Semangat Merdeka dalam Mengelola Bisnis untuk Meredam Kerugian

Di zaman yang sudah serba modern seperti saat ini, hampir kebanyakan orang di kota besar ataupun kota kecil sudah bisa menggunakan internet agar bisa tetap terhubung dengan orang lain, ada kebutuhan khusus untuk para pebisnis, yakni agar bisnisnya bisa dijangkau dimana saja dan kapan saja tanpa harus direpotkan dengan berbagai berkas laporan yang terpisah.

Dalam suatu bisnis, baik itu bisnis besar ataupun bisnis kecil, umumnya seorang owner harus bisa mengecek banyak hal agar setiap sesuatunya bisa berjalan dengan baik. Hal ini tentunya harus dilakukan secara lebih efisien dan tidak memakan banyak waktu. Terlebih lagi, saat ini waktu terasa semakin sebentar saat kita menggunakan teknologi yang canggih.

Nah, lantas bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan kekhawatiran agar kerugian bisnis bisa diminimalisir? Berikut ini kami berikan tipsnya.

1. Anda Harus Menggunakan Satu Aplikasi Yang Multifungsi

Sebenarnya, hal apa yang diperlukan oleh pebisnis agar usahanya bisa tetap diawasi meskipun sedang berada di tempat lain yang jauh? Bagaimana cara setiap pebisnis dalam menentukan keputusan yang harus diambil bila sewaktu-waktu terjadi masalah pada bisnisnya? Nah, jawabannya adalah dengan menggunakan satu aplikasi multifungsi yang mampu membantu pebisnis tersebut dalam mengelola usahanya.

Tingginya tingkat mobilitas di zaman yang digital saat ini sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis agar mereka bisa menjangkau dan juga memantau roda bisnisnya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Sementara pebisnis tersebut mengembangkan bisnisnya, kegiatan transaksi dari tempat usahanya bisa dipantau dengan mudah, bahkan bisa dengan menggunakan smartphone.

Setiap pebisnis pun bisa memantau kas kasir tanpa harus bertanya pada pegawai yang sedang bertugas pada hari itu. Mereka hanya perlu memeriksanya dengan mudah pada device tanpa rasa khawatir.

Setiap pebisnis juga bisa mengetahui produk apa saja yang paling diminati oleh pelanggan dan konsumen dari kas kasir. Hal ini nantinya akan menjadi pertimbangan penting dalam mengambil setiap keputusan terkait produk yang ada. 

Baca juga: 4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Memantau Bisnis Secara Langsung

2. Memantau Karyawan Hanya dari Platform Khusus

Seorang pebisnis tentu memiliki karyawan, berapapun jumlah karyawan yang dimilikinya. Pemantauan jumlah kehadiran mereka di setiap harinya bisa dijadikan sebagai penilaian, apakah mereka bisa datang tepat waktu atau terlambat.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghitung total hari kerja karyawan, termasuk bonus dan komisi mereka? Saat ini, mesin absensi yang harus dicek di kantor tidak lagi efisien, karena hanya dengan mengecek dari satu aplikasi khusus, setiap pebisnis bisa mengetahui absensi dan nilai komisi setiap karyawan secara real time.

3 Perlindungan Terhadap Inventaris Bisnis

Semakin maju suatu bisnis, maka tentunya inventaris bisnis tersebut akan semakin bertambah. Daftar supplier pun tidak lagi hanya dua ataupun tiga saja.

Tapi, apakah setiap pebisnis sudah mengetahui berapa banyak stok bahan bakunya di gudang? Sudahkan permintaan mutasi stok dari cabang A ke cabang B yang berada pada daerah C bisa dipenuhi dengan tepat?

Idealnya, seorang pebisnis sudah tidak perlu lagi memusingkan berbagai hal tersebut, karena mereka seharusnya sudah mempercayakan setiap alurnya pada karyawan gudang. Namun, seorang pebisnis tetap mempunyai otoritas penuh terhadap kendali stok di gudang, termasuk alur masuk dan keluar suatu produk.

Baca juga: Merdekakan Dirimu Dari Pola Pikir Pebisnis yang Kuno

4. Terbebas dari Masalah Berkat Satu Aplikasi Bisnis

Setiap pebisnis harus bisa tenang dalam menjalani setiap kehidupannya dengan cara memantau penjualan dan pembelian di rumah. Terlebih lagi ketika masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang mengurangi kegiatannya di luar ruangan.

Setiap pebisnis hanya memerlukan satu aplikasi yang mampu memudahkan mereka dalam mengendalikan keuangan, memantau absensi karyawan, dan memberikan pesan pada seluruh cabang gudang dalam sekali kirim. Nah, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Software Accurate POS Beta.

Dengan menggunakan Accurate POS Beta, setiap transaksi Anda akan terupdate dalam hitungan detik. Anda juga bisa melihat laporan keuangan Anda secara real time dan mengelola seluruh outlet bisnis Anda sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Lalu, Bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan Accurate POS Beta? Ceritakan pengalaman Anda pada pesan email yang sudah kami kirimkan, jangan lupa juga untuk memberikan kritik dan saran agar kami bisa menyediakan software POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.