Apa itu Days Sales Outstanding? Ini Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya!

Pada umumnya, Apa itu days sales outstanding bisa diartikan sebagai suatu pengukuran rata-rata secara jumlah hari yang diperlukan agar bisa mengumpulkan piutang bisnis setelah dilakukan suatu proses penjualan

Days sales outstanding tidak hanya akan melibatkan piutang ataupun pendapatan bisnis saja, namun juga memperhitungkan operating profit margin di dalam penjualan perusahaan.

Apa itu Days Sales Outstanding?

Pengertian dari apa itu days sales outstanding atau DSO, berdasarkan laman Investopedia, adalah penilaian jumlah rata-rata harian dalam penjualan yang menggunakan metode kredit. Sehingga, nantinya bisa diubah menjadi uang tunai dan waktu yang dibutuhkan dalam menagih piutang.

Perhitungan DSO ini dilakukan dengan cara membagi total piutang dalam jangka waktu dengan total penjualan kredit yang bersih. Hasil daripada perhitungan ini nantinya akan dikali dengan jumlah hari yang ada di dalam periode tersebut.

Selain itu, pengukuran dengan menggunakan DSO ini mempunyai jangka waktu bulanan, tahunan atau triwulan. Jika nilai DSO rendah, maka perusahaan harus menagih piutangnya dalam beberapa hari.

Tapi bila nilai DSO perusahaan tinggi, maka perusahaan memiliki banyak hari untuk menagih piutang. Untuk itu, DSO yang tinggi mampu memberikan dampak yang besar pada arus kas dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi, days sales outstanding adalah salah satu perhitungan rasio keuangan yang akan membantu Anda dalam melihat pergerakan penjualan. Selain DSO, ada juga rasio perputaran piutang, rasio kas, dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Laporan HPP atau Harga Pokok Penjualan Dan Cara Menghitungnya

Rumus dan Cara Menghitung DSO

Rumus yang bisa Anda gunakan untuk bisa menghitung days sales outstanding adalah sebagai berikut:

Days Sales Outstanding = Piutang Akun / Total Kredit Penjualan x Jumlah Hari Dalam 1 Bulan

Contoh Soal:

Katakanlah PT ABC melaporkan pendapatan penjualan perusahaannya pada bulan Agustus 2021 sebanyak 30 juta rupiah, yang mana penjualan kredit mereka adalah sebanyak 15 juta rupiah. Penjualan tunai PT ABC adalah sebanyak 15 juta rupiah juga, tapi saldo piutangnya di akhir bulan ternyata adalah sebanyak 12 juta.

Lalu, berapakah days sales outstanding dari PT ABC?

Days Sales Outstanding = Rp12.000.000 / Rp15.000.000 x 30 = 24

Berdasarkan perhitungan di atas, ternyata DSO dari PT ABC mempunyai rata-rata selama 24 hari sebelum piutangnya terkumpul, yang mana secara umum, DSI dengan nilai di bawah 25 akan dianggap rendah. Tapi, perhitungan ini juga kembali lagi pada jenis bisnisnya.

Di lain sisi, penjualan secara tunai tidak bisa dimasukan ke dalam perhitungan, karena dianggap DSO nol atau tidak mempunyai piutang sebagai penerimaan kas perusahaan.

Baca juga: Integrasi Vertikal Adalah: Jenis & Contohnya Di Dalam Bisnis

Pentingnya Menghitung DSO dalam Bisnis Anda

Agar bisa mengetahui jumlah rata-rata harian di setiap bulannya, maka Anda bisa mengetahuinya melalui tolak ukur di dalam bisnis Anda. Untuk bisa mengetahuinya, maka Anda harus bisa mengetahui terlebih dulu akar permasalahannya, yaitu:

  • Terdapat rasa ketidakpuasan dari layanan konsumen Anda
  • Target pelanggan Anda belum memenuhi syarat transaksi kredit dan tidak bisa membayar Anda secara tepat waktu.
  • Jangka waktu pembayaran di dalam faktur Anda mungkin terlalu lama. Proses penagihan tidak sempurna, faktur dikirim tidak tepat waktu, kesalahan yang bisa membuat adanya inefisiensi di dalam pemrosesan, serta kegagalan mengirim pengingat pembayaran yang tergolong telat.

Hal yang paling penting adalah Anda tidak mengetahui dari mana uang tersebut berasal, Anda jadi tidak bisa memaksimalkan arus kas Anda. Jika Anda tidak mengetahui kurun waktu penagihan Anda, maka Anda tidak akan bisa tahu terkait berapa jumlah nominal uang tunai yang Anda miliki di dalam bisnis.

Baca juga: Red Ocean Strategy adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Blue Ocean Strategy

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang days sales outstanding. Jadi, days sales outstanding adalah penilaian jumlah rata-rata harian dalam penjualan yang menggunakan metode kredit. Sehingga, nantinya bisa diubah menjadi uang tunai dan waktu yang dibutuhkan dalam menagih piutang.

Untuk bisa melacak jumlah piutang dengan baik, saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada penggunaan aplikasi excel yang rumit dan Anda akan jadi lebih mudah dalam melakukan penagihan dan tidak telat dalam mengumpulkan setiap pendapatan bisnis.

Beberapa manfaat yang nantinya akan Anda dapatkan dengan menggunakan Accurate Online adalah bisa menikmati smart invoice secara otomatis, bisa memberikan invoice secara berulang-ulang agar bisa menginformasikan tagihan pada klien, mengurangi kesalahan pencatatan invoice, memberikan tampilan yang lebih modern dan informatif di dalam invoice.

Selain itu, sebagai pebisnis Anda juga akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses secara mudah di mana saja dan kapan saja Anda berada.

Jadi, jangan ragi lagi untuk bisa membuat days sales outstanding. Karena, dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan terbantu dalam mendapatkan keuntungan dan pemasukan bisnis serta menjadi salah satu solusi baru dalam mengatasi masalah keuangan di dalam bisnis Anda.

Selain itu, Accurate online juga memiliki banyak fitur luar biasa lainnya yang mampu memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, multi cabang, multi mata uang, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menikmati seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.