Apa itu Analisis Komparatif? Ini Manfaatnya Untuk Bisnis!

Saat sebuah perusahaan ingin melakukan kampanye marketing atau ingin memperluas bisnis, analisis komparatif mampu memberikan informasi yang mampu memberikan dampak pada keputusan bisnis.

Untuk bisa membuat keputusan yang menguntungkan bisnis dan pelanggan, analisis ini akan mengumpulkan beragam kumpulan data agar bisa membuat perbandingan menjadi beberapa pilihan. Bila saat ini Anda saat ini ingin memastikan bahwa Anda mempunyai proses pengambilan keputusan secara efektif, maka Anda harus mempelajari analisis komparatif.

Nah, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang analisis komparatif.

Apa itu Analisis Komparatif?

Dilansir dari laman Indeed, analisis komparatif adalah suatu proses membandingkan satu item dengan item lainnya dan membedakan persamaan serta perbedaannya. Saat suatu bisnis ingin menganalisa masalah, ide, teori atau pertanyaan, analisis ini akan membantu Anda untuk bisa memahami masalah secara lebih mudah dan membuat strategi untuk menanggapinya.

Analisis ini juga dilakukan untuk bisa mengalisa berbagai perbedaan yang secara jelas serta perbedaan dan kesamaan suatu item.

Contohnya seperti pada bisnis perawatan kesehatan, analisis ini mampu membandingkan dan membedakan dua jenis obat yang berbeda. Bisnis lainnya pun bisa melakukan perbandingan komparatif agar bisa memeriksa dua proses produksi yang berbeda agar bisa menentukan yang mana yang lebih efektif.

Selain itu, analisis komparatif pun bisa digunakan untuk menentukan hal di bawah ini:

  • Membuat strategi kompetitor secara langsung dan tidak langsung
  • Mengetahui kondisi keuangan bisnis, termasuk investasi dan selisih keuntungannya
  • Strategi akuntansi, seperti anggaran bisnis
  • Bagaimana suatu tren mampu memberikan pengaruh pada audiens
  • Mengetahui peluang yang terjadi dalam dunia pemasaran, teknologi atau hal lainnya.

Baca juga: Apa itu Statistik Bisnis? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya!

Mengapa Analisis Komparatif Penting?

Melakukan analisis komparatif sangat penting agar bisa memperoleh informasi terkait suatu masalah atau menjawab pertanyaan yang relevan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa analisis komparatif itu sangat penting.

1. Menyediakan Kerangka Acuan untuk Data

Analisis komparatif akan menjelaskan secara detail tentang data atau proses dan membandingkannya serta menjelaskan bagaimana hal tersebut saling berkaitan. Hal tersebut juga akan memberikan konteks untuk dianalisa, sehingga perbedaan dan persamaan dalam hubungan antar setiap kumpulan data akan menjadi jelas.

Contohnya produsen mobil bisa membandingkan fitur kedalaman dari dua model atau lebih untuk bisa menentukan dampaknya terhadap penjualan atau fitur mana yang memang harus diperbarui.

Jenis analisis ini mampu memberikan data yang mendalam terkait fitur dan menyediakan data historis guna membuat perbandingan terkait kinerja di setiap fitur.

2. Mempersempit Fokus

Analisis yang efektif akan membantu perusahaan dalam mengembangkan alasan yang bersifat substansial dan penting agar bisa melakukan perbandingan. Data yang dikumpulkan oleh perusahaan ini diperlukan untuk melakukan penelitian yang komparatif dan mendukung klaim ataupun argumen secara tidak acak namun menjadi bukti yang bisa diteliti secara menyeluruh.

Alasan dilakukannya analisis ini adalah agar bisa menyajikan argumen yang bertentangan dan bisa memeriksa setiap pihak atau juga untuk membuktikan atau untuk menyangkal suatu argumen.

Contohnya, suatu produsen mobil ingin membuktikan bahwa fitur keselamatan di dalam mobil mampu meningkatkan penjualan mobil. Nah, analisis komparatif akan menyediakan dan mengkonfirmasi data yang fokus pada bagaimana airbag pada sisi samping lebih terkenal daripada kontrol traksi.

Melalui data tersebut maka produsen bisa lebih fokus pada meningkatkan dan mempromosikan fitur yang diinginkan pelanggan ketika membeli mobil baru.

Baca juga: Apa itu Rencana Strategi? Ini Pengertian dan Konsep yang Ada di Dalamnya!

Cara Melakukan Analisis Komparatif

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan analisis komparatif, yakni komparatif internal dan komparatif eksternal. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Perbandingan Internal

Perbandingan internal akan melibatkan dua unit bisnis ataupun divisi dalam perusahaan. Contohnya, berapa banyak faktur yang bisa diproses oleh seseorang yang bekerja dalam divisi keuangan setiap hari bila dibandingkan dengan orang yang direkrut oleh kantor Inggris pada perusahaan yang sama.

2. Perbandingan Eksternal

Sama seperti namanya, perbandingan ini akan menilai performa bisnis di luar perusahaan. Contohnya, jumlah faktur yang bisa diproses oleh rata-rata perusahaan per hari atau per orang, bila dibandingkan dengan standar perusahaan lainnya.

Baca juga: Mengenal Pasar Konsumen dan Faktor yang Mempengaruhinya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang analisis komparatif. Dengan memahami analisis komparatif secara baik, maka Anda akan bisa mengambil keputusan terbaik yang akan menguntungkan bisnis Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan secara tepat. Bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan pencatatan akuntansi dan pembukuan keuangan Anda akan tercatat secara otomatis, bahkan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda untuk mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan kegiatan perpajakan, melakukan penjualan dan pembelian, dan masih banyak lagi.

Anda juga tidak perlu meragukan keandalan dari Accurate Online. Pasalnya, aplikasi ini terbukti #lebihbaik dan sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis yang berasal dari berbagai skala dan industri bisnis. Bahkan, Accurate Online telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016 hingga tahun ini.

Untuk bisa menikmati seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.