Karyawan Kasir Adalah Pahlawan Bisnis, Kok Bisa?

Kebanyakan orang menganggap profesi karyawan kasir adalah profesi yang rendah. Padahal, tugas mereka di meja kasir bisa dibilang sebagai ujung tombak dari suatu bisnis.

Kenapa? karena kasir adalah hal pertama dan juga hal terakhir yang dilihat oleh pelanggan, sehingga mereka memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menjaga tingkat kepuasan pelanggan dan menjaga retensi.

Lantas, apa saja sumbangsih karyawan kasir untuk keberlanjutan usaha sampai mereka bisa disebut sebagai pahlawan bisnis? temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Kasir Adalah Benteng Sekaligus Ujung Tombak dalam Menghadapi Konsumen

Baca juga: 3 Keuntungan Fantastis Saat Menerapkan Pembayaran QR Code di Kasir

Seperti yang sudah kita jelaskan secara singkat sebelumnya bahwa posisi meja kasir biasanya ditempatkan dekat dengan pintu masuk tempat usaha, sehingga menjadikannya sebagai titik awal sekaligus titik akhir untuk pelanggan yang ingin belanja.

Walaupun produk ataupun jasa yang Anda tawarkan sudah sangat sempurna, namun hal yang membuat konsumen mempertimbangkan dirinya untuk berbelanja lagi atau tidak adalah pelayanan kasir Anda.

Bila karyawan yang menempati meja kasir ternyata tidak terlalu ramah atau sangat lama melayani kegiatan transaksi, maka akan kecil kemungkinan bagi pelanggan untuk kembali berbelanja.

Menjaga Pencatatan Keuangan Agar Tetap Rapi

Bisnis apapun yang Anda kerjakan, laporan keuangan adalah salah satu elemen penting yang mampu membantu Anda dalam menentukan arah dan juga strategi bisnis Anda. untuk itu, Anda harus bisa mencatat setiap transaksi secara tepat dan akurat.

Biasanya, pekerjaan ini dilakukan oleh mereka yang bertugas di meja kasir. Mereka bisa menjadi pahlawan bisnis yang menopang proses bisnis bila mempunyai tingkat kedisiplinan pada setiap pencatatan keuangan yang terjadi, terlebih lagi bila kasir di tempat Anda masih menggunakan cara yang manual.

Memberikan Informasi Penting Terkait Perilaku Transaksi Pelanggan

Meskipun ruang lingkup kerjanya hanya sebatas meja kasir saja, namun jangan pernah menganggap remeh karyawan kasir Anda. sebaliknya, cobalah untuk membangun inisiatif yang mereka punyai untuk memperhatikan setiap perilaku yang dimiliki oleh pelanggan Anda.

Sebagai contoh, cobalah untuk mencari tahu jam berapa tempat usaha Anda sedang ramai, dan apa saja yang dibeli oleh mereka pada jam tersebut. Sehingga, Anda bisa mengintip kebutuhan pelanggan Anda dan mencoba menyusun strategi bisnis yang lebih efektif lagi untuk mengembangkan usaha Anda.

Baca juga: Cara Menyesuaikan Pos Kerja Karyawan Berdasarkan Soft Skillnya

Wajah Bagi Tempat Usaha

Menjadi pahlawan bisnis tidak harus menjadi sosok yang berkontribusi besar pada perekonomian usaha. Khususnya untuk bisnis kecil dan menengah. Anda sadari atau tidak, kasir adalah wajah pertama yang akan selalu diingat oleh pelanggan Anda saat mereka datang ke tempat Anda.

Untuk itu, sangat penting bagi para kasir untuk memperhatikan setiap pelanggan yang datang. Mereka bisa menanyakan pertanyaan sepele yang mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, seperti menanyakan kabar untuk mereka yang baru datang ke tempat Anda setelah lama tidak berkunjung, atau menawarkan promo tertentu yang mungkin saja dibutuhkan oleh pelanggan tertentu.

Nah, kinerja karyawan kasir Anda akan lebih maksimal lagi bila Anda memanfaatkan aplikasi POS seperti Accurate POS Beta, sehingga karyawan kasir Anda bisa membuat pencatatan keuangan yang rapi pada aplikasi ini dan mereka bisa lebih fokus dalam memperhatikan kepuasan pelanggan.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama ini menggunakan Accurate POS beta? Berikan kritik dan saran Anda pada kami melalui email yang sebelumnya sudah kami kirim agar kami bisa terus memberikan layanan software POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.