Tips Aman Mengelola Bisnis Cukup Dari Rumah

Terdapat banyak sekali faktor yang membuat suatu bisnis harus dikelola dari rumah. Pilihan ini bisa jadi dilakukan ketika suatu bisnis baru dirintis dan juga belum memiliki modal yang besar untuk menyewa kantor.

Alasan lainnya mungkin saja karena ada tuntutan kondisi seperti saat ini, yang mana hampir semua orang diminta untuk bekerja dari rumah, termasuk para pebisnis.

Harus kita akui  memang banyak yang khawatir terkait keberhasilan dalam mengelola bisnis dari rumah. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips sukses mengelola bisnis dari rumah. Apa saja tipsnya? Baca artikel ini hingga selesai.

5 Tips Ampuh Mengelola Bisnis dari Rumah

1. Atur Jadwal

Salah satu hal yang paling sering disukai oleh banyak orang dari bekerja ataupun berbisnis di rumah adalah fleksibilitas. Keleluasaan dalam mengatur jam kerja sendiri dan juga kegiatan bisnis akan terkesan lebih cair.

Namun, fleksibilitas bagaikan pedang bermata dua, Anda harus hati-hati dalam menggunakannya. Jika bisnis Anda ingin berjalan maksimal, Anda harus mampu mengatur jadwal.

Setiap orang tentunya memiliki waktu terbaik untuk bekerja secara maksimal. Nah, waktu terbaik ini berbeda-beda pada setiap orang. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui waktu terbaik Anda.

Jadi, jadwal dalam mengontrol bisnis tidak harus dilakukan dari jam 8 hingga jam 5 sore. Tapi, Anda harus tetap mempunyai jawal pasti jam berapa Anda bekerja dan akan jauh lebih maksimal bila bekerja di waktu tersebut.

Baca juga: Merdeka dari Pencatatan Keuangan dengan QRIS

2. Disiplin dengan Diri Sendiri

Jika sudah berhasil menetapkan jadwal, maka Anda harus bisa bersikap disiplin dengan diri Anda sendiri. Sebagai pebisnis tentunya akan ingin lebih leluasa, terlebih bisnis Anda bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tapi, disiplin adalah faktor yang paling penting untuk tingkat keberhasilan bisnis yang dikelola dari rumah. Komitmen ini harus Anda tanam pada diri Anda sendiri. Kenapa? karena tidak ada orang yang melarang bila Anda ingin beristirahat makan siang sampai jam 3 sore.

Akan tetapi, disiplin merupakan faktor penting bagi keberhasilan sebuah bisnis yang dikelola dari rumah. Komitmen ini perlu kamu tanamkan dalam diri sendiri.

3. Persiapkan diri Untuk Bekerja

Terdapat setidaknya dua hal yang harus Anda persiapkan untuk bekerja, yakni penampilan dan area kerja. Tentunya menggunakan piyama atau pakaian tidur sangat menyenangkan, namun apa dampaknya pada produktivitas Anda?

Meskipun bekerja dari rumah, Anda tetap harus berdandan dengan rapi seperti berangkat ke kantor. Cari ini akan membantu pikiran Anda agar bisa tetap fokus pada setiap urusan bisnis.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan area kerja secara sesuai. Memang bekerja dengan posisi santai di sofa terdengar sangat menarik. Namun cara ini tidak berbanding lurus dengan peningkatan produktivitas Anda dalam bekerja.

Pikiran Anda tidak akan fokus bila berada pada area yang umumnya digunakan untuk bekerja. Untuk itu, siapkanlah area kerja tertentu di rumah. Anda tidak perlu mempunyai ruang kerja ataupun peralatan kantor lainnya, cukup dengan meja dan kursi yang dibuat khusus untuk bekerja saja.

4. Lindungi Waktu Personal

Salah satu tantangan dalam mengelola bisnis dari rumah adalah Anda bisa lupa berapa lama waktu yang sudah Anda habiskan untuk bekerja. Sehingga, ada banyak orang yang mudah menjadi workaholic dan hanya mengurus pekerjaannya saja.

Kondisi ini juga akan membuat Anda jadi rentan terkena penyakit. Untuk itu, Anda tetap harus melindungi waktu personal dan kehidupan pribadi Anda. Lalu, pastikanlah Anda bekerja secara disiplin dengan jadwal dan matikanlah gadget Anda untuk urusan bisnis ketika jam kerja sudah habis..

Bertahanlah sebisa mungkin untuk tidak memeriksa email, whatsapp bisnis, atau notifikasi lainnya di luar jam kerja. Sehingga, Anda mempunyai relasi yang sehat dengan keluarga, bisnis, dan diri Anda sendiri.

5. Manfaatkan Teknologi

Bila Anda ingin mengelola bisnis dari rumah, maka Anda memerlukan alat yang sama seperti yang Anda perlukan di kantor, seperti laptop atau tablet untuk mendukung kelancaran pekerjaan Anda.

Selain itu, Anda juga memerlukan software ataupun aplikasi yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. salah satunya adalah aplikasi POS dari Accurate POS.

Aplikasi ini sangat penting untuk diterapkan di bisnis Anda. kenapa? karena dengan menggunakan Accurate POS yang sudah terintegrasi langsung ke Accurate Online, Anda bisa memantau bisnis Anda di manapun Anda berada.

Misalnya, Anda bisa melihat penjualan dan pendapatan Anda di hari itu juga. Selain itu Anda juga bisa secara langsung memantau kehadiran setiap karyawan Anda. Bahkan, Anda bisa mengelola seluruh outlet secara bersamaan dengan Accurate POS. Sehingga, Anda bisa melihat setiap perkembangan bisnis secara real time meskipun hanya di dalam rumah.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan Accurate POS beta? Ayo ceritakan pada kami seluruh pengalaman Anda, serta kritik dan saran saat menggunakan Accurate POS Beta agar kami bisa menyediakan software POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.