Tertarik Memulai Bisnis Baru di Tahun Baru ini? Coba Perhatikan Hal ini Lebih Dulu!

Sebagian orang kemungkinan ada yang tertarik untuk mencoba memulai bisnis baru di awal tahun baru 2023 ini karena berbagai alasan. Tapi pada dasarnya memang memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Terdapat banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar operasional bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Terlebih lagi jika Anda adalah orang yang baru ingin membuka bisnis di tahun 2023 ini, pasti akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Memulai bisnis untuk orang yang memang belum mempunyai pengalaman sama sekali memang umumnya akan lebih sulit daripada mereka yang sudah pernah atau sudah memiliki pengalaman.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dengan baik ketika ingin membuka bisnis pada awal tahun 2023.

Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Memulai Bisnis

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai bisnis di tahun 2023.

1. Keunikan atau Nilai Lebih Produk

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan keunikan pada produk yang nantinya ingin Anda jual. Sebagai contoh, bila Anda ingin menjual baju, pikirkanlah beberapa hal yang menjadi kelebihan baju Anda dibandingkan dengan baju lainnya yang dijual oleh kompetitor.

Baca juga: Apa itu White Label Marketing? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya!

2. Target Pasar

Sebagai contoh, Anda ingin menjual produk fashion, terutama baju wanita. Maka ada baiknya bagi Anda untuk terlebih dahulu menentukan target pasar bisnis Anda. Sederhananya, Anda tidak akan mungkin menawarkan baju kerja wanita atau blus pada remaja perempuan yang memang masih duduk di bangku sekolah.

3. Lakukan Riset

Ada baiknya bagi Anda untuk melakukan berbagai penelitian kecil-kecilan terkait peluang berhasilnya bisnis yang ingin Anda mulai.

4. Partner Bisnis

Jangan pernah menganggap bahwa memilih partner untuk berjualan atau berbisnis adalah hal yang remeh. Perlu Anda garis bawahi bahwa partner anda akan turut serta dalam perjalanan bisnis Anda di masa depan. Untuk itu, pilihlah partner yang mampu menciptakan rasa aman dan nyaman antara satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Apa itu Segmentasi Audiens? Ini Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya!

5. Sumber Modal

Modal adalah hal yang sangat penting yang harus Anda siapkan sebelum Anda memulai bisnis di tahun 2023 ini. Pastikanlah terlebih dahulu dari mana Anda bisa memperoleh pendanaan yang nantinya ingin Anda gunakan, baik itu dari tabungan pribadi, uang bersama dengan partner bisnis, atau dari pinjaman yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lain.

6. Lokasi Bisnis

Memilih lokasi bisnis adalah suatu hal yang pada dasarnya akan menghabiskan energi dan waktu. Tapi, bila Anda sudah melakukan riset dan menentukan target pasar secara baik, maka memilih lokasi bisnis akan jauh lebih mudah.

Sebagai contoh, Anda ingin memulai bisnis laundry dengan memasang tarif yang lebih murah daripada tarif normal seperti yang lainnya, nah Anda bisa membelinya di area yang memang dekat dengan rumah kost, kampus, atau perumahan yang memang warganya kebanyakan adalah pekerja yang jarang ada di rumah.

7. Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan

Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan tanpa adanya perlengkapan atau peralatan yang mampu membantu kegiatan bisnis. Contohnya, jika Anda ingin memulai bisnis laundry, pastikanlah Anda telah memilih mesin cuci yang tepat dan juga layak, jenis detergennya berkualitas, atau pilihlah setrika yang tidak akan bisa merusak pakaian.

8. Service atau Pelayanan

Selain bisa memperoleh penghasilan ataupun keuntungan, bisa menghadirkan kepuasan pada pelanggan adalah tujuan bisnis lainnya yang tidak kalah penting. Untuk itu, ada baiknya jika Anda telah benar-benar memahami seperti apa pelayanan yang harus Anda sajikan pada pelanggan Anda.

9. Media Interaksi dengan Pelanggan

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini melakukan interaksi dengan pelanggan atau konsumen telah menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Terdapat banyak sekali pilihan media interaksi yang bisa Anda manfaatkan agar bisa tetap terhubung dengan para pelanggan.

Baca juga: Tips Ampuh dalam Memulai Bisnis Resto Korea

10. Hitung Biaya dan Pengeluaran

Biaya dan pengeluaran yang harus Anda bayarkan pada dasarnya telah bisa Anda perkirakan sejak pertama kali Anda memulai bisnis baru, seperti biaya sewa toko, biaya listrik, biaya air, dan lain sebagainya. Sehingga, Anda bisa membuat perkiraan alokasi dana modal secara lebih rapi dan juga lebih terarah.

11. Urus Izin Usaha / SIUP

Berdasarkan laman Wikipedia, SIUP atau surat izin usaha perdagangan adalah suatu hal yang tidak boleh Anda anggap sebelah mata dalam memulai bisnis. Anda jangan pernah sekalipun mengabaikan hal tersebut. Sekarang, Anda bisa mendaftarkan bisnis anda untuk memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP dan prosesnya pun sangat singkat. Jadi, Anda bisa melakukannya sendiri sambil mempersiapkan hal lain.

12. Aplikasi Point of Sales (POS)

Dewasa ini, aplikasi kasir atau sistem point of sales (POS) telah memiliki beragam fitur yang sangat lengkap. Bila sebelumnya digunakan hanya untuk mencatat produksi, menghitung penjualan atau pembayaran, atau memberikan suatu tanda terima barang, maka sekarang aplikasi POS bisa membantu Anda untuk menerapkan kegiatan digital marketing. Anda bisa memulai dan menjalankan bisnis secara online, dan fitur ini tentunya akan sangat membantu Anda.

Nah, salah satu rekomendasi aplikasi POS yang harus Anda pertimbangkan dalam memulai bisnis baru adalah Accurate POS. kenapa? Karena selain mampu mempercepat kegiatan transaksi di konter kasir, aplikasi ini juga didesain dengan tampilan yang sangat sederhana, sehingga bisa sangat mudah untuk digunakan.

Penasaran dengan Accurate POS? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari, gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.