Baru Berniat Berbisnis? Ini Sektor Bisnis yang Tepat Untuk Anda

Mempunyai bisnis sendiri adalah impian bagi semua orang. Namun, modal yang kecil seringkali menjadi penghalang untuk pebisnis pemula dalam memulai usahanya. Padahal, meskipun modal memang adalah hal yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap pebisnis pemula, modal bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan.

Kenapa? karena di zaman yang sudah maju seperti saat ini, sudah banyak inovasi bisnis baru seperti hadirnya bisnis yang bagus untuk pemula di bawah ini yang bisa Anda coba.

Bisnis yang Bagus Untuk Pemula

Dewasa ini, sudah banyak sekali individu yang mencoba membuat bisnis dengan modal yang kecil. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk mencoba bisnis sendiri. Untuk itu, Anda harus mengetahui sektor bisnis yang bagus untuk Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan bisnis apa saja yang sesuai untuk Anda jalankan walaupun Anda masih awam dalam dunia bisnis.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa sektor bisnis yang tepat untuk para pemula. Untuk itu, simak artikel tentang sektor bisnis yang tepat untuk pemula di bawah ini.

1. Franchise atau Bisnis Waralaba

Sektor bisnis waralaba dewasa ini sedang populer dan banyak diminati oleh para pemula di dalam dunia bisnis. Bisnis waralaba atau bisnis franchise adalah jenis bisnis yang dilakukan dengan metode kerja sama ataupun kemitraan yang sangat terkenal.

Dengan menggunakan metode ini, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan strategi pemasaran untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat. Kenapa? karena umumnya bisnis ini sudah terkenal dan Anda hanya tinggal menjalankannya saja.

Bisnis franchise yang sudah semakin terkenal saat ini membuat kebanyakan masyarakat berpikir bila membuka bisnis ini memerlukan modal yang sangat banyak. Padahal, dengan modal yang minim pun Anda sudah bisa menjalankan bisnis franchise ini.

Pasalnya, banyak pebisnis yang menyediakan sistem kemitraan dengan modal yang minim dan memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan untuk para pemula.

Baca Juga: Tips Mudah Memulai Bisnis Makanan Online

2. Online Dropshipper

Di tengah maraknya kegiatan bisnis dan marketing online, bisnis dropship menjadi salah satu bisnis yang memerlukan modal minim. Sebagai seorang online dropshipper, Anda hanya harus meneruskan produk yang ingin Anda jual ke pihak supplier untuk bisa dikirim secara langsung ke konsumen, tapi pengirimnya menggunakan identitas Anda.

Bila Anda memang tertarik untuk menjadi seorang online dropshipper, maka Anda harus selalu konsisten dalam mempromosikan produk Anda. Anda juga harus melihat peluang produk yang bisa Anda jual. Bila potensi di dalamnya cukup besar, Anda bisa langsung mencari supplier yang mampu menawarkan harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

3. Agen Pulsa dan Token Listrik

Kebanyakan orang disekitar kita memerlukan pulsa namun malas untuk pergi ke konter pulsa di daerahnya, atau memerlukan token listrik yang mengharuskan mereka mengisi token dengan segera.

Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi agen pulsa dan berjualan token listrik, baik itu secara online ataupun offline.

Modal yang Anda perlukan untuk bisa menjadi agen pulsa dan token listrik pun tidak terlalu mahal, jadi masih sangat terjangkau untuk Anda coba.

4. Jasa Laundry

Jasa yang umumnya dikenal dengan jasa cuci atau setrika kiloan ini sangat diperlukan dan dicari banyak orang. Karena kesibukannya, banyak para pekerja yang tidak memiliki waktu dalam mencuci ataupun menyetrika pakaiannya.

Umumnya, sebagian dari mereka akan memilih untuk membayar jasa cuci ataupun setrika baju daripada mencuci bajunya seorang diri. Nah, bila Anda tinggal di area strategis dan juga dekat dengan kawasan pemukiman, Anda bisa menjadikan jasa ini sebagai suatu peluang yang menjanjikan dengan tingkat keuntungan yang besar.

5. Bisnis Angkringan

Saat ini, warung kopi atau angkringan sudah menjadi salah satu tempat berkumpul yang terkenal. Untuk itu, bisnis ini sangat menjanjikan untuk bisa Anda coba.

Anda bisa mulai dengan menggunakan area kosong yang ada di sekitar rumah Anda ataupun menyewa tempat yang harganya cukup terjangkau untuk Anda. Namun dalam memilih tempat, Anda harus bisa memastikan bahwa tempat yang Anda pilih cukup strategis dan luas dalam menempatkan tempat duduk, meja dan berbagai kebutuhan lainnya.

Selain tempat yang strategis, Anda juga harus memperhatikan kualitas serta rasa makanan yang Anda tawarkan kepada konsumen, karena setiap konsumen pasti akan memilih tempat dengan cita rasa makanan yang lezat.

Anda juga bisa menarik banyak pelanggan dengan memberikan fasilitas wifi ataupun charger. Adanya tempat yang nyaman dan juga fasilitas yang cukup akan membuat setiap pelanggan merasa betah.

6. Bisnis Jasa Titip

Salah satu bisnis terkenal yang bisa Anda coba selanjutnya adalah bisnis jasa titip. Dalam hal ini, Anda tidak harus mengeluarkan banyak modal karena biaya yang harus Anda keluarkan pada bisnis ini sangat terjangkau.

Metode dalam menjalankan bisnis ini adalah Anda hanya perlu membelikan pesanan yang dititipkan oleh pelanggan Anda. Anda bisa meningkatkan sedikit harga untuk barang yang pelanggan Anda titipkan sebagai biaya jasa titip.

Walaupun memang terdengar sangat sederhana, namun bisnis ini memiliki banyak peminat. Karena, tidak semua orang mempunyai waktu yang cukup untuk berbelanja karena kesibukannya masing-masing.

Terdapat banyak sekali jenis jasa titip yang bisa Anda coba, mulai dari barang dari luar negeri, sampai barang yang hanya terdapat di dalam satu mall kota besar dan tidak ada di kota yang lainnya.

7. Bisnis Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Kebutuhan akan sektor pendidikan dan pengetahuan seperti belajar adalah suatu hal yang tidak akan pernah surut dalam kondisi apapun. Kenapa? karena sebagian orang akan menganggap dirinya memerlukan lebih banyak pengetahuan dalam hidupnya.

Nah, Anda bisa mencoba membuka bisnis jasa pendidikan serta pelatihan seperti mengajar les bimbingan belajar, atau les private dalam bidang yang Anda kuasai saja.

Baca juga: Tips Mengatasi Penurunan Penjualan Tanpa Menurunkan Harga

Penutup

Demikianlah tujuh sektor bisnis yang bagus untuk Anda coba bila ingin terjun langsung ke dalam bisnis. Pada intinya, Anda hanya harus mempunyai tingkat kepercayaan diri dan juga konsistensi yang cukup dalam menjalankan bisnis.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pelayanan yang tepat dan cepat pada para pelanggan dengan berbagai metode apapun agar Anda bisa terlihat lebih profesional. Nah, dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi kasir atau sistem POS (point of sales) dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka seluruh kegiatan transaksi di konter kasir bisa dilakukan secara otomatis, cepat, dan aman. Sehingga, akan memberikan rasa puas kepada para konsumen.

Dengan dukungan penuh dan integrasi dari ekosistem Accurate Online, Accurate POS mampu meningkatkan penjualan Anda, membantu Anda dalam mengelola konsumen, melakukan manajemen karyawan dengan baik, serta menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang siap pakai.

Anda bisa mencoba Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.