Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik untuk Coffee Shop Anda

Apakah Anda sedang ingin membuka bisnis warung kopi, tapi masih bingung daerah mana saja yang mampu menghasilkan biji kopi terbaik?

Memilih biji kopi terbaik memang agak sulit, terlebih lagi saat ini semakin banyak industri kopi yang mampu melahirkan banyak varian kopi, sehingga penggemarnya semakin banyak, mulai dari orang tua sampai anak mudah.

Minuman yang untuk sebagian besar orang mampu memberikan efek menahan rasa kantuk ini berasal dari biji kopi yang digiling. Namun, tidak semua tanah bisa dijadikan sebagai media tanam pohon kopi yang baik. Tanaman kopi paling pas bila di tanam di daerah tropis.

Nah, karena negara kita dilewati oleh garis khatulistiwa dan juga memiliki banyak wilayah pegunungan dan juga dataran tinggi, maka jangan heran jika Indonesia mampu menduduki posisi keempat sebagai negara penghasil kopi paling banyak di dunia.

Tapi, tidak semua tanah di Indonesia juga sesuai untuk ditanami pohon kopi dan bisa menghasilkan biji kopi terbaik. Dari semua wilayah di Indonesia, terdapat beberapa daerah yang memang terkenal dengan hasil biji kopi terbaiknya. Nah, biji kopi dari daerah ini bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan bisnis kopi Anda.

Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik

1. Mandailing 

Terdapat beberapa daerah di Sumatera yang mampu menghasilkan biji kopi terbaik, salah satunya di Mandailing, Sumatera Utara. Perkebunan kopi di Mandailing kualitasnya sudah sangat mendunia dan sudah ada sejak tahun 1800-an. Awal mulanya adalah dari sistem kerja tanam paksa yang dilakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Rasa dari kopi Mandailing ini cenderung rendah dan terdapat aftertaste yang manisnya khas. Kopi Mandailing mempunyai penggemar yang sangat banyak karena wangi floral dan aromanya yang sangat harum. Oleh karena itu, jangan heran bila kopi ini seringkali digunakan sebagai house blend di banyak sekali kedai kopi.

2. Aceh

Aceh sudah sangat terkenal sebagai penghasil biji kopi terbaik dan berkualitas berkat kopi Gayo-nya. Disebut dengan kopi Gayo karena ladang perkebunan kopi ini berada di Dataran Tinggi Gayo sejak lebih dari satu abad yang lalu.

Gayo sudah sangat terkenal dengan kualitas kopi arabikanya, dan sempat dinobatkan sebagai kopi Arabika terbaik di dunia beberapa kali. Bahkan di tahun 2010 lalu, kopi Gayo dinobatkan sebagai kopi terenak di dunia berdasarkan Conference Of Coffee Science.

Kopi Gayo memiliki tingkat rasa keasaman yang seimbang, kekentalan yang tergolong ringan, rasa yang tidak terlalu pahit, dan aroma kopinya yang sangat khas.

Kopi Gayo juga terkenal dengan nama green beans karena proses pembudidayaannya yang nyaris tidak menggunakan pupuk kimia atau pupuk buatan sama sekali. Prinsip tersebutlah yang membuat kopi Gayo sangat dihargai oleh para penggemarnya di semua negara.

Selain kopi Gayo, Aceh juga mempunyai perkebunan kopi Robusta, tepatnya di Ulee Kareng. Rasanya pun tidak kalah nikmatnya dengan kopi Gayo.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Kedai Kopi? Ikuti Tips Berikut ini

3. Kintamani, Bali

Di pegunungan kintamani, Bali, terdapat salah satu daerah dengan hasil biji kopi terbaiknya. Perkebunan kopi ini berada tepat di lereng Gunung Batur dan media tanam yang digunakan adalah tanah vulkanis yang berasal dari gunung berapi.

Kopi yang berasal dari perkebunan ini diairi dengan proses sistem yang pengairannya subak. Jika Anda berkunjung ke sana, di sekitar perkebunan kopi Anda bisa menemukan banyak sekali buah-buahan. Nah, inilah yang menjadi kunci untuk bisa mempengaruhi rasa dari kopi Kintamani. Terdapat aroma buah jeruk dan rempah yang unik serta fruity ketika kopi ini diseduh.

Kopi Kintamani ini mempunyai tingkat kekentalan yang sedang, rasa yang tidak terlalu sepat, dan tingkat keasaman yang tergolong rendah. Kualitasnya juga sangat terjaga karena para petani kopi Kintamani sangat menjaga tata cara memetik biji kopi selama panen.

Untuk itu, jangan heran bila kopi ini memperoleh sertifikasi internasional karena rasanya yang dinilai unik dan sangat mendunia.

4. Toraja

Selanjutnya ada dari pulau Sulawesi, lebih tepatnya daerah Toraja. Daerah ini menghasilkan kopi yang penikmatnya sudah hampir ke seluruh dunia. Untuk itu, wajar saja bila daerah ini menjadi daftar penghasil biji kopi terbaik di Indonesia.

Kopi Toraja disukai karena cita rasanya yang sangat pahit, namun rasanya tetap lembut hingga akhir. Terdapat rasa floral dan fruity yang sangat terasa ketika kopi ini diteguk.

Lebih uniknya lagi, aftertaste kopi Toraja tidak pahit sama sekali. Aroma yang dihasilkan dari kopi Toraja juga sangat harum karena kopi ini ditanam berdampingan dengan tanaman rempah yang wangi.

5. Flores

Daerah penghasil biji kopi terbaik yang terakhir berasal dari Flores. Kopi ini dinilai berbeda dengan kopi dari daerah lainnya karena faktor daerah Flores yang sangat unik. Daerah ini dipengaruhi dengan iklim tropis dari Indonesia dan iklim subtropis dari Australia. Nah, iklim inilah yang memengaruhi kualitas dari kopi Flores.

Sebagian besar tanaman kopi Flores dibudidayakan di dataran Ngada yang mana daerah ini adalah daerah pegunungan dengan tanah vulkanisnya. Biji kopi flores juga dinilai sangat berkualitas karena sistem proses panennya yang sangat selektif.

Setiap petani kopi akan dikerahkan secara langsung untuk memetik biji kopi terbaik dan memilihnya lagi sesuai dengan kondisi biji, seperti kering, setengah kering, ataupun muda.

Kopi flores mempunyai cita rasa yang sangat unik. Ketika Anda meminumnya, akan ada perpaduan rasa kacang, hazelnut, dan juga coklat yang manis.

Baca juga: Coffee Shop, Ini 3 Tips Memilih Lokasi Bisnisnya yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Itulah daerah kopi biji terbaik yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan bisnis kedai kopi Anda. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengelola persediaan biji kopi dan membantu Anda dalam mengelola bisnis serta pelanggan, cobalah menggunakan sistem pos atau aplikasi kasir dari Accurate POS.

Terintegrasi langsung dengan Accurate Online, sistem POS terbaik ini akan membantu Anda dalam mengelola bisnis, termasuk mengelola persediaan dan mengelola karyawan atau pelanggan Anda. Bahkan, transaksi di konter kasir pun akan terjadi dengan cepat, karena di dalamnya sudah disediakan berbagai metode pembayaran, baik itu tunai ataupun nontunai.

Ayo gunakan Accurate POS sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.