Packaging Adalah Hal yang Sangat Vital Bagi Bisnis, Ini Alasannya!

Dalam menjalankan bisnis produk barang, packaging adalah salah satu hal yang harus diperhatikan bagi setiap pebisnis. Packaging atau yang umumnya dikenal dengan kemasan memainkan peran yang sangat penting untuk melindungi produk barang Anda dan juga menggambarkan brand bisnis Anda sendiri.

Saat membuat packaging pun Anda tidak boleh membuatnya secara asal. Packaging adalah suatu unsur yang akan mempengaruhi citra dari produk dan brand Anda. Lebih dari itu, packaging pun memiliki daya tarik tersendiri untuk barang Anda.

Nah, agar bisa lebih memahami tentang packaging, jenis dan berbagai contohnya, kami sudah merangkumnya pada artikel di bawah ini. Untuk itu, silahkan baca artikel tentang packaging ini hingga selesai agar bisnis Anda bisa terlihat lebih menarik di mata para pelanggan.

Pengertian Packaging

Secara umum, packaging adalah suatu material yang membungkus atau mengemas produk. Fungsi utama dari packaging adalah untuk melindungi dan mempermudah pelanggan dalam membawa produk tersebut.

Bentuk dari packaging ini harus dibuat secara kreatif dengan mengkombinasikan struktur, bentuk, warna, material, dan berbagai elemen desain lainnya dengan informasi produk, sehingga produk barang tersebut pun bisa dipasarkan dengan baik.

Packaging bisa dijadikan sebagai ciri khas dari produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Jadi, packaging seperti suatu ujung tombak dari produk tersebut karena saat ada orang yang melihat suatu produk, pertama kali hal yang akan mereka lihat adalah packaging atau kemasan dari produknya.

Oleh karena itu, semakin menarik bentuk packaging yang Anda buat, maka akan semakin meningkatkan nilai produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Dengan Modal Minim

Fungsi Packaging 

Mungkin beberapa brand atau perusahaan tidak semuanya memperhatikan packaging produknya. Mereka tidak menyadari bahwa packaging adalah suatu hal yang sangat penting yang bisa meningkatkan citra produk atau brand-nya.

Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi yang terdapat dalam packaging:

1. Sebagai Pelindung Produk 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi utama dari kemasan atau packaging adalah melindungi produk yang Anda jual dari gangguan luar. Sehingga, kualitas dari produk pun akan terus terjaga dengan baik.

2. Daya Tarik Pembeli

Fungsi selanjutnya dari packaging adalah meningkatkan minat pembeli. Kenapa? Karena saat ada seorang yang membeli produk, maka hal pertama kali yang akan mereka perhatikan dan mereka lihat adalah packaging dari produk tersebut. Jadi, bila packaging produk Anda menarik, maka hal tersebut akan meningkatkan daya tarik pembeli.

3. Sebagai Sarana Promosi

Perlu Anda ketahui juga bahwa packaging bisa Anda jadikan sebagai suatu media promosi yang efektif. Anda bisa mencantumkan alamat dan berbagai hal lainnya yang penting untuk keperluan promosi produk atau brand Anda sendiri.

4. Menciptakan Prestige Bagi Pembeli 

Harus kita akui bersama bahwa kemasan yang menarik mampu meningkatkan nilai kebanggan tersendiri untuk pembeli. Bahkan, kemasan tersebut seringkali kemasan atau packaging tersebut menjadi hal yang ingin mereka miliki sebagai koleksi atau hal lainnya.

Baca juga: Bisnis Preloved: Prospek, dan Tips Sukses Menjalaninya

Jenis Packaging 

Agar Anda bisa memahami tentang packaging yang sesuai untuk produk Anda, maka kali ini kami akan memberikan beberapa jenis dari packaging yang harus Anda ketahui.

1. Packaging Primer 

Sama seperti namanya, packaging primer adalah kemasan utama dari produk itu sendiri. Jadi, jenis packaging ini adalah kemasan yang melekat di dalam produk tersebut.

Umumnya, packaging primer adalah packaging yang dibuat untuk berbagai produk barang eceran, contohnya seperti pasta gigi, sabun, minuman botol, dan berbagai produk lainnya.

2. Packaging Sekunder

Packaging sekunder adalah suatu kemasan yang melindungi beberapa produk yang umumnya sudah menggunakan jenis packaging primer. Produk yang terdapat di dalamnya pun umumnya lebih dari satu produk, contohnya satu pak sabun cuci sachet atau 1 slop rokok.

3. Packaging Delivery

Umumnya, jenis packaging ini digunakan untuk keperluan pengiriman produk. Jadi, packaging jenis ini memiliki isi beberapa produk dengan packaging primer ataupun packaging sekunder.

Baca juga: Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan yang Tepat

Contoh Packaging Yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa packaging adalah suatu unsur yang sangat penting dan jenisnya pun beragam. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh bentuk packaging yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

1. Packaging Kotak Vertikal 

Jenis packaging yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai packaging barang atau produk makanan. Bila Anda menjual biji kopi ataupun teh bubuk, maka jenis packaging ini sangat sesuai untuk diterapkan. Kotak yang berbentuk vertikal akan mampu mempertegas kesan yang ringkas dan juga gagah.

2. Packaging Dengan Pesan Personal 

Bila Anda melayani pesanan penjualan secara online, maka Anda bisa membuat packaging dengan menambahkan pesan yang lebih personal. Selain itu, Anda juga bisa mengemas produk Anda dengan cara yang unik. Sehingga saat pelanggan menerima paket, mereka akan merasa lebih senang.

3. Botol unik 

Contoh packaging ini sangat sesuai bila Anda menjalankan produk minuman. Anda bisa menggunakan kemasan botol yang unik. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan label produk yang menarik.

Baca juga: Inventory Card Agar Lebih Mempermudah Mengelola Persedian, Pentingkah?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang packaging, lengkap dengan pengertian, jenis dan contohnya.

Namun selain memerhatikan packaging, Anda juga harus mulai memerhatikan unsur lainnya agar kegiatan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Nah, salah satu unsur tersebut adalah mengelola keuangan.

Kabar baiknya, saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi kasir online atau software POS dari Accurate POS. Aplikasi ini bisa sangat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang mampu mempermudah Anda untuk mengelola setiap kegiatan transaksi dan mengelola bisnis secara lebih efisien.

Tunggu apa lagi, percayakan bisnis Anda dengan menggunakan Accurate POS dan gunakan secara gratis sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.