Apa itu Mockup? Ini Pengertian dan Cara Membuatnya!

oleh | Des 17, 2021

source envato.

Apa itu Mockup? Ini Pengertian dan Cara Membuatnya!

Pada dasarnya, maket atau mockup adalah suatu hal yang sangat berkaitan dengan dunia desain produk. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari mockup? Bagaimana cara kerja dari mockup?

Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan menjawab pertanyaan tersebut lewat artikel tentang mockup di bawah ini secara detail dan mendalam.

Apa itu Mockup?

Dalam proses pengembangan produk dan juga desain, mockup adalah suatu gambaran atau visualisasi dari suatu konsep desain.

Berdasarkan laman Keenethics, bentuk utama dari mockup adalah gambaran mid-fidelity ataupun high-fidelity yang mencerminkan pilihan layout, warna desain, iconography, tipografi, visual navigasi, dan semua tampilan produk desain.

Baca juga: Berbagai Ide Nama Usaha Makanan yang Unik, Lengkap dengan Contohnya

Keuntungan Mockup

1. Mempermudah Stakeholder

Berdasarkan laman UXPin, maket akan menggunakan gambaran high-fidelity, yakni suatu rencana desain yang sudah menampilkan informasi secara jelas dan menunjukkan secara detail tentang bagaimana suatu situs ataupun aplikasi nantinya akan dibuat.

Untuk itu, mockup adalah suatu solusi yang sangat simple agar para stakeholder bisa melihat dan juga memahami produk akhir yang nantinya akan dibuat secara mudah.

Stakeholder juga bisa memberikan masukan dan juga kritik terkait desain tersebut sebelum pada akhirnya maju ke proses selanjutnya.

2. Memberi Perspektif Realistis

Dengan adanya rancangan maket, desainer UI/UX nantinya bisa melihat tentang bagaimana seluruh elemen yang sudah dibuat bekerja lebih baik menyerupai produk akhir yang sudah direncanakan sebelumnya.

Masalah yang nantinya mungkin akan terjadi saat produk digunakan dapat terlihat dengan adanya desain mockup.

Hal tersebut akan sangat sulit diketahui dengan desain di atas kertas, seperti halnya memilih warna yang kurang padu, sulit dalam hal navigasi, dan berbagai hal lainnya.

3. Mempermudah Perbaikan

Desainer akan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan atau menambahkan hal yang kurang pada desain sebelum desain tersebut pada akhirnya dilanjutkan pada tahap coding.

Saat sudah masuk ke dalam tahap coding, maka nantinya perbaikan pun akan berjalan lebih sulit. Web developer nantinya mampu mengerjakan coding untuk mendesain secara lebih bebas bila mengetahui bahwa desain yang mereka buat kodenya tersebut benar-benar sudah berada pada tahap final.

4. Hemat Anggaran

Dengan memastikan tidak ada kesalahan lagi ketika desain sudah berhasil difinalisasi, maka nantinya biaya produksi akan lebih murah daripada harus memperbaiki desain dan juga mengulang coding dari awal bila melakukan proses desain produk tanpa adanya maket.

Uang yang dihemat karena adanya perencanaan yang baik ini nantinya bisa digunakan untuk sektor produksi yang lainnya.

Kenapa Mockup Itu Penting?

1. Perkiraan Waktu Pengembangan

Mockup adalah suatu tahapan yang sangat penting agar nantinya front-end developer tidak mengalami kesulitan untuk memperkirakan waktu proses pengembangan produk yang akan berjalan. Walaupun hanya berbentuk gambaran yang statis, namun mockup mampu menjelaskan berbagai bagian yang akan dibuat bergerak ataupun berbentuk animasi.

Daripada langsung masuk ke dalam proses coding, akan lebih cepat lagi bila menggunakan mockup terlebih dulu, sehingga nantinya para developer bisa tahu waktu yang diperlukan untuk mengkonversi mockup menjadi produk yang jelas dan nyata.

2. Coding HTML

Setiap front-end developer memerlukan mockup agar mereka bisa mengetahui bentuk, warna, font, dan berbagai elemen lain yang diinginkan, lalu menerjemahkan dalam bahasa coding. Tanpa adanya mockup, mereka akan kesulitan untuk mengetahui seluruh hal tersebut, dan proses perancangan pun nantinya akan menjadi lebih lama lagi.

3. Mendatangkan Investor

Mockup adalah cara awal agar suatu rancanngan produk bisa menarik para pemodal ataupun investor. Tanpa adanya desain mockup yang bagus dan detail, para investor tidak akan mengetahui seberapa besar potensi suatu situs ataupun aplikasi yang Anda rencanakan, dan tentu saja akan sulit dalam merealisasikan suatu proyek tanpa adanya dana yang cukup ataupun tanpa investor.

4 Kenyamanan Pengguna

Situs ataupun aplikasi yang Anda buat harus sebisa mungkin terlihat bagus. Selain itu, para pengguna juga harus mampu menemukan apa yang mereka cari secara mudah dan melakukan navigasi tanpa adanya kesulitan.

Tahap yang paling mudah untuk melakukan identifikasi kebutuhan pengguna dan juga keselarasan fitur serta desain yang ingin dibuat adalah maket. Untuk itu, maket memiliki peran yang sangat penting.

Anatomi Mockup

Anatomi mockup adalah berbagai aspek yang harus Anda selalu perhatikan saat membuat mockup pada desain UI/UX. Berikut ini adalah berbagai bagian dari mockup.

1. Layout konten

Pikirkanlah bagaimana suatu konten akan ditampilkan dalam suatu mockup, contohnya seperti menimbang antara Z pattern, F-pattern, card, teks, dll.

Selain itu, sangat penting juga untuk memikirkan ukuran di setiap bagian konten pada tampilan interface dan jumlah yang ingin ditampilkan dalam layar di dalam suatu waktu.

2. Kontras

Kontras pada tampilan interface dalam suatu aplikasi atau situs sangat penting untuk ditentukan agar bisa mendukung kenyamanan para pengguna. Tanpa adanya kontras yang baik, maka para pengguna akan kesulitan dalam membaca teks yang ditampilkan.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan color contrast tool agar bisa menguji tulisan ataupun teks pada tampilan situs ataupun aplikasi yang bisa dibaca.

3. Warna

Warna akan turut memengaruhi perasaan para pengguna saat sedang berada di aplikasi ataupun website Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk memikirkan dan memilih warna yang tepat pada produk yang ingin Anda kembangkan agar bisa menampilkan suasana yang ingin diciptakan.

Penentuan warna yang ada dalam proses mockup adalah aspek yang sangat penting agar bisa memastikan kenyamanan para pengguna.

4. Tipografi

Dengan adanya maket, Anda bisa dengan bebas mencoba berbagai jenis font, ukurannya, spacing, style dan berbagi hal lainnya agar bisa menyajikan tampilan yang paling pas.

5. Spacing

Ruang kosong atau space yang terdapat pada suatu desain maket bukan artinya harus diisi. Ruang kosong malah menjadi elemen desain yang sangat bagus.

Suatu desain maket harus memiliki ruang kosong agar bisa mempermudah para pengguna dalam membaca konten yang ingin ditampilkan, sehingga mereka tidak akan kelelahan dalam membaca apa yang terdapat di dalam tampilan interface.

6. Navigasi

Setiap pengguna harus bisa menjelajahi aplikasi ataupun situs yang Anda kembangkan secara mudah. Untuk itu, hal penting lainnya dalam membuat mockup adalah merancang navigasi yang baik.

Rancangan navigasi yang simple untuk dipahami adalah rancangan navigasi yang mampu memadukan warna, tipografi, dan spacing agar para pengguna bisa melakukan interaksi pada seluruh elemen secara baik.

Aplikasi Pembuat Mockup

1. Balsamiq

Aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi dikalangan para desainer. Kemudahan yang ditawarkan oleh Balsamiq salah satunya adalah dengan adanya fitur drag-and-drop pada setiap elemen.

Lebih uniknya lagi, Balsamiq mempunyai style menyerupai gambaran tangan. Hal ini menjelaskan bahwa mockup yang dibuat memang masih kasar, sehingga masih memerlukan input dan feedback dari orang lain. Balsamiq bisa digunakan oleh para pengguna Windows, Mac, hingga Website.

2. Invision

Aplikasi selanjutnya dalam membuat mockup adalah Invision. Aplikasi ini mampu membuat maket secara mudah dengan tampilan yang intuitive. Kelebihan aplikasi ini adalah bisa digunakan secara kolaboratif. Bahkan, Anda bisa melakukan import assets dari Dropbox, Google Drive, dll.

3. UXpin

Aplikasi ketiga untuk membuat mockup adalah UXpin. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana dan berbagai fitur yang lengkap.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara kolaboratif, karena UXpin dibuat dengan basis cloud. Bahkan, Uxpin bisa mengimport desain mentah yang berasal dari Photoshop atau Sketch.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Spin Off dan Bedanya dengan Split Off Dalam Perusahaan?

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang mockup. Jadi, mockup adalah suatu gambaran atau visualisasi dari suatu konsep desain.

Terdapat banyak sekali kelebihan yang bisa Anda rasakan dari membuat mockup dan aplikasi pembuat maket pun sebenarnya saat ini sudah sangat banyak.

Namun, untuk aplikasi akuntansi, Anda harus mempertimbangkan Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang berbeda dari aplikasi akuntansi yang lain, sehingga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Segeralah beralih sekarang juga dan gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.accurate1

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait