Cara Membuat Konten yang Menarik Untuk Menarik Pelanggan Baru

Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan dalam menarik atau mendapatkan perhatian para pelanggan baru adalah cara membuat konten yang menarik. Bila iklan yang Anda buat mempunyai daya tarik yang rendah, maka itu artinya Anda harus membuat konten yang menarik dan juga unik agar bisa memperoleh pelanggan yang baru.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dan cara membuat konten yang menarik, khusus untuk Anda.

Tips dan Cara Membuat Konten Yang Menarik

1. Pikirkan Target Audiens Anda

Siapa saja yang ingin menerbitkan video atau iklan konten tertulis harus mengingat target audiens ataupun target dari pasar mereka. Dengan menentukan siapa yang harus dijangkau oleh iklan konten tersebut, maka pembuat konten bisa menyesuaikan konten yang mereka buat agar bisa menjangkau orang-orang tersebut.

Dalam hal ini, inspirasi bisa datang dari utas pada sosial media, yang mana target audiens Anda nantinya bisa melakukan interaksi dan membagikan ide dengan sesamanya. Pendapat dan kebutuhan dari target audiens di dalam suatu utas bisa memicu untuk membuat ide yang bagus.

2. Buat Ide

Meluangkan waktu dalam bertukar pikiran tentang ide atau konsep adalah cara membuat konten yang menarik. Untuk itu, pikirkanlah berbagai ide yang mungkin tidak akan terpikirkan oleh orang lain. Gunakanlah pena dan kertas untuk menggambar mind map agar nantinya ide bisa mengalir dengan baik.

Ingatlah selalu bahwa perlu beberapa waktu dan mungkinnya nanti akan ada beberapa kesalahan di awal. Sedikit sekali orang yang melakukan brainstorming, untuk itu jangan merasa lelah untuk saling bertukar ide dengan tim.

3. Perhatikan Hal Kecil

Berbagai kehidupan sehari-hari bisa menampilkan beragam ide baru yang sempurna untuk ide postingan yang original ataupun skrip video konten iklan Anda. Berbagai ide ini akan lebih cenderung datang diwaktu yang paling tidak nyaman, contohnya seperti ketika sedang duduk di dalam ruangan rapat staf, atau bahkan saat sedang berada di toilet.

Umumnya, ide yang menarik akan muncul ketika seorang pembuat konten tidak bisa mengakses ponsel ataupun laptopnya.

Cara membuat konten yang menarik pada saat itu adalah cara yang terbaik agar bisa mengingat kilasan kecemerlangan yang ada di benak Anda. Cara yang baik untuk merekam ide dan inspirasi yang hadir secara tiba-tiba adalah membuat gambar, catatan, atau hanya sekedar mencoret-coret di dalam kertas kosong.

Baca juga: Apa Arti Retur? dan Bagaimana Proses Penanganannya?

4. Tentukan Kata Kunci yang Relevan

Sebanyak 81% konsumen akan melakukan riset atau penelitian sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Untuk itu, peran dari suatu kata kunci sangat penting dalam membuat konten iklan yang menarik.

5. Lakukan Riset

Menghabiskan banyak waktu dan upaya pada suatu konten untuk mengetahui bahwa sudah ada orang yang melakukan hal yang sama tidak akan ada gunanya. Suatu karya yang tidak lagi menonjol di antara pesaing bila terlalu mirip atau sama.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu Anda secara online sebelum menulis ide konten agar bisa memastikan bahwa konten buatan Anda asli dan juga unik. Lakukanlah pencarian dengan menggunakan topik dan keyword yang sudah Anda pilih melalui mesin pencari.

Silahkan untuk mengamati, meniru, dan mengubah konten yang sebelumnya sudah ada bila Anda tidak bisa membuat konten yang 100% original.

6. Putuskan Bagaimana Konten akan Disajikan

Dengan menemukan ide unik yang sudah dimaksimalkan dengan kata kunci, maka selanjutnya Anda harus membuat konten yang sesuai, baik itu infografis, tulisan, atau konten video. Salah satu pilihan yang sangat bagus adalah dengan memilih konten video, namun memerlukan lebih banyak pekerjaan.

Dalam segi visual, konten video memerlukan penulisan naskah yang baik agar bisa menghadirkan pengalaman audio visual yang bisa diingat oleh konsumen ataupun calon konsumen. Pikirkanlah baik-baik terkait metode penyajian konten yang sesuai. Beberapa topik ada yang lebih cocok untuk disajikan dengan konten tertulis, sedangkan beberapa yang lainnya lebih cocok dengan menggunakan video.

7. Editing dan Proofreading

Bila suatu konten sudah selesai dibuat, maka selanjutnya adalah melakukan editing atau proofreading. Proses ini wajib dilakukan oleh pembuat konten.

Terdapat banyak sekali aplikasi berbasis website online yang bisa Anda gunakan untuk mengedit tulisan, seperti SmallSEOTools atau Grammarly. Tools tersebut bisa memeriksa tanda baca, ejaan, dan juga plagiarisme. Bila Anda menggunakan versi berbayarnya, maka tools tersebut mampu memeriksa kalimat yang kompleks, penggunaan kata keterangan, dan penggunaan kalimat pasif di dalam tulisan Anda.

Namun, ada baiknya untuk tidak hanya mengandalkan tools saja. Mintalah rekan atau tim Anda untuk memeriksa konten tersebut. Karena, tidak selamanya tools tersebut benar, khususnya bila di dalam konten Anda terdapat bahasa yang tidak terdapat di dalam pengaturan konten tersebut.

Baca juga: Cara Daftar QRIS Secara Cepat dan Mudah Untuk Bisnis Anda

Penutup

Demikianlah tips dan cara membuat konten yang menarik dari kami. Setelah mengetahui tips dan cara di atas, maka ini saatnya bagi Anda untuk bisa membuat konten yang menarik tersebut.

Selain itu, hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan baru adalah dengan melakukan transformasi digital di dalam operasional bisnis Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir digital atau sistem POS dari Accurate Online.

Selain mampu meningkatkan kecepatan proses transaksi di konter kasir dengan berbagai metode pembayaran, Accurate POS juga mampu membantu Anda dalam melakukan manajemen karyawan, mengelola pelanggan dengan berbagai diskon dan membership, serta mencatat lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan membuat strategi konten iklan yang menarik.

Tertarik dengan Accurate POS? silahkan klik banner di bawah ini untuk mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.