Tips Mudah Memulai Bisnis Makanan Online

Untuk Anda yang belum mengetahui cara memulai bisnis online yang mudah untuk diterapkan, maka Anda bisa mulai bisnis makanan online terlebih dahulu.

Berdasarkan catatan Google Trends Indonesia, pencarian untuk kata kunci “bisnis makanan online” mengalami peningkatan sebanyak 70%. Itu artinya, banyak orang yang saat ini tertarik dengan bisnis makanan online selama pandemi Covid-19.

Bisnis makanan online memang menjadi salah satu bisnis dengan tingkat potensial yang tinggi. Kenapa? karena peminat dan tingkat permintaannya yang juga tinggi. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis makanan online? simak tipsnya di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Walaupun terlihat dan terdengar mudah dilakukan, memulai bisnis makanan online tetap memerlukan perencanaan yang matang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena dengan perkembangan platform digital yang kian maju, Anda akan lebih mudah dalam memulai bisnis kuliner dengan anggaran yang minim.  Nah, berikut ini adalah tips dalam memulai bisnis makanan online.

1. Temukan Ide Bisnis

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis makanan online adalah menemukan ide terlebih dahulu. Anda harus mencari tahu apa saja makanan yang bisa Anda jual secara online. Selain itu, Anda juga harus melihat potensi bisnis makanan online yang Anda minati saat ini, apakah memiliki potensi besar dalam memperoleh keuntungan atau tidak.

Dengan membuat perencanaan seperti ini, maka Anda bisa menghindari bisnis yang tidak mempunyai potensi dalam memberikan keuntungan.

Selain itu, Anda juga harus bisa memastikan apakah makanan dan minuman yang Anda jual memiliki tingkat keamanan dan keawetan yang baik saat dikirim ke pelanggan dengan jarak yang jauh. Anda juga harus bisa memperhatikan kemasan makanan atau minuman Anda.

Baca Juga: Tips Mengatasi Penurunan Penjualan Tanpa Menurunkan Harga

2. Cari Target Pasar

Bila Anda sudah menentukan makanaan online yang ingin Anda jual, maka Anda juga harus mengetahui siapa saja target pasar yang ingin Anda incar, dan berapa besar tingkat minat mereka pada produk yang Anda jual.

Anda bisa melakukan riset target pasar dengan membaca trend yang saat ini sedang berlangsung di media sosial atau melakukan riset langsung dengan membuat survey sederhana terkait ide produk yang ingin Anda jual.

3. Menentukan Supplier dan Bahan Makanan

Saat Anda ingin menjalankan bisnis kuliner, maka Anda harus mempunyai setidaknya satu pemasok yang tepat dan terpercaya dari sisi kualitas bahan makanan ataupun ketersediaan bahan makan untuk jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam mencari bahan makanan bagi bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus mempunyai pemasok cadangan, sehingga bila nantinya ada kondisi mendadak yang mana pemasok utama terjadi masalah tertentu dalam mengirim bahan makanan, Anda sudah mempunyai pemasok cadangan yang mampu menyediakan bahan makanan tanpa mencari pemasok yang baru.

Anda juga harus memastikan pemasok tersebut mempunyai sistem distribusi yang baik dan juga tepat waktu. Dengan begitu, bahan makanan yang Anda pesan pada mereka bisa tiba dalam kondisi dan kualitas yang baik.

4. Tentukanlah Nama, Bentuk Kemasan, dan Strategi Pemasaran

Dalam hal ini, Anda harus memilih nama dan bentuk kemasan yang sesuai dengan brand serta produk yang nantinya ingin Anda jual. Pastikanlah nama yang Anda pilih mudah dibaca dan ditulis. Hal tersebut bertujuan agar orang lain lebih mudah dalam mengingat dan menyebut nama brand Anda.

Saat ada pelanggan yang menyukai produk Anda, maka mereka akan selalu mengingat nama produk yang mereka konsumsi tersebut.

Anda juga harus menyesuaikan kemasan dengan target pasar. Kenapa? Karena setiap target pasar mempunyai preferensi kemasan yang berbeda-beda. Contohnya anak-anak, mereka lebih menyukai warna kemasan produk yang lebih cerah.

Untuk strategi pemasarannya, Anda bisa menyesuaikan dengan target pasar Anda. Contohnya, bila target pasar Anda adalah anak muda, maka kebanyakan dari mereka tentu menggunakan media sosial, sehingga Anda bisa menggunakan media sosial demi menjangkau mereka.

Agar lebih mempermudah konsumen, maka Anda bisa menggunakan layanan pesan antar seperti GoFood atau GrabFood untuk mempermudah konsumen dalam mencari produk Anda.

5. Manfaatkan Platform Digital

Salah satu cara ampuh dalam memulai bisnis makanan online dengan modal dana yang minim adalah dengan menggunakan internet dan platform digital. Dengan adanya kedua hal ini, maka Anda bisa menjalankan bisnis walau dengan biaya yang minim.

Anda bisa menggunakan berbagai platform digital seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan berbagai platform marketplace lain demi mempromosikan bisnis Anda dalam menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Website juga bisa Anda gunakan untuk membangun tingkat kredibilitas bisnis Anda. Dengan memiliki website bisnis, maka Anda akan terlihat lebih profesional dan dipercaya, karena di dalamnya Anda bisa memasukkan berbagai informasi bisnis, termasuk cara memesan, ketersediaan menu, hingga update promo terbaru.

Baca juga: Kenapa Analisis Bisnis sangat Penting Di Era Digital? Ini Alasannya!

Penutup

Demikianlah cara mudah memulai bisnis makanan online yang bisa Anda aplikasikan dan Anda coba untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi kasir Accurate Pos untuk lebih melancarkan bisnis makanan online Anda.

Karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Accurate Pos mampu membantu Anda dalam melakukan penjualan, mengelola pelanggan, melakukan manajemen karyawan dan menyiapkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Cukup dengan menggunakan Accurate POS, Anda bisa mengelola bisnis Anda secara lebih baik dengan proses yang mudah. Sehingga, proses penjualan akan terjadi lebih efisien dan hemat waktu.

Silahkan coba Accurate POS sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.