Ingin Berbisnis Kerajinan Tekstil? Ketahui Hal ini Dahulu!

Pada dasarnya, kerajinan tekstil merupakan suatu bentuk kerajinan yang dibuat dari bahan benang, serat dan kain. Jenis kerajinan ini bukanlah suatu kerajinan yang mana berbagai bahannya bisa diperoleh secara instan, melainkan harus melewati berbagai tahapan hingga akhirnya bisa menjadi hasil kerajinan tekstil.

Beberapa contoh kerajinan tekstil adalah seperti kerajinan sulam, kerajinan batik, kerajinan jahit tindas, kerajinan jahit perca, tenun, tapestri, cetak saring, dan juga makrame.

Berbagai kerajinan tersebut bisa Anda peroleh melalui penyuplai bahan mentah, seperti berbagai jenis serat, baik itu serat alami ataupun serat buatan.

Namun, kegiatan suplai bahan mentah tersebut harus bisa dilakukan dengan manajemen rantai pasok yang baik. Karena, dengan adanya manajemen yang baik, maka pengolahan kerajinan tekstil akan lebih efektif dan efisien.

Dalam kegiatan industri tekstil, umumnya berbagai serat yang digunakan bisa diolah lagi menjadi benang yang selanjutnya akan dibentuk menjadi kain. Selanjutnya, kain tersebut akan didistribusikan pada beberapa perusahaan hingga pada akhirnya bisa menjadi pakaian dengan beragam model dan juga bentuk. Sehingga, akan bisa menarik konsumen akhir untuk membelinya.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjadi seorang pebisnis kerajinan tekstil, maka Anda harus mengetahui hal tersebut dengan baik. Selain itu, beberapa penjelasan di bawah ini juga akan lebih memperkaya pengetahuan Anda terkait kerajinan tekstil.

Sejarah Tekstil

Berdasarkan hasil penelitian para ahli, tekstil sebenarnya sudah hadir sejak zaman Batu Baru, yakni di tahun 2000 hingga 8000 Sebelum Masehi. Bukti sejarah tersebut adalah ditemukannya alat tenun, seperti gelendong benang atau alat tenun batu. Penemuan tersebut membuktikan adanya pemintalan di zaman tersebut.

Lalu, penyebaran tekstil terjadi dari timur hingga ke barat, dimulai pada tahun 300 Sebelum Masehi. Ketika bala tentara Iskandar Agung berhasil membawa pulang berbagai benda katun dari wilayah Pakistan ke Eropa. Lalu, Mereka mulai mengembangkan perdagangan kain secara massal.

Baca juga: Apa Saja Peran Produsen Untuk Bisnis dan Ekonomi Negara?

Pengertian Tekstil

Tekstil bisa kita artikan sebagai pembuatan penenunan. Secara umum, tekstil adalah suatu benda atau barang yang mana bahan bakunya berasal dari serat yang melalui berbagai pemrosesan hingga akhirnya menjadi benang. Selain itu, tekstil juga adalah suatu jalinan antara pakan dan lungsing atau suatu anyaman yang saling mengikat, tenunan, dan rajutan.

Pengertian lainnya dari tekstil adalah suatu material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang. Tekstil dibuat dengan cara penjahitan, pengikatan, penyulaman dan pressing.

Dalam pemakaian sehari-hari, kata tekstil seringkali disamakan dengan kain. Tapi, terdapat sedikit perbedaan antar keduanya, tekstil bisa digunakan untuk menyebut berbagai bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain adalah hasil jadinya yang sudah bisa digunakan oleh konsumen.

Baca juga: Apa Perbedaan Organisasi Profit dan Nonprofit?

Pengertian Tekstil Menurut Para Ahli

Kerajinan tekstil adalah suatu jenis kerajinan tangan yang bisa menghasilkan kain ataupun penenunan. Kerajinan ini menjadi salah satu karya seni atau kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan tekstil, yakni serat tekstil.

Menurut Sunarto (2008:6), serat tekstil merupakan suatu benda yang mempunyai perbandingan antara diameter dan panjang yang sangat besar. Serat bisa digunakan sebagai serat tekstil yang harus memenuhi persyaratan, seperti fleksibel, panjang dan memiliki kekuatan.

Serat tekstil juga merupakan bahan dasar pembuatan benang dengan cara dipintal, benang yang sudah jadi selanjutnya bisa ditenun menjadi kain dengan cara dianyam menggunakan benang lusi dan pakan.

Benang lusi adalah benang yang berada ke arah sepanjang kain, sedangkan benang pakan adalah benang yang berada ke arah lebar kain.

Baca juga: Apa itu Toko Offline? Apa Bedanya dengan Toko Online? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Lalu, Apa itu Kerajinan Tekstil?

Sama seperti namanya, kerajinan tekstil adalah kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan tekstil. Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, tekstil adalah bahan tenun, seperti kain putih atau cita.

Kerajinan tekstil Indonesia sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Salah satu kerajinan tekstil Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara adalah batik.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Lisensi Bisnis? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Jenis-jenis Tekstil

Tekstil bisa kita kelompokkan berdasarkan jenis-jenisnya, yaitu:

  1. Berdasarkan jenis produk dan bentuknya, beberapa contoh kerajinan tekstil adalah serat filamen, serat stapel, dan juga benang kain produk jadi.
  2. Berdasarkan jenis bahannya, contoh kerajinan tekstil adalah serat sintetis, serat alami, dan serat campuran.
  3. Berdasarkan jenis warna dan motifnya, beberapa contohnya adalah berwarna, bermotif, bergambar, atau putih polos.
  4. Berdasarkan jenis konstruksi dari tekstil, seperti rajut, tenun, kempa, renda, benang tunggal, dan benang gintir.

Baca juga: Apa Itu Force Majeure? Ini Penerapannya dalam Dunia Bisnis!

Jenis Bahan Pewarna Tekstil

Terdapat dua jenis bahan pewarna tekstil yang terkenal. Pertama, zat pewarna alami yang merupakan bahan alami yang bisa dibuat sendiri dan berasal dari alam, seperti kayu secang, kulit soga, kunyit, mengkudu, nila, dan daun jati.

Kedua, terdapat zat pewarna sintetis yang merupakan bahan pewarna buatan dan biasanya dibuat oleh pabrik produksi dari bahan dasar kimia, sehingga warnanya terlihat lebih terang, seperti Benzena, Naftol, Rhodamin A, Naftalena, dan Rhodamin B.

Baca juga: Mengenal Sistem Perusahaan Offshore yang Ada dalam Pandora Papers

Penutup

Di dalam industri kerajinan tekstil umumnya berbagai serat yang dibutuhkan telah melewati proses pengolahan, hingga pada akhirnya menjadi benang. Selanjutnya, benang tersebut pun mencapai bentuk akhir, yakni kain.

Lalu, kain tersebut nantinya akan disalurkan pada beberapa perusahaan hingga pada akhirnya menjadi pakaian dengan berbagai bentuk dan mode. Produk tersebut sudah siap dijual kepada konsumen akhir.

Namun dari berbagai kegiatan yang kompleks tersebut, tentunya untuk menjalankan bisnis kerajinan tekstil diperlukan suatu solusi yang mampu menyederhanakan proses tersebut. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi POS atau aplikasi kasir digital yang sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi Accurate online

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mampu mengotomatisasikan proses manufaktur, sehingga bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang sangat membantu Anda dalam membuat keputusan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.