Berbagai Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Memiliki tempat tinggal di daerah pegunungan memang sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati pemandangan alami yang indah serta menghirup udara segar yang dihasilkan oleh berbagai pohon dindah setiap hari. Namun, daerah ini sangat sulit dijangkau karena jauh dari perkotaan. Selain itu, bisnis wisata gunung juga saat ini sudah banyak dikuasai oleh instansi dan kelompok besar.

Dengan memanfaatkan modal yang besar, mereka bisa membuka lahan yang luas untuk membuat objek wisata yang luar biasa besar. Inilah yang membuat masyarakat lokal pegunungan menjadi bingung saat ingin memulai bisnis wisata gunung.

Nah, untuk Anda yang bertempat tinggal di daerah pegunungan dan ingin merintis suatu bisnis, maka hal ini bisa Anda jadikan kesempatan. Bila Anda tidak bisa membuat objek wisata yang sama besarnya, minimal Anda masih memiliki kesempatan membuka bisnis wisata gunung lain dengan memanfaatkan sumber daya alam di dalamnya.

Lantas, apa saja peluang bisnis wisata gunung lain yang bisa Anda jadikan kesempatan? Berikut ini adalah inspirasinya.

Inspirasi Bisnis Wisata Gunung

1. Wisata Outbound

Bisnis wisata gunung yang saat ini mulai banyak digemari oleh berbagai kalangan adalah outbond. Berdasarkan Wikipedia, Istilah ini merujuk pada kegiatan luar ruangan dengan memanfaatkan wahana atau berbagai metode permainan.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar bisa meningkatkan kerja sama tim, keberanian, soft skill, dan juga mengasah keterampilan peserta.

Kegiatan outbond bisa dilakukan oleh kelompok, individu, sampai instansi perusahaan. Untuk kalangan instansi dan kelompok, kegiatan ini akan lebih efektif jika dipercayakan oleh orang ketiga daripada membuatnya sendiri.

Selain bisa menghemat waktu, berbagai variasi permainan yang disediakan pun lebih beragam. Dengan terbukanya peluang tersebut, Anda bisa memanfaatkan menjadi suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

2. Tour Guide

Daerah pegunungan sangat terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah dan juga rindang. Untuk itu, jangan heran jika banyak wisatawan, terutama yang dari kota, berlibur ke daerah pegunungan demi menyegarkan tubuh serta pikirannya.

Tapi, diantara mereka juga banyak yang datang tanpa pengetahuan terkait tempat wisata dan cara menjangkau tempat wisata tersebut.

Beberapa yang lainnya ada yang ingin mengunjungi tempat wisata dengan santai dan praktis dengan didampingi oleh pendamping atau warga lokal.

Dengan bekal ilmu pengetahuan terkait daerah wisata pegunungan yang terdapat di sekitar Anda, Anda pun bisa membuka jasa sebagai seorang tour guide. Anda bisa menawarkan diri pada wisatawan sebagai pemandu saat berjalan di rindangnya pepohonan agar mereka tidak tersesat.

Selain itu, Anda bisa juga menunjukkan berbagai spot andalan yang bisa dijadikan tempat bersenang-senang, berswafoto, atau hanya sekedar bersantai.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Rice bowl Rumahan? Ini Tipsnya!

3. Kuliner

Bisnis kuliner sangat mudah menarik para pengunjung di berbagai daerah, termasuk yang dekat dengan wisata pegunungan. Nah, Anda bisa membuka tempat makan di berbagai lokasi untuk mengisi perut wisatawan, seperti restoran, café untuk sekedar bersantai, atau warung kecil yang hanya menyediakan minuman.

Agar wisatawan berminat pada bisnis kuliner Anda, maka Anda harus lebih pintar dalam menyajikan menu dan berbagai hal lainnya yang bisa dinikmati di suhu dan daerah pegunungan. Makanan berkuah dan hangat akan sagat cocok disediakan di daerah tersebut.

Selain itu, lokasi bisnis juga akan memiliki dampak yang besar. Anda harus bisa membangun bisnis yang menghadap ke arah pemandangan bawah gunung dan dipenuhi dengan berbagai lampu cantik perkotaan agar lebih bisa menarik perhatian pengunjung.

4. Vila

Peluang bisnis wisata gunung yang selanjutnya adalah dengan membuka vila. Saat ini, masyarakat kelas menengah ke bawah hingga menengah keatas sangat menyukai kegiatan travelling ataupun berwisata. Dengan pergeseran gaya hidup tersebut, maka bisnis penginapan tentu akan terus mengalami peningkatan.

Umumnya, para masyarakat yang melakukan kegiatan tersebut memerlukan penginapan untuk bermalam dan menikmati tempat wisata yang lebih lama. Di daerah pegunungan, vila adalah jenis penginapan yang paling banyak dicari.

Umumnya, vila memiliki bentuk rumah hunian dan disewa untuk tempat tinggal dan berlibur. Vila juga biasanya berada di daerah yang jauh dari keramaian dengan hawa yang sejuk dan juga suasana yang asri. Anda bisa menyewa vila untuk berbagai jenis acara dan kegiatan.

5. Sewa Peralatan Camping

Selain menginap di vila, hal lain yang dilakukan oleh wisatawan pegunungan adalah berkemah atau camping. Dengan modal tenda dan peralatan camping lain, setiap wisatawan bisa menginap agar bisa memperoleh pemandangan yang indah, baik itu sunset ataupun sunrise.

Bisnis wisata gunung dengan menyewakan tenda dan peralatan camping bisa Anda kenakan biaya perhari. Hal tersebut juga akan meringankan wisatawan yang berasal dari daerah lain yang jauh dan memerlukan perjalanan lama.

Bila mereka harus menyewakan peralatan camping dari daerah asalnya, tentu hal tersebut memerlukan biaya yang lebih mahal serta direpotkan untuk membawa peralatan tersebut. Untuk itu, membuka bisnis peralatan camping bisa Anda jadikan inspirasi di daerah wisata pegunungan.

Baca juga: Ingin Jualan Bunga? Ini Tips Memaksimalkannya!

Penutup

Demikianlah inspirasi bisnis wisata pegunungan yang bisa Anda coba. Apapun jenis bisnis yang akan Anda jalankan, cobalah untuk memberikan sedikit inovasi agar produk atau jasa yang Anda tawarkan lebih menarik.

Jangan lupa juga untuk selalu mengelola keuangan Anda secara baik dan tepat. Hal tersebut nantinya akan membantu Anda untuk mengalokasikan biaya dan keuntungan yang Anda peroleh. Gunakanlah bantuan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS untuk melancarkan proses tersebut.

Selain mampu mempercepat proses transaksi di konter kasi, aplikasi ini juga akan menyediakan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan.

Accurate POS pun akan membantu Anda dalam mengelola pelanggan dan karyawan, mengelola persediaan di gudang, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate POS? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, gratis.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.