Peran Penting Integrasi E-Commerce dalam Aplikasi POS

Dengan adanya perkembangan teknologi yang merambah ke banyak aspek terkait jaringan internet dan juga perangkat elektronik, e-commerce dan aplikasi POS saat ini bukan lagi hal yang asing, khususnya untuk para pebisnis di Indonesia.

Walaupun demikian, tidak semua pebisnis memilih untuk melakukan integrasi pada dua komponen tersebut. Sebagian besar pebisnis pasti masih banyak yang bertanya, kenapa platform penjualan online harus melakukan integrasi dengan sistem POS? ini jawabannya.

5 Pentingnya Integrasi E-Commerce dengan Aplikasi POS

1. Menekan Potensi Kesalahan Pemindahan Data Manual

Kemungkinan besar saat ini Anda masih menggunakan platform penjualan online dan sistem POS yang terpisah. Itu artinya, terdapat staf khusus yang memindahkan data, seperti data penjualan dari marketplace ke sistem POS secara manual.

Saat proses tersebut tidak Anda automasi, maka akan ada banyak kesalahan yang sangat mungkin terjadi. Namun, berbagai kesalahan ini bisa Anda hindari bila sudah terkoneksi dan terjadi pembaruan secara otomatis pada kedua sistem tersebut. Harus selalu Anda ingat bahwa berbagai kekeliruan yang tidak perlu akan sangat berdampak pada kepuasan para pelanggan.

Baca juga: Tips Ampuh Mengelola Beberapa Platform Online Shop

2 Menghemat Waktu

Pemindahan data yang dilakukan secara manual juga banyak memakan waktu., saat Anda belum memiliki tim yang cukup, maka waktu Anda akan tersita untuk mengerjakan hal tersebut.

Kesesuaian data di sistem POS dan e-commerce memang penting, namun hal tersebut diselesaikan oleh automasi sistem. Untuk itu, berhentilah menghabiskan waktu untuk mengerjakan hal yang sebenarnya bisa Anda buat secara otomatis.

3 Data Inventori yang Akurat dan Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memindahkan data secara manual bisa memicu terjadinya keterlambatan update data inventori, sehingga Anda bisa saja menjual produk yang sebenarnya sudah habis.

Akhirnya, Anda terpaksa harus menolak pesanan dan membuat para konsumen menjadi kecewa. Namun, hal tersebut bisa Anda cegah dengan menggunakan sistem POS yang sudah terhubung dengan platform penjualan online.

Selain mampu mencegah terjadinya oversell, data inventori yang ada di berbagai cabang dan gudang juga akan sinkron. Sehingga, data inventori yang tampil juga kan selalu akurat dan diupdate secara real time.

4 Mengoptimalkan Return Of Investment

Upaya dalam mengembalikan dana investasi adalah suatu hal yang harus Anda analisis secara terus menerus dan Anda tingkatkan perlahan-lahan. Sehingga, Anda bisa memaksimalkan return of investment.

Integrasi yang ada pada ecommerce dan sistem pos bisa menjadi salah satu cara yang baik dalam memaksimalkan pengembalian dana investasi. Karena, cara ini bisa menganalisis stok macet, stok produk yang pergerakannya lambat, dan juga mengetahui stock best seller secara lebih tepat.

5 Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dari berbagai poin yang sudah disebutkan di atas, kepuasan pelanggan adalah hal yang sebenarnya harus dicapai. Bahkan, hal inilah yang memotivasi pemikiran terkait adanya integrasi tersebut.

Dengan adanya penyederhanaan dan juga pengoptimalan pada operasional bisnis, maka pelanggan juga memiliki pengalaman yang baik saat berbelanja. Lalu, diharapkan setiap pelanggan bisa terus kembali dan menjadi pelanggan tetap bisnis Anda.

Baca juga: Strategi Mengelola Keuangan Bisnis di Tengah PPKM

Penutup

Pada awalnya, proses integrasi antar dua sistem yang tidak dibuat untuk saling terkoneksi ini memang sangat susah,, beberapa sistem bisa terhubung dengan baik daripada sistem lainnya.

Namun, berbagai riset yang ada pada bidang teknologi terbaru membuktikan bahwa hal ini bisa dilakukan. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menggabungkan dua sistem ini.

Cara pertama, Anda bisa menggunakan cara Point-to-point connector yang terhubung langsung antar sistem POS dan marketplace untuk melakukan sinkronisasi data penjualan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara multichannel management platform yang memiliki basis cloud dan menggunakan suatu hub tertentu yang berada di tengah sistem agar bisa menggabungkan keduanya.

Nah, Accurate POS adalah salah satu sistem POS canggih yang bisa sudah terintegrasi dengan e-commerce. Kenapa? karena Accurate POS sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, cukup dengan berlangganan Accurate Online, maka Anda bisa menggunakan Accurate POS secara gratis untuk satu database per satu outlet.