Pengertian Point of Sales Marketing dan 8 Strategi Ampuhnya

oleh | Agu 21, 2023

source envato.

Pengertian Point of Sales Marketing dan 8 Strategi Ampuhnya

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran menjadi salah satu kunci utama untuk memenangkan hati konsumen. Salah satu pendekatan yang efektif dan terus berkembang adalah point of sales marketing atau pemasaran di point of sales.

Dalam hal ini, point of sales merujuk pada lokasi fisik di mana produk atau layanan ditawarkan kepada konsumen, seperti toko ritel, pusat perbelanjaan, atau bahkan gerai online.

Pemasaran di point of sales bertujuan untuk menarik perhatian konsumen saat mereka berada dalam proses pembelian atau pengambilan keputusan.

Dengan memanfaatkan momen ini, pelaku bisnis dapat meningkatkan kemungkinan konsumen untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Strategi pemasaran di point of sales dapat meliputi penggunaan materi promosi, tampilan produk yang menarik, penawaran khusus, atau interaksi langsung dengan konsumen.

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas bersama tentang point of sales marketing dan manfaatnya untuk Anda di bawah ini.

Pengertian Point of Sales Marketing

Pengertian Point of Sales Marketing

Dilansir dari laman Marketing Schools, point of sales marketing (POS Marketing) adalah strategi pemasaran yang difokuskan pada aktivitas promosi dan penjualan di point of sales langsung kepada konsumen.

Point of sales ini dapat berupa toko ritel, pusat perbelanjaan, gerai online, atau tempat-tempat lain di mana produk atau layanan ditawarkan kepada konsumen.

Tujuan dari point of sales marketing adalah menarik perhatian konsumen, mempengaruhi keputusan pembelian mereka, dan meningkatkan penjualan.

Dalam konteks ini, strategi pemasaran diarahkan untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan relevan bagi konsumen pada saat mereka sedang berada dalam proses pembelian atau pengambilan keputusan.

Pemasaran di sistem point of sales melibatkan penggunaan berbagai metode dan teknik, yaitu:

1. Materi Promosi

Penggunaan materi promosi seperti poster, brosur, spanduk, dan display di toko atau area penjualan untuk menarik perhatian konsumen, memberikan informasi tentang produk atau layanan, serta menyampaikan pesan pemasaran yang menarik.

2. Tampilan Produk yang Menarik

Penataan produk secara visual yang menarik, dengan pemilihan warna, pencahayaan, dan pengaturan yang tepat, sehingga produk menjadi lebih menonjol dan menarik perhatian konsumen.

3. Penawaran Khusus dan Diskon

Memberikan penawaran khusus, diskon, atau paket bundling yang terbatas waktu, dengan tujuan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian segera.

4. Demonstrasi Produk

Melakukan demonstrasi langsung atau pengenalan produk kepada konsumen, yang memungkinkan mereka untuk melihat, menyentuh, atau bahkan mencoba produk secara langsung, sehingga meningkatkan pengalaman dan kepercayaan konsumen terhadap produk.

5. Interaksi Langsung dengan Konsumen

Memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan staf penjualan, memberikan penjelasan tentang produk, menjawab pertanyaan, dan memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan pengalaman konsumen.

6. Loyalty Programs

Program keanggotaan atau program loyalitas yang memberikan insentif kepada konsumen untuk membeli produk secara berulang atau berpartisipasi dalam program penawaran khusus.

Melalui strategi pemasaran di sistem point of sales yang efektif, perusahaan dapat memanfaatkan momen penting di mana konsumen berada dalam suasana pembelian atau pengambilan keputusan, dan dengan demikian meningkatkan peluang untuk mempengaruhi keputusan pembelian mereka serta mencapai tujuan penjualan yang diinginkan.

Baca juga: Pengertian Sistem POS dan 10 Fitur Penting Di Dalamnya

Manfaat Point of Sales Marketing

Manfaat Point of Sales Marketing

Point of sales marketing (POS Marketing) memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran dan penjualan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari point of sales marketing:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pemasaran di sistem point of sales memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan visibilitas produk mereka. Melalui tampilan produk yang menarik, materi promosi yang informatif, dan penempatan strategis di toko atau gerai, konsumen menjadi lebih sadar tentang produk yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Penjualan

Salah satu manfaat utama POS Marketing adalah peningkatan penjualan. Dengan menggunakan strategi seperti penawaran khusus, diskon, atau paket bundling yang terbatas waktu, perusahaan dapat mendorong pembelian impulsif dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian pada saat itu juga.

3. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

POS Marketing dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen. Dengan memberikan interaksi langsung, penjelasan produk yang mendalam, atau demonstrasi produk, konsumen dapat merasakan dan memahami produk dengan lebih baik.

Hal ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun hubungan yang lebih kuat antara konsumen dan merek.

4. Memperkuat Branding

Pemasaran di point of sales dapat membantu perusahaan memperkuat brand image mereka. Melalui penggunaan materi promosi yang sesuai dengan brand identity, tampilan produk yang konsisten, dan pengalaman yang kohesif, perusahaan dapat memperkuat kesan brand mereka di benak konsumen.

5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Dengan memberikan penawaran khusus, diskon, atau program loyalitas di sistem point of sales, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen. Ini dapat mendorong konsumen untuk kembali membeli produk atau layanan perusahaan dan meningkatkan tingkat loyalitas mereka.

6. Memperoleh Data Konsumen

Melalui POS Marketing, perusahaan dapat memperoleh data konsumen yang berharga. Misalnya, melalui program keanggotaan atau program loyalitas, perusahaan dapat mengumpulkan informasi tentang preferensi, perilaku pembelian, dan kebutuhan konsumen.

Data ini dapat digunakan untuk menginformasikan strategi pemasaran dan pengembangan produk di masa depan.

Dengan memanfaatkan POS Marketing dengan baik, perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam hal pemasaran, penjualan, dan hubungan dengan konsumen. Ini dapat membantu perusahaan untuk tetap kompetitif di pasar yang sibuk dan memberikan keunggulan yang berkelanjutan.

Baca juga: Pengertian Aplikasi Kasir Restoran dan 6 Manfaat Besarnya

Strategi Menerapkan Point of Sales Marketing

Strategi Menerapkan Point of Sales Marketing

Untuk menerapkan strategi point of sales marketing yang efektif, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti:

1. Analisis Pasar dan Profil Konsumen

Lakukan analisis pasar dan identifikasi profil konsumen Anda dengan baik. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pembelian konsumen di point point of sales. Hal ini akan membantu Anda mengarahkan strategi pemasaran dengan lebih tepat sasaran.

2. Desain Tampilan Produk yang Menarik

Buatlah tampilan produk yang menarik di toko atau gerai Anda. Gunakan elemen visual, seperti tata letak produk, pencahayaan yang tepat, dan penempatan produk yang strategis untuk menarik perhatian konsumen. Pastikan tampilan tersebut mencerminkan brand image Anda.

3. Materi Promosi yang Menarik

Buatlah materi promosi yang menarik, seperti poster, brosur, atau spanduk, yang berfokus pada keunggulan produk atau penawaran khusus yang sedang berlangsung. Pastikan pesan yang disampaikan jelas dan mengundang minat konsumen.

4. Penawaran Khusus dan Diskon

Berikan penawaran khusus, diskon, atau paket bundling yang terbatas waktu di sistem point of sales. Hal ini dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian impulsif atau memanfaatkan penawaran tersebut segera.

5. Demonstrasi dan Interaksi Langsung

Lakukan demonstrasi produk atau interaksi langsung dengan konsumen di sistem point of sales. Sediakan staf yang terlatih untuk memberikan penjelasan produk yang baik, menjawab pertanyaan, dan memberikan rekomendasi kepada konsumen.

Interaksi langsung semacam ini dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan membantu mereka membuat keputusan pembelian yang lebih informasi.

6. Program Keanggotaan atau Loyalitas

Pertimbangkan untuk membangun program keanggotaan atau program loyalitas di sistem point of sales. Berikan insentif kepada konsumen untuk bergabung dengan program tersebut, seperti diskon eksklusif, hadiah poin, atau akses ke penawaran khusus.

Cara ini dapat mendorong konsumen untuk tetap setia dan kembali membeli produk Anda.

7. Penggunaan Teknologi

Manfaatkan teknologi yang tersedia untuk meningkatkan efektivitas point of sales marketing. Contohnya, gunakan sistem kasir yang terintegrasi untuk melacak data penjualan, mengumpulkan informasi konsumen, atau mengirimkan tawaran personal kepada pelanggan melalui email atau pesan teks.

8. Evaluasi dan Pengoptimalan

Lakukan evaluasi secara teratur terhadap strategi point of sales marketing yang Anda terapkan. Analisis kinerja penjualan, perhatikan umpan balik dari konsumen, dan pelajari tren pasar. Dengan begitu, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengoptimalkan strategi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Dengan menerapkan strategi pemasaran di sistem point of sales yang efektif, perusahaan dapat memaksimalkan potensi penjualan, meningkatkan kepuasan konsumen, dan memperkuat hubungan dengan mereka.

Baca juga: Apa Perbedaan Mesin Kasir dan POS? Baca Disini!

Penutup

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, point of sales marketing menjadi sebuah strategi yang penting untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang erat dengan konsumen.

Dengan memanfaatkan momen penting di sistem point of sales, perusahaan dapat menarik perhatian konsumen, mempengaruhi keputusan pembelian, dan menciptakan pengalaman yang berkesan.

Dalam menerapkan strategi point of sales marketing, penting untuk memahami dengan baik profil konsumen dan mengidentifikasi preferensi mereka.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens target, perusahaan dapat mengembangkan tampilan produk yang menarik, materi promosi yang efektif, serta penawaran khusus yang menggoda untuk mempengaruhi keputusan pembelian.

Melalui interaksi langsung dengan konsumen, perusahaan dapat memberikan penjelasan produk yang baik, menjawab pertanyaan, dan memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan pengalaman konsumen.

Hal ini dapat memperkuat ikatan emosional antara konsumen dan brand, serta membantu membangun loyalitas jangka panjang.

Tak hanya itu, penerapan teknologi juga dapat menjadi faktor penting dalam point of sales marketing. Dengan memanfaatkan sistem kasir yang terintegrasi dan teknologi lainnya, perusahaan dapat melacak data penjualan, mengumpulkan informasi konsumen, serta memberikan tawaran personal yang relevan.

Namun, perlu diingat bahwa point of sales marketing bukanlah satu-satunya strategi pemasaran yang perlu diperhatikan. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan strategi pemasaran lainnya, seperti pemasaran digital, branding, dan pengembangan produk.

Kombinasi strategi yang holistik dan terintegrasi akan memberikan hasil yang optimal. Dalam menghadapi persaingan bisnis yang terus berkembang, perusahaan yang mampu memanfaatkan potensi point of sales marketing dengan baik akan memiliki keunggulan dalam memenangkan hati konsumen dan meraih kesuksesan jangka panjang.

Dengan mengoptimalkan strategi di point of sales, perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran, meningkatkan penjualan, serta membangun brand image yang kuat dan memikat bagi konsumen.

Nah, salah satu sistem POS yang layak untuk dipertimbangkan adalah Accurate POS. Aplikasi kasir digital yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online ini akan membantu Anda dalam mempercepat transaksi kasir, mengelola penjulan, pembelian, persediaan, hingga membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Buktikan sendiri dengan klik tautan gambar di bawah ini, Gratis!

aplikasikasirbanner
Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait