UMKM Naik Kelas Dengan Perangkat Digital yang Canggih

Dewasa ini, hampir seluruh bisnis sudah bergantung pada platform digital. Saat ini, hampir seluruh kebutuhan bisnis sudah tersedia pada aplikasi digital, mulai dari komunikasi dengan konsumen, kolaborasi dengan setiap tim, hingga proteksi setiap aset perusahaan.

Oleh karena itu, jangan heran jika usaha kecil ataupun usaha besar yang di dalamnya tidak menerapkan sistem digital akan cenderung lebih tertinggal, khususnya di tengah-tengah pandemi seperti saat ini. Agar bisa tetap bertahan, maka para pebisnis harus bisa menerapkan perangkat digital di dalam bisnisnya.

Beberapa Perangkat Digital yang Harus Dimiliki oleh Perusahaan Kecil

Jadi, saat ini Anda sudah mengetahui betapa pentingnya platform digital untuk bisnis. Kondisi kerja dan ekspektasi konsumen yang setiap hari tidak menentu harus bisa direspon secara tepat oleh bisnis. Lantas, apa saja perangkat digital yang harus dimiliki oleh suatu bisnis, khususnya untuk usaha kecil?

1. Perangkat Kolaborasi Digital

Perubahan pada ekosistem digital akan selalu lekat dengan kolaborasi berbasis perangkat komputasi awan atau cloud. Bahkan setelah pandemi ini berakhir, diperkirakan kegiatan kerja juga akan tetap banyak dilakukan di rumah, sehingga perangkat kolaborasi digital pun akan semakin penting.

Salah satu perangkat yang bisa Anda manfaatkan dalam hal ini adalah Google dengan layanan Gmail, Docs, Drive, sampai dengan Calendar nya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dengan melalui  perangkat tersebut, semua orang sudah mampu mengakses dan memberikan informasi dengan rekannya atau tim lainnya, sehingga akan tercipta kolaborasi.

Harus selalu di garis bawahi bahwa perangkat kolaborasi yang digunakan tidak melulu harus eksklusif. Anda masih bisa menggunakan email sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan Anda ataupun sebagai sarana pemasaran digital saja.

Baca juga: 5 Kesalahan Manajemen Stok Bisnis yang Harus Anda Hindari

2. Perangkat Komunikasi

Komunikasi akan selalu menjadi pilihan yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Berhasil ataupun tidaknya komunikasi akan berdampak besar pada produktivitas dan juga keberhasilan dalam kegiatan bisnis harian.

Untuk bisa memastikan hal tersebut, maka seluruh tim yang terlibat di dalamnya harus bisa menerima informasi dengan baik, Anda bisa menggunakan platform komunikasi digital. Beberapa yang bisa Anda coba gunakan adalah Slack dan Microsoft Team.

Tapi, sampai saat ini juga banyak pihak yang mendedikasikan WhatsApp grup untuk bisa mendiskusikan pekerjaannya. Hal tersebut mungkin karena adanya kecepatan komunikasi dan juga efisiensi di dalamnya. Walaupun begitu, Anda tetap  harus mempertimbangkan sisi keamanan informasi yang ada di dalamnya.

3. Manajemen Rekrutmen

Bila bisnis Anda sudah semakin berkembang, maka Anda juga harus melakukan pertimbangan terkait perangkat dalam mengelola rekrutmen. Bukan rahasia lagi bila rekrutmen mampu memberikan pengaruh jangka panjang pada budaya bisnis, performa, dan juga keuntungan bisnis.

Dengan perangkat digital untuk mengelola rekrutmen tersebut, maka Anda bisa membagikan seluruh data riwayat hidup para kandidat dengan tim terkait. Umumnya, disana Anda bisa menuliskan komentar, feedback, dan juga menentukan proses lebih lanjut.

Baca juga: Ternyata, Aplikasi Kasir pun mampu Memberikan Keuntungan untuk Klinik Kecantikan, lho!

4. Sistem POS

Selain berbagai perangkat kolaborasi dan juga komunikasi di atas, Anda juga memerlukan aplikasi kasir online yang sudah di dalamnya sudah memiliki fitur akuntansi dan juga CRM. Jika Anda sudah memilihnya dengan tepat, maka setiap kegiatan bisnis Anda hampir bisa dipastikan akan berjalan dengan lancar.

Saat ini, umumnya aplikasi kasir sudah dilengkapi dengan fitur akuntansi, sehingga Anda bisa menarik data laporan keuangan dan juga menganalisanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Di dalamnya juga ada fitur CRM yang akan membuat Nada lebih leluasa dalam mengelola relasi dengan para konsumen. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan program loyalti sampai dengan mengelola member

Salah satu aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan adalah Accurate POS Beta dari Accurate. Walaupun saat ini Accurate POS masih dalam tahap beta, namun seluruh fitur dan juga keunggulan bisnis di dalamnya bisa dikatakan sama dan bahkan mampu mengungguli aplikasi kasir lain yang sudah lebih dulu rilis.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama ini menggunakan Accurate POS Beta? Berikan feedback, kritik, dan saran Anda pada email yang sebelumnya sudah kami kirim, yah!