Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Terdapat beberapa jenis iklan yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda untuk mempromosikan produk. Nah, iklan elektronik adalah salah satunya.

Jenis iklan ini menjadi iklan yang paling tepat untuk mempromosikan berbagai jenis produk, baik itu produk barang atau layanan jasa.

Lalu, apa pengertian dari iklan elektronik? Apa saja ciri-cirinya? Dan jenis apa yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang iklan elektronik di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Iklan Elektronik?

Di zaman yang sudah serba digital dan cepat seperti saat ini, masyarakat sudah menggunakan berbagai jenis media elektronik demi memenuhi berbagai keperluannya, informasi dan hiburan adalah salah satunya. Sekarang, kebutuhan tersebut bisa didapat dengan mudah melalui media elektronik, seperti radio, televisi, sampai dengan internet.

Hal tersebut pun memicu banyak perkembangan, salah satunya adalah cara beriklan. Karena saat ini semuanya sudah serba elektronik. Maka iklan yang pada awalnya menggunakan media cetak sudah mulai merambah ke media elektronik. Hal tersebutlah yang mendukung adanya perkembangan iklan elektronik seperti saat ini.

Jadi, iklan elektronik adalah jenis iklan yang diterbitkan dalam berbagai jenis media elektronik, mulai dari radio, televisi, sampai platform lainnya yang bisa diakses dengan menggunakan internet.

Baca juga: Komplain Pelanggan: Ini Cara Jitu Mengatasinya!

Ciri-ciri Iklan Media Elektronik

Terdapat beberapa ciri media iklan elektronik yang membedakannya dengan media lain, yaitu:

  • Umumnya berbentuk cerita pendek
  • Memanfaatkan pilihan kata yang menarik, logis, dan lebih tertarget
  • Memanfaatkan kata-kata yang bersifat persuasif dan informatif
  • Memanfaatkan kata yang bersifat saran pada beberapa orang
  • Memanfaatkan komponen suara, gerak, dan gambar
  • Memanfaatkan efek suara, seperti musik, ucapan, dan efek suara lainnya.

Baca juga: Cara Daftar GoFood Online dan Detail Biayanya

Jenis-Jenis Iklan Elektronik

Terdapat beberapa jenis iklan elektronik, salah satunya yang bisa kita temukan dengan mudah adalah ketika mengunjungi situs website atau di media sosial.

Internet advertising atau iklan online adalah salah satu iklan yang digunakan untuk memasarkan produk barang atau jasa dengan menggunakan media online. Biasanya, iklan ini ditempatkan di situs website atau media sosial.

Selain iklan online, terdapat beberapa jenis iklan elektronik yang bisa kita jumpai dengan mudah, yaitu:

1. Iklan Radio

Iklan radio adalah jenis iklan yang memanfaatkan berbagai peralatan radio sebagai media penyampaian. Iklan ini hanya bisa didengarkan karena wujudnya yang hanya berbentuk suara atau audio.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan  yang memanfaatkan media televisi. Iklan ini memiliki komponen gambar, suara, gerak dan juga teks. Sehingga, akan lebih mudah dalam menarik perhatian audiens daripada radio.

3. Iklan Film

Iklan film adalah jenis jenis iklan yang memanfaatkan film sebagai media penyampaian. Iklan ini bisa dilihat saat hendak menonton bioskop. Biasanya, iklan ini akan bisa kita lihat sebelum dimulainya sebuah film.

4. Iklan Media Digital Interaktif atau Internet

Iklan internet adalah iklan yang menggunakan media online sebagai media penyampaiannya. Iklan ini menggunakan media online dan mempunyai pengunjung yang banyak.

Jenis iklan internet ini antara lain adalah iklan pemasaran mesin pencari, iklan baris, iklan media sosial, iklan email iklan pada situs website, sponsorship, spanduk dan tombol, dan masih banyak lagi.

5. Iklan Luar Ruang

Iklan luar ruangan adalah iklan yang ditempatkan di luar ruangan dan bisa dilihat oleh masyarakat umum. Beberapa contohnya adalah reklame seluler, transit, pajangan, standar luar ruang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Daftar GrabFood Online secara Mudah dan Gratis

Aturan Hukum Dalam Membuat Iklan Elektronik

Ketentuan terkait pembuatan iklan ini sebenarnya sudah diatur dalam Pasal 19 ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 5 Tahun 2020, yaitu:

  • Dilarang menyebarkan informasi yang keliru, salah, dan tidak pantas terkait produk
  • Tidak membohongi konsumen tentang kualitas, bahan, kuantitas, harga produk, fungsi, sampai ketepatan waktu produk yang diterima
  • Dilarang membohongi garansi atau jaminan
  • Harus memberikan informasi produk
  • Menyediakan pilihan pada audiens untuk keluar dari tayangan iklan dengan menggunakan tanda tutup, lewati iklan atau tutup iklan.
  • Harus ditempatkan dengan jelas agar konsumen bisa menutup iklan.
  • Dilarang mengeksploitasi kejadian atau orang lain tanpa izin atau persetujuan dari orang lain yang bersangkutan.

Untuk mereka yang melanggar aturan iklan diatas maka akan dikenakan sanksi administratif. Sanksi ini bisa berbentuk teguran tertulis, masuk dalam daftar hitam, sampai pencabutan izin usaha. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam Pasal 47 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020.

Baca juga: MRP Adalah Sistem yang Penting dalam Bisnis, Ini Penjelasannya!

Penutup

Demikianlah berbagai jenis iklan yang bisa kita temui dengan mudah. Iklan elektronik adalah jenis iklan yang bisa membantu Anda dalam bersaing di dunia digital seperti saat ini. Minimal, Anda bisa menggunakan salah satu dari kelima jenis iklan di atas.

Bila Anda sudah bisa mempromosikan produk dengan menggunakan jenis iklan diatas, maka ini saat yang tepat bagi Anda untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan media elektronik lain, seperti menggunakan aplikasi kasir digital atau sistem POS dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka Anda bisa mengelola karyawan, mengelola pelanggan, melakukan pembelian bahan baku, menyediakan transaksi secara cepat, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Ayo coba dulu Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.