Bisnis Agency Adalah: Pengertian, Struktur Organisasi dan Jenis Agency di Indonesia

Setelah Korporasi dan Startup, ada istilah perusahaan lain yang menjadi tempat kerja para Milenial dan Gen-Z yaitu Agency. Agency adalah tempat bekerja yang menawarkan budaya kerja yang lebih kreatif dengan jam kerja yang fleksibel.

Agency yang biasanya dikenal banyak orang adalah suatu perusahaan yang menangani periklanan suatu bisnis atau disebut advertising agency. Padahal, jenis-jenis agency itu masih banyak lagi.

Agency adalah suatu ide bisnis yang banyak dikembangkan, seiring dengan kemajuan teknologi serta era globalisasi. Bisnis agency adalah bisnis yang menguntungkan dengan tingkat kreativitas yang tinggi untuk bidang jasa.

Lalu apa itu agency dan bagaimana cara untuk mendirikan sebuah agency? Mari kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Agency Adalah

Agency adalah perusahaan yang memiliki konsep yang spesifik. Bisa juga diartikan sebagai suatu bisnis atau organisasi tertentu yang menyediakan suatu layanan jasa khusus.

Agency akan menjadi perantara antara pihak satu dengan yang lainnya. Pihak-pihak ini umumnya merupakan suatu perusahaan atau orang secara individu yang memerlukan jasa agency dalam menyelesaikan suatu proyek kerja.

Agency-agency yang ada di Indonesia biasanya menawarkan jasa di bidang advertising, marketing, dan branding untuk para kliennya. Suatu agency juga bekerja sesuai dengan brief dari para kliennya.

Tidak heran, kalau orang-orang yang bekerja pada suatu agency adalah orang-orang yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, serta mampu menghadapi berbagai macam klien.

Baca juga: Startup: Pengertian dan Perkembangannya di Indonesia

Keunggulan Menjalankan Bisnis Agency

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa Agency adalah suatu bisnis yang dikelola oleh sekelompok orang, dengan keahlian tertentu dan menawarkan sebuah jasa.

Dari beberapa jenis agency yang ada, Digital agency adalah salah satu jenis agency yang terbukti paling diperlukan saat ini. Mewakili jenis-jenis agency yang lainnya, keunggulan dari bisnis agency adalah sebagai berikut:

  • Usaha yang Mudah Dirintis

Bisnis agency adalah usaha yang cukup mudah dirintis, tetapi harus memiliki persiapan yang matang. Memulai bisnis agency bisa dengan mempersiapkan tim dengan skill khusus di beberapa bidang, seperti marketing, media dan desain grafis. Usaha Agency akan mudah berjalan, selama memiliki orang-orang dengan skill yang dibutuhkan di bidang tersebut.

  • Menambah Nilai Digital di Suatu Perusahaan

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin modern, mau tidak mau, setiap perusahaan harus berubah dan mengikuti zaman digital. Bagi perusahaan, menjadi sangat penting jika nilai digital pada suatu perusahaan sangat baik.

  • Memiliki Skala Usaha yang Flexible

Agency adalah perusahaan kecil yang biasanya menangani klien mulai dari yang skala usaha kecil hingga menengah. Setelah memiliki banyak pengalaman, agency bisa juga bekerja sama dengan perusahaan besar.

  • Bisnis yang Membantu Usaha Lain

Meskipun agency adalah suatu bisnis di bidang jasa, namun tugas agency adalah membantu perkembangan banyak usaha-usaha lainnya.

Hal ini terkait dengan tugas agency yang utama, yaitu menyiapkan berbagai usaha, korporasi hingga multinasional untuk menghadapi era digital.

Struktur Organisasi Agency

Sama seperti hal-nya perusahaan-perusahan besar, Agency umumnya juga memiliki struktur organisasi yang terdiri dari Direktur, Media Department, Creative Departemen, media depart, dan juga fungsi atau Adm.

Jenis-Jenis Agency di Indonesia

Seiring dengan kemajuan teknologi dan era globalisasi, perusahaan-perusahaan dan sektor bisnis di Indonesia dituntut untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dari situlah beberapa contoh perusahaan Agency mulai dibutuhkan dan mereka mendapatkan keuntungan dari karya-karya proyek yang mereka berhasil kerjakan.

Di Indonesia sendiri, contoh perusahaan Agency yang banyak dijumpai ternyata bukan hanya di bidang advertising dan entertainment saja. Berikut ini jenis-jenis Agency yang ada dan sering ditemui di Indonesia:

1. Digital Agency

Jenis yang pertama adalah Agency Digital yang umumnya menyediakan jasa untuk pembuatan web design, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), brand development, campaign iklan dan lain sebagainya.

Agency digital memang menggabungkan semua kegiatan marketing secara spesifik di dunia digital, dengan sentuhan kreatif yang modern. Klien-klien untuk jasa digital agency ini adalah perusahaan-perusahaan besar, baik pemerintah maupun swasta.

2. Agency Marketing

Agency marketing berbeda dengan digital agency, karena pekerjaan agency ini harus lebih spesifik. Fokus dari perusahaan agency adalah untuk memberikan jasa konsultasi serta membantu pengembangan strategi marketing.

Tugas agency marketing adalah memahami product development, market research serta program-program marketing untuk membantu bisnis para kliennya.

3. Advertising Agency

Selanjutnya ada agency advertising atau periklanan yang jumlah perusahaan agency-nya cukup banyak di Indonesia. Tugas agency ini adalah berfokus pada layanan periklanan serta marketing. Iklan-iklan digital yang sering kita lihat saat ini, merupakan hasil karya perusahaan agency.

4. Entertainment Agency

Apakah Anda pernah menjadi bagian dari agency model? Nah, itu merupakan bagian dari entertainment agency. Fokus perusahaan agency ini adalah membantu bisnis di dunia hiburan. Tugas agency ini biasanya akan mencarikan penari, model, musisi yang dibutuhkan di dunia hiburan. Orang-orang dengan bakat yang unik, tentu akan sangat dicari oleh agency ini.

5. Public Relation Agency

Agency selanjutnya datang dari industri PR (public relation). Tugas dari agency PR ini berfokus untuk klien-klien yang menginginkan brand image yang baik di mata masyarakat. Beberapa klien seperti acara talk show, press release dan beberapa acara di media televisi akan membutuhkan jasa agency ini.

6. Agency Branding

Agency branding merupakan sebuah perusahaan agency dengan tugas untuk membentuk brand itu sendiri. Suatu bisnis atau perusahaan harus memiliki identitas branding yang bagus untuk disampaikan kepada para calon pelanggannya. Tugas agency ini juga untuk mengurus logo, moto brand, proses produksi hingga pasca produksi.

7. Creative Agency

Unyuk Anda yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, sepertinya Anda bisa bergabung menjadi bagian dari agency kreatif ini. Pasalnya, tugas agency ini adalah mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan kreativitas dalam bisnis.

Beberapa hal seperti produksi konten kreatif dan image brand yang unik akan menjadi fokus utama sebuah creative agency. Orang-orang yang bekerja di contoh perusahaan agency ini adalah mereka yang memahami art director, videographer, desainer grafis dan lain sebagainya.

Baca juga: Adaptasi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Strateginya

Kesimpulan

Agency adalah suatu bisnis yang dikelola oleh sekelompok orang, dengan berbagai skill di bidang marketing dan digital, dengan tujuan membantu semua sektor, agar siap menghadapi era digital yang serba online seperti saat ini.

Sama hal nya seperti sebuah perusahaan, agency juga memiliki struktur organisasi dengan tanggung jawab masing-masing di dalamnya. Salah satunya adalah bagian accounting.

Bagian tersebut tentunya memiliki tanggung jawab untuk membuat data pembukuan, membuat jurnal dan laporan keuangan. Agar memperoleh laporan keuangan yang cepat, tepat dan akurat, tentu saja Accounting staff memerlukan sebuah software akuntansi bisnis yang bisa mewujudkan itu, seperti software dari Accurate Online.

Accurate online merupakan suatu platform untuk memudahkan para pekerja dan pengelola bisnis dalam membuat laporan keuangan. Dengan pengalaman telah membantu lebih dari 300.000 pengusaha dalam membuat laporan dan data keuangan dengan baik dan benar.

ssAccurate online juga dilengkapi berbagai fitur, sehingga lebih memudahkan penggunanya. Tunggu apa lagi, segera manfaatkan Gratis untuk 30 hari. Yuk tunggu apa lagi!accurate 3 banner bawah

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.