Big Data: Pengertian, Karakteristik dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Di zaman digital seperti saat ini, informasi adalah salah satu aset terpenting dalam hal mengambil keputusan, terlebih lagi dalam kegiatan sehari-hari manusia, pun sama halnya dalam bisnis, big data adalah sejumlah informasi yang dibutuhkan agar bisa mengambil keputusan penting dan kumpulan informasi dalam jumlah yang sangat besar.

Penggunaannya akan sangat dibutuhkan untuk bisa memanajemen, mengatur, dan juga menyimpan setiap informasi dengan bentuk data yang terstruktur dan juga sistematis. Berbagai perusahaan besar sudah banyak yang memerlukan data dengan kapasitas besar untuk menyimpan bahan yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang pengertian, karakteristik, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berbisnis.

Pengertian

Pada dasarnya, big data adalah sekumpulan data yang didalamnya sangat besar dan juga kompleks, khususnya dari sumber data yang notabene-nya baru. Pada umumnya, data itu sendiri adalah suatu pengembangan dari sistem.

Hal yang menjadi pembeda adalah dari sisi proses kecepatan, jenis data, dan juga volume yang tersedia lebih variatif serta lebih banyak bila dibandingkan dengan Database Management System (DBMS)

Sederhananya, konsep ini adalah konsep yang terkait dengan kemampuan agar bisa menganalisis, mengumpulkan dan juga memahami sejumlah data besar yang akan datang setiap hari.

Baca Juga: Machine Learning: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Karakteristik

1. Volume

Ketika akan memproses suatu ukuran data, maka hal yang akan sangat penting karena volume yang diperlukan akan menjadi sangat besar.

2. Velocity

Velocity adalah suatu kecepatan yang super cepat ketika data tersebut diterima dan juga dapat langsung dimanfaatkan. Kecepatan tertinggi dari suatu aliran data akan langsung ke memori daripada yang ditulis di memori disk.

Beberapa smart devices yang memanfaatkan internet akan beroperasi dalam kurun waktu yang nyata atau mendekati akan membutuhkan bentuk evaluasi dan juga tindakan yang real time.

3. Variety

Arti dari variety adalah berbagai jenis data yang tersedia. Umumnya, jenis data tradisional sifatnya lebih terstruktur. Tapi dalam perkembangan data, ada juga data yang sifatnya belum terstruktur. Data yang belum terstruktur ini sama seperti teks, audio, dan juga video harus diproses agar Anda bisa mengetahui maksud arti dari berbagai data tersebut.

4. Value

Sama seperti namanya, value adalah nilai dari suatu data setelah data tersebut berhasil diproses. Sebuah data akan diklaim memiliki nilai ketika informasi yang didapatkan dari pengolahan dapat dibantu dalam hal mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

5. Veracity

Veracity atau yang umumnya lebih dikenal dengan kebenaran data adalah suatu tingkat akurasi dari informasi yang diberikan oleh sebuah data set. Berdasarkan dengan tingkat kebenaran data yang baik, maka keputusan atau kebijakan yang diambil ketika mengolah data tersebut akan mampu memberikan hasil yang lebih baik.

Contoh Penggunaan

Beberapa contoh pemanfaatannya yang banyak digunakan di dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut ini:

1. Penggunaan Internet

Saat ini, hampir seluruh orang di seluruh dunia sudah terkoneksi dengan internet di setiap harinya. Tentunya kita juga sudah sering menggunakan Google untuk mencari informasi. Berbagai data dari hasil pencarian ini adalah data yang nantinya akan diambil oleh Google.

2. Penggunaan Smartphone

Serupa dengan internet, hampir semua orang sudah memiliki smartphone. Namun tahukah Anda, bila smartphone mempunyai sejumlah data yang sangat besar. Smartphone akan menyimpan dan juga merekam sms serta telepon yang sudah Anda lakukan.

Selain itu, berbagai aplikasi yang Anda gunakan pun akan mengumpulkan berbagai data untuk kebutuhan bisnis Anda. Berbagai aplikasi GPS seperti aplikasi Google Maps dan juga Waze pun akan mengumpulkan berbagai data yang berhubungan dengan lokasi Anda saat itu.

3. Media Sosial

Media sosial saat ini sudah menjadi suatu hal yang sangat melekat dengan kegiatan sehari-hari manusia. Berbagai foto dan juga video yang diunggah ke media sosial setiap hari adalah salah satu bagian dari data.

4. Smart Devices

Berbagai peralatan rumah tangga seperti smart fridges, smart TV, bahkan yang baru-baru ini adalah smart car adalah konsep smart appliance. Konsep seperti inilah yang akan membawa seluruh peralatan rumah tangga Anda bisa terhubung satu sama lain dan Anda juga bisa mengaturnya dari satu alat tertentu, seperti smartphone.

Jadi, seluruh data yang berasal dari smart devices yang Anda miliki, seperti konsumsi daya yang digunakan, temperatur di rumah akan dihimpun oleh produsen agar bisa terus memperbaiki layanannya dan juga akan menawarkan teknologi terbarunya untuk Anda.

5. Digitalisasi Media

Sebelum kehadiran internet, banyak orang yang masih menggunakan DVD dan juga CD guna menonton suatu video film atau mendengarkan musik. Sehingga, Anda tidak akan meninggalkan jejak digital.

Tapi, dengan adanya aplikasi nonton dan musik streaming seperti aplikasi Netflix dan Spotify, Anda bisa menonton film dan juga mendengarkan musik dalam aplikasi tersebut. Tentunya, aplikasi tersebut nantinya akan mencatat apa saja yang Anda tonton dan Anda dengarkan, sehingga mereka akan bisa mempunyai data yang digunakan untuk bisa meningkatkan layanan terbaik mereka.

Fungsi

Data besar ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal proses pengembangan dan juga menyempurnakan suatu aplikasi. Nah, fungsinya adalah sebagai berikut ini:

1. Menentukan Penyebab Masalah Secara Real Time

Fungsi yang pertama adalah menganalisa dan menentukan apa akar penyebab dari masalah yang terjadi di dalam sistem. Selain itu, pemanfaatannya juga mampu meminimalisir adanya kegagalan ketika proses penyimpanan data. Bahkan hasil data dari analisis tersebut bisa terjadi secara real time.

2. Mengambil Keputusan Dengan Tepat

Fungsi data tersebut juga bisa dikombinasikan dengan sistem serta perangkat teknologi pintar seperti Internet of Things (IoT) dan juga Artificial Intelligence (AI). Fokusnya adalah agar bisa memberikan dan juga menyimpan setiap data serta informasi yang diperlukan dalam pengembangan produk.

3. Mendeteksi Perilaku Dalam Bisnis

Fungsi yang ketiga juga mampu melakukan deteksi secara cepat dan tepat, proses ataupun kegiatan yang tidak sesuai dan berhenti dikarenakan adanya kesalahan dari sisi teknis dan juga sisi non teknis.

Data ini juga mampu merencanakan beberapa pilihan agar bisa meminimalisir dan juga mengatasi masalah tersebut secara lebih cepat agar bisa membantu kegiatan bisnis perusahaan Anda.

4. Menghemat Biaya, Waktu dan Meningkatkan Performa

Penyimpanan data yang disimpan dengan menggunakan bahan yang akan mampu mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan.

Waktu yang diperlukan untuk menjalani dan juga mengolah pun akan lebih cepat dengan melakukan transfer bahan di atas rata-rata sistem database yang lain. Hal ini pun mampu meningkatkan performa bisnis Anda dengan mengembangkan software.

Baca juga: Bisnis Social Enterprise, Bisnis Berlandaskan Sosial dan Lingkungan

Kesimpulan

Harus selalu kita ingat bahwa hal ini adalah informasi yang terkumpul dengan jumlah yang lebih besar. Selain itu, hal ini juga merupakan himpunan proses yang di dalamnya terdiri dari volume dengan kapasitas yang besar. Sehingga, akan mampu menampung bahan yang lebih terstruktur dan tidak terstruktur.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, walaupun hal ini mampu memberikan banyak kemudahan, bukan artinya di dalamnya tidak memiliki tantangan ketika menggunakannya. Nah, disinilah peran Anda agar bisa saling berkolaborasi dan juga memanfaatkan penggunaannya dengan baik.

Terlebih lagi untuk perusahaan, akan ada banyak sekali manfaat di dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah dengan mendorong Anda untuk terus melakukan inovasi agar perusahaan bisa terus berkembang secara baik.

Agar perusahaan bisa berkembang dan juga berjalan lebih baik, maka Anda harus memperhatikan kesehatan finansial perusahaan.

Nah, pengelolaan finansial perusahaan Anda bisa berjalan dengan mudah, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software ini mampu menyediakan laporan keuangan dan juga kegiatan akuntansi lainnya, sehingga akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Software ini juga sudah dilengkapi dengan banyak sekali fitur yang mampu mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, dll.

Software akuntansi Accurate Online adalah pilihan terbaik untuk seluruh kebutuhan akuntansi bisnis Anda. Penasaran? Anda bisa lebih dulu mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari secara gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini. accurate1