Apa itu Administrasi? Ini Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya!

Sebagian dari pasti sudah sangat akrab dengan istilah administrasi. Istilah ini digunakan dalam beragam bidang karena berkaitan dengan unsur lain, seperti kepemimpinan dan juga manajemen. Administrasi adalah suatu hal yang sifatnya krusial dalam upaya mencapai tujuan.

Di dalam administrasi juga akan selalu melekat dengan pengelolaan arsip yang dilakukan dengan menggunakan sistem manajemen dokumen.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari bersama-sama kita bahas tentang administrasi.

Apa itu Administrasi?

Atmosudirdjo dalam bukunya yang berjudul Understanding Islamic Finance (A-Z Keuangan Syariah) (2007) menjelaskan bahwa administrasi adalah tata usaha yang mencakup kegiatan mengetik, tulis-menulis, mencatat, kearsipan, korespondensi, dan lain sebagainya.

Sedangkan seorang ahli manajemen bernama Theo Haiman menjelaskan bahwa administrasi adalah perumusan kebijakan, identifikasi tujuan umum, menetapkan tujuan utama, dan perancangan program dan proyek secara luas.

Di sisi lain, William Newman menyatakan bahwa administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan dan juga pengendalian upaya kelompok dalam mencapai tujuan bersama.

Berdasarkan penjelasan para ahli tersebut, bisa kita simpulkan bahwa administrasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang mencakup pengarsipan, membuat kebijakan, dan merancang program serta proyek, dengan menggunakan sistem pembagian kerja demi mencapai target dan juga tujuan tertentu.

Baca juga: Ingin Berbisnis Kerajinan Tekstil? Ketahui Hal ini Dahulu!

Fungsi Administrasi

1. Perencanaan

Dalam memulai pekerjaan, tentu Anda harus terlebih dulu membuat rencana. Berbagai hal yang harus Anda tentukan antara lain adalah siapa, di mana, kapan, dan cara dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Dalam perencanaan ini, Anda harus bisa menetapkan tujuan dan urutan pencapaiannya secara logis. Rencana ini sangat berguna agar bisa memetakan jalan dari tempat perusahaan Anda ke tempat yang ingin Anda dapatkan di masa yang akan datang.

2. Pengorganisasian

Fungsi yang satu ini mencakup pembagian tugas, pengelompokkan tanggung jawab dalam beberapa divisi dan menentukan hubungan yang berkaitan, serta perekrutan tenaga kerja untuk memenuhi posisi tertentu. Tentu hal ini dilakukan agar upaya yang berkoordinasi antar seluruh unsur perusahaan bisa terpenuhi.

Dalam hal ini, Anda juga harus memerhatikan rentang kendali dan juga pemberian tanggung jawab dan juga wewenang.

3. Pengaturan Sumber Daya

Agar rencana bisa berjalan dengan baik, maka sumber daya harus selalu memadai. Di dalamnya termasuk modal, tenaga kerja, fasilitas, dan berbagai hal lainnya.

4. Pengarahan

Tenaga kerja harus bisa memperoleh bimbingan dalam mencapai tujuan bersama. Anda harus bisa mengalokasikan sumber daya secara tepat serta memberikan dukungan seefektif mungkin.

Pengarahan ini memerlukan keterampilan interpersonal yang baik dan juga kemampuan dalam memotivasi seseorang. Salah satu hal penting dalam melakukan pengarahan adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara kebutuhan staf dan juga kebutuhan produksi.

5. Pengendalian Kerja

Pengendalian kerja adalah evaluasi kualitas dalam seluruh bidang ataupun mendeteksi adanya penyimpangan dalam perencanaan. Tujuannya adalah memastikan performa kerja memiliki kualitas yang tinggi agar bisa memberikan hasil yang memuaskan dan menjaga lingkungan agar tetap teratur dan meminimalisir masalah.

6. Penganggaran

Dalam bukunya yang berjudul Akuntansi Biaya (Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan) tahun 2002, Supriono menjelaskan bahwa penganggaran adalah perencanaan yang akan menggambarkan secara kuantitatif dalam bentuk keuangan dan ukuran kuantitatif yang lainnya. Penganggaran ini mencakup implementasi sampai dengan pengendalian.

Baca juga: Apa Saja Peran Produsen Untuk Bisnis dan Ekonomi Negara?

Jenis-jenis Administrasi

Terdapat banyak sekali jenis administrasi, namun secara umum terbagi menjadi dua jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis dari administrasi tersebut.

1. Administrasi Negara

Dimock 1992 menjelaskan bahwa administrasi negara adalah bagian dari administrasi umum yang memiliki cakupan lebih luas, yakni pengetahuan yang mempelajari bagaimana berbagai lembaga, mulai dari salah satu keluarga, sampai Perserikatan Bangsa-Bangsa dibuat, digerakan, dan juga diatur.

Itu artinya, ilmu ini mempelajari berbagai hal yang dikehendaki rakyat melalui pemerintahan dan bagaimana cara mereka dalam memperolehnya. Kegiatannya mencakup berbagai hal yang berhubungan dengan publik.

2. Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis adalah suatu proses pengelolaan perusahaan atau organisasi agar bisa menjaga kestabilan dan juga perkembangan perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Jenis administrasi ini akan lebih mengutamakan efisiensi ekonomi daripada prosedur yang berlaku. Manfaatnya hanya untuk mencapai kepentingan individu atau kelompok tertentu.

Baca juga: Apa Saja Peran Produsen Untuk Bisnis dan Ekonomi Negara?

Penutup

Administrasi dilakukan mulai dari kegiatan pengaturan sampai dengan mengurus berbagai hal agar bisa mencapai tujuan. Salah satu jenisnya adalah administrasi negara yang berhubungan langsung dengan kegiatan publik.

Dalam proses pengelolaannya, administrasi negara ini memerlukan banyak sekali arsip agar bisa melakukan perencanaan sampai dengan penyelenggaraan sehari-hari.

Kegiatan administrasi pun sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis agar kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Namun, hal lainnya yang tidak boleh Anda lupakan sebagai pebisnis adalah mengelola keuangan dengan baik. Salah satu cara terbaik dan efisien dalam mengelola keuangan adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini akan mencatat seluruh jenis transaksi dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan serta membuat keputusan bisnis yang baik.

Selain itu, di dalamnya pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dan juga mengembangkan bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya secara gratis selama 30 hari.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.