunakan karena keunggulannya tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara ringkas untuk Anda tentang aplikasi POS dan berbagai manfaatnya yang bisa Anda rasakan. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi POS terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

Untuk itu, baca terus artikel tentang apliaksi POS di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Aplikasi POS

Pengertian Aplikasi POS

ilustrasi aplikasi POS. source envato

Berdasarkan laman Investopedia, aplikasi POS atau biasa disebut dengan aplikasi kasir adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu transaksi langsung dengan para penjual dari berbagai toko retail yang mempunyai banyak cabang toko.

Aplikasi ini juga bisa diartikan sebagai gabungan dari tempat kasir dan mesin kasir yang mana pada poin tersebutlah transaksi penjualan terhadap suatu produk selesai.

Aplikasi POS ini sendiri lahir atas langkah efisiensi dalam mengatasi masalah penjualan produk kepada konsumen.

Jadi, jika sebelumnya setiap toko retail hanya memanfaatkan kalkulator manual atau komputer dengan beberapa software yang sudah terintegrasi, maka aplikasi POS ini hadir untuk mengatasi dan menjawab perkembangan toko retail yang saat ini kian berkembang.

Baca juga: Pengertian Sistem Kasir dan 10 Teknologi Terkini di Dalamnya

Perbedaan Mesin Kasir dengan Aplikasi Kasir Pos

Perbedaan Mesin Kasir dengan Aplikasi Kasir Pos

ilustrasi aplikasi POS. source envato

Beberapa dekade yang lalu, aplikasi POS ini memang hadir dalam bentuk dasar, yaitu suatu mesin kasir. Bahkan, pada mesin kas atau kasir yang paling awal tidak tahu berapa harga produk yang sudah dipilih oleh konsumen.

Para penjaga kasir biasanya akan memasukan harga barang yang hendak dibeli secara manual, bahkan seringkali memerlukan bantuan tiket harga.

Kemudian, mereka akan mengambil uang pembayaran dari konsumen dan menyimpannya di laci kas lalu memberikan kwitansi pembayarannya kepada konsumen tersebut. Pada beberapa kasus, catatan transaksi satu-satunya yang tersedia adalah salinan dari kertas kasir itu sendiri.

Nah, saat ini, sistem point of sale ini terus berkembang dan menjadi lebih terkomputerisasi, bahkan mampu menyimpan database produk di server cloud.

Bahkan, mereka kerap kali akan menyertakan pembaca kode bar atau barcode agar kasir tidak lagi menginput harga secara manual, dan transaksi yang berlangsung pun akan tersimpan secara elektronik.

Saat ini, sebagian besar toko retail kenyataannya sudah beralih menggunakan sistem POS terbaru yang jauh lebih canggih yang mana data penjualannya akan tersimpan secara online, walaupun beberapa toko retail lainnya memang masih ada yang menggunakan cara sederhana.

Baca juga: Pengertian Program Kasir dan 15 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilihnya

Manfaat Aplikasi Kasir

Manfaat Aplikasi Kasir

ilustrasi aplikasi POS. source envato

Umumnya, ada lima manfaat utama dari aplikasi kasir, yaitu:

  1. Aplikasi kasir mampu mendata secara rinci atas setiap aktivitas transaksi yang berlangsung pada setiap cabang yang sebelumnya sudah terkonfigurasi. Pos juga mampu memberikan laporan singkat dalam periode tertentu jika suatu waktu sedang diperlukan.
  2. Aplikasi kasir juga mampu melakukan pengecekan pada setiap stok barang produksi secara otomatis. Hal tersebut akan mampu meminimalisir kecurangan pada setiap pegawai karena setiap persediaan sudah terawasi dengan baik.
  3. Aplikasi kasir mampu menyajikan laporan secara real-time atau saat itu diperlukan secara langsung sesuai dengan kondisi yang berlangsung di lapangan.
  4. Apabila Anda ingin mengganti suatu harga produk, aplikasi ini mampu melakukannya untuk Anda secara lebih cepat dan efisien, sehingga Anda hanya perlu masuk pada kategori barang yang ingin diubah harganya lalu Aplikasi ini akan memberikan datanya ke seluruh cabang toko Anda.
  5. Aplikasi POS ini juga mampu mempersingkat transaksi dengan konsumen.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

8 Rekomendasi Aplikasi POS Terbaik Saat Ini

8 Rekomendasi Aplikasi POS Terbaik Saat Ini

ilustrasi aplikasi POS. source envato

Seperti yang sudah dijelaskan sebalumnya, Aplikasi POS (Point of Sale) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola transaksi penjualan di berbagai jenis bisnis, mulai dari toko ritel hingga restoran. Aplikasi POS memiliki berbagai fitur yang dirancang untuk memudahkan proses penjualan, inventaris, pelacakan keuangan, dan manajemen umum bisnis.

Dirangkum dari laman Digital, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi POS yang bisa Anda pertimbangkan

1. Square Point of Sale

Square POS adalah aplikasi berbasis cloud yang menyediakan solusi lengkap untuk bisnis kecil. Aplikasi ini mencakup pembayaran dengan kartu kredit, manajemen inventaris, analisis penjualan, dan fitur lainnya.

2. Shopify POS

Shopify POS dirancang untuk toko online dan toko fisik. Aplikasi ini terintegrasi dengan platform e-commerce Shopify, memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola stok, pesanan, dan pelanggan mereka secara efisien.

3. Lightspeed Retail

Lightspeed Retail menyediakan solusi POS untuk berbagai jenis bisnis, termasuk ritel, restoran, dan e-commerce. Aplikasi ini memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak inventaris, mengelola pesanan, dan memantau kinerja penjualan.

4. Toast POS

Toast POS adalah aplikasi POS yang dirancang khusus untuk industri restoran. Ini mencakup fitur seperti pengelolaan pesanan, pembayaran meja, manajemen menu, dan pelacakan inventaris untuk restoran dan kafe.

5. Vend

Vend adalah aplikasi POS berbasis cloud yang cocok untuk berbagai jenis bisnis ritel. Vend memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola stok, menerima pembayaran, dan menganalisis kinerja penjualan melalui dashboard yang mudah digunakan.

6. QuickBooks Point of Sale

QuickBooks Point of Sale adalah bagian dari ekosistem QuickBooks dan menyediakan fitur POS terintegrasi dengan sistem akuntansi. Ini membantu pemilik bisnis untuk melacak inventaris, mengelola pelanggan, dan menyinkronkan data penjualan dengan akuntansi mereka.

7. Clover POS

Clover POS adalah solusi lengkap untuk bisnis ritel dan restoran. Aplikasi ini mencakup fitur seperti pemrosesan pembayaran, manajemen inventaris, dan pelaporan penjualan yang komprehensif.

8. Accurate POS

Accurate POS adalah aplikasi kasir digital yang mampu memudahkan seluruh transaksi penjualan Anda dengan adanya fitur barcode scanner, multi satuan & tingkatan harga, penjualan dengan satuan desimal.

Lebih dari itu, Accurate POS juga sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online. Sehingga, seluruh transaksi Anda akan tercatat secara otomatis. Anda pun bisa membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya fitur tersebut, kegiatan kasir pun akan menjadi lebih cepat, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan efisien kepada para pelanggan Anda. Anda juga nanti bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan mencapai kesuksesan.

Ayo buktikan sendiri dengan mencoba Accurate POS selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

287 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait