Apa itu Data Wrangling? Ini Pengertian dan 6 Langkah Mudah dalam Melakukannya

oleh | Mar 8, 2023

source envato.

Mengenal Data Wrangling, Agar Bisa Mengolah Data Secara Akurat

Mengolah dan juga menganalisis data menjadi tanggung jawab seorang data scientist dan data analyst. Terdapat beberapa proses untuk bisa melakukannya, seperti dengan data wrangling. Tujuan utamanya adalah agar bisa mendapatkan data yang lengkap dan juga tepat untuk bisnis

Lalu, apa itu data wrangling? Apa saja fungsi data wrangling? Bagaimana cara melakukan data wrangling? Penasaran, dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang data wrangling di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Data Wrangling?

accurate.id gambar data wrangling1

Data wrangling adalah suatu proses dalam mengumpulkan, menganalisis, mengolah, dan juga merapikan data yang masih mentah agar bisa dibaca secara mudah. Saat Anda memperoleh hasil dari suatu riset pasar dan juga konsumen, maka data yang akan Anda terima akan sangat beragam.

Biasanya, data tersebut tidak bisa langsung dibaca dan juga ditafsirkan, harus ada seseorang yang merapikan, mengolah, dan juga menganalisis data. Mereka yang melakukan hal tersebut adalah data analyst dan data scientist.

Proses ini akan membuat sebuah data lebih mudah untuk dibaca dan bisa disesuaikan dengan tujuan perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa membuat rencana dan strategi bisnis, sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari data wrangling:

  • Menghimpun kumpulan data ke dalam satu database
  • Menemukan data yang hilang agar bisa diisi ataupun dihapus secara permanen
  • Menghapus data yang sudah tidak lagi digunakan atau tidak sesuai dengan tujuan survei.

Umumnya, proses ini dilakukan secara manual atau menggunakan pemodelan otomatis. Hal ini juga akan tergantung pada seberapa besar data yang akan diolah dan juga kemampuan tim data perusahaan.

Baca juga: Pengertian Data Governance, Pengolahan Data untuk Tingkatkan Kualitas Bisnis

Fungsi Data Wrangling

accurate.id gambar data wrangling2

Berdasarkan laman Elder Research, suatu data scientist mampu menghabiskan 80% waktu kerjanya untuk melakukan data wrangling. Sedangkan sisa 20% waktu kerjanya akan digunakan untuk melakukan eksplorasi dan juga membuat pemodelan dari data tersebut.

Dengan adanya persentase yang tinggi, maka data wrangling memiliki peran dan juga manfaat yang penting untuk perusahaan, yakni:

  • Menghasilkan data akhir yang lebih akurat melalui cara yang paling efisien
  • Data yang diolah dan disusun dengan proses yang sangat akurat dan akan lebih mudah untuk diinterpretasikan serta dibuat ke dalam data visualization
  • Proses data wrangling ini pun akan bisa memaksimalkan tingkat akurasi dan kualitas data
  • Proses ini bisa dibuat secara otomatis ke depannya bila memang telah menemukan formula yang tepat.

Hal ini tentunya bisa sangat memangkas waktu dan mempermudah para data analyst saat mengolah sebuah data yang jumlahnya besar.

Baca juga: Mengenal Sales Report dan 5 Cara Mudah dalam Membuatnya

Langkah Melakukan Data Wrangling

accurate.id gambar data wrangling3

Dilansir dari laman Harvard Business School, terdapat beberapa tahapan untuk bisa melakukan proses ini, yaitu:

1. Memahami Data

Tahap pertama dalam melakukan data wrangling adalah memahami data secara mendalam. Langkah ini sangat penting agar Anda bisa mengetahui secara jelas dan detail tentang apa saja yang harus Anda gunakan dan Anda hilangkan.

Nantinya, Anda juga bisa mengetahui pengelompokkan yang tepat pada data tersebut. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengorganisir dan juga memetakan data secara lebih baik.

2. Merapikan Data

Bila Anda sudah selesai pada langkah pertama, maka Anda telah memiliki bayangan pengelompokan yang tepat dari setiap data yang ada. Jadi, langkah selanjutnya adalah menata, mengorganisir, dan juga merapikan data tersebut.

Saat data dikumpulkan, nantinya akan ada banyak tidak terisi secara sempurna atau sesuai dengan tujuan dilakukannya survei. Nah, dalam tahap ini seluruh baris dan juga kolom data harus dikelompokkan agar bisa diolah secara lebih lanjut.

Baca juga: Apa itu Visualisasi Data? Tipe-tipe, Fungsi, Aplikasinya

3. Membersihkan Data

Sebelum masuk pada pengolahan, maka data yang tidak lengkap atau tidak sesuai bisa dihapus.

Proses ini kembali lagi pada jenis data yang sedang diolah, sehingga akan bisa menghapus baris atau kolom yang terasa membingungkan.

Hal lainnya yang juga akan masuk ke dalam tahap data wrangling adalah menentukan standar yang sama untuk seluruh data. Tujuannya adalah agar bisa mempermudah Anda dalam memutuskan apakah data tersebut dibutuhkan atau harus dihapus.

4. Memperkaya Data

Saat data sudah rapi, maka tahapan selanjutnya adalah menambah data yang sebelumnya sudah diolah. Biasanya, data ini diperoleh dari survei lain, sehingga akan mampu memperkaya hasil dari data Anda saat ini. Sehingga Anda bisa melihat dara secara lebih besar dan juga lebih luas.

5. Validasi Data

Proses validasi ini memiliki peran yang penting agar bisa mengetahui apakah data yang telah diolah dan dirapikan sebelumnya akurat. Tolak ukurnya tidak hanya itu, data tersebut juga harus sesuai dengan tujuannya.

Saat proses ini berlangsung, kemungkinan Anda masih harus tetap kembali pada tahap dua atau tiga bila datanya belum akurat. Tapi bila telah valid, Anda bisa membuat permodelan dan membuat proses pengolahan data menjadi otomatis.

6. Mempublikasikan Data

Bila data sudah dipastikan valid, maka hasilnya bisa Anda buat menjadi data visualization. Data akhir ini harus sudah sangat dimengerti oleh setiap pihak, dari mulai rekan kerja sampai atasan Anda.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang data wrangling, dari mulai pengertian, fungsi dan cara membuat data wrangling.

Dengan adanya data yang diolah secara baik melalui data wrangling, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengembangkan bisnis dan merencanakan ekspansi bisnis secara lebih lanjut.

Namun, hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah mengelola keuangan dan bisnis secara menyeluruh. Nah, untuk mempermudah Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah saling terintegrasi antar setiap fiturnya, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? Ayo coba dan gunakan sekarang juga melalui tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner
sidebarPromo
Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait